26 Mar 2013

Blind Date by aliaZalea

Judul: Blind Date
Penulis: aliaZalea
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Maret 2010
Tebal: 272 hlm.
ISBN: 9789792258899
Rating: 4/5

Sinopsis:
"Anda ingin pasangan date Anda tingginya antara 165 hingga 180 sentimeter?"
"Betul."
"Untuk umur, Anda memilih antara 26 hingga 40. Betul?"
"Ya."
"Anda terbuka dipasangkan dengan laki-laki dari berbagai ras?
Aku tertawa mengiyakan.
"Anda mengharuskan pasangan date Anda single dan unattached. Apakah Anda bersedia dating dengan laki-laki yang statusnya baru 'pisah' dengan istri mereka?"
"Nggak. Saya ingin laki-laki single, se-single-single-nya."

Rencana hidup Titania Larasati buyar setelah menemukan Brandon, pacarnya selama tiga tahun, berselingkuh dengan sekretarisnya. Dalam usaha untuk melupakan kejadian itu dan kata-kata yang diucapkan oleh Brandon bahwa dialah satu-satunya laki-laki yang akan pernah menginginkannya, Titania rela mengeluarkan dua ribu dolar untuk memperoleh jasa blind date profesional, yang menjanjikan sebuah pernikahan dalam waktu kurang dari enam bulan. Dengan bantuan adiknya yang suka sok tahu dan agen blind date yang pantang menyerah, Titania bertekad membuktikan bahwa Brandon salah.

Buat para cewek, apa yang akan kamu lakukan bila suatu saat kamu mendapati cowokmu, yang sudah kamu pacari selama tiga tahun, sedang ber-doggy style-ria dengan sekretarisnya? Syok? Bisa jadi. Marah? Apalagi. Lempar suriken? Hihi, itu sih kalau kamu seorang ninja. Yang jelas, Titania Larasati langsung mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungannya dengan Brandon, pacarnya kedapatan berselingkuh itu. Namun Brandon tidak terima diputuskan oleh Titania. Dia geram sekali sewaktu Titania memutuskan hubungan mereka. Dengan penuh percaya diri pria itu berkata bahwa Titania tidak akan bisa mendapatkan laki-laki lain yang mencintainya sebesar rasa cinta Brandon para dirinya.

Merasa tertantang oleh kata-kata Brandon, Titania ingin membuktikan bahwa ucapan Brandon keliru. Berkat bantuan adiknya, Titania mendapatkan informasi mengenai jasa kencan buta. Meski dengan begitu Titania harus merogoh kocek sebesar 2.000 USD untuk membayar jasa kencan buta tersebut, dengan jaminan dalam kurun waktu maksimal 6 bulan, wanita itu akan mendapatkan pasangan yang sesuai dengan kriteria laki-laki yang diingkannya.

24 Mar 2013

City of Ashes - Cassandra Clare

Judul: City of Ashes
Seri: The Mortal Instruments #2
Penulis: Cassandra Clare
Penerjemah: Melody Violine
Penerbit: Ufuk Press, 2010
Tebal: 610 hlm.
ISBN: 9786028801300

Sinopsis:
Clary hanya ingin hidup normal kembali, tapi ia telanjur terlibat dengan para Pemburu Bayangan yang bertugas membantai iblis. Masalah semakin menjadi-jadi karena ibunya tidak bisa dibangunkan dan Clary tidak bisa berhenti mencintai Jace. Tentu saja ini menyakiti hati Simon, yang mendadak pergi ke sarang vampir seorang diri. Valentine pun datang lagi, kali ini untuk mengambil Pedang Mortal. Lagi-lagi dia menawari Jace untuk ikut dengannya. Ketika Jace diketahui telah pergi untuk menemui Valentine, akankah Clary tetap memercayainya?

Dalam sekuel City of Bones ini, ketegangan menanjak dan konflik semakin tajam!

Lebih seru! Buku kedua serial The Mortal Instruments ini menyajikan konflik yang lebih tajam dari buku pertama. Valentine, yang kabur melewati cermin portal para buku pertama, tengah menyiapkan rencana untuk menyerang Idris, kampung halaman para Pemburu Bayangan. Ia mencuri Instrumen Mortal kedua, yaitu Pedang Jiwa, dari Persaudaraan Hening. Pedang yang aslinya digunakan malaikat untuk membasmi iblis itu akan diubah oleh Valentine menjadi alat untuk memanggil pasukan iblis dari dimensi lain untuk membantunya menyerang Idris. Mampukah Clary dan kawan-kawan menghentikan Valentine?

Membaca buku kedua ini, persaaan saya campur aduk. Kehadiran sang Inkuisitor dari Idris untuk menginterogasi Jace yang dicurigai sebagai mata-mata Valentine mampu memancing emosi saya. Bagaimana tidak, sosok wanita yang keras dan kejam ini mengingatkan saya kepada Profesor Umbridge dalam Harry Potter dan Orde Phoenix. Tidak hanya menolak memercayai Jace, sang Inkuisitor tak segan-segan menyiksa Jace secara mental maupun fisik, termasuk mengirim cowok itu ke penjara di bawah pengawasan Persaudaraan Hening, yaitu sebuah penjara yang biasanya digunakan mengurung para penjahat berbahaya. Tak heran sang Ikuisitor bertindak di luar batas, karena hal tersebut dilatarbelakangi dendam pribadinya terhadap ayah Jace.

22 Mar 2013

Welcome to Dead House (Goosebumps #1) - R.L. Stine

Judul: Welcome to Dead House
Seri: Goosebumps #1
Penulis: R.L. Stine
Penerbit: Scholastic, 1992
Format: Ebook, 142 hlm

Sinopsis:
Amanda and Josh think the old house they have just moved into is weird. Spooky. Possibly haunted. And the town of Dark Falls is pretty strange, too.

But their parents don't believe them. You'll get used to it, they say. Go out and make some new friends.

So Amanda and Josh do. But these friends are not exactly what their parents had in mind.

Because they want to be friends...
...forever.

Dulu, sewaktu SMP dan belum mengenal J.K. Rowling, penulis favorit saya nomor satu adalah R.L. Stine. Saya ingat suka banget minjem serial Goosebumps di perpustakaan lokal. Sayangnya waktu itu serinya nggak lengkap. Nomornya loncat-loncat gara-gara entah bukunya sedang dipinjam orang lain, atau hilang. Nggak terlalu masalah sih sebetulnya buat saya, soalnya setiap seri Goosebumps ceritanya berdiri sendiri. Beranjak SMA, walau masih suka membaca serial ini, saya mulai membaca buku R.L. Stine yang ditujukan untuk pembaca remaja (atau saat ini lebih dikenal dengan istilah Young Adult), yaitu serial Fear Street. Adakah yang ingat serial ini? Walau bergenre horor, serial Fear Street hampir tidak pernah menampilkan sosok monster atau hantu seperti Goosebumps, tapi sosok pembunuh psikopat dan semacamnya. Serial ini juga tidak kalah menarik.

20 Mar 2013

Wishful Wednesday #5

Ya ampun, baru posting WW jam segini. Nggak terasa cepat banget waktu berlalu, tahu-tahu sudah Rabu lagi. Perasaan baru kemarin deh posting WW Percy Jackson series itu. Atau karena minggu ini sibuk banget ya di kantor, sampai nggak kerasa udah seminggu lewat sejak posting WW terakhir?

Yowes langsung ajah. Buku yang dipengenin edisi Rabu ini adalah His Majesty's Dragon by Naomi Novik. Rating Goodreads lumayan, 4 koma sekian. Dan kayaknya belum banyak review pembaca Indonesia untuk buku ini. Penasaran aja, karena si Ren ngasih rating 5 untuk buku ini, berarti bagus banget dong, hehe. Dari sinopsisnya sih, sepertinya memang menjanjikan.

Judul: His Majesty's Dragon (Naga Sang Kaisar)
Seri: Temeraire #1
Penulis: Naomi Novik
Penerbit: Elex Media Komputindo, 2012
Sinopsis:
Pertempuran udara membawa dimensi baru yang mendebarkan dalam Peperangan era Napoleon saat para pejuang pemberani bangkit membela Inggris dengan terbang ke angkasa... bukan dengan menumpang pesawat, melainkan menunggangi punggung perkasa para naga tempur.

Ketika HMS Reliant menangkap kapal fregat Prancis dan mengambil alih muatannya yang berharga: sebuah telur naga yang belum menetas. Takdir mengantarkan Kapten Will Laurence keluar dari kehidupannya sebagai pelaut ke dalam masa depan yang tak menentu--dan ke dalam sebuah ikatan tak terduga dengan makhluk yang sangat luar biasa.

Terlempar ke dalam dunia Angkatan Udara yang tidak biasa sebagai penunggang Temeraire, dia harus menjalani kursus kilat untuk menguasai taktik pertempuran udara yang sangat berbahaya. Saat Bonaparte melaksanakan rencana nekatnya, Laurence dan Temeraire harus menunjukkan kemampuan mereka dalam pertempuran yang menentukan nasib sebuah bangsa.

Jadi, apa Wishful Wednesday-mu hari ini? :)

Mau ikutan Wishful Wednesday? Caranya gampang:
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

18 Mar 2013

City of Bones - Cassandra Clare

Judul: City of Bones
Seri: The Mortal Instruments #1
Penulis: Cassandra Clare
Penerjemah: Melody Violine
Penerbit: Ufuk Press, 2010
Tebal: 664 hlm.
ISBN: 9786028224802

Sinopsis:
Selama ini Clary yang hampir berusia 16 tahun, mengira dirinya hanyalah anak seorang pelukis biasa. Tapi sejak ibunya diculik dan Clary sendiri hampir mati oleh serangan iblis, ia terpaksa masuk ke dalam dunia baru yang gelap sekaligus menawan, yaitu Dunia Bayangan.

Ternyata sejak ribuan tahun yang lalu, hanya kaum Nephilim (manusia keturunan malaikat) yang membasmi iblis demi melindungi manusia. Mereka disebut Pemburu Kegelapan. Salah satunya adalah Jace yang kasar, sombong, dan luar biasa menyebalkan. Tapi justru itulah yang membuat cowok berambut keemasan itu lebih menggemaskan. Lagipula, bagaimana Clary bisa tahan kalau ada cowok yang selalu siap menerjang iblis, vampir, bahkan manusia serigala demi melindunginya?

Lalu mengapa iblis mengincar seorang gadis biasa seperti Clary? Bagaimanakah tiba-tiba Clary mendapatkan “penglihatan”, sehingga kini ia bisa melihat peri, warlock, dan nephilim? Para Pemburu Kegelapan pun benar-benar ingin mengetahuinya…

City of Bones adalah novel Young Adult bergenre Paranormal Fantasy di mana yang ditonjolkan dalam buku ini adalah Nephilim (berhubungan dengan malaikat atau keturunan malaikat). Bila sebelumnya novel-novel YA diawali dengan tren vampir modern (Twilight Saga, Vampire Academy, Black Dagger Brotherhood, Sookie Stakhouse series [yang kemudian diadaptasi menjadi serial TV terkenal berjudul ‘True Blood’], dsb), kini genre Paranormal Fantasy lebih beragam, tidak melulu tentang vampir. Dan salah satu ‘makhluk gaib’ yang menjadi primadona dunia Paranormal Fantasy setelah vampir, adalah Nephilim. Beberapa novel tentang nephilim yang terkenal antara lain Hush, Hush series, Fallen series, dan tentu saja, The Mortal Instruments series yang buku pertamanya sedang saya review ini.

Kisah City of Bones bermula saat Clarissa Fray (Clary), menyaksikan pembunuhan yang dilakukan oleh sekelompok anak muda di sebuah club malam. Anehnya, korban pembunuhan lenyap tak lama setelah tewas. Saat teman Clary, Simon, datang bersama security club malam, Clary menyadari bahwa selain dirinya, orang lain tidak dapat melihat para pelaku pembunuhan, seolah para pembunuh itu adalah makhluk tak kasatmata. Di lain pihak, ketiga remaja yang bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut merasa heran, mengapa Clary bisa melihat mereka?

13 Mar 2013

Wishful Wednesday #4

Jumpa lagi di Wishful Wednesday! Lagi ngos-ngosan abis baca ulang City Of Bones nih. Bela-belain baca ulang buat RC Buku Bantal lho, sekalian refresh biar nggak lupa, soalnya mau baca seri The Mortal Instruments yang lain.

Lanjooot. Buku yang dipengenin minggu ini (finally... setelah sekian lama akhirnya dimasukin ke WW juga), yaitu... *jeng jeng jeng* Seri Percy Jackson and the Olympians, Sodara-Sodara!!! What? Yoi, saya gitu loh, selalu telat. Seri yang hebohnya dari tahun kapan ini belum pernah saya baca bukunya sebiji-biji pun. *menangis berlinang air mata* <--- berharap ada om-om produser yang ngeliat, kali aja diajak maen pelem Ratapan Anak Tiri 2. Hehehe. Garing ya? Maaph qaqa... *dilempar bakiak*


by Rick Riordan
Diterbitkan di Indonesia oleh Mizan FantasI

                        Book 1: The Lightning Thief (Pencuri Petir)
                        Book 2: The Sea of Monsters (Lautan Monster)
                        Book 3: The Titan's Curse (Kutukan Bangsa Titan)
                        Book 4: The Battle of the Labyrinth (Pertempuran Labirin)
                        Book 5: The Last Olympian (Dewi Olympia Terakhir)

Dear readers (terutama BBI-ers), sekiranya ada di antara kalian yang mau berbaik hati menjual buku-buku ini (seken), hubungi saya ya. Harganya jangan Afgan ya, Gan (kaskus mode on). Secara ane kagak kuat kalau beli baru. *pasang tampang memelas*

Jadi, apa Wishful Wednesday-mu hari ini? :)

Mau ikutan Wishful Wednesday? Caranya gampang:
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

Miss Pesimis by aliaZalea

Judul: Miss Pesimis
Penulis: aliaZalea
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Maret 2010
Tebal: 272 hlm.
ISBN: 9789792252415
Rating: 3/5

Sinopsis:
Bertahun-tahun Adriana Amandira memendam cinta pada Baron tanpa berani memperlihatkannya, karena mengira dia bukan tipe wanita yang disukai lelaki itu. Sepuluh tahun kemudian, ketika sudah sama-sama dewasa dan sukses, kenyataan berkata lain dan kesempatan terbuka untuknya untuk memiliki kebersamaan mereka.

Namun ketika Baron melamarnya, Adriana bimbang. Jika ia menerima pinangan lelaki itu, berarti dia akan melukai hati Oli, tunangan Baron yang juga teman mereka.

Adriana merasa frustrasi, patah hati. Untuk melupakan Baron, dia lalu memutuskan untuk melakukan perbuatan gila-gilaan yang belum pernah dilakukannya selama hidup, dan bukan khas dirinya. Salah satunya, dia ingin sekali berkencan dengan seseorang, sembarang lelaki, siapa pun dia. Dan Adriana tak mengira, bahwa yang datang menyambut tawarannya adalah sahabatnya sendiri....

Repot sekali jika jatuh cinta pada sosok yang kita anggap sempurna, tapi kitanya punya penyakit pesimis parah. Alih-alih menyatakan perasaan kepada orang tersebut, kita justru memendamnya dalam hati, parahnya, hingga bertahun-tahun. Hal inilah yang terjadi pada Adriana Amandira. Wanita 30 tahun ini memendam rasa cintanya kepada Thomas Baron Iskandarsyah (Baron), laki-laki yang ia sukai sejak SMP.

Setelah lama menetap di Amerika, Adriana memutuskan kembali ke Indonesia dan mulai bekerja pada sebuah perusahaan pesaing Unilever: Good Life. Di tempat kerjanya yang baru, ia bertemu dengan Ervin Daniswara (Ervin), cowok yang secara fisik sanggup membuat jantung perempuan manapun berdetak lebih cepat, tak terkecuali Adriana. Hubungan mereka menjadi lebih akrab sejak melakukan kunjungan ke Cincinnati, Amerika Serikat untuk mengikuti training dari perusahaan. Saking dekatnya mereka, saat kembali ke Jakarta, orang-orang mulai bergosip bahwa telah menjalin asmara. Tapi gosip tinggallah gosip. Hubungan Adriana dan Ervin tidak lebih dari sekadar sahabat.

6 Mar 2013

Wishful Wednesday #3

Gara-gara baca review Dion tentang buku ini, saya jadi penasaran dan ingin sekali membaca bukunya. Kalau gak salah pernah liat buku ini di toko buku, tapi karena covernya berwarna pink begitu, saya jadi malas walau hanya sekadar membaca sinopsisnya. Well, good review Yon, karena saya jadi penasaran terhadap buku yang memang bikin penasaran ini. Haha.
Judul: Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran
Penulis: Mark Haddon
Penerjemah: Hendarto Setiaji
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 2012

Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran karya Mark Haddon bercerita tentang seorang remaja penderita sindrom Aspenger bernama Christopher Boone. Penyakit ini hampir mirip dengan gejala autis, dan pada Christopher, gejalanya ditunjukkan dengan kebiasaannya yang menyukai keteraturan  dan ketidaksukaannya pada warna kuning dan cokelat. Bila perabot rumahnya bergeser sedikit saja (yang berarti tidak teratur) ia akan berteriak-teriak sendiri. Ia juga tidak menyadari ketika orang marah akibat perbuatannya dan bahkan akan langsung memukul orang lain yang tidak ia kenal dan membuatnya tidak nyaman (termasuk guru dan ayahnya sendiri). Tapi, kekurangan dalam satu hal biasanya akan diimbangi dengan kelebihan di sisi lain. Christopher adalah anak yang luar biasa cerdas dalam memecahkan soal matematika dan komputer. Bisa dikatakan, ia adalah seorang remaja cerdas namun kikuk dalam bergaul dalam orang lain. Ia seperti punya dunianya sendiri dan sangat nyaman bergelung dalam dunianya sendiri.
Alkisah, Christopher menjumpai anjing tetangganya mati ditusuk dengan garpu taman. Tidak ada orang yang mau repot-repot untuk mengusut kasus itu. Tapi, dengan logika dan kecerdasannya yang di atas rata-rata, Christopher merasa ada yang aneh (yang tidak teratur) dalam kasus biasa ini sehingga dengan polosnya ia pun menjadi penyelidik. Seluruh logika dan pemikirannya yang serba teratur menggiringnya pada kesimpulan yang mengejutkan, yang ternyata memang benar. Ia berhasil menemukan pembunuhnya (yang ternyata adalah orang yang tidak disangka-sangka). Peristiwa ini pun mengarahkannya untuk melakukan tindakan-tindakan lain yang lebih esktrem, yang tidak pernah ia lakukan sebelumnya.
(copas dari sini :p)

Jadi, apa Wishful Wednesday-mu hari ini? :)

Mau ikutan Wishful Wednesday? Caranya gampang:
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

A Walk To Remember (Kan Kukenang Selalu) by Nicholas Sparks

Judul: A Walk To Remember (Kan Kukenang Selalu)
Penulis: Nicholas Sparks
Penerjemah: Kathleen SW
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2003
Tebal: 256 hlm.
ISBN: 9796867567
Rating: 5/5

Sinopsis:
Sewaktu berusia tujuh belas tahun, hidup Landon Carter berubah selamanya. Dan semua karena Jamie Sullivan…

Jika cinta bisa memilih, Landon tentu tidak akan memilih untuk jatuh cinta pada Jamie. Gadis yang selalu membawa Alkitab ke sekolah, menyelamatkan binatang yang terluka, menjadi relawan di panti asuhan... gadis yang suci dan memiliki hati bak malaikat. Tak ada yang pernah mengajak Jamie kencan, dan Landon pun tidak pernah bermimpi untuk berkencan dengannya.

Sampai takdir menentukan lain... dan mengubah hidup Landon selama-lamanya.

Perhatian: Review ini mengandung spoiler.

Setiap kali mendengar kalimat "A Walk To Remember", yang tergambar jelas di benak saya adalah wajah polos Mandy Moore. Ia berperan sebagai Jamie Sullivan dalam film A Walk To Remember, film yang katanya bikin mewek itu. Saya sendiri belum pernah tuntas menonton film tersebut (biasalah, kalau ditayangin di tv, banyakan iklannya, jadi males nonton sampai kelar). A Walk To Remember diadaptasi dari novel romantis berjudul sama karya Nicholas Sparks, yang baru selesai saya baca beberapa waktu yang lalu.

Sebenarnya kisah A Walk To Remember sederhana saja. Kamu pasti sudah tidak asing dengan cerita dalam buku-buku maupun film atau sinetron tentang cowok kaya yang jatuh cinta pada cewek baik hati, kemudian si cewek ketahuan sedang sakit parah (contoh: sakit leukemia), si cewek mati, bla bla bla, dan tanpa sadar tisu sekotak sudah habis dipakai mengelap air mata. Ya, A Walk To Remember adalah novel dengan kisah seperti itu. Tapi tetap saja, A Walk To Remeber adalah novel romantis yang sangat menyentuh dan inspiratif.

4 Mar 2013

Dark Love by Ken Terate

Judul: Dark Love
Penulis: Ken Terate
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012
Tebal: 248 hlm.
ISBN: 9789792287516
Rating: 4/5

Sinopsis:
Usiaku 17 tahun, hampir 18. Kelas 12. Hampir lulus. Dan aku hamil...

Kirana yang cerdas, cantik, dan ceria melihat semua impiannya luruh di depan mata. Hari-harinya mulai dipenuhi rahasia dan kecemasan. Ia nggak mungkin mampu melahirkan dan merawat bayi. Ia juga nggak mungkin mampu menghadapi celaan dari orang-orang di sekitarnya, teman-temannya, guru-gurunya, terutama kekecewaan orangtuanya. Saat ini Kirana berada di ambang jurang keputusasaan. Hidup seolah tidak menawarkan solusi apa pun padanya.

Bagaimana dengan cowok yang menghamilinya? Oh, cowok itu harus tetap sekolah. Dia nggak boleh terlibat. Dia cowok paling tampan dan paling cerdas di sekolah. Masa depannya begitu gilang gemilang. Kirana tidak ingin merusaknya. Siapakah dia? Kirana takkan pernah mau mengakuinya.

Melihat covernya yang mirip dengan cover novel-novel Mira W., membuat saya berpikir: kayaknya ini novel serius deh. Benar saja, karena teenlit ini mengangkat tema teenage pregnancy. Kisahnya tentang Kirana, remaja tujuh belas tahun yang cerdas dan berprestasi. Ia duduk di kelas 12 dan sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional. Tak ada yang menyangka bahwa siswa teladan itu tengah hamil. Yap. Hamilnya bukan karena diperkosa, sayangnya. Ia melakukan ‘itu’ dengan salah seorang siswa di sekolahnya, orang yang amat ia cintai. Sayangnya Kirana tak ingin memberitahu siapa cowok tersebut. Kirana amat mencintainya, sehingga tidak ingin menyeret cowok itu dan menghancurkan masa depannya.

Jadilah Kirana seorang diri yang menanggung beban tersebut sendirian. Pada masa-masa awal kehamilannya, Kirana tetap menjalani aktivitasnya seperti biasa (sebagai murid, sebagai teman, sebagai anak manis dari Bekasi yang jauh-jauh sekolah ke Jakarta) sambil terus memikirkan solusi untuk keluar dari kegelapan yang sedang menyelimutinya. Kirana tahu, ia tak bisa selamanya menyembunyikan kehamilannya. Karena bagaimanapun, makhluk yang berada di rahimnya terus tumbuh, dan perutnya semakin lama akan semakin membesar—kalau ia tidak segera mengambil tindakan.

Back to top