29 Apr 2013

Perfect Match (Pasangan Sempurna) by Jodi Picoult

Judul: Perfect Match (Pasangan Sempurna)
Penulis: Jodi Picoult
Penerjemah: Julanda Tantani
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010
Tebal: 504 hlm.
ISBN: 9789792257687
Rating: 4/5

Sinopsis:
Nina Frost, pengacara untuk anak-anak yang dianiaya. Bekerja keras memastikan sistem hukum yang memiliki banyak lubang bisa menahan para pelaku kejahatan di belakang terali. Tapi ketika anak laki-lakinya yang berusia lima tahun, Nathaniel, mengalami trauma karena penganiayaan seksual, Nina dan suaminya, Caleb--seorang pengrajin batu yang tenang dan praktis--hancur, tercabik-cabik dalam amarah dan keputusasaan di hadapan sistem pengadilan yang menggelikan, sesuatu yang Nina kenal dengan baik. Dengan mudahnya kejujuran dan pembelaan absolut Nina dijungkirbalikkan, dan dengan membabi buta dia mencari sendiri keadilan bagi anaknya--apa pun konsekuensinya, apa pun pengorbanannya.

Aku pernah bertemu para penganiaya anak-anak. Mereka tidak mengenakan tanda, merek, atau tato yang menunjukkan perbuatan mereka. Semuanya tersembunyi di balik senyum kebapakan yang ramah; tersimpan di belakang kemeja yang terkancing rapi. Mereka tampak seperti kebanyakan dari kita, dan justru itulah yang sangat menakutkan—mengetahui monster-monster itu bergerak di antara kita, dan kita tak bisa mengenali mereka. (hlm 105)

Buku ini saya pilih untuk baca bareng BBI bulan April 2013 yang salah satu temanya adalah tentang perempuan, atau buku-buku yang ditulis oleh perempuan. Saya rasa Jodi Picoult adalah pilihan yang tepat untuk mewakili penulis perempuan, oleh sebab tulisannya yang kuat, dengan karakter-karakter yang amat berkesan. Pengalaman saya dengan karyanya yang berjudul My Sister’s Keeper masih meninggalkan kesan yang mendalam bagi saya.

Perfect Match masih mengangkat tema tentang keluarga, terutama tentang kasih seorang ibu kepada anaknya. Apa yang akan dilakukan seorang ibu bila anak laki-laki berusia lima tahun yang amat dikasihinya ternyata dilecehkan secara seksual oleh seorang pastur? Apalagi ternyata pelaku sudah bisa dipastikan bebas sebab anak yang menjadi korban dianggap tak mampu (atau mengutip istilah dalam buku ini: “tidak berkompeten”) untuk memberikan kesaksian. Sebagai ibu, tentu rasa sakitnya sungguh tak terbayangkan. Membayangkan pelaku bebas begitu saja dan melenggang kembali ke masyarakat saja sudah cukup membuat murka. Apalagi membayangkan pelaku kemungkinan besar akan melakukan tindakan tak bermoralnya pada anak-anak lain, calon-calon korban yang tak berdosa. Kalaupun dihukum, biasanya hukuman yang diterima para pelaku terbilang ringan, sementara anak yang menjadi korban mengalami trauma, dan butuh terapi bertahun-tahun (waktunya lebih lama dibanding hukuman kurungan yang diterima oleh pelaku), sebelum akhirnya bisa dinyatakan sembuh.

27 Apr 2013

Winners Announcement: BBI 2nd Anniversary Giveaway Hop

Terima kasih bagi semua peserta yang telah berpartisipasi dalam BBI 2nd Anniversary Giveaway Hop yang diadakan oleh blog Kandang Baca. Terima kasih atas ucapan selamat ulang tahun buat BBI dan harapan-harapan kalian bagi komunitas pecinta buku ini. Saya terharu lho baca komen-komen yang masuk. Banyak yang berharap semoga BBI makin eksis dan makin banyak anggotanya, amiiiin. Ada pula yang ngusulin agar anggota BBI bikin buku keroyokan *colek para pengurus BBI* :D. Saya pribadi berharap semoga BBI tetap eksis, semoga resensi-resensi buku yang ditulis oleh para anggotanya semakin berbobot (ingetin diri sendiri nih) dan bisa menjadi acuan bagi para pembaca yang hendak membeli dan membaca buku tersebut. Yang lebih penting dari itu semua, semoga BBI selalu menularkan virus membaca bagi penduduk Indonesia tercinta. :)

Baiklah, setelah memoderasi semua entri yang masuk, maka yang terpilih sebagai pemenang adalah...

24 Apr 2013

Wishful Wednesday #7

Selamat hari Rabu! Hari Rabu berarti waktunya Wishful Wednesday. Saya termasuk yang angin-anginan mengikuti meme ini. *dikemplang Mbak Astrid* Okeh. Untuk Rabu ini, buku yang menjadi incaran saya adalah Dark Lover, yang merupakan buku pertama dari seri Black Dagger Brotherhood. Kenapa ingin buku ini? Hmm, saya penasaran karena banyak yang bilang seri vampir ini bagus banget, terbukti dari ratingnya yang cukup tinggi di goodreads. Dari review singkat saudari Peri Hutan, saya jadi punya gambaran umum tentang vampir versi J.R. Ward. Misalnya, mengutip review sang Peri, "vampir tidak tercipta dengan digigit saja tapi dilahirkan menjadi vampir atau tidak, ada juga manusia setengah vampir di mana nantinya ketika berumur 20 tahun-an akan mengalami masa peralihan menjadi vampir. Bukan darah yang menjadi menu utama mereka, hanya menambah hidup lebih panjang saja dan, ya, mereka makan seperti manusia." Kalo deskripsi vampirnya seperti ini sih, saya juga tertarik buat jadi vampir, secara masih bisa makan burger atau pizza, hehe. Semoga saya akan baca buku ini dalam waktu yang nggak terlalu lama (sambil melirik takut-takut ke arah timbunan).
Judul: Dark Lover (Kekasih Misterius)
Seri: Black Dagger Brotherhood #1
Penulis: J.R. Ward
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2011
Sinopsis:
Dalam kegelapan malam di Caldwell, New York, terjadi pertempuran sengit antara vampir-vampir dan para pembunuhnya. Di sana ada ikatan persaudaraan rahasia yang lain dari yang lain, Black Dagger Brotherhood--terdiri atas enam vampir prajurit, para pelindung ras mereka--dipimpin oleh Wrath, yang paling menikmati membunuh musuh-musuh mereka.

Sebagai satu-satunya vampir berdarah murni yang masih ada di planet ini, Wrath menyimpan dendam kepada para pembunuh yang telah mencabut nyawa orangtuanya berabad-abad lalu. Namun ketika salah satu pejuang yang paling dipercayainya tewas--meninggalkan seorang putri berdarah campuran yang tidak menyadari garis keturunan maupun takdirnya--Wrath terpaksa mendampingi perempuan cantik itu memasuki dunia makhluk abadi...

Tersiksa oleh kegelisahan yang tak pernah ada sebelumnya dalam tubuhnya, Beth Randall tidak berdaya menghadapi lelaki seksi berbahaya yang mendatanginya pada malam hari dengan mata tersembunyi di balik kacamata hitam. Penjelasan lelaki itu mengenai Black Dagger Brotherhood dan darah membuat Beth takut. Tetapi sentuhan Wrath menyulut rasa lapar yang segera merasuki mereka berdua....

Jadi, apa Wishful Wednesday-mu hari ini? :)

Mau ikutan Wishful Wednesday? Caranya gampang:
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

22 Apr 2013

How To Be Popular (Panduan Meraih Popularitas) by Meg Cabot

Judul Buku: How To Be Popular (Panduan Meraih Popularitas)
Penulis: Meg Cabot
Penerjemah: Maharani Aulia
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2010 (Cetakan I)
Tebal: 312 halaman
ISBN: 9789792264975
Harga: Rp. 40.000,-
Rate: 4/5

~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~

Buku ini lucu sekali! Sewaktu membaca buku ini, bukan cuma sekali-dua kali saya menegur diri sendiri: “Mengapa kamu nggak dari dulu-dulu baca buku-bukunya tante Meg?”

Sebenarnya, formula yang dipakai Meg Cabot dalam buku-buku remajanya cukup umum ya, bahkan mungkin sudah basi. How To Be Popular mengingatkan saya pada buku All-American Girl dan film Princess Diaries (saat menulis review ini, saya belum membaca satupun seri Princess Diaries, baru nonton filmnya), yaitu tentang "gadis yang tadinya nggak populer lalu mendadak jadi populer", atau tentang "gadis yang nggak populer tapi ngarep banget jadi populer". Sebaiknya saya menceritakan sedikit tentang buku ini.

Selama lima tahun Steph Landry menjadi bahan olok-olok teman-temannya. Semuanya bermula saat Steph tersandung dan tak sengaja menumpahkan minumannya sehingga menodai rok cewek paling populer di sekolah, Lauren Moffat. Lauren jadi begitu membenci Steph dan mulai menciptakan idiom kayak, “Jangan bertindak konyol kayak Steph Landry dong!” atau “Ih, kamu kayak Steph Landry deh!” dan sejenisnya, yang kemudian mulai ditiru oleh semua orang. Sehingga ketika ada teman yang berbuat konyol, maka idiom “jangan-kayak-Steph-Landry” pasti bakal terucap. Dan itu telah berlangsung selama lima tahun.

City of Glass - Cassandra Clare

Judul: City of Glass
Seri: The Mortal Instruments #3
Penulis: Cassandra Clare
Penerjemah: Melody Violine
Penerbit: Ufuk Press, 2011
Tebal: 752 hlm.
ISBN: 9786028801478

Sinopsis:
Untuk menyelamatkan ibunya, Clary harus pergi ke Kota Kaca, kota leluhur Pemburu Bayangan. Tapi dia memasukinya tanpa izin, yang berarti melanggar Hukum dan terancam dihukum mati. Lebih parah lagi, Simon dipenjara selama dia tidak mau bersaksi mengambinghitamkan keluarga Lightwood. Ketika ternyata Jace tidak menginginkan Clary di sana, Sebastian yang misterius membantu Clary menyingkap rahasia keluarganya.

Sementara itu, Valentine hendak memanggil Malaikat dan semua iblis. Dia siap menghancurkan ras Pemburu Bayangan kalau mereka tidak mau tunduk kepadanya. Kini satu-satunya harapan mereka untuk bertahan adalah dengan meminta bantuan Penghuni Dunia Bawah. Tapi bisakah kedua pihak tersebut mengesampingkan kebencian mereka demi bekerja sama? Dalam kegentingan ini, apakah Jace rela mengorbankan nyawanya demi Clary? Bisakah Clary menggunakan kekuatan barunya untuk menyelamatkan Kota Kaca, apa pun akibatnya?

Cinta adalah dosa kehidupan. Rahasia masa lalu terbukti mematikan ketika Clary dan Jace menghadapi Valentine dalam jilid ketiga The Mortal Instruments.

Perhatian: Review ini mungkin mengandung spoiler.

Clary akhirnya memutuskan pergi ke Idris, negara asal para Pemburu Bayangan, untuk bertemu dengan Ragnor Fell, warlock yang mengetahui cara untuk membangunkan ibu Clary yang masih tak sadarkan diri. Namun Jace menentang keras rencana Clary dan diam-diam berencana untuk pergi ke Idris tanpa gadis itu. Saat hendak menuju Idris melalui portal yang dibuat oleh Magnus Bane, Jace dan keluarga Lightwood diserang oleh pasukan iblis. Simon yang saat itu tengah menemui Jace ikut terlibat pertempuran. Dalam kondisi terdesak, Jace membawa serta Simon ke Idris. Clary yang menyadari ditinggal oleh Jace dan keluarga Lightwood, membuat portal sendiri untuk pergi ke Idris, diikuti oleh Luke. Sayangnya portal yang dibuat Clary tak mampu menembus Idris, atau tepatnya Alicante (ibu kota Idris), sehingga ia dan Luke mendarat di danau Lyn, sebuah danau yang terkutuk bagi para Pemburu Bayangan, termasuk Clary.

Di Alicante, Simon yang sejak di buku kedua telah menjadi vampir ternyata tidak diinginkan di kota Pemburu Bayangan itu. Maka setelah sembuh dari luka bekas pertempuran melawan iblis, Kunci meminta Simon untuk pulang ke New York melalui portal yang disediakan oleh mereka. Namun, alih-alih dipulangkan, sang Inkuisitor dari pihak Kunci malah memenjarakan Simon di ruang yang dilindungi berbagai rune dan mulai menginterogasi si vampir yang secara misterius tidak terbakar oleh sinar matahari itu. Baik Jace maupun keluarga Lightwood tidak mengetahui perihal penjeblosan Simon ke penjara. Sementara itu, baik Luke maupun Clary (yang terkena kutukan danau Lyn) terpaksa harus bersembunyi di rumah Amatis, adik perempuan Luke, karena kedatangan mereka di Alicante adalah ilegal, terutama bagi Luke yang posisinya sebagai Penghuni Dunia Bawah, tepatnya, sebagai manusia serigala.

13 Apr 2013

BBI 2nd Anniversary Giveaway Hop

CLOSED!
pengumuman pemenang di sini
Halo semuanya! Pertama-tama, saya mau ngucapin, "Selamat ulang tahun, Bebi!" Yap. Tahun ini, komunitas BBI (Blogger Buku Indonesia) berulang tahun yang ke-2. Buat kamu yang belum tahu apa itu BBI, kamu bisa baca penjelasan tentang BBI di sini yang diposting oleh Hobby Buku. Saya sendiri baru setahun bergabung dengan BBI. Semenjak bergabung dengan BBI, saya jadi tahu banyak informasi seputar dunia buku, belajar mereview buku, serta mengikuti berbagai giveaway menarik yang diadakan oleh para membernya. Nah, salah satu event untuk merayakan ultah ke-2 BBI ini, kami para member mengadakan giveaway.

Yuk deh, langsung saja. HADIAH UTAMA BBI 2nd Anniversary Giveaway Hop versi blog Kandang Baca adalah buku pilihanmu sendiri senilai maksimal IDR 150.000 (termasuk ongkos kirim). Jadi, kalau kamu terbiasa belanja buku online, kamu bisa mulai mengecek buku incaranmu di toko-toko buku online Indonesia dan kasih linknya ke saya. Jumlah bukunya bebas, asalkan bila ditambah ongkir, totalnya nggak lebih dari 150K. Okeh? Okeh?

Monster Blood (Goosebumps #3) - R.L. Stine

Judul: Stay Out of the Basement
Seri: Goosebumps #3
Penulis: R.L. Stine
Penerbit: Scholastic, 1992
Format: Ebook, 144 hlm

Sinopsis:
Soon after he purchases a dusty can of monster blood at the funky old toy store near his great-aunt Kathryn's house, Evan begins to notice some strange things happening to the people around him.

While staying with his weird great-aunt Kathryn, Evan visits a funky old store and buys a dusty can of monster blood. It's fun to play with at first, and Evan's dog, Trigger, likes it so much, he eats some!
But then Evan notices something weird about the green, slimy stuff. It seems to be growing.
And growing.
And growing.
And all that growing has given the monster blood a monstrous appetite...

Evan Ross dititipkan di rumah bibinya sementara ibu dan ayahnya pergi ke Atlanta untuk mencari rumah baru yang nantinya akan mereka tempati. Bibi Kathryn tuli dan tak bisa membaca membaca bibir, sehingga menyulitkan Evan untuk berkomunikasi dengannya. Bibinya itu tampaknya tak menyukai Evan. Bahkan Sarabeth, kucing hitam miliki bibi Kathryn juga bersikap tidak menyenangkan terhadap Evan. Untungnya Evan punya seekor anjing jenis cocker spaniel bernama Trigger yang lucu dan imut-imut, sehingga bocah itu tidak merasa terlalu kesepian. Ditambah lagi, ia berkenalan dengan anak perempuan seusianya yang bersikap sangat bersahabat, namanya Andrea dan biasa disapa Andy.

12 Apr 2013

Fun Year With Children’s Literature 2013

Setelah dipikir-pikir, kayaknya seru juga kalau saya ikut gabung di Fun Year With Children’s Literature yang di-host oleh Bzee dan HobbyBuku, mengingat daftar bacaan saya terdapat beberapa judul untuk anak-anak. Sayangnya saya telat gabung, jadi nggak bisa ikut giveaway utama, padahal hadiahnya lumayan, hehe. Gpp, yang penting ikut seru-seruan baca bareng buku anak-anak sepanjang tahun 2013. Kalau kamu berminat ikutan, bisa langsung ke sini.

Sesuai judul eventnya yang fun, event ini terdiri dari lima fun months, yaitu:
Fun Months 1 (FMs1) → Januari – Februari
Tema – Classic / Bildungsroman / Awards’ Winner
Fun Months 2 (FMs2) → Maret – April
Tema – Short Stories / Fairy Tales
Fun Months 3 (FMs3) → Mei – Agustus
Tema – Series / Trilogy / Fantasy / Adventure
Fun Months 4 (FMs4) → September – Oktober
Tema – Mystery / Classic / Bildungsroman
Fun Months 5 (FMs5) → November – Desember
Tema – Realistic Fiction / Awards’ Winner

10 Apr 2013

Wishful Wednesday #6

Setelah dua kali absen, hari ini saya usahain untuk posting WW lagi. Kebetulan ada buku yang kepingin banget dibaca (ulang) bulan ini. Harry Potter dan Piala Api. Ini adalah buku Harry Potter favorit saya setelah Harry Potter dan Tawanan Azkaban. Alasan saya kepingin punya/baca ulang buku ini karena selain untuk event Hotter Potter, juga karena saya mulai lupa sama ceritanya. Terakhir kali saya cek buku ini di toko buku lokal harganya sudah mencapai 120K. Oh Gawd. Muahal ya? Terpikir oleh saya untuk mencari buku bekasnya di fjb kaskus, tapi sayangnya jika ditambah dengan ongkir ke tempat saya, jatuhnya nggak beda jauh jika beli baru. :| Rencananya saya akan membeli buku ini akhir pekan nanti. Tapi gak nolak kok kalau ada yang mau menghibahkan meminjamkan, hehe.

Judul: Harry Potter dan Piala Api
Seri: Harry Potter #3
Penulis: J.K. Rowling
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001
Sinopsis:
Tahun ini akan berlangsung Piala Dunia Quidditch. Harry ingin sekali menontonnya, tetapi akankah keluarga Dursley menginzinkannya? Tahun ini Hogwarts juga akan menjadi tuan rumah turnamen sihir yang sudah lebih dari seratus tahun tak pernah diadakan. Tahun ini, Harry yang beranjak remaja, juga mulai naksir cewek. Siapakah cewek beruntung yang kejatuhan cinta penyihir dan Seeker beken ini? Tapi tak semua yang dialami Harry peristiwa hura-hura. Karena mendadak bekas luka di keningnya terasa sakit sekali. Dan di langit malam, muncul Tanda Kegelapan, tanda yang menyatakan bangkitnya Lord Voldemort. Dan itu baru permulaan.

Wujud Lord Voldemort akan kembali sempurna bila dia berhasil mendapatkan darah musuh besarnya, Harry Potter. Dan dengan bantuan abdinya yang setia, Lord Voldemort menculik Harry.

Akhirnya, untuk pertama kalinya selama tiga belas tahun. Harry berhadapan langsung dengan musuh besarya. Dan tak terhindarkan lagi, keduanya berduel...

Jadi, apa Wishful Wednesday-mu hari ini? :)

Mau ikutan Wishful Wednesday? Caranya gampang:
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

Harry Potter and The Prisoner of Azkaban (Harry Potter dan Tawanan Azkaban) by J.K. Rowling

Judul: Harry Potter and Prisone of Azkaban  (Harry Potter dan Tawanan Azkaban)
Seri: Harry Potter #3
Penulis: J.K. Rowling
Penerjemah: Listiana Srisanti
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2007 (Cetakan XXI)
Tebal: 544 hlm.
ISBN: 9789796558537
Rating: 5/5

Sinopsis:
SELAMA dua belas tahun, penjara sihir Azkaban yang mengerikan mengurung tawanan berbahaya bernama Sirius Black. Black yang ditahan karena membunuh tiga belas orang dengan dengan satu kutukan, dikabarkan sebagai putra mahkota si Pangeran Kegelapan. Voldemort.

Sekarang Black berhasil kabur. Hanya ada dua petunjuk untuk memperkirakan ke mana kiranya tujuannya: Keberhasilan Harry Potter mengalahkan Voldemort berarti kejatuhan Black juga. Dan para pengawal Azkaban sering mendengar Black mengigau dalam tidurnya, "Dia di Hogwarts... dia di Hogwarts."

Harry Potter tidak aman, bahkan sekalipun dia berada di dalam perlindungan dinding kastil sekolah sihirnya, dan dikelilingi oleh teman-temannya. Karena... mungkin saja ada pengkhianat di antara mereka!

Setelah menggelembungkan Bibi Marge, Harry Potter pasrah bahwa dirinya akan dihukum, sebab penyihir di bawah umur dilarang keras menggunakan sihir di luar sekolah. Anak laki-laki itu memutuskan untuk kabur dari rumah. Saat sedang berjalan tak tentu arah, ia diselamatkan oleh Bus Ksatria—sebuah bus khusus yang hanya bisa ditumpangi oleh para penyihir. Keberuntungan Harry tak hanya sampai di situ. Perlakuan semua orang tampaknya agak kelewat baik kepadanya. Ia bahkan tak diberikan hukuman atas sihir ilegal yang dilakukannya kepada Bibi Marge. Ternyata penyebabnya adalah Sirius Black. Penjahat paling berbahaya penghuni penjara sihir Azkaban itu baru saja melarikan diri dan diduga sedang mengincar Harry Potter. Itulah mengapa orang-orang ingin memastikan bahwa Harry dalam keadaan baik. Sirius bukan sekadar penjahat berbahaya. Ia adalah Putera Mahkota Pangeran Kegelapan, siapa lagi kalau bukan Lord Voldemort. Kini Black mengincar Harry Potter, bocah yang belasan tahun yang lalu menjadi penyebab kejatuhan Voldemort.

Di tahun ketiganya di Hogwarts, Harry Potter lagi-lagi harus mengalami petualangan berbahaya. Demi menangkap Sirius Black, Kementerian Sihir telah mengijinkan penjaga penjara Azkaban, para makhluk penyedot jiwa yang disebut Dementor, untuk berjaga di sekeliling Hogwarts. Oleh sebab tertentu, Dementor memberi efek buruk bagi Harry, bahkan bocah itu sempat pingsan saat salah satu Dementor menghentikan Hogwarts Express. Tapi selain ancaman Sirius Black dan kengerian yang disebabkan oleh Dementor, tahun ini juga penuh dengan kejutan yang menyenangkan: ada guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam baru di Hogwarts, yakni Profesor Lupin, yang merupakan teman ayah Harry Potter semasa hidup dulu. Hagrid juga diangkat menjadi guru Pemeliharaan Satwa Gaib. Ditambah lagi, Harry dihadiahi Peta Perompak yang luar biasa keren oleh si kembar Weasley, yang memungkinkan dirinya untuk menyusup ke Hogsmeade, sebuah desa penyihir yang sangat menyenangkan yang berada tak jauh dari Hogwarts.

8 Apr 2013

Stay Out of the Basement (Goosebumps #2) - R.L. Stine

Judul: Stay Out of the Basement
Seri: Goosebumps #2
Penulis: R.L. Stine
Penerbit: Scholastic, 1992
Format: Ebook, 132 hlm

Sinopsis:
Dr. Brewer is doing a little plant-testing in his basement. Nothing to worry about. Harmless, really.

But Margaret and Casey Brewer are worried about their father. Especially when they... meet... some of the plants he is growing down there.

Then they notice that their father is developing plantlike tendencies. In fact, he is becoming distinctly weedy- and seedy. Is it just part of their father's 'harmless' experiment? Or has the basement turned into another little shop of horrors?

Dr. Brewer adalah ilmuwan di bidang tumbuhan yang bekerja di sebuah universitas. Akan tetapi, ia dikeluarkan lantaran eksperimennya yang aneh terhadap tanaman. Tapi karena sudah terobsesi dengan eksperimennya, Dr. Brewer tetap melanjutkan eksperimennya tersebut di ruang bawah tanah rumahnya. Seaneh apa sih, eksperimen Dr. Brewer, sehingga membuat ia dikeluarkan dari universitas?

Margaret dan Casey Brewer, tokoh utama cerita ini, akhir-akhir ini merasa ayah mereka tak lagi memperhatikan mereka. Kegiatan eksperimen di ruang bawah tanah telah menyita sebagian besar waktunya. Penasaran, kakak-beradik tersebut memutuskan untuk mengintip ke ruang bawah tanah. Namun, belum sempat melihat apa yang dilakukan ayah mereka, sang ayah tiba-tiba muncul dengan lengan berdarah dan membentak mereka, “Stay out of the basement!” Margaret dan Casey belum pernah melihat ayah mereka semarah itu.

1 Apr 2013

Dunia Kafka by Haruki Murakami

Judul: Dunia Kafka
Judul Asli: 海辺のカフカ (Jepang) / Kafka On The Shore (Inggris)
Penulis: Haruki Murakami
Penerbit: Pustaka Alvabet, 2011
Tebal: 608 hlm.
ISBN: 9786029193039
Rating: 3/5

Ini adalah buku terlama yang saya baca sejauh ini di tahun 2013. Butuh seminggu lebih loh untuk menyelesaikan buku ini, tepatnya 8 hari. Biasanya sih, jangka waktu segitu saya bisa baca minimal 2 buku. *geleng-geleng pasrah* Ternyata konten buku ini tidak seringan dugaan saya sebelumnya. Yuk deh, langsung saja nge-review bukunya.

Dunia Kafka (yang kabarnya pernah diterbitkan dengan menggunakan judul asli: Kafka On The Shore) memiliki dua plot berbeda, tapi pada akhirnya memiliki keterkaitan satu sama lain. Di satu sisi, buku ini berkisah tentang Kafka Tamura, remaja lima belas tahun yang kabur dari rumah yang ditinggalinya bersama sang ayah. Kafka merasa ia akan ‘hancur’ jika tetap tinggal bersama ayahnya. Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan gadis yang berumur sedikit lebih tua darinya, gadis itu bernama Sakura. Sakura adalah gadis berparas menarik, sehingga Kafka mulai merasakan suka terhadap gadis tersebut. Namun pertemuan tersebut tidak berlangsung lama. Nasib kemudian membawa Kafka ke sebuah perpustakaan di daerah Takamatsu. Berkat kebaikan hati Nona Saeki yang umurnya kurang lebih sama dengan ibu Kafka, beserta asistennya yang bernama Oshima, Kafka ditampung di perpustakaan tersebut dan membantu pekerjaan di sana. Kafka bersyukur, karena selain tidak perlu lagi mencari tempat penginapan, ia bisa membaca sesuka hatinya—ya, Kafka memang suka membaca. Tapi keadaan menjadi rumit, setelah polisi mendatangi perpustakaan itu sebab mereka mencurigai Kafka terlibat sebuah kasus pembunuhan sadis.

Di sisi lain, buku ini bertutur tentang Satoru Nakata, lelaki tua yang tidak bisa bisa membaca. Selain tidak bisa membaca, Nakata juga memiliki kendala dalam berkomunikasi—cara bicaranya, menurut orang-orang, aneh. Ia sendiri bahkan mengklaim dirinya “bodoh”. Namun, ia memiliki kemampuan luar biasa yang tidak diketahui orang lain: ia bisa berbicara dengan kucing! Berkat kemampuanya itu, Nakata sering membantu orang-orang untuk mencari kucing mereka yang hilang. Tak ada yang tahu bagaimana Nakata menemukan kucing-kucing mereka, tetapi mereka amat mengandalkan Nakata untuk urusan tersebut. Saat tengah mencari kucing bernama Goma, Nakata terlibat kasus pembunuhan. Ya, lelaki tua itu membunuh seseorang! Kemudian, dengan polosnya ia mendatangi polisi dan mengakui perbuatannya. Tetapi anggota polisi yang sedang bertugas di pos polisi saat itu tidak menanggapi Nakata dengan serius. Akhirnya, Nakata memutuskan untuk pergi untuk melakukan suatu “tugas” yang menurutnya sangat penting. Tugas apakah itu? Saya tidak akan membocorkannya di sini, tetapi perjalanan Nakata kemudian berakhir di kota yang sama dengan tempat Kafka bersenbunyi. Dan kisah yang tampaknya tidak saling berhubungan tersebut, kini mulai menampakkan titik terangnya.

Back to top