31 Mei 2013

Winner Announcement: Kandang Baca 1st Anniversary Giveaway!

Terima kasiiiih banget bagi teman-teman yang sudah mengikuti Kandang Baca 1st Anniversary Giveaway. Saran-kritiknya saya tampung ya. Saat ini saya sudah melakukan beberapa berubahan mulai dari layout, ukuran font, dll. Harapan saya semoga nggak lemot lagi, terutama bagi yang koneksi internetnya balapan sama siput. Hehe. Ini masih tahap utak-atik sih. Jadi mohon maaf bila blog ini nggak bisa diakses pada saat-saat tertentu. Dan iya, maaf lagi, saya memang lemot untuk urusan update review. #selfcambuk

Untuk saran yang lain, mengenai giveaway berhadiah buku dari toko buku luar negeri akan saya pertimbangkan. Ada beberapa saran yang nggak bisa saya penuhin, walau sebenernya kepingin juga sih, misalnya warna blog bernuansa pink dan cursor Hello Kitty (sempet liat-liat di internet, eh ada rupanya! Haha). Yah, saya khawatir banyak yang akan salah paham dan menduga saya cewek. Padahal saya kan cowok, walau sesekali suka pake stoking jaring-jaring sih. #eh #sumpahinibecanda #abaikan

30 Mei 2013

May Book Haul | 2013

Hai. Untuk post kali ini, saya nggak memposting review, melainkan ingin share tentang book haul. Posting ini juga untuk mengakomodasi saran dari teman, di mana beliau (cieee beliau...) menyarankan saya untuk posting nggak hanya review buku saja. Omong-omong, 'book haul' itu apa?  Saya juga nggak tahu istilah bahasa Indonesianya. ‘Tangkapan buku’? Kedengarannya aneh ya? Haha. Kalo  dalam dunia blog/videoblog sih artinya kurang lebih, kita nge-share buku-buku yang kita beli. Sebenarnya nggak terbatas pada buku-buku dibeli saja, kita juga boleh nge-share buku-buku hadiah giveaway, hibahan penerbit (kalau ada), hingga hasil swap dengan teman sesama pecinta buku. Salah satu blogger yang sering nge-share book haul di blognya adalah thebookielooker.com, di mana postingan tersebut adalah salah satu postingan yang paling saya tunggu-tunggu setiap bulan, meski konsekuensinya saya harus sediain tisu buat ngelap-ngelap iler. Hehehe.

Book haul saya bulan ini nggak banyak. Rata-rata belinya pun impulsif. Sering sekali seperti itu. Saat mengunjungi toko buku, saya awalnya nggak ada niat beli buku sama sekali, cuma cuci mata saja. Tapi setelah melihat buku tertentu, entah kenapa hasrat untuk kepingin beli jadi nggak terbendung. Makanya saya menyiasati hal ini dengan cara nggak bawa duit banyak-banyak di dompet. ATM dan kartu kredit juga ditinggal di rumah, biar amann. Oke, tanpa banyak omong lagi, ini dia book haul Mei:

28 Mei 2013

Reuni by Ayu Gendis

Judul: Reuni
Penulis: Ayu Gendis
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012
Tebal: 232 halaman
ISBN: 9789792287387
Rating: 2/5

Sinopsis:
Old friends, just new problems...

Lima wanita—Sri, Ajeng, Nunik, Yunika, dan Leila—yang berteman di masa kecil mengadakan reuni di kampung halaman mereka. Setelah berpisah belasan tahun, ternyata semuanya tak lagi sama.

YUNIKA, hidupnya penuh kepalsuan. Bergelimang harta, tetapi tak bahagia. Suaminya tak pernah benar-benar mencintainya, bahkan sudah bukan rahasia lagi suaminya yang terkenal playboy memiliki WIL.

NURLEILA, mantan pemain-sinetron-tak-laku yang gila harta dan menghalalkan segala cara, sampai-sampai rela hanya menjadi wanita simpanan seorang anggota DPRD.

NUNIK, angka 3 sepertinya akrab dalam hidupnya. Ia janda yang telah 3 kali menikah dengan 3 pria dan memiliki 3 anak. Ia single mother.

AJENG, jomblowati sejati. Kepulangannya ke kampung halaman mempertemukannya kembali dengan mantan pacar, yang masih ia cintai dan mencintainya.

SRI, wanita yang lugu dan lurus. Tetapi, siapa yang menduga jalan hidupnya berakhir tragis?

Reuni membuka banyak rahasia kehidupan dan persahabatan mereka.
Bukan sekadar ajang untuk melepas kangen.

Buku ini berkisah tentang lima teman masa sekolah yang akan menghadiri reuni. Setelah sekian lama tak berjumpa dan tak saling bertegur sapa, kini segalanya tak sama lagi. Yunika, hidupnya cukup mapan setelah menikahi pengusaha kaya, namun sayang sang suami gemar berbuat serong. Leila, seorang pemain sinetron yang tak terlalu berbakat namun materialistis, kini menjadi istri simpanan anggota DPRD. Nunik, adalah janda yang memiliki tiga anak dari tiga pernikahan berbeda. Ajeng, seorang pelukis yang mengasingkan diri di Ubud, tak pernah membuat komitmen dengan laki-laki sebab tak ingin terikat, masih menyimpan rasa pada mantan pacarnya. Terakhir Sri, istri jablay yang ditinggal suaminya bekerja di Arab, diam-diam mulai menjalani hubungan dengan pria lain. Kelimanya dipertemukan lagi dalam sebuah reuni yang tanpa diduga berubah menjadi bencana. Terungkapnya rahasia mengejutkan membuat mereka sadar, bahwa mereka ternyata mereka tak lagi saling mengenal satu sama lain.

Paragraf di atas adalah isi keseluruhan buku ini. Ya, buku ini memang tidak terlalu kompleks. Padahal tadinya saya penasaran banget begitu membaca sinopsis di cover belakang buku ini. Pasti bakalan seru nih, reuni antara teman-teman yang dulunya akrab namun sudah lama tak bersua. Akan tetapi, buku ini malah lebih banyak menceritakan masa lalu dari lima tokoh yang saya sebutkan di atas. Hampir lebih dari setengah isi buku ini membahas masa lalu pada tokoh. Tidak salah memang. Tapi menurut saya agak membosankan. Penulis hanya membeberkan informasi mengenai si A atau si B, misalnya, apa yang terjadi padanya di masa lalu hingga kini, namun sama sekali tak melibatkan emosi pembaca atau membiarkan pembaca sendiri yang menentukan apakah tokoh itu menyenangkan atau tidak. Contohnya tokoh Leila. Penulis semangat betul membeberkan informasi tentang betapa menyebalkannya tokoh ini, dan hanya menyisakan sedikit sekali ruang bagi pembaca untuk menentukan penilaian sendiri.

27 Mei 2013

Runaway (Kabur) by Meg Cabot

Judul Buku: Runaway (Kabur)
Seri: Airhead #3
Penulis: Meg Cabot
Penerjemah: Tanti Susilawati
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2012 (Mei, Cetakan I)
Tebal: 328 halaman
ISBN: 9789792284454
Harga: Rp. 45.000,-
Rate: 4/5

My reviews for Airhead Trilogy by Meg Cabot:
1. Airhead (Otak Udang)
2. Being Nikki (Menjadi Nikki)
3. Runaway (Kabur)
~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~
Terperangkap dalam tubuh supermodel sukses dan terkenal bisa jadi adalah impian banyak gadis. Dengan profesi bergengsi seperti itu, ditambah gaji besar plus tinggal di apartemen mewah serta berbagai fasilitas ‘wah’ lainnya, siapa sih yang nggak kepingin? Tapi seandainya bisa memilih, Em ingin kembali ke tubuh lamanya dan hidup sebagaimana Em yang dulu: yang suka bermain video game bersama sahabat kesayangannya, Christopher. Habis, selama menjadi Nikki Howard, ada saja hal-hal tak mengenakkan yang menimpanya. Baru-baru ini saja ia harus mengadakan pemotretan di batu karang sampai jari-jarinya lecet—dan hampir jadi santapan ikan hiu!

Kini, Em ‘diculik’ oleh Brandon Stark, yang sudah tahu kebenaran tentang transplantasi otak antara Em dan Nikki, dan memaksa Em untuk ikut ‘liburan’ bersamanya, bila tidak ingin nyawa Nikki dan keluarganya dalam bahaya. Tujuan utama Brandon yaitu mengorek informasi dari Nikki tentang rahasia Robert Stark, yang tidak lain ialah ayah Brandon sendiri, dan akan digunakannya untuk merebut kepemilikan Stark Enterprise dari tangan ayahnya. Rahasia apa yang diketahui Nikki sampai-sampai Robert Stark harus membunuh supermodel itu? Pada akhirnya, Em harus berhadapan langsung dengan Robert Stark. Karena kalau tidak, maka gadis itu akan terus melarikan diri, entah sampai kapan.

22 Mei 2013

Wishful Wednesday #8

Buku yang dipengenin banget-banget-banget minggu ini adalah 1Q84-nya Haruki Murakami. Sudah lama buku ini menjadi bahan pembicaraan di kalangan pembaca, bahkan ketika buku ini belum diterjemahkan. Dari cerita teman-teman yang sudah membaca versi Englishnya, banyak yang bilang buku ini bagus. Saya sempat kepikiran untuk beli buku Englishnya tahun lalu di Periplus, tapi kemudian saya pikir-pikir lagi. Secara tebel bukunya TEBEL banget. Bahasa Inggris pula. Plus, gaya tulisan Haruki Murakami kan surealis. Saya jadi nggak pede. Saya khawatir otak non-prima saya takkan sanggup menelaah isi buku ini. Makanya saya excited banget begitu tahu buku ini diterjemahkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia. Buku ini sudah bisa dipesan di toko-toko buku online, salah satunya di sini. Buku 1 dan 2 dijual sepaket, harganya 150.000 IDR diskon 15% jadinya 127.500 IDR, plus bonus totebag. Buku 3 terbit bulan depan. Adakah yang berniat membelikan saya buku ini? *kedip-kedip*

Judul: 1Q84 (buku 1 dan 2)
Penulis: Haruki Murakami
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 2013
Sinopsis:
Tahun 1984, di kota Tokyo.

Seorang wanita muda bernama Aomame mulai melihat kejanggalan dunia di sekitarnya. Ia sadar tengah memasuki dunia yang penuh teka-teki, yang disebutnya 1Q84 Q kependekan question mark. Dunia yang mengandung tanda tanya.

Di tempat lain, seorang pemuda dan calon penulis berbakat bernama Tengo sedang menggarap proyek ghostwriting. Tanpa disadari, proyek itu membawa kedua tokoh, Tengo dan Aomame, ke dalam suatu petualangan yang melibatkan suatu sekte agama yang berbahaya dan misterius; gadis remaja disleksia yang memiliki visi ganjil; seorang perempuan pengasuh rumah penampungan untuk perempuan korban pelecehan seksual.

Akankah Aomame dan Tengo selamat dari dunia 1Q84 dunia dengan dua bulan itu?

Sesuatu yang luar biasa sedang berlangsung.

Jadi, apa Wishful Wednesday-mu hari ini? :)

Mau ikutan Wishful Wednesday? Caranya gampang:
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

Being Nikki (Menjadi Nikki) by Meg Cabot

Judul Buku: Being Nikki (Menjadi Nikki)
Seri: Airhead #2
Penulis: Meg Cabot
Penerjemah: Maharani Aulia
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2011
Tebal: 304 halaman
ISBN: 9789792266542
Harga: Rp. 40.000,-
Rate: 4/5

My reviews for Airhead Trilogy by Meg Cabot:
1. Airhead (Otak Udang)
2. Being Nikki (Menjadi Nikki)
3. Runaway (Kabur)

~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~
Peringatan: Review ini mengandung spoiler buku sebelumnya.

Sang supermodel Nikki Howard telah kembali. Kepada pers dan para penggemar, pihak manajemen Nikki mengatakan bahwa Nikki mengalami amnesia, sebagai alasan mengapa Nikki tak ingat orang-orang yang bekerja bersamanya selama ini. Bahkan, Nikki harus belajar lagi hal-hal yang berhubungan dengan profesinya sebagai model. Tapi, bagi yang sudah baca buku pertama tentu tahu bahwa Nikki Howard tidak mengalami amnesia. Meski dari luar ia tampak seperti Nikki Howard, tapi isi kepalanya adalah Emerson Watts. Beberapa minggu sebelumnya Em mengalami kecelakaan, dan sungguh kebetulan yang aneh, karena pada saat yang sama, Nikki Howard juga menghilang dari publik. Pihak Stark Enterprise kemudian membuat kesepakatan dengan orang tua Em, bahwa mereka dapat menyelamatkan nyawa Em dengan cara mentransplantasi otak Em ke dalam kepala Nikki yang saat itu sudah mengalami mati otak (brain death). Akan tetapi, kesepakatan tersebut tidak mudah bagi Em, sebab ia harus meneruskan kontrak kerja yang tengah dijalani oleh Nikki Howard. Kini, Em harus menjalani hidup sebagai Nikki Howard, berpura-pura bahwa ia mengalami amnesia, dan tidak boleh membertahukan peristiwa yang ia alami kepada siapapun, termasuk kepada cowok yang dicintainya, Christopher. Memang sih, tak pernah ada yang bilang menjadi Nikki itu mudah.

20 Mei 2013

Airhead (Otak Udang) by Meg Cabot

Judul Buku: Airhead (Otak Udang)
Seri: Airhead #1
Penulis: Meg Cabot
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2010
Tebal: 352 halaman
ISBN: 9789792264340
Harga: Rp. 45.000,-
Rate: 4/5

My reviews for Airhead Trilogy by Meg Cabot:
1. Airhead (Otak Udang)
2. Being Nikki (Menjadi Nikki)
3. Runaway (Kabur)
~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~-~
Airhead berkisah tentang Emerson Watts, seorang gamer perempuan, geeky, berotak cerdas, dan seorang feminis sejati. Baginya penampilan tidaklah penting. Ia dan sobatnya, Christopher, suka menertawakan murid-murid populer berotak kosong di sekolahnya yang hanya mementingkan penampilan dan popularitas (Em dan Christopher menyebut mereka golongan Mayat Hidup). Em dan Christopher sudah bersahabat cukup lama, sering main Journeyquest bareng, nonton film bareng, dan segala hal yang dilakukan sahabat pada umumnya. Hanya saja, Chirstopher tidak tahu kalau Em diam-diam menyukai Christopher lebih dari sekadar sahabat.

Suatu hari, Frida, adik Em (yang bertolak belakang dengan Em, bila Em tidak peduli dengan penampilan dan popularitas, maka Frida justru mati-matian ingin selalu tampil cantik) memohon-mohon kepada ibu mereka agar diizinkan pergi ke acara pembukaan Stark Megastore, sebab di sana ada Gabriel Luna, seorang penyanyi dan penulis lagu beken dari Inggris yang tengah digandrungi cewek-cewek. Ibu mereka hanya akan mengizinkan Frida pergi bila dalam pengawasan kakaknya, Em. Frida yang malu bila terlihat bersama-sama dengan Em yang “culun” hanya bisa merengut dan membiarkan kakaknya mengawasinya, demi diizinkan pergi melihat Gabriel Luna. Christopher juga ikut menemani Em dan Frida.

19 Mei 2013

Harry Potter and the Goblet of Fire (Harry Potter dan Piala Api) by J.K. Rowling

Judul: Harry Potter and the Goblet of Fire (Harry Potter dan Piala Api)
Seri: Harry Potter #4
Penulis: J.K. Rowling
Penerjemah: Listiana Srisanti
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008 (Cetakan XX)
Tebal: 896 hlm.
ISBN: 9789796558537
Rating: 5/5

Sinopsis:
TAHUN ini akan berlangsung Piala Dunia Quidditch. Harry ingin sekali menontonnya, tetapi akankah keluarga Dursley menginzinkannya? Tahun ini Hogwarts juga akan menjadi tuan rumah turnamen sihir yang sudah lebih dari seratus tahun tak pernah diadakan. Tahun ini, Harry yang beranjak remaja, juga mulai naksir cewek. Siapakah cewek beruntung yang kejatuhan cinta penyihir dan Seeker beken ini? Tapi tak semua yang dialami Harry peristiwa hura-hura. Karena mendadak bekas luka di keningnya terasa sakit sekali. Dan di langit malam, muncul Tanda Kegelapan, tanda yang menyatakan bangkitnya Lord Voldemort. Dan itu baru permulaan.

Wujud Lord Voldemort akan kembali sempurna bila dia berhasil mendapatkan darah musuh besarnya, Harry Potter. Dan dengan bantuan abdinya yang setia, Lord Voldemort menculik Harry.

Akhirnya, untuk pertama kalinya selama tiga belas tahun. Harry berhadapan langsung dengan musuh besarya. Dan tak terhindarkan lagi, keduanya berduel...

Tahun ini dunia sihir sedang bersuka-ria atas diselenggarakannya Piala Dunia Quidditch: Bulgaria versus Irlandia! Harry Potter pastinya ingin sekali menonton pertandingan akbar tersebut. Sayangnya kegembiraan pasca Piala Dunia Quidditch tak berlangsung lama, sebab para Pelahap Maut, yaitu geng abdi setia Lord Voldemort datang mengacau. Apalagi tak lama kemudian muncul Tanda Kegelapan di langit malam, sebuah tanda milik Lord Voldemor. Benarkah penyihir kegelapan itu akan segera bangkit? Ataukah itu hanya ancaman kosong?

Di tahun keempat ini di Hogwarts pun tak kalah hebohnya. Sekolah sihir tersebut akan menjadi tuan rumah turnamen sihir Triwizard yang sudah lebih dari seratus tahun tidak pernah diadakan. Turnamen tersebut akan diikuti oleh perwakilan dari tiga sekolah sihir, yaitu Beauxbatons, Durmstrang, dan Hogwarts sendiri. Para peserta turnamen dipilih dengan menggunakan Piala Api. Hanya murid yang berusia tujuh belas tahun ke atas yang boleh memasukkan nama mereka untuk menjadi peserta. Akhirnya, Piala Api memilih Fleur Delacour dari Beauxbatons, Viktor Krum dari Durmstrang, dan Edward Cullen Cedric Diggory dari Hogwarts. Seharusnya Piala Api hanya memilih satu peserta dari masing-masing sekolah. Akan tetapi, ternyata sang piala memilih seorang lagi: Harry Potter.

15 Mei 2013

Giveaway #4: Kandang Baca 1st Anniversary Giveaway!

CLOSED
pengumuman pemenang di sini.

Wah, nggak terasa blog ini sudah berumur setahun. Untuk ukuran blog sih, umur segini belum ada apa-apanya. Saya berharap semoga blog ini bisa bertahan dan terus meng-update review buku-buku yang saya baca

Sebenarnya blog ini genap berusia setahun pada bulan April kemarin dan saya tadinya berencana akan membuat giveaway pada bulan tersebut. Akan tetapi, karena saat itu saya bersama teman-teman BBI juga mengadakan giveaway dalam rangka ultah BBI yang ke-2, maka saya urung bikin giveaway ultah blog Kandang Baca.

10 Mei 2013

Rapid Fire Questions

Hai, pada kangen sama saia nggak? Lama lho saia nggak update... Eh? Pada nggak kangen? Dih, kejamnya dikau...

Jadi, setelah lama nggak onlen, ceritanya anak-anak BBI pada sibuk bikin “PR”, di mana PR dimaksud adalah menjawab pertanyaan seputar buku. Pencetusnya kalo nggak salah si Putri. Saia kebagian PR juga rupanya. Yang ngasih PR ke saia adalah Kak Lila dan Dhila... tadinya. Iyah, tadinya. Karena saia sudah sempat ngerjain PR ini, namun rupanya nasib bener-bener kejam sama saia, karena nggak lama kemudian saia di-tag sama Oce Mei dan Nath untuk ngerjain PR yang sama.

Singkatnya, yang kena tag harus menjawab 10 pertanyaan utama dan 5 pertanyaan dari orang yang nge-tag kamu. Secara umum sih pertanyaannya seputar buku. Baiklah, saia akan coba jawab ya.

Back to top