28 Feb 2014

The Chocolate Kiss by Laura Florand

Judul: The Chocolate Kiss
Seri: Amour et Chocolat #2
Penulis: Laura Florand
Penerjemah: Veronica Sri Utami
Penerbit: Bentang Pustaka, 2013
Tebal: 456 hlm.
ISBN: 9786027888487

Sinopsis:
Selamat datang di La Maison des Sorcières. Kedai teh yang sangat terkenal di pulau Île Saint-Louis, Paris. Bersama kedua bibi tercinta, di sinilah aku–Magalie Chaudron, tinggal untuk membesarkan kedai yang sangat mengesankan ini.

Tapi semua kacau ketika Philippe Lyonnais–chef pastry terkenal di Paris, membuka toko cabangnya di dekat kedaiku. Dengan (sok) polosnya, ia tidak tahu bahwa ia telah melanggar teritori dan merebut pelanggan-pelangganku? Dan ditambah lagi lagaknya yang sombong, meremehkan semua resep menu spesial buatanku. Aarrgh .... Mungkin ini saatnya bendera perang kukibarkan.

Aroma harum chocolate chaud (cokelat hangat) dan lezatnya macaron membuat saya berkali-kali menelan ludah saat membaca The Chocolate Kiss. Macaron? Saya baru mengetahui nama penganan lezat tersebut setelah membaca novel ini. Dua kata untuk mendeskripsikan The Chocolate Kiss: lezat dan romantis.

“Betapa indahnya tempat ini,” suara emas itu semakin hidup dengan tambahan tawa, lalu berkata ke Bibi Aja, “La Maison des Sorcieres. The Witches’ House. Apakah kalian akan menyihir semua yang datang ke sini atau hanya menyihir anak-anak?”

Heroine kita adalah Magalie Chaudron. Bersama kedua bibinya, Magalie mengelola sebuah kedai teh kecil bernama La Maison des Sorcieres, bertempat di Pulau ile Saint-Louis, tepat di jantung kota Paris. Kedai teh bertema penyihir tersebut cukup terkenal dan memiliki banyak pelanggan setia. Hal menarik dari kedai teh ini, adalah baik Magalie maupun kedua bibinya selalu membaca ‘mantra’ saat membuat minuman bagi sang pelanggan. Tenang saja, mantra di sini tidak seperti yang ada di buku-buku cerita tentang penyihir jahat dan sejenisnya. Mantra yang diucapkan Magalie dan bibi-bibinya lebih seperti doa dan harapan positif bagi para pelanggan mereka. Misalnya, agar para pelanggan tersebut merasa bahagia, mampu mengambil keputusan yang tepat dan semacamnya, tergantung bagaimana Magalie dan para bibi menilai karakteristik pelanggan yang datang. Kelihatannya, mantra-matra mereka ternyata ampuh. :D

27 Feb 2014

Blues Merbabu by Gitanyali

Judul: Blues Merbabu
Penulis: Gitanyali
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 2011
Tebal: vi + 186 hlm.
ISBN: 9789799103154
Sinopsis:

"Om merasa sial sebagai anak PKI?"
"Aku tidak pernah berefleksi merasa sial atau beruntung dengan hidupku. Aku menjalani apa yang bisa kujalani."
...
"Om komunis mall atau kapitalis?"
"Tak ada bedanya. Di bawah kapitalisme, orang mengeksploitasi orang. Komunisme, tinggal dibalik saja..."

Sebagai anak PKI, lebaran tidak lagi sama bagi Gitanyali diakhir 1965. Ia masih SD di kota kecil di kaki Gunung Merbabu ketika menyaksikan sang ayah diambil aparat, dan tak pernah ketahuan lagi rimbanya. Sang ibu menyusul ditahan tanpa tahu kapan akan dibebaskan karena dianggap terlibat Peristiwa G30S. Kehidupannya berubah, keluarganya tercerai-berai.

Diasuh oleh sang paman di Jakarta, dunia Gitanyali terbuka lebar. Ia menempa diri untuk tidak kalah pada sang nasib. Ia menikmati kehidupan sebagai anak kebanyakan yang penuh godaan, termasuk dalam kehidupan seksual, tanpa terbawa arus. Ia memilih bertahan tanpa harus “melawan”

Begitu membaca sinopsisnya yang mengungkit-ungkit PKI, saya langsung berpikir bahwa buku ini adalah salah satu novel yang bercerita tentang kepingan kisah tahun 1965 yang merupakan salah satu masa terkelam dalam sejarah bangsa Indonesia. Itulah mengapa saya memilih buku ini sebagai bacaan untuk event Baca dan Posting Bareng BBI kategori Historical Fiction Indonesia. Dalam benak saya, buku ini semacam buku 'nyastra' yang isinya lumayan berat. Er... ternyata nggak juga. Maksud saya, isinya tidak berat-berat amat. Yah, buku ini ternyata jauh di bawah ekspektasi saya.

Blues Merbabu berkisah tentang perjalanan hidup Gitanyali, anak dari salah seorang anggota PKI yang tinggal di sebuah kota kecil di kaki gunung Merbabu. Menilik nama tokohnya, saya pikir dia perempuan. Ternyata saya keliru, karena dia 100% laki-laki. Novel yang diceritakan secara kilas balik ini lebih banyak menyorot aktivitasnya mulai dari kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Awalnya Gitanyali kecil menjalani kehidupan seperti anak-anak lainnya. Ia tidak mengerti banyak tentang aktivitas ayahnya. Yang ia tahu bahwa ayahnya sering mengadakan rapat dan pertemuan-pertemuan di rumah keluarga mereka. Ia tak tahu dan tak mau ambil pusing dengan hal tersebut. Namun, kondisi hidupnya berubah setelah sang ayah dibawa pergi oleh tentara dan tak pernah kembali lagi. Ibunya dimasukkan ke hotel prodeo alias jeruji besi. Gitanyali kemudian dibawa oleh pamannya ke Jakarta, dan mulai menjalani kehidupan barunya di kota metropolitan.

Kisah hidup Gitanyali yang diceritakan dalam buku ini lebih sering menyerempet urusan (maaf) kelamin. Informasi tentang peristiwa-peristiwa penting yang berhubungan dengan PKI hanya disinggung sedikit sekali. Mungkin karena tokoh utamanya sendiri tak begitu ambil pusing dengan masalah tersebut, kecuali bahwa gara-gara berhubungan dengan PKI, keluarganya jadi tercerai-berai.

26 Feb 2014

Wishful Wednesday #17

Agak-agak excited untuk Wishful Wendesday kali ini karena ada giveaway dalam rangka memperingati 2 tahun meme yang di-host oleh Kak Astrid ini. Bagi kamu yang merasa diri sebagai blogger aktif (tidak harus blog buku), silahkan ikutan event keren ini. Siapa tahu beruntung. Syarat dan ketentuannya baca di sini ya. Buku yang saya masukkan di WW kali ini adalah Eon dan Eona karya Alison Goodman. Saya memang cukup ketinggalan, sebab saat buku Eon masih hangat-hangatnya dibicarakan, saya malah nggak terpengaruh. Kini setelah ingin membacanya, malah jarang saya lihat bukunya di toko buku. Saya akhirnya memang merasa penasaran dengan novel ini. Ide certa awalnya mungkin mirip dengan film Disney: Mulan. Tapi, melihat reviu teman-teman BBI, bisa saya tangkap bahwa buku ini tampaknya jauh lebih seru. Belum lagi cover-nya yang keren!

Dalam rangka event WW ber-giveaway kali ini, apabila beruntung, buku yang saya inginkan sebagai hadiah giveaway adalah Eon: Lahirnya Sang Punggawa Naga, bisa dibeli di http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/103644/eon.html

Well, wish me luck! ^^

***

Eon: Lahirnya Sang Punggawa Naga by Alison Goodman
Penerjemah: Putra Nugroho
Penerbit: Mizan Fantasi
Tebal: 577 hlm.
Sinopsis:
Dalam dunia yang penuh dusta, sebuah kebenaran bisa sangat mematikan…

Di bawah didikan keras seorang Master yang ambisius, Eon dilatih untuk menjadi Punggawa Naga—seorang penguasa yang mampu mengendalikan air dan angin untuk melindungi Negara. Tapi selama dia berlatih dan bertahan menghadapi saingannya, dia harus menjaga sebuah rahasia kelam. Rahasia yang bisa membahayakannya dan bisa membuatnya kehilangan nyawa.

Setelah sebuah upacara pentasbihan, hubungannya dengan kedua belas naga telah menyeretnya ke dalam dunia Pengadilan Kerajaan yang sangat berbahaya. Dan sejak masuk ke dunia pengadilan, dia menemui musuh terkuatnya, Lord Ido. Seiring dengan persaingan yang semakin memanas, Eon semakin tertekan karena rahasia kelamnya semakin muncul ke permukaan. Diwarnai dengan berbagai kasi pertarungan seru, petualangan Eon akan membuat kita tenggelam dalam dunia para punggawa Naga.


Eona: Punggawa Naga Terakhir by Alison Goodman
Penerjemah: Putra Nugroho
Penerbit: Mizan Fantasi
Tebal: 672 hlm.
Sinopsis:
Kerajaan Naga khayangan kini berada di ambang kehancuran. Lord Sethon membantai dan memluluhlantakkan seluruh negeri. Anggota kerajaan dibunuh, istana diruntuhkan. Tidak banyak yang selamat dari serangan Lord Sethon dan pasukannya. Satu-satunya cara menyelamatkan kerajaan adalah dengan menyatukan kekuatan Pangeran Kygo, Manuskrip Hitam dan kekuatan kedua belas Punggawa Naga dan naga mereka. Namun, hanya tersisa dua punggawa Naga yang masih hidup, Eona—seorang Punggawa Naga baru—dan Lord Ido. Sementara, manuskrip hitam hilang dicuri oleh Dillon yang haus kekuatan gelap. Eona dan dua temannya—Ryko dan Dela—berhasil lari dari kejaran Lord Sethon, dan kini berusaha mencari sang Pangeran serta Manuskrip Hitam tersebut. Dibumbui romansa cinta segitiga dan adegan pertarungan seru, kisah seru Eona akan membuat kita semakin tenggelam dalam dunia avatar bersama Punggawa Naga.

Jadi, apa Wishful Wednesday-mu hari ini? :)

Mau ikutan Wishful Wednesday? Caranya gampang:
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

25 Feb 2014

Top Ten Tuesday #3


Top Ten Tuesday is an original feature/weekly meme created by The Broke and the Bookish


Top 10 Books From My Childhood

Berikut adalah 10 buku yang sangat menarik perhatian saya sewaktu kecil, mulai dari SD hingga SMP. Uhm. SMP masih termasuk anak-anak kan? ^^

23 Feb 2014

Percy Jackson and The Olympians #1: The Lightning Thief by Rick Riordan

Judul: Percy Jackson and The Olympians: The Lightning Thief
Seri: Percy Jackson and The Olympians #1
Penulis: Rick Riordan
Penerjemah: Femmy Syahrani
Penerbit: Mizan Fantasi
Tebal: 454 hlm.

Sinopsis:
Percy Jackson-dua belas tahun, penderita diseleksia-hampir dikeluarkan dari sekolah asramanya... lagi. Tetapi, itu hanya sedikit saja dari sekian masalah yang menantinya. Monster-monster dan dewa-dewi dari Gunung Olympus tampaknya berebutan keluar langsung dari buku pelajaran Sejarah Yunani milik Percy. Lebih parah lagi, Percy telah membuat beberapa di antara mereka marah besar. Petir asali milik Dewa Zeus telah hilang dicuri, dan Percy adalah tersangka utamanya.

Kini Percy dan dua orang kawannya hanya punya waktu sepuluh hari untuk mencari dan mengembalikan benda keramat tersebut, serta mendamaikan kembali perang yang hampir pecah di Gunung Olympus. Tetapi, tantangannya jauh lebih berat dari itu, Percy akhirnya harus berhadapan dengan kekuatan mengerikan yang bahkan lebih hebat dibanding para dewa sendiri.

Percy Jackson and The Olympians: The Lightning Thief adalah buku pertama dari rangkaian petualangan Perseus Jackson bersama para dewa-dewi Yunani yang cukup fenomenal di kalangan para pencinta buku. Sudah lama saya ingin memiliki buku ini, dan akhirnya kesampaian juga setelah salah satu rental komik di Gorontalo menjual kelima seri Percy Jackson and The Olympians dengan diskon 50% ke saya. Kondisi bukunya memang jauh dari mulus. Tapi mendinglah, dibanding beli baru yang harganya lebih mahal. Hehe. #bloggerkere

Percy Jackson, bocah 12 tahun penderita diseleksia dan GPPH (Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas). Karena dianggap nakal, ia sering pindah-pindah sekolah. Terakhir, ia disekolahkan di Akademi Yancy, sekolah swasta untuk anak-anak bermasalah di New York Utara. Di Yancy inilah Percy mulai bertekad untuk untuk menjadi anak baik-baik. Sayangnya, masalah-lah yang justru mendatangi Percy. Saat sekolahnya mengadakan tur ke sebuah museum tentang peradaban Yunani dan Romawi Kuno, ia tiba-tiba diserang oleh guru matematikanya yang ternyata adalah monster bersayap yang luar biasa jelek. Percy berhasil selamat berkat pulpen pemberian guru sejarah favoritnya. Pulpen tersebut dapat berubah menjadi pedang, dan Percy beruntung sekal  bisa selamat dari serangan si monster. Namun, nyawa Percy masih terancam, karena ternyata mereka telah mengetahui keberadaan Percy.

Oleh ibunya, Percy diungsikan ke sebuah perkemahan musim panas. Dalam perjalanan ke sana, Percy kehilangan ibunya setelah diserang oleh minotaur, monster yang setahu Percy hanya hidup dalam mitologi. Kini dunia tak lagi sama bagi Percy. Di perkemahan musim panas tersebut, Percy akhirnya mengetahui bahwa dewa-dewi Yunani kuno bukan hanya sekadar mitologi. Mereka benar-benar nyata, dan punya banyak keturunan hasil kisah asmara mereka dengan manusia (aww). Di Perkemahan Blasteran inilah Percy mengetahui segalanya. Dinamakan Perkemahan Blasteran, karena para penghuninya adalah anak-anak keturunan dewa, termasuk Percy. Percy sendiri adalah putera dari Poseidon, dewa laut.

Di dunia dewa rupanya sedang mengalami kehebohan, lantaran petir asali (lightning bolt) milik Zeus telah dicuri dan Percy-lah yang ditujuh sebagai pencurinya. Meski berkali-kali menyangkal hal tersebut, Percy tetap tak punya pilihan, selain mencari senjata milik Zeus yang hilang tersebut dan mengembalikannya kepada Zeus dalam waktu 10 hari. Bila tidak, para dewa akan saling berperang, dan manusialah yang akan menerima dampak buruknya. Dengan ditemani oleh dua sahabatnnya: Grover (si Satir. Ingat Satir di film Narnia? Seperti itulah) dan Annabeth (anak perempuan Athena), mereka pergi menjalani misi yang nyaris mustahil. Tujuan utama mereka: Dunia Bawah, rumah Hades, yang mereka curigai sebagai si pencuri petir asali. Percy juga yakin bahwa ibunya masih hidup dan ditawan oleh Hades.

Berhasilkah Percy dan kawan-kawan menemukan petir asali milik Zeus dan menyelamatkan ibu Percy? Atau, mereka malah berakhir menjadi penghuni neraka dan disiksa habis-habisan oleh Hades? Temukan jawabannya dalam Percy Jackson and The Olympians: The Lightning Thief karya Rick Riordan.

***

Oh, my God! Saya suka sekali buku ini. Agak menyesal karena telat membaca seri yang sangat menghibur ini. Alur ceritanya cepat dan penuh dengan aksi. Saya menyukai imajinasi Rick Riordan dan cara berceritanya yang seolah-olah ingin menyakinkan pembaca bahwa dewa-dewi Yunani memang ada. Saya menyukai suasana Perkemahan Blasteran dan para penghuninya (mereka dilatih untuk bertarung, karena pada dasarnya anak-anak keturunan dewa selalu berada dalam bahaya). Di perkemahan inilah mereka mendapat perlindungan.

Unsur humor dalam buku ini sangat kental, mulai dari Percy yang sarkastis namun konyol, kepala perkemahan (sang dewa anggur) yang suka menggerutu, dewa Ares yang digambarkan sebagai pengendara motor gede yang badannya seperti salah satu pegulat Smack Down, Hades yang mengeluhkan betapa banyaknya pengeluaran untuk mengurus neraka, dsb. Bahkan, judul setiap babnya saja sudah mengundang tawa. Dialog dalam novel ini juga cerdas dan tak membosankan. Menurut saya, terjemahan buku ini cukup kreatif. :)

Pada beberapa hal, saya merasa buku ini mirip dengan serial Harry Potter. Misalnya trio Percy-Grover-Annabeth, yang mirip dengan Harry-Ron-Hermione. Perkemahan Blasteran mirip Hogwarts. Para manusia setengah dewa penghuni Perkemahan Blasteran tinggal di pondok-pondok yang dipisahkan berdasarkan orang tua mereka. Misalnya, Pondok Athena, Pondok Ares, Pondok Hermes, dst. Sangat mirip dengan konsep asrama di Hogwarts, bukan? Dan bila dunia sihir dalam Harry Potter tak terlihat oleh para Muggle (manusia biasa), begitu pula dengan buku ini. Ada semacam tudung sihir yang membuat manusia biasa tak bisa melihat dunia yang berhubungan dengan para dewa. Anehnya, dari banyak aspek dari buku ini yang begitu mirip dengan dunia Harry Potter, saya sama sekali tidak merasa terganggu, malah sangat menikmatinya.

Meski demikian, saya merasa sedikit kurang nyaman dengan fakta bahwa terdapat banyak kebetulan dalam buku ini. Bahkan, untuk ukuran manusia setengah dewa, Percy tampaknya selalu diberi kemudahan. Mulai dari dengan mudahnya ia selamat saat melawan monster guru matematika, selamat setelah bertarung dengan minotaur, hingga diberi bantuan oleh salah satu penghuni laut berupa 3 kelereng ajaib (uhm, saya lupa apa persisnya nama ketiga benda ajaib pemberian dewi laut itu). Endingnya juga terlalu mudah ditebak.

Meski demikian, bisa dikatakan buku ini merupakan permulaan yang luar biasa dari seri Percy Jackson dan Dewa-Dewi Olympia. Gaya bercerita Rick Riordan sangat menyenangkan. Saya juga suka hampir semua karakter di buku ini, bahkan karakter yang paling jahat sekalipun karena Rick Riordan tak pernah lupa memasukkan unsur-unsur humor pada setiap karakter dalam buku ini. Jadi, agak sulit untuk membenci karakter telah membuat saya tertawa meski mereka antagonis. Oh ya, melalui buku ini, para pembaca (setidaknya saya) akhirnya dapat mempelajari sejarah dewa-dewi Yunani dengan cara yang sangat menyenangkan! I really love Rick Riordan!

Uhm, sebagai penutup, saya mau memberi sedikit pesan bagi dewa-dewi Yunani: tolong dong, jangan terlalu kegatelan. Doyan amat ngerayu manusia dan bikin anak, abis itu anak-anaknya dicuekin. =)) *kabur sebelum dikutuk para dewa*

19 Feb 2014

Wishful Wednesday #16

Wishful Wednesday pertama di tahun 2014! :D Sudah lama kepingin buku ini. Alasannya? Lagi-lagi gara-gara kepincut sama reviunya Stefanie Sugia @ The Bookie Looker. Kisahnya menarik, tentang A yang gak punya tubuh sendiri, dan setiap hari 'dipaksa' untuk berpindah dari satu tubuh ke tubuh yang lain. Suatu saat, ia jatuh cinta sama seorang cewek. Sayangnya A sulit mengungkapkan perasaannya, apalagi dengan tubuh yang selalu berganti-ganti setiap hari. Berhasilkah A mengungkapkan perasaannya? Hmm. I have to read this book!

Every Day by David Levithan
Penerbit: Knopf Books for Young Readers , 2012
Tebal: 322 hlm.
Sinopsis:
Every day a different body. Every day a different life. Every day in love with the same girl.

There’s never any warning about where it will be or who it will be. A has made peace with that, even established guidelines by which to live: Never get too attached. Avoid being noticed. Do not interfere.

It’s all fine until the morning that A wakes up in the body of Justin and meets Justin’s girlfriend, Rhiannon. From that moment, the rules by which A has been living no longer apply. Because finally A has found someone he wants to be with—day in, day out, day after day.

Jadi, apa Wishful Wednesday-mu hari ini? :)

Mau ikutan Wishful Wednesday? Caranya gampang:
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

18 Feb 2014

Top Ten Tuesday #2


Top Ten Tuesday is an original feature/weekly meme created by The Broke and the Bookish


Top 10 Indonesian Author's Books I would Automatically Buy
...atau akan langsung saya beli begitu punya duit. Hahaha. #plak

Langsung aja ya.

The Marriage Roller Coaster by Nurilla Iryani

The Marriage Roller Coaster by Nurilla Iryani
Penerbit: Stiletto Book, 2013
Tebal: 206 hlm.
Sinopsis:
Kehidupan pernikahan itu bagaikan roller coaster. Yes? No? Jungkir balik! Kadang di atas, kadang di bawah. Ada yang menikmati dan tertawa bahagia, ada juga yang tersiksa dan menangis tersedu. Setelah mencobanya, setiap orang punya pilihan masing-masing: ingin terus mencoba atau justru kapok luar biasa.

Bagaimana dengan Audi dan Rafa? Kehidupan urban yang dijalani pasangan ini memberi tantangan lebih pada pernikahan mereka. Bagaimana mencari waktu untuk bersama di tengah kesibukan mereka. Bagaimana mengatur mood setelah semua energi positif hilang di kantor. Bagaimana menahan godaan dari orang yang pernah hadir di masa lalu.

Akankah mereka terus mencoba dan bertahan?
Atau justru kapok dan menyerah?

The Marriage Roller Coaster mengangkat konflik dalam sebuah pernikahan. Layaknya roller coaster, pernikahan tidak selalu datar, kadang bisa jungkir balik juga. Tokoh utama kita adalah Audi, seorang wanita karir yang cukup sukses, menikahi lelaki yang amat ia cintai, dan juga memiliki seorang sahabat yang sudah seperti saudari sendiri, Sonya. Berkat karirnya yang cemerlang ditambah penghasilan suami yang juga tidak sedikit, maka kebiasaan shopping merupakan hal yang wajar baginya. Ia berprinsip, bila selalu tampil cantik, toh suami juga yang bangga. Lagi pula, baju-baju mahal yang ia beli bisa dibilang adalah sebuah investasi. Baginya, berpenampilan menarik dapat menambah rasa percaya diri dalam bekerja, terutama saat harus memberikan sebuah presentasi di depan klien. Dan bila ia berhasil menggaet calon klien, perusahaan juga yang untung, bukan? Itulah Audi dan rasa percaya dirinya yang tinggi. Sepintas tak ada yang salah dengan kehidupannya. Kecuali satu.

Rafa, sang suami, adalah seorang suami pekerja keras dan selalu sibuk. Setiap hari selalu pulang larut malam. Audi yang jam pulangnya sore sering mendapati dirinya hanya seorang diri di apartemen. Kadang ia sudah terlalu mengantuk untuk menanti kepulangan Rafa. Bila ia memaksakan diri untuk menunggu pun, giliran Rafa yang sudah terlalu capek untuk sekadar mengobrol dan langsung tidur. Audi sering merasa kesepian. Terkadang ia lebih memilih untuk makan malam bersama Sonya yang masih lajang, karena terlalu menyedihkan baginya bila harus makan malam seorang diri tanpa ditemani siapapun, terutama sang suami. Audi berkali-kali mencoba mengutarakan isi hatinya kepada Rafa, namun Rafa yang sensitif sering menganggap Audi tukang mengeluh dan tak memahami posisi dirinya. Kalimat “Aku kerja sampai larut malam toh demi kamu juga!” sering terlontar dari mulut Rafa, membuat Audi semakin sedih. Pertengkaran-pertengkaran kecil seperti ini memang sering terjadi di bawah atap rumah tangga Audi. Audi sering memilih untuk mengalah.

Lalu, muncul Yoga, mantan kekasih Audi. Sialnya, Yoga adalah calon klien perusahaan Audi. Sebagai seorang market reseacher yang cukup handal di kantornya, Audi diminta untuk meng-handle perusahaan Yoga. Otomatis, Yoga dan Audi jadi lebih sering bertemu untuk membahas pekerjaan. Akan tetapi, apabila Audi hanya ingin menjalin hubungan profesional dengan Yoga, maka tidak demikian dengan Yoga. Sebaliknya, Yoga masih menaruh harapan pada Audi. Bukan salah Yoga yang menganggap Audi masih lajang, karena Audi memang tidak pernah menyebut dirinya telah menikah, lantaran khawatir pengakuannya dapat memengaruhi hubungannya profesonalnya dengan Yoga. Dengan kata lain, Audi khawatir akan kehilangan calon klien potensial. Rafa yang pencemburu dan posesif akhirnya mengetahui perihal hubungan Audi dan Yoga. Dengan emosi, ia meminta Audi menghentikan hubungannya dengan Yoga, sekalipun itu hanya sekadar hubungan kerja. Lagi-lagi Audi mengalah dan melepas perusahaan Yoga ke tangan orang lain.

Masalah lain muncul saat Audi hamil. Perisitwa ini harusnya merupakan kabar habagia bagi pasangan suami-istri. Tetapi Rafa dan Audi yang tadinya memutuskan untuk belum akan memiliki anak menganggap hal ini sebuah masalah, terutama Rafa. Kelakuan Rafa semaki menjadi-jadi, terutama setelah ia mengetahui ternyata Audi masih sering bertemu dengan Yoga. Saat Audi dipromosi menjadi manajer (sebagaimana yang selalu diimpikan Audi), Rafa malah menyuruh Audi untuk berhenti bekerja dengan alasan demi bayi dalam kandungan Audi.

Apakah Audi akan mengalah dan menuruti kemauan Rafa sebagaimana yang dilakukannya selama ini? Ataukah ia memutuskan untuk menyudahi pernikahannya, karena tak tahan lagi dengan sikap Rafa yang terlalu posesif—apalagi Audi mendapati bahwa Rafa ternyata suka menjelek-jelakkan dirinya di depan sahabatnya? Lagi pula, ada Yoga yang rela melakukan apa saja demi Audi, termasuk rela menjadi ayah atas bayi yang dikandung Audi.

Baca kisah lengkapnya dalam The Marriage Roller Coaster karya Nurilla Iryani.

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat kepada penulis atas terbitnya novel keduanya ini. Saya memang menyukai buku pertama beliau (Dear Friend With Love), tapi saya lebih menyukai buku kedua ini. Jika dalam buku pertama penulis menggunakan sudut pandang orang pertama secara bergantian antara dua tokoh, dalam buku kedua ini cerita terpusat pada Audi dan diceritakan dari sudut pandang Audi saja. Hal tersebut membuat ceritanya terasa lebih fokus. Masalah yang dialami Audi sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Walau saya pribadi belum pernah merasakan kehidupan pernikahan, namun saya sangat memahami rasa kesepian yang dialami Audi. Maka tidak heran apabila perhatian Audi teralihkan oleh Yoga, sang mantan kekasih yang ternyata jauh lebih perhatian dibanding suami sendiri.

Pesan penting yang bisa saya tarik dari novel ini adalah tentang pentingnya komunikasi antara suami-istri. Dalam kasus Audi, ia mencoba mengutarakan isi hatinya namun langsung ditanggapi secara defensif oleh Rafa. Ini betul-betul membuat saya jengkel. Kok bisa-bisanya sih, Audi tahan dengan sikap Rafa yang seperti itu? Tapi kemudian perlahan saya mulai memahami, bahwa memang butuh kesabaran dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Bila satu pihak keras kepala, maka pihak yang lain harus pintar-pintar dalam bertindak, termasuk menahan ego sendiri. Tidak mudah, memang.

Saya menyukai tokoh Audi yang rela mengorbankan segalanya demi sang suami. Dalam dunia nyata, hal ini tentu sulit ditemui, walau bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Memang saya sempat menyayangkan sifat Audi yang plin-plan, tapi di sinilah penulis menunjukkan kepada pembaca, bahwa tokoh ciptaannya memang tidak sempurna dan memiliki kelemahan.

Saya juga menyukai tokoh Yoga. Ada yang bilang cinta pertama sulit untuk dilupakan. Uhm, saya lupa apakah Audi cinta pertama Yoga atau bukan, namun saya tersentuh atas kebaikan hatinya dan rasa cintanya yang besar terhadap Audi, sehingga ia pun rela melakukan apa saja bagi mantan kekasihnya itu. Bahkan, ia dengan terang-terangan membujuk Audi untuk meninggalkan Rafa. Oke, agak kurang ajar emang. Bila dalam novel-novel seperti ini pihak ketiga seringkali adalah perempuan, dalam novel ini, pihak ketiga adalah laki-laki. Dan sejujurnya saya agak mendukung usaha Yoga untuk mendapatkan kembali cinta Audi, hehehe.

Bagian cerita yang paling saya sukai adalah konfliknya. Untuk ukuran novel romance yang tebalnya di bawah rata-rata novel romance yang biasa saya baca, novel ini sukses mengaduk-aduk perasaan saya. Ending novel ini sangat realistis. Agak berbeda dengan harapan saya, namun tidak sepenuhnya mengecewakan. Sederhana, dan menggugah harap (ampun deh, bahasanya). Gaya bertutur Nurilla Iryani sangat lincah dan mengalir. Hal ini sudah saya akui sejak membaca bukunya yang pertama. Dan meski buku ini ditulis dengan gaya bahasa campur aduk antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tapi mudah dipahami.

Meski demikian, tentu ada kekurangan dalam novel ini. Pertama, adalah beberapa penggunaan bahasa Inggris yang kurang tepat. Misalnya pada halaman 37, terdapat kalimat “It starter seven years ago.” Mungkin maksudnya “It started seven years ago” kali ya? Kedua, keluhan yang sama dengan di buku pertama, yaitu novel ini kurang tebal. Tuh, sampai saya beri garis bawah segala. Cerita novel ini berhenti di halaman ke-206. Kalau dipikir-pikir, masih banyak aspek yang bisa dikembangkan dari novel ini, kalau saja jumlah halamannya bisa diperbanyak lagi. Contohnya: lingkungan kerja Audi yang kurang terekspos, atau penampilan Yoga dan Sonya yang saya rasa kurang banyak.

Secara keseluruhan, saya sangat menikmati novel ini. Saya yakin pembaca yang suka dengan gaya menulis model Ika Natassa akan penyukai novel ini. Novel ini cocok dibaca pasangan yang baru menikah, atau akan segera menikah. Lumayan, bisa dijadikan semacam contoh kasus agar kelak (semoga) tidak mengalami hal serupa.

Pernikahan memang tidak mudah, tapi selalu ada jalan keluar bagi mereka yang benar-benar berusaha mencarinya. :)

4/5 bintang.


Posting ini untuk:
* Indonesian Romance Reading Challeng 2014
* Lucky No. 14 Reading Challenge 2014 kategori: Freebies Time

Thanks buat Si Kucing atas novel manis bertanda tangan sang penulis ini. Love it, Darl. :)

14 Feb 2014

The Magical Worlds of The Lord of the Rings by David Colbert

Judul: The Magical Worlds of The Lord of the Rings (Dunia Ajaib The Lord of The Rings)
Penulis: David Colbert
Penerjemah: Tanti Lesmana
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006
Tebal: 193 hlm.
ISBN: 9789792219296
Sinopsis:
Siapa atau apakah sebenarnya Gandalf?
Apa yang paling disukai Tolkien dari Frodo?
Mengapa para Elf Tolkien begitu jangkung?
Mengapa Cermin Galadriel tak bisa dipercaya?

Karya-karya epik J.R.R. Tolkien telah memukau para pembaca selama lebih dari setengah abad. Middle-earth dan segala isinya merupakan dunia rekaan yang paling lengkap dan utuh dalam literatur, namun mitologi yang menjadi dasar penciptaannya masih tetap merupakan misteri bagi sebagian besar pembaca.

The Magical Worlds of The Lord of the Rings menjelaskan folklor serta legenda-legenda zaman dahulu kala yang menjadi inspirasi bagi karya-karya Tolkien. Mulai dari saga Finlandia, Kalevala, Shakespeare, Beowulf, dan lain-lainnya, buku ini merupakan panduan ringkas untuk memasuki dunia fantasi ciptaan Tolkien.

Tahun ini saya berencana membaca ulang seluruh karya Tolkien yang telah diterjemahkan di Indonesia, mulai dari The Hobbit hingga trilogi The Lord of The Rings (mungkin juga menonton ulang filmnya). Nah, untuk mempersiapkan perjalanan saya memasuki kembali dunia rekaan Tolkien (cieeh), saya memutuskan untuk membaca buku ini sebagai pengantar.

The Magical Worlds of The Lord of The Rings (Dunia Ajaib The Lord of The Rings) karya David Colbert ini berisi macam-macam pertanyaan (dan jawaban, tentunya) yang berhubungan dengan karya-karya Tolkien, misalnya: Apakah Bangsa Hobbit Percaya Tuhan? Berapa Banyakkah Bahasa Ciptaan Tolkien? Mengapa Umur Elf Begitu Panjang? Mengapa Frodo yang Menjadi Pembawa Cincin? dan pertanyaan-pertanyaan menarik lainnya yang berhubungan dengan The Hobbit maupun The Lord of The Rings.

13 Feb 2014

SMTown Salah Gaul by @SalahGaulSMTown

Judul: SMTOWN SALAH GAUL
Penulis: @SalahGaulSMTown
Penerbit: Matahari, 2013
Tebal: 222 hlm.
ISBN: 9786021258354

Baca juga review SMTown Salah Gaul 2

Sinopsis:
Tau gak sih yang biasa ngambang di jamban? Em... selain makhluk absurd berwarna kuning-kuning karya combro setengah mateng, jawabannya adalah SMTown Salah Gaul. Sesuai nama judulnya, semua yang ngambang di buku ini cuma humor yang tujuannya buat menghibur siapa aja yang butuh hiburan. Kalo kambing tetangga lo butuh hiburan, kasih aja buku ini. Kalo gak keselek, yah paling besoknya udah ada di meja makan tuh kambing (#PoorKambing).

Ini bukanlah antis atau bahasa kerennya "Haters" dari SM Entertainment, justru kita adalah fans yang benar-benar mengagumi artis SMTown, jadi jangan dibawa serius. Survei membuktikan, 1 dari 10 orang yang membaca buku ini dengan serius, ia mendapat kesulitan untuk bok*r.

Lagi-lagi beli buku karena covernya. I love the cover, Sodara-Sodara. Imut-imut gitu. Haha.

Anyway, buku-buku model begini biasanya isinya humor plesetan. Dan dari judulnya, bisa ditebak kalau buku ini berisi kumpulang jokes yang berhubungan dengan artis-artis SM Entertainment dari Korea Selatan sana. Bagi yang belum tahu, SMEntertainment adalah sebuah manajemen artis yang telah mengorbitkan banyak entertainer terkenal mulai dari boyband Super Junior, SHINee, gilrband SNSD, f(x), dll. SMTown sendiri (menurut pemahaman saya ya, silahkan koreksi bila saya salah) dibentuk untuk mewadahi kegiatan show dan konser artis-artis SM Entertainment di luar negeri. Maka dari itu, mengingat dalam buku ini sama sekali tidak menyinggung soal plesetan/humor/whatever dari kegiatan SMTown, saya pikir judulnya agak rancu. Mungkin lebih tepat diberi judul SMEnterntainment Salah Gaul. (Update: ternyata ada buku dari penerbit lain dengan judul SMEntertainment Salah Gaul. :P)

12 Feb 2014

Panti Jomblo by Rengga Firmandika & Aulia Fajarullah

Panti Jomblo
Ilustrasi: Rengga Firmandika
Cerita: Rengga Firmandika & Aulia Fajarullah
Penerbit: Mediakom, 2013
Tebal: 150 hlm.
Sinopsis:
Kudeta hati dialami oleh Trio Jomblo dari zaman SMA hingga masa kuliah. Nasib membuat labil ekonomi mereka semakin terancam bahkan sampe Cupid, si Dewa Cinta harus turun tangan untuk membantu mereka. Mampukah mereka mendapatkan apresiasi kekasih hati idaman?

Buku kumpulan komik strip hasil karya Anak Bangsa ini berkisah tentang tiga sahabat: Kikoy, Cungkring, Ijal, yang sudah cukup lama menjomblo. Mulai dari SMA hingga kuliah, mereka bertiga selalu kesulitan mendapatkan pacar. Hingga suatu saat, muncullah seekor, eh seorang ding, Cupid. Iya, beneran Cupid, si Dewa Cinta itu. Si Cupid muncul untuk membantu ketiga sahabat. Hanya saja, kemunculan Cupid sepertinya tidak banyak membantu Trio Jomblo. Malah, kehadirannya semakin merepotkan Kikoy, Cungkring, dan Ijal. Bagaimana akhir kisah Trio Jomblo dan Cupid sarap? Baca kisahnya dalam Panti Jomblo karya Rengga Firmandika dan Aulia Fajarullah.

Sebenarnya saya jarang beli komik Indonesia, tapi khusus untuk Panti Jomblo ini, rasaya sayang untuk dilewatkan. Uhuk. Jangan-jangan alasan beli komik ini karena saya juga jomblo kali ya? Hahah. #bukancurhatkok #beneranbukan. Udah ah, lanjut bahas komiknya aja.
Jadi, format komiknya adalah komik strip. Kisah yang disajikan berupa potongan-potongan cerita keseharian Kikoy, Ijal, dan Cungkring. Kualitas ilustrasinya lumayan oke, walau saya merasa masih perlu ditingkatkan lagi. Iya, saya membanding-bandingkannya dengan manga sih. Dari segi cerita, unsur humor yang coba disajikan oleh komikus secara hiperbola. Lumayan lucu dan mengundang senyum. Tapi entah mengapa, sejak kehadiran Cupid, saya merasa ceritanya jadi kurang lucu. Unsur fantasi yang disisipkan dalam komik ini terasa kurang pas.

Secara keseluruhan, komik ini cocok bagi para jomblo untuk mengisi waktu luang dan juga bagi pembaca yang butuh amunisi untuk tersenyum. Ceritanya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga mudah dinikmati. Bolehlah dapat 3/5 bintang.

Ayo dukung komik Indonesia! :)

11 Feb 2014

Top Ten Tuesday #1


Kali ini saya mencoba memposting sesuatu yang berbeda dibanding posting-posting saya yang lain, yaitu 10 hal tentang buku. Meme ini aslinya dibuat oleh The Broke and the Bookish. Info lebih lanjut silakan mengunjungi blog tersebut. Untuk postingan pertama ini, saya ingin menuliskan 10 seri yang ingin saya baca tahun ini.

6 Feb 2014

Baca dan Posting Bareng BBI 2014

Gambar oleh Teh Peni
Kategori Posting dan Baca Bareng  tahun ini berdasarkan pilihan para member (meski saya nggak ingat pernah nge-vote atau tidak), tapi yang jelas kategorinya sangat beragam dan dapat memperkaya khazanah bacaan para member (khazanah itu apa ya? #plak).

Bagi member yang ingin ikut event ini, yuk monggo. Event Baca dan Posting Bareng kali ini lebih seru karena ada award-nya, yaitu review terbaik menurut voting para member. Saya pribadi sebenarnya tidak terlalu pede untuk berharap divoting, secara review yang saya bikin kesannya suka-suka. Hahay. Anyway, nggak perlu merasa terbebani dengan voting, yang penting adalah ikutan eventnya, biar rame. :D

Berikut kategori bacaan setiap bulannya (saya copas dari daftar yang dibuat Divisi Event di sini):


{ JANUARI }
#1 Fabel: Cerita-cerita fiksi dengan tokoh binatang boleh lokal maupun mancanegara seperti Animal Farm by George Orwell, Life of Pie by Yann Martel, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/fable
Buku pilihan: Dongeng Mini: Cerita Binatang by Aleum & Park Seong Il [review]

*cukup satu tema karena bersamaan dengan event Secret Santa 2014
(karena saya nggak ikut SS, saya nggak posting apa-apa untuk kategori ini).


{ FEBRUARI }
#1 Historical Fiction Indonesia: HisFic yang berlatar tempat di Indonesia dan ditulis oleh pengarang lokal seperti Untung Surapati by Yudhi Herwibowo, Gajah Mada by Langit Kresna Hariadi, Centhini by Sunardian Wirodono.
Buku pilihan: Blues Merbabu by Gitanyali [review]

2# Kuliner: Boleh buku fiksi maupun nonfiksi (cookbooks, cuisine, culinary/wisata kuliner,foods, diets, dll) berlatar nusantara maupun mancanegara, tentang apapun yang bertema kuliner.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/cookbooks
Buku pilihan: The Chocolate Kiss by Laura Florand [review]


{ MARET }
#1 Oprah’s Book Club: Buku-buku yang termasuk dalam list Oprah’s Book Club seperti A Tale of Two Cities by Charles Dickens, Love in The Time of Cholera by Gabriel Garcia Marquez, dll.
List lengkap bisa dilihat di http://www.oprah.com/book-list/Oprahs-Book-Club-The-Complete-List
Buku pilihan: -

#2 Puisi: Saatnya mengapresiasi karya-karya sastra puisi nusantara maupun mancanegara yang kalian sukai seperti Kumpulan Puisi Chairil Anwar, Shakespeare’s Sonets by William Shakespeare, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/poetry
Buku pilihan: -


{ APRIL }
#1 Tema Perempuan: Dalam rangka perayaan Ibu Kartini bulan ini BBI juga harus mengapresiasi dengan membaca buku fiksi maupun non fiksi (woman and gender, feminism, woman fiction, dll) mengenai women empowerment seperti The Help by Kathryn Stockett, The Good Wife by Jane Porter, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/womens-fiction
Buku pilihan: Galila by Jessica Huwae [review]

#2 Travel: Buku-buku yang menulis tentang perjalanan ke tempat-tempat khayalan maupun nyata baik nusantara maupun mancanegara seperti The Naked Traveler by Trinity, On the Trail of Genghis Khan by Tim Cope, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/travel
Buku pilihan: Bangkok: The Journal by Moemoe Rizal [review]


{ MEI }
#1 Kathulistiwa Literary Award 2013: Buku-buku yang termasuk dalam daftar 10 Besar Finalis maupun pemenang KLA 2013 dari berbagai kategori (prosa, puisi, fiksi, dll).
Buku pilihan: Pulang by Leila S. Chudori [review]

#2 Humor dan komedi: Buku-buku humor baik fiksi maupun non-fiksi, boleh buku lokal maupun buku luar seperti My Stupid Boss by Chaos@work, Paddle Your Own Canoe by Nick Offerman, dll
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/humor?original_shelf=humor-and-comedy
Buku pilihan: -


{ JUNI }
#1 Sastra Asia: Boleh Sastra Asia Timur. Genre bebas, boleh romance, historical fiction, history, dll. Contohnya Oleander Girl by Chitra Divakaruni, Secret Daughter by Shilpi Somaya Gowda.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/asia
Buku pilihan: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh by Dee [review]

2# Fairy Tales: Kisah fiksi dongeng berisi karakter-karakter fantasi semacam peri, goblin, penyihir, dll seperti The Iron King by Julie Kagawa, The Tales of Beedle the Bard by J.K. Rowling, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/fairy-tales?original_shelf=fairytale
Jadwal posbar: -


{ JULI }
#1 Buku tentang masalah remaja/keluarga seperti Please Look After Mom by Kyung-Shook Shin, dll.
Buku pilihan: An Abundance of Katherines (Tentang Katherine) by John Green [review]

#2 Buku Sicklit: Buku-buku tentang karakter yang sakit/sekarat seperti Ways to live forever by Sally Nichols, My Sister Keeper’s by Jodi Pilcout.
Buku pilihan: People Like Us by Yosephine Monica [review]


{ AGUSTUS }
#1 Tema Lokal/Nusantara: Buku-buku budaya, wayang, mitos/dongeng, sejarah, cerita rakyat apapun yang ada unsur daerah maupun nusantara.
Jadwal posbar: 28 Agustus 2014

#2 Buku Baru Indonesia yang terbit tahun 2014, bukan cetak ulang. Genre bebas, boleh fiksi maupun non-fiksi dan tentunya ditulis oleh pengarang lokal.
Jadwal posbar: 29 Agustus 2014


{ SEPTEMBER }
#1 Buku Silat: Sesekali ayo kita coba buku (graphic novel, komik diperbolehkan) genre silat seperti Musashi by Eiji Yoshikawa, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/cerita-silat
Jadwal posbar: 29 September 2014

#2 Buku dengan rating rendah di Goodreads (1-2 bintang): Tentunya kita penasaran mengapa buku itu bisa mendapat rating rendah, bukan? Ayo kita telusuri apa alasannya dengan menulis review buku tersebut.
Jadwal posbar: 30 September 2014


{ OKTOBER }
#1 Buku-buku terbitan Balai Pustaka. Mari kita dukung Balai Pustaka dengan membaca buku-buku mereka. Jika kesulitan mencari bukunya, langsung pesan online saja ke http://www.balaipustakaonline.com/
Jadwal posbar: 30 Oktober 2014

#2 Buku yang diterbitin bertepatan dengan tahun kita lahir. Buku ini bisa tentang apa aja, bebas pilih genre, penulis, maupun terbitan nusantara maupun mancanegara. Yang penting pertama kali diterbitkan bertepatan dengan tahun kelahiran XD.
Jadwal posbar: 31 Oktober 2014


{ NOVEMBER }
#1 Newbery Book List: Buku-buku yang terdaftar dalam list Newbery Medal and Honor Books seperti Where the Mountain Meets the Moon  by Grace Lin, A Single Shard by Linda Sue Park, dll.
List http://www.ala.org/alsc/awardsgrants/bookmedia/newberymedal/newberyhonors/newberymedal
Jadwal posbar: 27 November 2014

#2 Buku yang ada unsur angka: Buku yang dalam judulnya ada unsur angka seperti Size 12 is Not Fat by Meg Cabot, 86 by Okky madasari, dll.
Jadwal posbar: 28 November 2014


{ DESEMBER }
Vote for your own choice!! Kita baca bareng serentak buku yang sama, satu judul yang sama... are you ready?
Jadwal posbar: 30 Desember 2014


Hmm. Sepertinya beberapa kategori agak susah dicari bukunya. Tapi tak apalah. Mudah-mudahan ketemu bukunya. Selamat membaca dan mereview, Para Member BBI tercintah~! :D

4 Feb 2014

Truth or Dare by Rons Imawan, dkk.

Judul: Truth or Dare
Penulis: Rons Imawan, dkk
Penerbit: Bentang Belia, 2013
Tebal: 272 hlm.
ISBN: 9786027975668
Sinopsis:
Truth or Dare mengubah segalanya dalam satu kedipan mata.

Aku penderita aleksitimia. Sindrom ini membuatku kesulitan mengungkapkan emosi. Sekalipun bibirmu di jahit, aku yakin, kamu bakal tetap unggul menyampaikan isi kepalamu.

Namun, jelas tak pernah terbayangkan olehku kelainan psikologis itu menyeretku pada tragedi paling gulita di usia remajaku.

Saat manusia lain mengejar cinta, aku menyulamnya menjadi obsesi. Saat insan lain mengungkapkan isi hati, aku mengolahnya menjadi ambisi.

Dalam permainan konyol yang menguji nyaliku, emosi yang memberangusku bertahun-tahun pada puncaknya sanggup kumuntahkan di hadapan semua orang.

Di pesta perpisahan kelas itu, kusuguhkan pertunjukan paling mengejutkanyang bakal menjadi kenangan terburuk sepanjang hidup mereka.

Namaku Lentera.

Jangan membenciku sebelum kalian usai menyelami kisahku.

Kalau hanya membaca sinopsisnya, kebanyakan orang mungkin akan menduga kalau buku ini adalah novel thriller. Tapi saya juga penasaran. Apa maksud tagline: “16 Rahasia 16 Tantangan 16 Kejutan”? Jangan-jangan isinya 16 cerita? Hihi, tebakan bego saya ternyata tepat (yaelah gitu doang bangga). Buku ini memang sebuah kumpulan cerita pendek. Jujur saja, alasan nomor satu mengapa kepingin beli buku ini, adalah karena saya tertarik sama covernya. Desain covernya memiliki nuansa thriller yang kental: sebuah foto perempuan yang hancur layaknya cermin, dengan tulisan Truth or Dare berwarna merah menembus wajahnya. Si cewek di cover juga terlihat seperti tengah menjerit, lengkap dengan air mata yang mulai menetes. Keren! Selain cover yang menark, saya juga penasaran, bisakah seorang Rons Imawan menulis cerita thriller? Soalnya sepanjang pengetahuan saya (yang terbatas ini), si Rons ini sukanya ngebanyol. Salah satu bukunya pernah saya baca dan review, yaitu Wow Konyol! dan memang cukup lucu. Jadi, bagaimana dengan Truth or Dare ini?

Buku ini berisi 16 cerita pendek yang ditulis oleh Rons Imawan, dkk. “Dkk” di sini maksudnya adalah penulis-penulis lain yang karyanya terpilih untuk ditampilkan dalam buku ini. Sesuai judulnya, semua cerita dalam buku ini memiliki unsur permainan “Truth or Dare” yang lumayan populer di luar negeri sana. Meski saya sendiri tidak pernah memainkan permainan tersebut, saya cukup sering melihatnya di film-film (biasanya horror/thriller). Menilik kemasan buku ini, saya berpikir semua ceritanya akan cenderung gelap dan menegangkan. Ternyata tidak juga. Cerita-cerita dalam buku ini mengusung banyak ‘rasa’, mulai dari romance, misteri, fantasi, persahabatan, hingga action. Secara umum, buku kumpulan cerpen dengan target pembaca remaja ini ditulis cukup baik, walau memang masih kurang memuaskan harapan saya. Saya rasa hal ini wajar, mengingat dalam setiap buku kumpulan cerita, pasti ada cerita yang bagus, ada juga yang biasa-biasa saja (tergantung selera pembaca juga). Hampir setiap cerita memiliki plot twits yang cukup menarik.

3 Feb 2014

Lucky No. 14 Reading Challenge 2014

 

Periode challenge: 1 Januari 2014 s.d. 31 Desember 2014.

Lucky No. 14 Reading Challenge adalah salah satu reading challenge yang kepingin banget saya ikuti karena kategorinya cukup unik dan menarik. Saya telat, baru bisa bikin master post sekarang. Reading challenge yang di-host oleh Books to Share ini mengharuskan kita membaca 14 buku (bisa lebih) dari 14 kategori di yang telah ditentukan. Kita bisa menggabungkan buku yang kita baca dengan reading challenge yang lain, tapi kita nggak boleh memasukkan buku yang sama untuk kategori berbeda di buku ini. Intinya, satu buku-satu kategori untuk reading challenge ini.

Usahakan buku-buku yang masuk reading challenge ini adalah buku-buku yang sudah ada di timbunan kita. Tapi, kalau memang nggak ada sama sekali, kita juga boleh kok membeli buku baru untuk dimasukkan ke challenge ini. :)

Dan 14 kategori tersebut adalah:

1. Visit The Country: Baca buku yang bersetting di negara yang kepingin banget kita kunjungi di dunia nyata. Pastikan bahwa setting negara tersebut memiliki peran besar dalam cerita, ya. Negara yang ingin saya kunjungi ada banyak, di antaranya: Jerman, Perancis, Korea, Jepang. :D
Buku pilihan:
Perancis: The Chocolate Kiss by Laura Florand [review]

2. Cover Lust: Pilih buku dari rak bukumu yang kamu beli karena kamu suka banget sama covernya. Apakah isi bukunya secakep covernya?
Buku pilihan:
Truth Or Dare by Rons Imawan, dkk [review]
SMTown Salah Gaul by @SalahGaulSMTown [review]

3. Blame it on Bloggers: Bacalah buku yang kamu beli gara-gara baca review blogger lain. Jangan lupa mention si blogger ya.
Buku pilihan: Quiet: The Power of Introverts in a World That Can't Stop Talking by Susan Cain dan The Happiness Project: Or Why I Spent a Year Trying to Sing in the Morning, Clean My Closets, Fight Right, Read Aristotle, and Generally Have More Fun by Gretchen Rubin (AMPUN DEH, JUDULNYA PANJANG AMIR). Beli dua buku itu setelah membaca review dari Stefanie Sugia @ The Bookie Looker. Silakan baca review dua buku tersebut di sini dan di sini.

4. Bargain All The Way: Pernah beli buku gara-gara saking murahnya sampai-sampai kamu nggak peduli bukunya bagus atau nggak? Nah, inilah saatnya untuk membaca buku tersebut dan cari tau apakah duit kamu nggak sia-sia waktu beli buku murah itu.
Buku pilihan: Akan ditambahkan nanti.

5. (Not So) Fresh From the Oven: Ingat nggak, pernah beli buku yang dirilis tahun lalu (2013), tapi hingga saat ini belum kebaca sama sekali? Ambil buku tersebut dari timbunanmu dan baca sekarang!
Buku pilihan: Akan ditambahkan nanti.

6. First Letter’s Rule: Bacalah buku yang huruf pertama judulnya sama dengan nama kamu. Er... remember: articles like “a”, “an” or “the” doesn’t count :)
Buku pilihan: Ugh. Agak susah, nama saya dimulai dari huruf Y sih. Mungkin saya akan baca You Know You Love Me (Gossip Girl, #2) by Cecily von Ziegesar. Tapi liat ntar. Sapa tau nemu judul lain.

7. Once Upon a Time: Baca buku yang tahun terbitnya sama dengan tahun lahir kamu. Nggak harus buku buku klasik kok. Yang penting edisi yang kamu baca adalah terbitan tahun yang sama dengan tahun lahirmu.
Buku pilihan: Reply by Ken Grimwood

8. Chunky Brick: Yak, tarik napas... dan bacalah buku yang tebalnya lebih dari 500 halaman! Nggak takut sama buku bantal kan? :D
Buku pilihan: Akan ditambahkan nanti, yang jelas sih ada beberapa.

9.  Favorite Author: Baca buku dari penulis favoritmu, yang belum kamu baca sebelumnya.
Buku pilihan: Celebrity Wedding dan The Devil in Black Jeans by aliaZalea

10. It’s Been There Forever: Pilihlah buku yang sudah ada di timbunan kamu selama lebih dari setahun. Bersihin debu-debunya, dan bacalah sekarang. :D
Buku pilihan: Buanyak. Akan ditambahkan nanti.

11. Movies vs Books: Simpel. Baca buku yang sudah difilmkan, atau akan segera difilmkan. Bandingkan, bagusan mana?
Buku pilihan: Percy Jackson #1, Percy Jackson #2 by Rick Riordan

12. Freebies Time: Baca buku yang kamu dapat secara gratis. Entah itu dikasih sama temen, menang giveaway, atau kado dari someone special. Jangan ditimbun lama-lama loh.
Buku pilihan:  
Pemberian Neng Ega:
- Pulang by Leila S. Chudori
- Partikel by Dee
- The Marriage Roller Coaster by Nurilla Iryani [review]
Hadiah Giveaway dari Ren: Uncommon Criminal (Kriminal Kelas Atas) by Ally Carter
Hadiah Giveaway dari Ibu Peri: (lupa judulnya!) :p
Hadiah Giveaway dari Kak Maria: Ghost Girl by Tonya Hurley
Kado Ultah dari BBI Joglosemar:
- The Age of Miracles: Yang Pernah Ada by Karen Thomspon Walker
- CoupL(ov)e by Rhein Fathia
Pemberian Kak Vina: Cewek!!! by Esti Kinasih

13. Not My Cup of Tea: Baca buku yang genrenya bukan kamu banget, atau mungkin dari penulis yang kamu tidak suka? Coba deh baca, siapa tahu sebenarnya bagus. Hehe.
Buku pilihan:
Blues Merbabu by Gitanyali [review]

14. Walking Down The Memory Lane: Pernah punya buku yang kamu sukai sewaktu kecil? Atau buku-buku yang sejak kecil kepingin banget kamu baca tapi belum kesampaian? Bacalah sekarang, dan bersiaplah untuk berpetualang ke masa lalu. Komik atau grafik novel boleh!
Buku Pilihan: Si Badung #2 by Enid Blyton, Lupus Kecil by Hilman dan Boim Lebon

Nah, itulah kategori buku-buku yang wajib dibaca. Bagi yang ingin ikutan, silahkan baca peraturan selengkapnya langsung di TKP ya. Lumayan lho, ada hadiahnya! :D
Back to top