29 Jan 2015

Opini Bareng BBI: Ekspektasi

image source here. edited by me.

Saya adalah tipe pembaca yang gampang terpengaruh. Saat membaca review yang memuji sebuah buku, biasanya saya akan berpikir, "Oke, saya akan baca bukunya." #gakmaukalah. Tapi gara-gara itu, nggak jarang saya mengalami kekecewaan setelah membacanya sendiri buku dimaksud. “Kok nggak sesuai harapan ya?” Di sisi lain, saya juga punya rasa penasaran yang cukup tinggi, yang nggak jarang membuat saya membaca sebuah buku yang mendapat review jelek. Mengapa dianggap jelek? Nggak bagusnya di bagian mana, sih? Dan setelah memutuskan untuk membaca, ternyata bukunya nggak jelek-jelek amat menurut saya. Ada buku-buku yang secara umum mendapat rating pas-pasan di Goodreads, namun saya pribadi memberi rating tinggi untuk buku tersebut.

Baca Bareng dan Opini Bareng BBI 2015


(copas dari sini)

Di tahun 2015, selain mengajak teman-teman member BBI untuk sama-sama membaca buku bertema sama, Divisi Event BBI juga ingin mengajak teman-teman member BBI untuk sama-sama belajar menilai bacaan teman-teman lebih dalam lagi sekaligus latihan menuangkan opini. Yep yep, selain Baca Bareng, di tahun 2015 juga akan ada Opini Bareng.

25 Jan 2015

The Devil in Black Jeans - aliaZalea

Judul: The Devil in Black Jeans
Penulis: aliaZalea
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2013
Tebal: 352 hlm.
ISBN13: 9789792291889

Sinopsis:
Dara betul-betul mencintai pekerjaannya sebagai personal assistant para artis, sampai dia bekerja untuk Blu, penyanyi opera Indonesia berumur lima belas tahun. Masalahnya bukan pada Blu, tapi kakaknya, yaitu Johan Brawijaya, drummer paling ganteng se-Indonesia yang superprotektif kepada adiknya dan membuat Dara ingin mencekiknya setiap kali bertemu.

Sebagai drummer kawakan Indonesia dengan wajah di atas rata-rata dan masih single, Jo mencintai kebebasannya untuk melakukan apa saja yang dia mau. Kebebasan ini punah dengan kedatangan adiknya di rumahnya. Seakan itu belum cukup parah, kini seorang PA artis yang sok tahu, super menyebalkan, berbentuk Dara, muncul dan mulai mengatur kehidupannya.

Satu-satunya hal yang membuat mereka berdua bisa saling bertoleransi adalah karena Blu. Atau itulah yang mereka pikir hingga ciuman itu terjadi. Satu ciuman yang membuat keduanya berpikir dua kali tentang perasaan mereka terhadap satu sama lain.

Sebut saja namanya Blu, penyanyi opera Indonesia yang masih berusia sangat belia, yaitu 15 tahun. Sebagai artis terkenal yang memiliki jadwal padat, cewek ini butuh seorang personal asissistant (PA) untuk membantunya memenuhi segala kebutuhannya mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan keartisan, hingga hal-hal di luar kegiatan keartisan. Tapi Blu bukanlah tokoh utama novel ini, melainkan:

21 Jan 2015

Take Me To Your Heart - Yuditha Hardini

Judul: Take Me To Your Heart
Penulis: Yuditha Hardini
Penerbit: GagasMedia, 2014
Tebal: 238 hlm.
ISBN13: 9789797807467

Sinopsis:
Bagiku, menemukan cinta semudah memecahkan teka-teki yang hanya perlu dihitung dan diukur probabilitasnya. Tak ada kata “menunggu” dalam kamus hidupku.

Namun, ternyata, masih ada perempuan yang percaya akan kekuatan penantian. Baginya, cinta sejati akan datang pada waktu, di tempat, dan kepada orang yang tepat. Lalu, entah bagaimana, aku ikut terjebak dalam sesuatu yang bertahun-tahun tak mungkin kulakukan: menanti.

Aku harus menanti sirnanya memori masa lalu dan rasa perih. Juga menanti kepingan rasa yang dialamatkan hanya pada hatiku. Kini, harapanku hanya satu: semoga menanti sesuatu yang tepat tak akan pernah membuatku kehabisan hari-hari yang pasti. Namun, ragu semakin menyergapku…

Pada suatu masa, tersebutlah seorang gadis cantik bernama Raisa (“Hai, Raisa…”). Raisa ini selain cantik, usianya juga sebaya dengan saya (kalau baca bukunya nanti pasti tahu kok). Dan sama seperti saya, dia juga jomblo. Owh. Tatian… *nangis bareng yuk, Raisa* *Raisa: “Ogah, yaaa.”*

Raisa sebenarnya tak memiliki masalah dengan status single-nya. Tapi tahu kan, masyarakat kita kayak gimana? Itulah mengapa Dina, sahabat Raisa, dengan penuh semangat berusaha meyakinkan Raisa untuk mencari pacar lewat… *siap-siap, bakalan deramak ini…* LEWAT BIRO JODOH! Eww. Hari gini, pake jasa biro jodoh buat ngedapetin pacar? No! A VERY BIG NO! Begitulah reaksi Raisa pada awalnya. Tapi berhubung Dina punya kemampuan ajaib dalam hal meyakinkan orang lain, maka Raisa pun terpaksa menyetujui saran Dina. (Ah Raisa, begitu mudahnya dirimu berubah pikiran).

20 Jan 2015

Top Ten Popular (International) Authors I've Never Read

image source here. edited by me.

Halo. Saya tahu seharusnya saya memposting review, karena jumlah postingan review saya bulan ini sedikit sekali. Wajar sih sebetulnya, karena bacaan saya juga baru sedikit. Jadi tolong maafkan saya karena belum menulis review lagi. Untuk hari ini, saya akan membuat postingan Top Ten Tuesday. Top Ten Tuesday adalah original meme bikinan The Broke and The Bookis. Silakan mampir ke blognya untuk info lebih lanjut.

18 Jan 2015

Lucky No. 15 Reading Challenge


Ah, padahal saya telah bertekad untuk nggak banyak-banyak ikutan RC tahun ini. Tapi, sungguh, RC bikinan Mbak Astrid ini terlalu menarik untuk dilewatkan (LOL, padahal untuk RC yang sama tahun kemarin saya gatot). So, yes, saya akan ikutan RC ini. Bukan semata-mata karena hadiahnya sih, tapi lebih dikarenakan kategori tantangannya yang sangat memikat. Cieh memikat. :))

14 Jan 2015

Top 5 Wednesday: Series You Want to Start This Year

image source: here. edited by me.

Setelah melihat postingan Top 5 Wednesday di blog Stefanie, saya jadi tertarik untuk membuat postingan serupa. Tahun lalu saya membuat daftar 10 seri yang pengen dibaca, tapi yah... begitulah. Membuat list itu memang gampang, tapi merealisasikannya malah bikin goyang dumang. *abaikan*

Intinya saya gagal total tahun lalu. Hanya segelintir dari daftar itu yang sukses saya baca.

Nah, berhubung masih awal tahun dan kebetulan memang ada beberapa buku berseri yang masuk daftar baca saya tahun ini, saya ingin membaginya di sini sekaligus sebagai reminder juga (kali aja lupa, abang ini sudah pikun, dek... *lap kacamata*).

6 Jan 2015

Stolen Songbird (Negeri Troll yang Hilang) - Danielle L. Jensen

Judul: Stolen Songbird (Negeri Troll yang Hilang)
Seri: The Malediction Trilogy #1
Penulis: Danielle L. Jensen
Penerjemah: Nadya Andwiani
Penerbit: Fantasious, 2014
Tebal: 500 hlm.
ISBN13: 9786020900049

Sinopsis:
Apa troll merasakan hal yang sama dengan manusia? Apa troll mengenal kesedihan, kemarahan, atau kebahagiaan? Bisakah troll mencintai troll lain? Atau apakah batin mereka sedingin batu yang mengubur mereka di bawahnya?

Cécile de Troyes mengira masa depannya ada di panggung-panggung megah di Trianon. Ia yakin kariernya sebagai penyanyi bersuara merdu akan cemerlang begitu ia meninggalkan Goshawk’s Hollow. Namun, hal tak terduga menyergapnya, menyeretnya ke sebuah negeri yang selama ini hanya pernah didengarnya dari dongeng lama. Tak ada mimpi seburuk membuka mata dan menyadari bahwa ia diculik ke sebuah kota yang terkubur di bawah reruntuhan gunung. Kota yang dipenuhi oleh makhluk… troll.

Kaum troll mengira Cécile bisa menjadi salah satu kunci melenyapkan kutukan penyihir yang melingkupi Kota Trollus selama lima abad. Kutukan yang membuat mereka tak mampu keluar dari kungkungan Gunung Terlupakan. Kutukan yang membuatnya terikat dengan pangeran troll angkuh bernama Tristan. Ia pikir hidupnya lebih baik berakhir, sampai ketika ia mulai menyadari rahasia-rahasia terselubung yang ada di kota itu. Ia sadar, jika ia melibatkan diri lebih jauh dengan segala intrik kaum troll, semua tak akan pernah sama lagi. Namun, terkadang, harus ada yang melakukan hal yang tak terbayangkan.

Mampukah Cécile bertahan dan menguak rahasia negeri troll? Kau pikir kau sudah tahu tentang kaum troll? Tunggu sampai kau menyelesaikan petualangan ini.

Apa yang ada di benak kamu saat mendengar kata "troll"? Mungkin sebagian akan membayangkan troll bodoh versi Harry Potter yang nyaris melukai Hermione di buku pertama. Mungkin juga ada yang membayangkan makhuk buas pemakan manusia dalam buku The Hobbit. Saya sendiri membayangkan troll versi game Warcraft yang secara fisik tidak seperti troll dalam buku-buku. Tidak berbeda jauh dengan manusia, hanya saja tampang mereka memang lebih sangar, dilengkapi dengan skill-skill bertarung yang lumayan keren. Apapun bayangan kita tentang troll, saya yakin setelah membaca novel ini, semua pendapat kita akan berubah.

Cécile de Troyes adalah gadis bersuara indah memiliki impian untuk menjadi penyanyi tenar di kota, seperti ibunya. Namun impian Cécile tampaknya tak akan terwujud dalam waktu dekat, sebab mendadak ia diculik dan dibawa ke negeri troll yang terletak di bawah gunung batu. Cécile yang tadinya menganggap bahwa troll hanya ada dalam dongeng-dongeng terpaksa harus mengakui bahwa dongeng tersebut ternyata merupakan suatu kebenaran. Ia dibawa ke Trollus dengan alasan yang sama sekali tidak diduga olehnya. Kaum troll yakin bahwa Cécile adalah sosok gadis dalam ramalan, yang konon akan menjadi penyelamat mereka dengan mengangkat kutukan yang telah membuat mereka terkurung di bawah gunung tersebut.

4 Jan 2015

Just So Stories (Sekadar Cerita) - Rudyard Kipling

Judul: Just So Stories (Sekadar Cerita)
Penulis: Rudyard Kipling
Penerjemah: Maggie Tiojakin
Ilustrator: Staven Andersen
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012
Tebal: 160 hlm.
ISBN13: 9789792278033

Sinopsis:
Just So Stories adalah kumpulan kisah pengantar tidur yang ditulis oleh Rudyard Kipling—penulis novel klasik legendaris The Jungle Book. Dalam kumpulan cerita pendek ini, kisah-kisah lucunya bukan sekadar cerita, tapi juga dihiasi ilustrasi goresan Staven Andersen yang memperkaya kisah-kisah fabel ini.

Walau ditulis lebih dari seratus tahun lalu, cerita-cerita dalam Just So Stories tak lekang oleh zaman karena dipadukan dengan mutiara kebijaksanaan. Di sini kita bisa membaca kisah kenapa unta berpunuk, bagaimana macan mendapat tutulnya, kenapa gajah punya belalai, bagaimana alfabet diciptakan, dll. Semua kisah ini akan membawa Anda menuju petualangan menembus waktu dan imajinasi pengarang peraih nobel sastra, Rudyard Kipling.

Buku ini bisa dibaca oleh semua umur dan terutama bisa menjadi hadiah indah bagi putra-putri tercinta untuk membuka wawasan imajinasi dan kecintaannya terhadap buku.

Ketika pertama kali melihat buku ini di toko buku, saya langsung jatuh cinta pada ilustrasi sampul bukunya yang imajinatif dan terkesan jenaka. Dan karena sebelumnya saya telah mendengar banyak komentar positif tentang buku ini, maka saya pun memutuskan untuk membelinya.

Sesuai judulnya, buku ini merupakan kumpulan cerita fabel. Hampir semua tokoh dalam ceritanya adalah binatang. Membaca buku ini sempat membuat saya merasa seperti kembali menjadi anak-anak. Mulai dari judulnya saja, sudah terbayang ceritanya bakal seperti apa. Coba simak judul-judul cerita dalam buku ini:

3 Jan 2015

Personal Project 2015: Donate for Comments


Donates for Comments adalah proyek pribadi yang digagas oleh Oky. Saya berminat bergabung dalam proyek ini karena niatnya untuk berbagi. Caranya yaitu melalui komentar yang ditinggalkan oleh para pengunjung blog ini, termasuk komentar dari saya sendiri. Setiap komentar yang masuk ke blog ini untuk postingan sepanjang tahun 2015 akan saya kalikan dengan Rp. 500,- (kecuali untuk komentar SPAM). Tentu saja dana tersebut berasal dari saya sendiri. Semua komen akan direkap pada awal tahun 2016 dan dananya akan disumbangkan. Sumbangan diserahkan ke pada siapa saja yang membutuhkan (panti asuhan, badan amal, dll) yang paling dekat dengan tempat tinggal kita, atau bisa juga dananya digabung dengan Oky dan nantinya akan diserahkan kepada satu atau dua badan amal tertentu. Berhubung saat ini saya belum tahu akan menyumbang ke mana, kemungkinan besar saya akan gabung dengan Oky saja.

2 Jan 2015

2015 JOGLOSEMAR Tantangan Babat Timbunan

Sumber: Oky

Tahun 2015 saya berencana untuk mengurangi timbunan. Yah, tahun lalu juga begitu resolusinya tapi masih gagal. Kecepatan membeli buku berbanding terbalik dengan kecepatan membaca buku (Mba Treez, aku padamuuu). Tahun ini saya berniat untuk lebih serius dalam perkara babat timbunan ini. Maka dari itulah, saya mengikuti 2015 JOGLOSEMAR Tantangan Babat Timbunan yang di-host oleh Oky. Ide untuk tantangan ini tercetus di group WA: BBI Joglosemar. Konsep utama tantangan ini adalah, kita baru boleh membeli buku setelah selesai membaca beberapa buku. Tahun lalu Oky doang yang ikut tantangan ini. Kini, saya memutuskan untuk ikutan. Tantangannya adalah: “Habiskan 5 Timbunan Sebelum Membeli Buku Baru.” Oh iya, dan tantangan baca ini terbuka untuk siapa saja (tidak sebatas warga Joglosemar saja).

Goodbye 2014, Hello 2015.


Kebiasaan saya, saat memposting hal-hal yang berhubungan dengan tahun baru, pasti selalu dimulai dengan kalimat, “Nggak terasa ya, sudah tahun baru lagi?”

Tahun 2014, bukan hanya terasa cepat berlalu, namun terlalu cepat berlalu. Perasaan baru kemarin deh, saya sedih galau merana karena terangkut gerbong mutasi, yang membat saya harus angkat kaki dari Mataram, Nusa Tenggara Barat, setelah hampir 6 tahun saya mendiami kota seribu masjid tersebut. Saya masih ingat jelas di bulan Januari 2014, ketika diminta untuk menyampaikan sepatah-dua patah kata pada acara perpisahan di kantor, yang mana saya berakhir dengan berlinang air mata. Berat sekali bagi saya untuk meninggalkan kota—oke, tepatnya kantor, di Mataram itu.

Back to top