30 Mar 2015

Opini Bareng BBI: Alur Cerita


Selama ini saya tahunya alur dalam sebuah cerita itu ada tiga: alur maju, alur mundur, dan alur campuran alias maju-mundur cantik. #PLAKS (Uhuk. Maaf, lagi nggak fokus. *melirik The Maze Runner yang belum kelar dibaca padahal besok rencananya mau posting bareng tema adaptasi*). Halah, malah curcol. Oke, balik ke bahasan soal alur cerita. Mungkin karena waktu ibu guru mengajar soal alur saya malah asyik main gimbot (ampun deh, jadul sekali saya ini), jadi saya nangkapnya jenis-jenis alur ya cuma tiga biji itu.

Timeline Event Around the Genres in 30 Days: Science Fiction - Fantasy


Masih berhubungan dengan event Around the Genres in 30 Days dalam rangka ultah Bebi yang ke-4, kali ini saya akan memposting timeline kegiatan kelompok kami, yaitu Kelompok Science Fiction / Fantasy. Nggak lama lagi loh, temans. Simak jadwalnya di bawah ini. (bocoran: *uhuk*adagiveaway*uhuk*)

26 Mar 2015

Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh - Dee

Judul: Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh
Seri: Supernova #1
Penulis: Dee
Penerbit: Truedee Pustaka Sejati
Cetakan: IX, November 2010
Tebal: x + 251 hlm.
ISBN13: 9789799625779

Sinopsis:
Di dunia dengan jarak yang kian menyusut dan pikiran yang dituntut untuk kian mengglobal, Supernova bisa memberikan beberapa alternatif perspektif untuk memandang eksistensi manusia dan relasinya dengan seluruh aspek kehidupan. Mikro dan makro. Karena Supernova adalah virus. Virus pikiran.

Tinggal satu pertanyaan:

Siapkah Anda terinfeksi?

Sebenarnya saya telah membaca novel ini tahun 2014 kemarin. Namun beberapa waktu yang lalu, terbit keinginan untuk membaca ulang buku ini. Saya merasa, saat membacanya kali pertama, masih banyak hal yang belum sepenuhnya saya pahami tentang buku ini. Soal plot tidak sulit untuk diikuti, karena sesungguhnya plotnya sederhana. Saya sepertinya memang gagal paham mengenai esensi buku ini. #otakteflon

Berhubung buku ini memiliki unsur romance dan filosofi dibalut nuansa sci-fi yang kental, saya pikir pas sekali membaca ulang buku ini karena berhubungan dengan event Around the Genres in 30 Days: Genre Sci-fi & Fantasy.

19 Mar 2015

Morning Brew - Nina Addison

Judul: Morning Brew
Penulis: Nina Addison
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, September 2011
Tebal: 224 hlm
ISBN13: 9789792275674

Sinopsis:
Seandainya kita bisa tahu dia memang ditakdirkan untuk kita. Seandainya ada jaminan cinta yang kita punya tidak akan membuat kita pecah berkeping-keping. Seandainya soal jodoh ada di tangan kita. Sayangnya, dalam hidup tak ada yang pasti.

Soal cinta apalagi.

Karenanya ketika Boy, pacar tujuh tahunnya Reney, tiba-tiba bilang putus, Reney seperti dibuang ke lubang tanpa dasar dan tidak yakin bisa keluar lagi dari kegelapan di dalamnya.

Tapi apa iya?

Yuk, mampir ke dunia Morning Brew. Reney, Danny, dan Ivana dengan senang hati siap menemani dengan cerita dan segelas kopi hangat plus semangkuk soup of the day yang akan bikin kamu ketagihan!

Ini cerita tentang patah hati.

Malam itu, Boy, pria yang dipacari Reney selama hampir delapan tahun, mengajaknya makan malam. Boy mengatakan bahwa ia mendapat beasiswa ke luar negeri. London, persisnya. Reney turut bergembira mendengar kabar tersebut. Dengan suasana makan malam yang sangat mendukung, Reney pikir Boy akan segera melamarnya malam itu juga. Ternyata ia salah besar. Boy justru memutuskan hubungan mereka.

Reney yang patah hati mengurung diri di kamar selama berhari-hari. Ia bertanya-tanya pada diri sendiri, apa yang salah dari dirinya sehingga Boy tega mengakhiri hubungan yang telah dibina cukup lama itu? Sungguh, delapan tahun bukanlah sebuah rentang waktu yang singkat. Tapi memang tak ada yang pasti di dunia ini. Kebersamaan yang terjalin lama tak lantas membuat sebuah hubungan berpacaran bisa naik level ke jenjang pernikahan.

Around the Genres in 30 Days: Science Fiction - Fantasy


Yuhuuu. Apa kabar semuanya? Ada kabar gembira nih. Kulit landak nggak ada rencana dibuat ekstraknya. Yep, consider that as a 'kabar gembira'. Karena kalau sampai beneran dibikin ekstrak kulit landak, mending lempar saja Hayati ke rawa-rawa, Bang. #SaveHayati

Jadi, ceritanya hari ini saya mau bagi-bagi info sehubungan dengan ulang tahun Blogger Buku Indonesia (BBI) yang ke-4. Saya yakin banyak di antara kalian yang sudah familiar dengan BBI, kan? What? No? Ish nggak seru deh kamu. Jadi, BBI adalah wadah bagi para blogger yang hobi meresensi buku dan memiliki konsern yang tinggi terhadap dunia perbukuan di Indonesia. Naah, sehubungan dengan rangkaian kegiatan ultah BBI, kakak-kakak pengurus BBI mengadakan event yang diberi nama Around the Genres in 30 Days yang berlangsung mulai dari tanggal 16 Maret sampai dengan 17 April 2015.

18 Mar 2015

Wishful Wednesday #22

Selamat malam. Selamat hari Rabu. Jumpa lagi di Wishful Wednesday (LOL, setelah sekian lama). Kalau tidak salah ingat, tahun 2015 ini saya belum memposting WW satu pun. Bagi yang belum tahu, Wishful Wednesday atau biasa disingkat WW adalah original meme yang digagas oleh Mbak Astrid @ Perpus Kecil, di mana kita memposting buku-buku yang masuk wish-list kita setiap hari Rabu.

Langsung saja. Buku yang menjadi incaran saya minggu ini adalah Kismet karya Nina Addison. Ini adalah novel keduanya setelah Morning Brew. Saya lumayan menyukai Morning Brew, jadi saya pun berkeinginan untuk membaca karya terbarunya ini. Beberapa teman yang telah membaca Kismet memberi review positif untuk buku ini, jadi saya pikir buku ini cukup layak untuk dimasukkan dalam postingan WW.

Kismet by Nina Addison
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2015
Tebal: 296 hlm.
Sinopsis:
kismet//takdir//destiny. Kata yang melibatkan semacam rahasia kosmik, yang memberi letupan kejutan di sana-sini dalam hidup seseorang, menggiringnya ke tempat ia seharusnya berada.

Konsep itu menggelikan bagi Alisya.

Tetapi ketika di tengah hiruk pikuk New York City ia bertemu dengan Cia, perempuan yang seketika menjadi sahabatnya, Alisya bertanya apakah takdir sedang bekerja? Lalu muncul Raka, satu-satunya cowok yang bisa membuat Alisya jatuh cinta. Lelaki yang, lagi-lagi, dibawa takdir masuk ke hidupnya. Sayangnya, takdir yang satu ini berpotensi menghancurkan persahabatannya dengan Cia. Jadi, mana yang harus ia pilih?

Orang bilang persahabatan itu kekal, untuk seumur hidup. Namun, bukankah cinta sejati juga demikian?

Kamu sendiri, apa Wishful Wednesday-mu minggu ini?

Mau ikutan Wishful Wednesday? Caranya gampang:
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

17 Mar 2015

Croissant: Antologi Kisah Kehidupan - Josephine Winda

Judul: Croissant: Antologi Kisah Kehidupan
Penulis: Josephine Winda
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: I, Oktober 2014
Tebal: 196 hlm
ISBN13: 9786020251394

Sinopsis:
Ditemani santainya kepulan asap teh saat senja
Sepotong croissant renyah mencecap rasa
Berlapis seperti kisah kehidupan yang tak kunjung habis
Diwakili sepuluh cerita dunia
Semoga tak lekas ucapkan bon voyage—selamat tinggal
Hanya maklumi
c’est la vie—itulah hidup.

Croissant: A rich crescent-shaped roll of leavened dough or puff pastry.

Sudah pernah mencoba croissant? Penganan sejenis roti asal Perancis ini terkenal dengan bentuknya yang menyerupai bulan sabit. Tidak heran ia diberi nama croissant, yang dalam bahasa Perancis berarti bulan sabit. Keunikan croissant adalah bagian luarnya garing, sementara bagian dalamnya empuk dan gurih. Awalnya croissant memiliki rasa yang plain (sehingga orang Perancis menyantapnya dengan ditemani teh, kopi, atau susu). Namun seiring waktu, mulai bermunculan croissant dengan aneka ragam rasa dan isi, misalnya keju, cokelat, almond, dan lain-lain. Membayangkannya saja saya sudah ngiler. Rasanya pengen buru-buru ke bakery terdekat untuk mencicipi sepotong croissant bersama kopi panas. Bentar dulu. INI KENAPA JADI NGEBAHAS MAKANAN?

13 Mar 2015

Giveaway Maret 2015

-CLOSED-

Setelah melakukan pengundian, yang menjadi pemenang adalah...
Fauziyyah Arimi dan Rizqa Nurul Hidayanti
Kepada pemenang silakan mengirim data diri berupa alamat lengkap dan nomor telepon/hp ke alamat email: rubahungu at gmail dot com dengan subjek: "Pemenang Giveaway Maret 2015"

Selamat kepada para pemenang! :)

Terima kasih atas partisipasi teman-teman semua. Masukan dan sarannya sangat berarti. Maaf belum bisa membalas komen satu persatu, terutama curhatanya Mbak Dewi tentang si abang yang suaranya mirip orang kejepit pintu itu. Hehe.

Beberapa pertanyaan di komen akan saya coba jawab nanti ya. Trims semuanya. *tebar-tebar konfeti*

image source here. edited by me.

Hai! Sudah bulan Maret nih. Gimana bulan Maret kalian? Ada kejadian seru nggak? Abang dong, bulan ini ngalamin kejadian apes banget. Kemarin kejadiannya. Jidat ini kejedot sampe bedarah coba. Di tempat umum pula kejadiannya. Sakitnya sih nggak seberapa, tapi malunya itu. TKP-nya deket kampus. Banyak mahasiswi imut-imut, juga banyak mas-mas tukang ojek dan bentor. Abang jadi pusat perhatian, tapi perhatiannya tertuju ke jidat abang yang benjol. Seandainya abang punya kekuatan earth bending, mungkin abang bakalan masuk ke tanah dan nggak keluar-keluar sampe magrib. Oh ya, jidat abang kejedot apa? Itu... rahasia ya. Hehehe.

Sekian curhat abang. Saatnya ngebahas giveaway.

9 Mar 2015

Unbelievable - Winna Efendi

Judul: Unbelievable
Seri: Glam Girls #3
Penulis: Winna Efendi
Penerbit: GagasMedia
Cetakan: II, 2010
Tebal: vi + 262 hlm
ISBN13: 9789797803797

Sinopsis:
GLAM GIRLS. YOU WILL LOVE US—WE PROMISE.

In the world of popularity, being perfect is everything. Kamu adalah pusat perhatian, jadi pastikan kamu memang layak mendapatkannya.

Kamu juga harus mengerti, tujuan tampil sempurna adalah demi dibenci. Di dunia kami, dibenci dan dicemburui adalah sebuah pujian. So true, Dahling! Orang-orang seperti tak bosan bergosip tentang Paris Hilton, tetapi apa yang dia dapat di kemudian hari? Kontrak reality show sendiri dan signature perfume yang dijual di seluruh dunia.

Cantik itu wajib hukumnya dan kesempurnaan adalah segalanya. Pastikan kau selalu tampil memesona dan bungkam mereka dengan senyuman terbaikmu. Satu kesalahan kecil saja—voila!—bibir-bibir ber-lipgloss itu pasti ramai menghabisimu...

Akhirnya, tiba juga di review buku terakhir Glam Girls: Rashi and the Clique di sekolah glamor bernama Voltaire International School (VIS). Unbelievable mengambil sudut pandang Shinna Maessa Wijaya. Kurang familiar dengan nama tersebut? Itu adalah nama asli Maybella, si blasteran, tangan kanan Rashi di clique. Sekadar info, May adalah seorang model. Di usia sangat belia, yaitu lima belas tahun, ia telah menjadi spoke person Maybelline. Yang pertama dari Asia. Itu bukan prestasi kecil lho. Namun May meninggalkan karir model internasionalnya setelah memutuskan untuk ikut pindah bersama orang tua ke Indonesia. Dan, di sinilah ia sekarang, di Voltaire International School, sebagai salah satu cewek paling populer.

5 Mar 2015

Reputation - Tessa Intanya

Judul: Reputation
Seri: Glam Girls #2
Penulis: Tessa Intanya
Penerbit: GagasMedia
Cetakan: I, 2009
Tebal: x + 346 hlm
ISBN13: 9789797803209

Sinopsis:
GLAM GIRLS. YOU WILL LOVE US—WE PROMISE.

Kamu melihat kami berkilauan setiap hari. Tatanan rambut kami selalu sempurna, bahkan sejak bangun tidur. Kamu bilang, kami mengeja ‘Chanel’, ‘Fendi’, dan ‘Prada’ lebih cepat daripada ‘Geometri’. Menurutmu, kami cantik—dan diam-diam benci setengah mati karenanya. Kadang, kamu juga berharap kamulah yang dikerumuni cowok-cowok itu—bukan kami. Malamnya, dalam doa kamu bertanya, kenapa Tuhan bisa sebegitu nggak adilnya.

But, here’s the truth. Setiap pagi, kami ngabisin waktu lebih lama di depan cermin karena kami sadar, penampilan glamor nggak sesederhana Miley Cyrus make wig pirang dan, poof, jadilah Hannah Montana. Kami bisa juga kok mengeja ‘Geometri’—meskipun JARANG BANGET make kata itu dalam percakapan sehari-hari. Dan tentang cantik... well, itu anugerah. Kalo kamu benci kami karena sesuatu yang dibawa sejak lahir, apa akan adil kalo kami juga membencimu karena pintar? Dan tentang cowok-cowok itu, kamu nggak tahu kan kadang-kadang mereka bisa jadi sangat posesif dan menyusahkan.

Jadi gimana, masih berani bilang Tuhan itu nggak adil?

Kenalkan, Rashida Agashi Paradakso, atau akrab disapa Rashi. Si queen bee yang jutek, bossy, dan b*tchy—atau begitu anggapan mereka yang membencinya. Lagi pula, di Voltaire International School ini, siapa sih yang benar-benar bisa kita percaya? Orang-orang yang tulus mau berteman denganmu nyaris tidak ada. Setiap pujian dan kekaguman yang mereka tunjukkan kepadamu karena berpenampilan keren, di baliknya pasti ada bisik-bisik iri hati.

Itulah yang membuat Rashi sangat ketat dalam memilih teman. Baru-baru ini, Marion, si backstabber, telah ia depak jauh-jauh. Saat itulah Adrianna masuk dan menggantikan posisi Marion. Ad, meskipun agak geeky, tapi anaknya asyik dan mampu menyesuaikan diri dengan Rashi dan Maybella—teman Rashi yang satu lagi. Tapi kok, di saat Rashi membutuhkan kedua temannya untuk hang out demi menghilangkan rasa suntuknya dengan keadaan rumah, mereka pada ke mana ya? Akhirnya Rashi pergi dengan cowok berinisial M, sebagai teman, tentu.

4 Mar 2015

Glam Girls - Nina Ardianti

Judul: Glam Girls
Seri: Glam Girls #1
Penulis: Nina Ardianti
Penerbit: GagasMedia
Cetakan: I, 2008
Tebal: 339 hlm
ISBN13: 9789797802837

Sinopsis:
GLAM GIRLS. YOU WILL LOVE US—WE PROMISE.

Jadi pintar itu gampang—belajar aja yang rajin. Jadi cantik lebih gampang lagi. Dengan semua servis ala Nip/Tuck yang ada sekarang, apa aja mungkin. Kekayaan? Well, hanya karena lahir di keluarga kaya raya sampai tujuh turunan, bukan berarti kamu lantas punya potensi sebagai pusat perhatian. You can buy Gucci, but you can’t buy style.

Kami nggak pernah pelit kok ngasih tahu rahasianya jadi terkenal. Kamu nggak boleh dijengkal, apalagi jadi orang yang gampang ditebak. Kalau ada yang bersikap buruk ke kamu, jangan takut. Kamu juga punya hak penuh buat balik nge-bitchy-in dia. Kamu juga harus berani tampil beda. Sesekali, nggak ada salahnya tampil kontroversial. Yang nggak masuk akal biasanya susah dilupakan.

Ribet? Emang! Siapa juga sih yang bilang jadi populer itu gampang?

Adrianna ingin sekali melanjutkan pendidikannya di SMA Harapan Bangsa, bersama dua sahabat karibnya. Namun orang tuanya yang otoriter lebih menginginkan Ad bersekolah di Voltaire International School (VIS) Jakarta. Menurut Ad, SMA Harapan Bangsa sama bagusnya dengan VIS. Tapi Ad kalah berdebat. Maka keputusannya sudah jelas, Ad harus bersekolah di VIS. Sesuai namanya, VIS adalah SMA yang memiliki kurikulum pendidikan dengan standar internasional. Murid-murid yang bersekolah di sana, kalau nggak KAYA BANGET, ya PINTER BANGET. Orang tua Ad, dibilang kayak banget sebenarnya tidak juga. Jadi kemungkinan kedualah, yang membuat Ad bisa masuk ke sekolah tersebut. Ya, Ad memang dikaruniai otak cemerlang. Secara umum, murid-murid di VIS terdiri dari anak-anak orang kaya, anak-anak pejabat, anak-anak duta besar, dan anak-anak beasiswa (golongan yang terakhir ini sering dipandang sebelah mata di VIS).

Back to top