29 Apr 2015

Wishful Wednesday #24: Marry Now, Sorry Later by Christian Simamora

Marry Now, Sorry Later by Christian Simamora
Penerbit: Twigora, 2015
Tebal: -
Sinopsis:
"BERSEDIAKAH SAUDARA MENGASIHI DAN MENGHORMATI ISTRI SAUDARA SEPANJANG HIDUP?"

Sejak awal Jao Lee sudah tahu, Reina tak mencintainya. Namun, menikah dengan putri satu-satunya direktur Hardiansyah Electronics itu memberi ilusi cukup bahwa Jao memilikinya. Salah besar. Reina justru melakukan sesuatu yang tak pernah Jao duga selama ini: kabur sebelum acara resepsi dimulai.

"ADAKAH SAUDARI MERESMIKAN PERKAWINAN INI SUNGGUH DENGAN IKHLAS HATI?"


Setelah enam bulan bersembunyi, akhirnya Jao berhasil menemukan Reina. Seperti dugaannya, suaminya itu memaksanya pulang bersama ke Jakarta. Memangnya apa yang dia harapkan? Semacam membuka lembaran baru dan hidup bersama sebagai suami-istri sungguhan?

"SAYA BERJANJI SETIA KEPADANYA DALAM UNTUNG DAN MALANG, DAN SAYA MAU MENCINTAI DAN MENGHORMATINYA SEUMUR HIDUP."

Ini cerita cinta tentang dua orang yang tak saling cinta, tapi bertahan untuk tetap bersama. Sampai kapan mereka akan terus berusaha? Perlukah mereka jatuh cinta dulu supaya bisa bahagia?

Selamat jatuh cinta,


CHRISTIAN SIMAMORA

Ng... tak usah ditanya ya, kenapa saya pengen buku ini? It's Christian Simamora, bibeh! My auto buy author (ya... meski nggak langsung dibeli pas bukunya terbit juga sih. Paling nggak saya pasti belilah buku-bukunya). Uwh. Covernya...


Jadi, buku apa yang menjadi Wishful Wednesday-mu minggu ini?

Mau ikutan Wishful Wednesday untuk berbagi buku incaranmu? Simak caranya berikut ini:
  1. Silakan follow blog Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky. Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

28 Apr 2015

Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 - Pidi Baiq

Judul: Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990
Penulis: Pidi Baiq
Penerbit: DAR! Mizan
Cetakan: VIII, 2014
Tebal: 332 hlm
ISBN13: 9786027870413

Sinopsis:
"Milea, kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore. Tunggu aja." (Dilan 1990)

"Milea, jangan pernah bilang ke aku ada yang menyakitimu, nanti, besoknya, orang itu akan hilang." (Dilan 1990)

"Cinta sejati adalah kenyamanan, kepercayaan, dan dukungan. Kalau kamu tidak setuju, aku tidak peduli." (Milea 1990)

Buku ini adalah pemberian dari seorang sahabat yang huruf depan namanya sama dengan saya. Membuka halaman pertama, saya dibuat ngakak dengan catatan yang ditulisnya. Catatan itu berbunyi:

Kepada Adinda Opan
consider this book as
'how to attract  a girl for dummies'

Salam sukses,
Y****


Sungguh sebuah catatan yang ngajak berantem sekali. But it's okay lah. Yang penting niatnya baik, bukan ngejek *asah bambu runcing*. Kebetulan saya juga sudah lama kepingin punya buku ini dan akhirnya kesampaian juga. Thanks Y****. I really like this book! :)

26 Apr 2015

The Death Cure (The Maze Runer #3) - James Dashner

Judul: The Death Cure
Seri: The Maze Runner #3
Penulis: James Dashner
Penerjemah: Yunita Candra
Penerbit: Mizan Fantasi
Cetakan: I, Februari 2012
Tebal: 492 hlm
ISBN13: 9789794336786

Sinopsis:
Keadaan makin tak terkendali. Penculikan manusia kebal terjadi dimana-mana. WICKED menyebarkan foto Thomas sebagai buronan paling dicari dengan imbalan tinggi. Kejutan justru muncul di Denver, kota dengan pengamanan superketat terhadap penyebaran virus Flare. Seorang kawan lama muncul. Bagaimana mungkin? Bukankah dia sudah mati di tangan Thomas?

Siapakah otak di balik penculikan itu? Mengapa mereka menculik manusia kebal? Sementara itu, WICKED mempunyai rencana baru yang tak kalah gila dan Thomaslah satu-satunya orang yang bisa menggagalkannya. Sanggupkah Thomas kembali ke neraka itu demi menghancurkan rencana yang mengancam kelangsungan hidup umat manusia?

Perhatian: Review ini mungkin mengandung spoiler buku sebelumnya.

Di ending buku kedua, Thomas dan kawan-kawan berhasil mencapai Berg (pesawat canggih milik WICKED) setelah bertarung melawan monster-monster ciptaan organisasi tersebut. Kali ini WICKED benar-benar memenuhi janjinya untuk membawa para subjek ke tempat yang aman. Tak ada lagi tes, tak ada lagi percobaan-percobaan gila. Tapi benarkah demikian?

WICKED, melalui si Tikus Botak, berjanji akan mengembalikan ingatan semua anak yang menjadi subjek tes mereka. Namun mengingat hal-hal buruk yang telah Thomas alami gara-gara WICKED, anak itu memutuskan untuk menolak ingatannya dikembalikan. Dari semua subjek, hanya Thomas, Minho, dan Newt yang menolaknya. Hal ini membuat si Tikus Botak murka dan tetap memaksa untuk mengembalikan ingatan mereka. Thomas dan kedua sahabatnya mencoba melawan namun gagal total.

22 Apr 2015

Wishful Wednesday #23: Shatter Me Trilogy by Tahereh Mafi

Selamat hari Rabu. :)

Buku yang menjadi incaran saya kali ini adalah trilogi Shatter Me karya Tahereh Mafi. Buku pertamanya terbit pertama kali di Indonesia tahun 2012, disusul buku kedua pada tahun 2014. Buku ketiga akhirnya terbit bulan Februari lalu. Kini setelah bukunya komplit, saya tentu tak sabar ingin segera menimbunmengoleksinya. Saya sangat penasaran dengan buku ini.

Shatter Me trilogy berkisah tentang seorang gadis bernama Juliette yang memiliki sentuhan maut. Yep, bener-bener maut, sebab siapapun yang disentuhnya akan meninggal. Cukup mengerikan memang. Saya sendiri nggak tahu apakah seluruh permukaan kulitnya akan membuat orang lain mati bila bersetuhan dengannya, atau hanya di area tangan saja? Kalau benar seluruh permukaan kulitnya berbahaya, maka seumur hidup si Juliette nggak akan bisa cipokan sama cowok manapun (kecuali sama tembok #salahfokus). Karena berbahaya, negara memutuskan untuk mengurung Juliette agar tidak berinteraksi dengan manusia normal. Namun ternyata mereka punya agenda lain, yaitu menjadikan gadis itu sebagai sebuah senjata.

Wah, saya benar-benar perlu membaca buku ini!

Protes dikit. Yang bikin saya gatel itu covernya. Saya nggak santai soal cover buku berseri yang nggak seragam. Buku satu, cover cewek. Buku dua, masih cewek (meski mukanya beda). Buku tiga, eh kok jadi mata? Ceweknya manna?

Why, Mizan Fantasi? WHY??? #garukaspal

Yah, terlepas soal cover yang bikin nggak santai (tapi cover buku tiga keren banget kok, cuma ya... nggak seragam aja), saya tetap ingin membaca seri ini. :')


Jadi, buku apa yang menjadi Wishful Wednesday-mu minggu ini?

Mau ikutan Wishful Wednesday untuk berbagi buku incaranmu? Simak caranya berikut ini:
  1. Silakan follow blog Books To Share atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky. Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

21 Apr 2015

The Scorch Trials (The Maze Runer #2) - James Dashner

JuduL: The Scorch Trials
Seri: The Maze Runner #2
Penulis: James Dashner
Penerjemah: Meidyana Arrisandi
Penerbit: Mizan Fantasi
Cetakan: I, Januari 2012
Tebal: 511 hlm
ISBN13: 9789794336571
Sinopsis:
Selama ini Thomas keliru. Ada dua Maze. Namun, berkebalikan dengan Maze yang dihuninya, Maze lain didiami oleh sekelompok anak perempuan, yang dikenal sebagai Grup B. Bahkan, Teresa yang disangkanya hilang, ternyata justru bergabung di sana. Kini Grup B menantinya dengan tugas khusus: membunuh Thomas! Namun, bukan kematian yang membuatnya jerih, melainkan pengkhianatan Teresa, gadis yang diam-diam dicintainya.

Sementara itu, jumlah para Glader berangsur berkurang. Keadaan di luar Maze lebih mengerikan dari yang mereka duga. Bola baja yang muncul tiba-tiba dari kegelapan, badai gurun pasir yang merajam habis hingga ke tulang, hingga gerombolan Crank haus darah, semakin menciutkan hati mereka. Namun, mereka terus melangkah maju, demi menemukan jawaban dari misteri selama ini, demi menemukan jalan pulang menuju rumah dan keluarga.

Semua kesulitan dan kengerian di Maze, barulah awal dari serangkaian proses kejam dan mendebarkan. Berlanjut di Scorch, percobaan baru mengadang mereka. Untuk bisa lolos, kali ini mereka tak boleh sekadar bermodal nekat. Diperlukan kecerdikan dan ketajaman insting karena musuh-musuh mereka tersembunyi rapat di balik dinding ilusi.

Perhatian: Review ini mungkin mengandung spoiler buku sebelumnya.

Setelah melewati berbagai kesulitan dan banyak kematian—termasuk kematian salah satu teman yang sangat Thomas sayangi—para Glader akhirnya berhasil keluar dari Maze. Mereka diselamatkan oleh pihak asing yang sepertinya menentang WICKED. Thomas mengira segalanya akan baik-baik saja setelah mereka tiba di semacam tempat perlindungan. Namun Thomas keliru. Itu baru awal dari tes kedua yang ternyata sudah diatur dengan rapi oleh WICKED. Para penolong mereka ditemukan tewas keesokan paginya dengan posisi tubuh digantung. Apa yang telah dilakukan WICKED terhadap orang-orang ini?

19 Apr 2015

Wrap Up: Around the Genres in 30 Days


Baru ingat harus bikin postingan penutup rangkaian event Around the Genres in 30 Days dalam rangka ulang tahun Bebi yang ke-4. Seharusnya tanggal 17 kemarin saya bikin postingnya, tapi berhubung kemarin itu *insert macem-macem alesan here* jadinya baru bisa posting malam ini. Secara keseluruhan, event ini membawa manfaat yang positif, tak hanya bagi sesama member BBI tapi, tapi juga bagi non-member. Melalui event ini, saya pribadi mendapat tambahan wawasan seputar subgenre bacaan fiksi, terutama genre science-fiction dan fantasi.

15 Apr 2015

Pengumuman Pemenang Giveaway Science Fiction / Fantasy

Selamat pagi, selamat hari Rabu.

Hari ini adalah pengumuman pemenang giveaway dari kelompok Science Fiction / Fantasy (SFF) dalam rangka HUT BBI yang ke-4. Terima kasih atas partisipasinya, mulai dari para host hingga para peserta giveaway. :)

Langsung saja ya.

Pemenang Grand Prize Giveaway Kelompok:
Pemenang 1: Ariansyah
Pemenang 2: Dwi Setianto
Pemenang 3: Amanda Sheila
Pemenang 4: Priskila Indah Sekar
Congrats! Para pemenang akan dihubungi oleh saudara Raafi.

Pemenang Giveaway Kandang Baca:
Kurnia Esti Hapsari
Pemenang di blog Kandang Baca agar mengirimkan data diri berupa alamat lengkap dan nomor HP ke email rubahungu at gmail dot com. 

Sekali lagi selamat buat para pemenang.
Sampai jumpa di giveaway berikutnya. :)

13 Apr 2015

Dear Bebi

Dear Bebi,

Hari ini kamu menapaki usia yang keempat. Itu berarti aku telah bersama denganmu selama... uhm, tiga tahun? Tak terasa, ya? Selama tiga tahun ini, kamu telah menjadi keseharianku. Banyak hal yang telah aku lalui bersamamu, Beb.

Kamu adalah teman membaca, teman mereview, teman berbagi keluh kesah. Kamu mengerti aku dan kegemaranku pada (menimbun) buku. Kamu selalu ada saat aku butuh tempat meracau soal buku—juga hal-hal lain yang sama sekali tak berhubungan dengan buku. :)

Kamu adalah guru yang mengajariku banyak hal, Beb. Review, desain, blogging, pop culture, dunia tulis-menulis, penerbitan, proses penerjemahan, hingga kode-kode html yang dulunya mati-matian aku hindari. Hehe. Lihat Beb, berkat kamu, aku jadi tidak terlalu ketinggalan zaman.

Namun di atas semuanya, kamu mengajarkanku tentang pentingnya menghargai perbedaan dan bagaimana bersikap toleran.

Berkat kamu, Beb, aku jadi punya keluarga besar dari berbagai belahan bumi Indonesia, sekalipun aku belum pernah bertatap muka dengan satupun dari mereka. But still, mereka ada dan nyata, senyata mentari yang menyinari bumi ini (eaaaah).

Jika aku disuruh menulis daftar hal-hal yang aku syukuri dalam hidup, maka aku akan memastikan bahwa kamu, Beb, ada di dalam daftar tersebut.

Selamat ulang tahun, Bebi sayang.

Dan terima kasih. Berjuta terima kasih.


Peluk cium dari jauh,

-KangO-

12 Apr 2015

The Maze Runner (The Maze Runer #1) - James Dashner

Judul: The Maze Runer
Seri: The Maze Runner #1
Penulis: James Dashner
Penerjemah: Yunita Candra
Penerbit: Mizan Fantasi
Cetakan: I, November 2011
Tebal: 532 hlm
ISBN13: 9789794336557

Sinopsis:
Setiap hari mereka harus berlari. Menyusuri lorong Maze yang berkelok-kelok di luar dinding Glade, tempat mereka tinggal, hingga senja tiba. Dan, ketika kegelapan turun, para pelari harus sudah ada di dalam glade. Ya, pada saat itulah Griever, monster buas dan ganas, tak segan menerkam siapa saja yang masih berkeliaran di dalam Maze.

Mereka bukan sekadar berlari. Itu cara mereka bertahan hidup. Dengan berlari mereka berharap menemukan jalan keluar dari tempat terkutuk itu. Keluar untuk kembali pulang menjumpai keluarga mereka. Namun, lintasan Maze selalu berubah-ubah dari hari ke hari. Rasanya, mustahil bisa keluar dari tempat itu.

Suatu hari pintu batu pelindung mereka tak lagi turun menutup. Griever-griever itu bisa menyeruduk masuk kapan saja. Setiap hari, satu anak dibawa pergi dan lenyap. Satu-satunya jalan adalah bergegas keluar dari tempat itu. Namun, mereka harus melewati Maze yang membingungkan dengan sejumlah monster mengerikan di sana. Beranikah para pelari lari keluar dengan nyawa sebagai taruhannnya? Atau, akankah justru lebih baik tetap berada di dalam menanti pencabut nyawa sambil berharap mukjizat datang tiba-tiba?

Thomas, 16 tahun, panik saat mendapati dirinya berada di tempat yang sama sekali asing. Ingatannya telah dihapus, satu-satunya yang diingatnya hanyalah namanya sendiri. Tempat asing itu disebut Glade dan para penghuni di dalamnya menyebut diri mereka Glader. Glade dihuni oleh sekitar 60-an anak laki-laki seusia Thomas. Sama seperti Thomas, ingatan mereka juga telah dihapus oleh siapapun di luar sana yang mengirim mereka ke tempat itu. Para Glader tidak tahu siapa yang melakukan ini terhadap mereka atau apa tujuannya. Yang mereka tahu, ialah bahwa mereka harus bertahan hidup.

4 Apr 2015

Enter The Magical Realm: Underrated Fantasy (+Giveaway)


Postingan kali ini masih berhubungan dengan event Around the Genres in 30 Days. Hari ini, sesuai dengan jadwal kelompok Science-Fiction / Fantasy (SFF), adalah giliran saya yang akan membahas novel sci-fi/fantasy underrated. Underrated di sini maksudnya novel tersebut sebenarnya bagus, namun karena berbagai faktor, akhirnya kurang dikenal oleh pembaca. Bisa jadi karena kurang promosi, atau karena diterbitkan oleh bukan penerbit besar sehingga kurang menarik minat (calon) pembaca.

Namun setelah saya mengecek rak buku pribadi di goodreads, ternyata nggak banyak buku fantasy underrated yang sudah saya baca. Rupanya saya ini pembaca beraliran mainstream yang lebih memilih untuk cari aman. Saya cenderung membaca novel-novel yang memang sudah terkenal di kalangan pembaca. Alhasil, dari beberapa novel fantasy yang sudah saya baca, hanya ada satu judul yang bisa digolongkan sebagai novel underrated. Lumayan lah, saya jadi punya bahan postingan meski bukunya cuma sebiji. T.T *ambil tisu*

1 Apr 2015

Enter The Magical Realm: High Fantasy (+Giveaway)

http://www.kandangbaca.com/2015/04/enter-magical-realm-high-fantasy.html

High Fantasy (atau dikenal juga dengan sebutan Epic Fantasy), merupakan salah satu subgenre fantasy yang belakangan ini marak dibicarakan. Adalah novel A Game of Thrones karya George R.R. Martin, yang disebut-sebut turut andil dalam mempopulerkan istilah high fantasy di kalangan pembaca, walau sebenarnya ada banyak judul buku high fantasy yang sudah terkenal jauh sebelum GOT, dan saya yakin beberapa di antaranya sudah kamu baca. Sebut saja The Lord of The Rings, The Hobbit, dan The Chronicles of Narnia.


Back to top