31 Agt 2015

BlogTour: Segenggam Daun di Tepi La Seine

Paris, Prancis. Kota yang konon paling romantis di dunia ini telah menginspirasi banyak pengarang kita untuk menulis cerita cinta. Bahkan saat ini, kalau kamu jalan-jalan ke toko buku, kamu pasti bakal menemui banyak novel lokal dengan gambar menara Eiffel di sampulnya, yang mengindikasikan bahwa novel tersebut mengambil setting kota Paris. Segenggam Daun di Tepi La Seine karya Wuwun Wiati adalah salah satunya. Namun, apa yang membedakan novel ini dengan novel-novel sejenis? Penasaran? Nantikan review dan giveaway-nya di blog ini. ;)

Berikut ini adalah jadwal lengkap Blogtour dan Giveaway Segenggam Daun di Tepi La Seine. Masih ada Mas Dion, saya, Dhyn, dan Nana. Penyuka romance hayuk ikutan!


28 Agt 2015

Giveaway Agustus 2015

-DITUTUP-

Selamat kepada:

Aya Murning (@murniaya)

Pemenang harap mengirimkan email ke rubahungu@gmail.com dengan subjek: Pemenang GA Agustus 2015, dan isi email:
1. Nama, alamat pengiriman, nomor telp/hp
2. Judul buku pilihan plus link toko buku yang menjual buku tersebut. Harga maksimal 100rb.

Sekali lagi selamat ya buat pemenang. Yang belum menang, nantikan giveaway berikutnya di blog ini. ^^

///

image source here. edited by me.

Halooooo!!! *datang sambil salto*

Apa kabar semuanya? Semoga baik-baik saja yah. Sebelumnya mohon maaf karena lama nggak update. *silakan tampar akuh* Eh guys, tujuh belasan kemarin ada yang ikutan upacara nggak? Atau malah ada yang ikutan panjat pinang? Kemarin itu Pak Bos nyuruh saya ikutan panjat pinang loh. Sarap emang. Kira-kira obrolannya seperti ini:

"Pan, kamu nggak ikutan panjat pinang?"

"Eh? Saya ikut panjat pinang? Kayak nggak ada kerjaan aja, Pak." <--- pegawai kurang ajar

"Ah, kamu. Ikut aja. Siapa tahu hadiahnya calon istri." *kemudian dese ngakak Luficer*

Sementara saya cuma bisa ngokang senapan dalam hati.

Seperti itulah, Sodara-sodara.

Baiklah, cukup curcolnya. Saatnya untuk giveaway bulan Agustus!

Giveaway ini berlangsung singkat aja, cuma sampai tanggal 31 Agustus. Jadi pastikan kamu ikutan ya. Hadiahnya, bagi 1 (satu) orang pemenang akan mendapatkan buku pilihan sendiri senilai maksimal Rp. 100ribu. Ongkos kirim saya yang tanggung. :)

Caranya mudah saja:
1. Follow blog ini via Google Friend Connect (cek sidebar di kanan-bawah)
2. Follow akun twitter @vaan_11
3. Like Facebook Kandang Baca (https://www.facebook.com/kandangbaca)
4. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar: "Bagi dong uneg-uneg kamu sebagai warga negara Indonesia? Apa aja, curhat juga boleh. Lalu apa harapanmu untuk bangsa ini dalam waktu dekat?" <--- ceritanya ngajak curcol berjamaah. :D
Tulis jawabanmu dengan format sebagai berikut:
Nama:
Alamat email:
Akun twitter:
Jawaban:

Pemenang akan saya pilih dengan jawaban paling menarik menurut saya (jadi, ini sifatnya subjektif ya.)

Giveaway berlangsung mulai hari ini sampai dengan tanggal 31 Agustus pukul 24.00 dan pemenang akan diumumkan pada minggu pertama bulan September 2015. Keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat. :)

Akhir kata, selamat mengikuti giveaway.

MERDEKA!!!

15 Agt 2015

Marry Now, Sorry Later - Christian Simamora

Judul: Marry Now, Sorry Later
Penulis: Christian Simamora
Penerbit: Twigora
Cetakan: I, 2015
Tebal: x + 438 hlm.
ISBN: 9786027036222

Sinopsis:
"BERSEDIAKAH SAUDARA MENGASIHI DAN MENGHORMATI ISTRI SAUDARA SEPANJANG HIDUP?"

Sejak awal Jao Lee sudah tahu, Reina tak mencintainya. Namun, menikah dengan putri satu-satunya direktur Hardiansyah Electronics itu memberi ilusi cukup bahwa Jao memilikinya. Salah besar. Reina justru melakukan sesuatu yang tak pernah Jao duga selama ini: kabur sebelum acara resepsi dimulai.

"ADAKAH SAUDARI MERESMIKAN PERKAWINAN INI SUNGGUH DENGAN IKHLAS HATI?"

Setelah enam bulan bersembunyi, akhirnya Jao berhasil menemukan Reina. Seperti dugaannya, suaminya itu memaksanya pulang bersama ke Jakarta. Memangnya apa yang dia harapkan? Semacam membuka lembaran baru dan hidup bersama sebagai suami-istri sungguhan?

"SAYA BERJANJI SETIA KEPADANYA DALAM UNTUNG DAN MALANG, DAN SAYA MAU MENCINTAI DAN MENGHORMATINYA SEUMUR HIDUP."

Ini cerita cinta tentang dua orang yang tak saling cinta, tapi bertahan untuk tetap bersama. Sampai kapan mereka akan terus berusaha? Perlukah mereka jatuh cinta dulu supaya bisa bahagia?


Selamat jatuh cinta,

CHRISTIAN SIMAMORA

Setelah sekian lama menjadi pembaca setia novel-novel Christian Simamora, saya cukup excited ketika mendengar kabar kalau novelnya terbarunya ini bakal bercerita tentang pasangan yang telah menikah. Ini adalah sesuatu yang baru bagi penulis sehingga saya pun dibuat penasaran. Gimana sih, cerita romance pernikahan ala Christian Simamora?

13 Agt 2015

Wishful Wednesday #27: The Unofficial Book of Daehan Minguk Manse

Selamat datang di Wishful Wednesday yang telat posting sehari ini. (Lah, bukan Wishful Wednesday dong namanya. Hehe.)

Buku yang saya idam-idamkan saat ini adalah The Unofficial Book of Daehan Minguk Manse yang diterbitkan oleh Fantasious. Kalau kamu pengikut setia variety show Korea yang berjudul The Return of Superman (juga dikenal dengan judul Superman is Back), kamu pasti sudah familiar dengan bocah kembar tiga ini. Bahkan teman-teman saya yang nggak menonton acara tersebut pun cukup mengenal mereka karena wajah mereka yang wara-wiri di dunia maya, khususnya di Instagram.

Siapakah Daehan, Minguk, dan Manse? Seperti yang saya sebutkan di atas, mereka adalah kembar tiga asal Korea yang populer sejak membintangi acara The Return of Superman yang ditayangkan oleh KBS. Ayah mereka bernama Song Il Gook adalah seorang aktor, sedangkan sang ibu menjabat sebagai hakim. The Return of Superman sendiri adalah sebuah variety show di mana setiap episodenya menayangkan bagaimana kesibukan para ayah (selebritas) yang mengasuh anak-anak mereka tanpa ditemani sang istri selama 48 jam. Sangat seru menyaksikan kerepotan para ayah, bagaimana cara mereka berinteraksi dengan sang anak, dan tentu saja yang paling mengasyikkan ialah menyaksikan kelucuan tingkah sang anak yang terkadang bandel dan rewel, tapi juga imut minta ampun.


Saya sudah jatuh hati pada Daehan Minguk Manse sejak kemunculan mereka menggantikan posisi Haru (hiks, I miss her...). Maka dari itu saya ingin memiliki buku unofficial ini. Sebenarnya saya sudah melakukan PO dan tinggal menanti bukunya mendarat di tangan saya. Nggak sabar rasanya.

Sejujurnya, saya nggak hanya jatuh hati pada Daehan Minguk Manse, tapi seluruh bocah yang membintangi The Return of Superman (great, sekarang saya terdengar kayak pedofil). Saking cintanya sama acara ini, saya sering membahasnya bersama dengan teman-teman BBI yang kebetulan menyukai acara-acara Korea di WhatsApp. Uhuk. Saya mengoleksi file video acara ini sejak episode pertama loh. Biasalah donlot dari yutub, huehehehe. *sombong* Hingga postingan ini dibuat, saya sudah mengoleksi sebanyak 89 episode. Wow, nggak nyangka juga sudah sebanyak itu episodenya. Nah, bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang acara variety show The Return of Superman, silakan tonton di sini. *promosi*

11 Agt 2015

Heart Block - Okke Sepatumerah

Judul: Heart Block
Penulis: Okke Sepatumerah
Penerbit: GagasMedia
Cetakan: III, 2010
Tebal: 316 hlm.
ISBN: 9789797803858

Sinopsis:
Cara terbaik untuk jatuh cinta adalah mencintai seolah-olah kau belum pernah terluka sebelumnya.

Senja adalah penulis sukses yang sedang berada di puncak karier. Publisitas dan ketenaran sudah di tangan, namun bahagia tak kunjung ia rasakan. Senja merasa dunia di sekitarnya menuntut terlalu banyak, menilainya dan mengomentari kekurangan serta kealpaan, seolah-olah kebahagiaan mereka terletak di kejatuhan Senja.

Tak hanya itu, dia juga menemui ketakutan terbesar: kreativitas buntu. Deadline yang kiat dekat semakin memperparah situasi. Senja pun mengambil jalan pintas yang paling gampang saat ini: menyepi dan berusaha menyelesaikan naskah. Hanya itu yang terpikir di dalam benak Senja... sampai dia bertemu seorang pelukis bernama Genta.

Genta.
Sosok yang tak pernah Senja sadari ternyata bentuk dari sesungguhnya cinta yang selama ini dia cari.

Sejak mendapat pengharagaan sebagai penulis muda berbakat di Tanah Air, nama Senja Hadiningrat melejit. Ia pun diberi kesempatan untuk memperdalam kemampuan menulisnya bersama beberapa penulis muda lain melalui program kegiatan pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh sebuah penerbit besar. Namun novel yang ditulis Senja dinilai tak cukup layak untuk diterbitkan. Novel barunya itu dianggap jelek bila dibandingkan dengan Omnibus, karya yang mengantarnya menuju panggung penghargaan.

Oleh Tasya, kakak beda ayah-beda ibunya, Senja disarankan untuk menerima tawaran dari penerbit lain yang bekerja sama dengan sebuah merk fashion sepatu perempuan. Singkatnya, Senja harus menulis novel urban yang mengandung unsur promosi produk sepatu tersebut. Karya Senja itu pun meledak di pasaran. Banyak kaum muda khususnya perempuan yang menyukai novel tersebut. Seiring dengan melejitnya karir Senja sebagai penulis, kesibukannya pun bertambah. Ia wajib mengikuti kegiatan ini-itu yang berhubungan dengan promosi, mulai dari kegiatan book signing, talk show, hingga road show di berbagai kota, yang ternyata cukup melelahkan. Dengan kesibukan yang begitu padat, waktu untuk menulis pun berkurang. Selain itu, Tasya yang kini bertindak sebagai manajer dengan seenaknya menerima berbagai macam tawaran job untuk Senja, misalnya menulis artikel untuk majalah atau menulis novel adaptasi dari film. Semua itu membuat Senja lelah dan ujung-ujungnya mengalami hal yang paling ditakutkan oleh semua penulis: writer’s block.

9 Agt 2015

4 Musim Cinta - Mandewi, Abd. Gafur, Pringadi Abdi, Puguh Hermawan

Judul: 4 Musim Cinta
Penulis: Abd. Gafur, Mandewi, Puguh Hermawan, Pringadi Abdi
Penerbit: Exchange
Cetakan: I, April 2015
Tebal: 336 hlm.
ISBN: 9786027202429

Sinopsis:
Apa kau percaya jika satu hati hanya diciptakan untuk satu cinta? Barangkali beruntung orang-orang yang bisa jatuh cinta beberapa kali dalam hidupnya. Tetapi aku yakin, lebih beruntung mereka yang sanggup menghabiskan hidupnya dengan satu orang yang dicintai dan mencintainya.

4 Musim Cinta adalah sebuah novel yang bertutur tentang lika-liku kehidupan cinta empat birokrat muda: satu wanita, tiga pria. Gayatri, wanita Bali yang merasa berbeda dengan wanita-wanita pada umumnya. Gafur, pria Makassar yang menjalin kasih dengan seorang barista asal Sunda yang enggan menikah. Pring, pria Palembang yang nikah muda tetapi harus terpisah jauh dari istrinya karena tugas negara. Arga, pria Jawa yang selalu gagal menjalin hubungan dengan wanita. Mereka bertemu dan saling berbagi rahasia. Tak disangka, setiap rahasia kemudian menjadi benih-benih rindu yang terlarang. Persahabatan, cinta, dan kesetiaan pun dipertaruhkan.

Saya tak pernah menduga kegiatan pelatihan menulis kreatif yang diadakan oleh Direktorat tempat saya mengais rezeki di kemudian hari akan menghasilkan output yang menarik kayak… yah, novel 4 Musim Cinta ini. Kebetulan saya mengenal keempat penulisnya, meskipun hanya dua di antara mereka yang saya kenal baik sebab seangkatan dengan saya semasa kuliah dulu. Untuk Pring, saya telah membaca dua buku kumpulan cerpennya dan saya berani bilang kalau Pring adalah penulis yang hebat dalam mengolah kata dan kisah (not to mention kemampuan Pring dalam menulis—dan, tentu saja, membacakan—puisi-puisnya yang mengesankan). Sementara Puguh, well, saya tak pernah mengenal beliau sebelumnya, hanya berteman di Facebook dan sesekali berinteraksi melalui komen di wall atau status. Namun demikian, saya dapat menangkap aura ceria dari Mas Puguh ini *wink*. Nah, melihat latar belakang profesi utama para penulis yang berkutat di dunia birokrasi yang menuntut dedikasi tinggi, saya tentu penasaran dengan karya kolaborasi ini, terutama setelah mendengar bahwa novel ini juga mengangkat keresahan para pekerja di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Mari kita bahas.

5 Agt 2015

Opini Bareng BBI: Sidekick Characters

image source here, edited by me.

Bicara soal sidekick character (tokoh pendamping), dulunya saya beranggapan bahwa istilah tersebut hanya berlaku dalam film superhero atau video game. Dalam dunia superhero saya mengenali beberapa tokoh sidekick yang memang sangat tersohor, misalnya Robin sebagai tokoh pendamping Batman dan Harley Quinn sebagai tokoh pendamping Joker. Kalau di video game ada Luigi sebagai tokoh pendamping Mario, Tail sebagai tokoh pendamping Sonic, dan sebagainya.

Ternyata istilah sidekick tidak hanya berlaku dalam dunia superhero atau video game, tapi juga berlaku dalam dunia literasi, serta tidak selamanya harus berkisah tentang superhero. Peran sidekick character baik dalam film, komik, video game, maupun dalam novel secara umum sama saja, yaitu membantu tokoh utama mencapai tujuannya. Biasanya, meski tidak selalu, tokoh-tokoh sidekick adalah sahabat dekat sang tokoh utama itu sendiri.

4 Agt 2015

Lima Sekawan #1: Di Pulau Harta - Enid Blyton

Judul: Lima Sekawan: Di Pulau Harta
Seri: Lima Sekawan #1
Penulis: Enid Blyton
Penerjemah: Agus Setiadi
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: XVII, Agustus 2007
Tebal: 240 hlm
ISBN13: 9789796055890

Sinopsis:
Petualangan PERTAMA mereka yang seru dan mengasyikkan!

Ada bangkai kapal tua yang muncul di Pulai Kirrin! Tapi di manakah gerangan harta karunnya? Lima Sekawan mengikuti semua petunjuk yang ada—tapi ternyata mereka tidak sendirian! Ada orang lain yang ikut memburu harta karun…

Lima Sekawan adalah Julian, Dick, George, Anne, dan—tentu saja—Timmy! Ke mana pun mereka pergi pasti ada petualangan yang seru dan mengasyikkan! Bagaimana mereka memecahkan misteri kali ini?

Biasanya ketiga kakak-beradik Julian Dick dan Anne selalu liburan bersama dengan kedua orang tua mereka. Tapi kali ini ibu dan ayah memutuskan untuk—uhuk—liburan berdua saja ke Skotlandia, sementara anak-anak akan berlibur ke tempat Paman Quentin di Pondok Kirrin. Singkat cerita, Julian, Dick, dan Anne pun dititipkan ke Pondok Kirrin. #poorJulianDickAnne

Pondok Kirrin ternyata adalah nama yang mengecoh, sebab tempat tersebut sebenarnya adalah sebuah rumah besar. Paman Quentin adalah pria pemarah yang menghabiskan waktunya mengurung diri di kamar untuk bekerja, sementara Bibi Fanny adalah wanita yang sangat menyenangkan. Mereka memiliki seorang anak perempuan bernama Georgina. Saat pertama kali bertemu dengan Georgina, Julian-Dick-Anne merasa bahwa sepupu mereka tersebut aneh. Georgina tidak ingin dianggap sebagai anak perempuan, ia ingin diperlakukan seperti anak laki-laki. Ia bahkan menolak dipanggil dengan nama aslinya, dan hanya menoleh apabila dipanggil George (uww, macho!). Awalnya George bersikap tidak bersahabat kepada para sepupunya, namun berkat kesabaran Julian, George akhirnya melunak dan bahkan akrab terhadap ketiganya. Kepada para sepupunya, George memberi tahu bahwa ia diam-diam memelihara seekor anjing yang ia namai Tim.

3 Agt 2015

Pengumuman Pemenang Giveaway Juli 2015


Selamat malam, semuanya. Saatnya pengumuman pemenang Giveaway Juli 2015! Lumayan banyak juga yang ngikutin giveaway tersebut. Terima kasih atas partisipasinya. :)

Setelah mengundi secara online melalui random.org, pemenang jatuh kepada...

Windy Agustin Alicia Putri


Selamat, ya! Kepada pemenang harap mengirimkan data berupa alamat lengkap dan nomor hp ke email rubahungu(at)gmail(dot)com.

Kepada yang belum beruntung, masih ada kesempatan di giveaway selanjutnya di blog ini. Ditunggu ya. ^^
Back to top