30 Apr 2016

Matilda - Roald Dahl

Judul: Matilda
Penulis: Roald Dahl
Penerjemah: Agus Setiadi
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: VII, Agustus 2010
Tebal: 264 hlm
ISBN13: 9789795111672

Sinopsis:
Matilda sangat jenius, selain juga amat perasa. Sebelum berusia lima tahun, dia sudah membaca karya-karya pengarang besar. Tapi orang tuanya menganggap ia hanya seperti ketombe yang menjengkelkan. Matilda memutuskan untuk mengurus dirinya sendiri. Ketika "diserang" Miss Trunchbull, kepala sekolahnya yang amat sangat kejam, dia baru sadar ternyata dirinya punya kekuatan supernatural. Lalu Matilda memakai kekuatan istimewanya itu untuk menyelamatkan sekolahnya, terutama guru kesayangannya, Miss Honey.

Matilda Wormwood adalah gadis cilik yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata anak seusianya. Sayang, dirinya tinggal di keluarga yang salah. Bagi Mr dan Mrs Wormwood, anak kedua mereka tersebut sering dianggap sebagai ketombe (duh, maaf, saya ngakak). Matilda kerap dibentak saat hendak mengemukakan pendapat. Memang, orang tuanya lebih menyayangi kakak laki-lakinya. Namun Matilda kecil yang bahkan belum berusia lima tahun tak lantas menjadi pemurung. Ia adalah anak yang mandiri. Ketika ditinggal sendiri di rumah (ayahnya bekerja, kakaknya bersekolah, sedangkan ibunya pergi bermain bingo—semacam permainan lotere—di kota sebelah), Matilda memutuskan untuk ke perpustakaan dan menghabiskan waktu selama dua jam di sana. Ia membaca berbagai jenis buku, mulai dari buku anak-anak, hingga buku-buku klasik kelas berat karya penulis besar seperti Charles Dickens, Ernest Hemingway, Jane Austen, George Orwell, dan kawan-kawan.

19 Apr 2016

Tiger on My Bed - Christian Simamora

Judul: Tiger on My Bed
Seri: #VimanaSingles 1
Penulis: Christian Simamora
Penerbit: Twigora
Cetakan: I, Desember 2015
Tebal: 408 hlm.

Sinopsis:
“UNTUK MENARIK PERHATIAN LAWAN JENISNYA,
HARIMAU BETINA BISA MERAUNG SAMPAI 69 KALI SELAMA 15 MENIT.”

Jai harus mengakui, Talita Koum Vimana membuatnya sangat penasaran. Dia duduk di pangkuan Jai, membuai dengan suara tawanya, dan bahkan tanpa ragu mengkritik kemampuannya merayu lawan jenis. Hebatnya lagi, semuanya terjadi bahkan sebelum Jai resmi berkenalan dengan Tal.

“SELAYAKNYA TARIAN, HARIMAU JANTAN DAN BETINA MELAKUKAN KONTAK FISIK SATU SAMA LAIN, DISERTAI SUARA RAUNGAN DAN GERAMAN.”
Jujur saja, alasan utama Tal mendekati Jai justru karena dia sama sekali bukan tipe idealnya. Dia dipilih karena alasan shallow: indah dilihat mata, asyik buat diajak make out. Jenis yang bisa dengan gampang ditinggalkan tanpa harus merasa bersalah.

“TAHUKAH KAMU, SETELAH PROSES KAWIN SELESAI, HARIMAU JANTAN SELALU MENINGGALKAN BETINANYA?”
Tiger arrangement, begitu keduanya menyebut hubungan mereka. Dan ketika salah satu pihak terpikir untuk berhenti, pihak lain tak boleh merasa keberatan. Jai dan Tal menikmati sekali hubungan kasual ini. Tak ada tanggung jawab, tak ada penyesalan... sampai salah satu dari mereka jatuh cinta.


Selamat jatuh cinta,

CHRISTIAN SIMAMORA

Batal nikah gara-gara calon suami kepincut pada wedding organizer sendiri membuat Talita Koum Vimana (Tal) patah hati dan susah move on. Sampai-sampai kedua sahabatnya sepakat bahwa ia butuh seseorang untuk dijadikan rebound—cowok yang dipacari (sekaligus ditiduri) tanpa perlu melibatkan hati. Awalnya Tal menolak, ia merasa nggak butuh-butuh banget yang namanya rebound. Namun kedua sahabatnya berhasil membuat Tal merasa tertantang untuk mendakati seorang cowok yang belakangan diketahui bernama Jai Birksted, cowok blasteran Indonesia-Denmark.

11 Apr 2016

[Blog Tour] Teaser Quotes 00.00 + Pengumuman Pemenang Giveaway

Selamat sore, semuanya. Akhirnya tiba saatnya pengumuman pemenang giveaway #blogtour0000. Bagi yang belum tahu, 00.00 adalah novel keempat karya Ardelia Karisa, sekaligus novel pertamanya yang ditujukan untuk pembaca dewasa. Pada postingan sebelumnya, saya telah menulis review dan mengadakan giveaway berhadiah novel ini dan satu lagi novel 17.17 karya Sheva. Nah, sesuai janji, hari ini akan saya umumkan pemenangnya.

8 Apr 2016

Yesterday in Bandung - Rinrin Indrianie, dkk

Judul: Yesterday in Bandung
Penulis: Rinrin Indrianie, Ariestanabirah, Delisa Novarina, Puji P. Rahayu, NR Ristianti
Penerbit: Elex Media Komputindo
Cetakan: I, Januari 2016
Tebal: 264 hlm.

Sinopsis:
Yesterday, all my troubles seemed so far away (Yesterday, The Beatles)

Seperti lima nada membentuk satu harmoni lagu, mereka memiliki masalah dan masa lalu yang bersinggungan.
Shaki, gadis Palembang dengan masalah korupsi sang ayah.
Zain, pemuda desa yang gila harta dan terjebak pergaulan hitam.
Tania, gadis riang yang masa lalunya kelam.
Dandi, Pemuda tampan yang lari dari bayang-bayang masa lalu.
Aline, pemilik kos yang menyimpan banyak misteri.

Hidup di tempat tinggal yang sama membuat mereka menyadari bahwa semua punya cerita di hari kemarin, untuk dibagi di hari ini.

Editor's Note
Salah satu dari tiga pemenang outline terpilih pada Workshop Novel Februari 2015

Bandung. Ah, saya punya kenangan indah tentang kota ini. Dua kali saya berkunjung, dua kali pula ia meninggalkan bekas yang tak akan pernah lenyap dari sudut pikiran saya. Kali pertama menginjakkan kaki di kota ini, saya bertemu dengan seseorang yang membuat kuncup di hati saya bermekaran. Begitu berartinya orang tersebut, sehingga pada saat semuanya berjalan tak sesuai harapan, kuncup yang sudah mekar tadi pun menjadi kering dan jatuh berguguran. Ada saat-saat di mana raut wajah saya berubah mendung ketika mendengar kata ‘Bandung.’ Namun, saat saya diberi tahu bahwa saya mendapat kesempatan untuk kedua kalinya menapakkan kaki di kota ini, perasaan yang timbul justru sebaliknya. Rindu. Ya, sebuah kata yang cukup tak masuk akal mengingat saya hanya ke kota ini satu kali, dan itu pun hanya dalam rentang waktu yang singkat. Lantas saya bertanya-tanya pada diri sendiri, apakah rasa rindu tersebut melibatkan seseorang yang pernah menyentuh batin saya tempo hari?

3 Apr 2016

00:00 - Ardelia Karisa [Blog Tour & Giveaway]

Judul: 00:00
Penulis: Ardelia Karisa
Penerbit: Grasindo
Cetakan: I, Maret 2016
Tebal: 224 hlm.

Sinopsis:
“You realize that you’re always leaving me by this time? The first time we met, the second time, now.”

“I’m such a Cinderella,” kataku singkat menanggapi kalimatnya itu.

“Maybe. But I’m not a stupid prince.”

“Why the prince is stupid?”

“Well, he told Cinderella that he’s in love with her, but he forgets how she looks and has to put a shoe on every girl in the kingdom.” Sangat masuk akal. Tapi, sayangnya aku tidak sepintar itu untuk menyadarinya.

“If I fall in love with a girl I’ll never forget how she looks. And I know exactly where to find her.”

Charvi Adipramana tidak menyangka bahwa pertemuannya dengan Nicolas Moreau—seorang ekspatriat Perancis yang tinggal di Jakarta— mengantarkannya pada ide kencan satu hari penuh. Charvi bertemu Nic tepat satu hari sebelum ia terbang ke Paris untuk mengejar mimpi. Hari itu untuk kali pertama ia mengaku jatuh cinta kepada laki-laki yang baru saja ia kenal—suatu hal yang tak pernah ia lakukan sebelumnya.

Berpegang pada rasa saling percaya, Charvi dan Nic berjanji untuk bertemu lagi satu tahun kemudian di tempat yang sama. Namun, satu tahun adalah waktu yang lama. Satu tahun bisa mengubah apa saja, termasuk cinta. Masihkah Charvi menjaga perasaannya untuk Nic setelah keduanya terpisah jarak dan waktu yang terbentang antara Perancis-Jakarta?

00:00 berkisah tentang Charvi Adipramana (Char), seorang perempuan muda yang cerdas namun memiliki masalah terhadap menaruh kepercayaan terhadap orang lain (trust issues). Ia sulit untuk berteman dengan orang baru. Hal itu berimbas pula pada kehidupan cintanya. Ia sulit mempercayakan hatinya pada seseorang yang kelak akan menyakitinya. Well, dengan mencintai orang lain, di saat yang sama kita membuka segala kemungkinan untuk disakiti oleh orang tersebut. Itu yang diyakini Char.

Back to top