15 Apr 2012

Cewek Paling Badung Di Sekolah by Enid Blyton

Judul: Cewek Paling Badung di Sekolah
Seri: Si Bandung #1
Penulis: Enid Blyton
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012 (Cover Baru)
Tebal: 272 hlm.
ISBN: 9789792280302
Rating: 5/5

Sinopsis Goodreads:
Elizabeth Allen sama sekali tak senang waktu diputuskan ia harus bersekolah dan tinggal di asrama. Di rumah ia memiliki segalanya, apa saja yang bisa membuatnya senang. Di sekolah pastilah ia akan tersiksa. Maka Elizabeth memutuskan untuk menjadi anak paling nakal, paling badung. Tetapi ternyata hasilnya jauh di luar dugaannya.

Cewek Paling Badung di Sekolah adalah seri pertama dari empat seri 'Si Badung' karya Enid Blyton. Meski saya tak banyak membaca karya-karya Enid Blyton yang lain (Lima Sekawan, Sapta Siaga, dll), saya termasuk beruntung sempat membaca buku ini waktu kecil.

Elizabeth Allen, 11 tahun, berparas manis, kaya, dan manja. Saking manjanya, ia jadi kurang ajar. Kelakuannya sangat nakal. Selama ini ia menjalani homescholling seperti anak-anak kaya lain di Inggris pada masa itu. Nona Scott, guru privat Elizabeth akhirnya tak tahan menghadapi kelakuan nakal Elizabeth dan memutuskan untuk berhenti. Karena kesulitan mencari guru pengganti, orang tua Elizabeth akhirnya memutuskan mengirimnya ke sekolah berasrama: Whyteleafe.

Elizabeth tidak suka dengan keputusan orang tuanya. Ia melakukan segala macam cara agar tidak dikirim ke Whyteleafe, mulai dari bertingkah lebih nakal dari biasanya, sampai bersikap sangat manis dan sopan. Sayangnya keputusan orang tuanya sudah bulat.  Suka atau tidak suka, Elizabeth tetap harus bersekolah di sana.

Namun gadis itu punya rencana sendiri. Ia akan bersikap sangat sangat nakal agar pihak sekolah mengeluarkannya. Di sekolah, ia kerap melanggar peraturan dan selalu bersikap kasar pada teman-temannya, sampai-sampai ia sering mendapat hukuman dan dijauhi teman-temannya. Meski demikian, pihak sekolah tak juga mengeluarkan Elizabeth.

Suatu saat Elizabeth bertemu dengan Joan, murid yang pendiam, tak punya  teman, dan terlihat sangat tidak bahagia. Pada dasarnya Elizabeth anak yang berhati lembut. Ia jatuh kasihan pada Joan, dan memutuskan untuk menjadi temannya, meski awalnya Joan menolak berteman dengan Elizabeth. Kini Elizabeth berteman akrab dengan Joan, walau hal tersebut tak lantas membuat Elizabeth mengubah keputusannya.

Pihak sekolah akhirnya mengambil keputusan bahwa jika sampai tengah semester nanti Elizabeth mampu bersikap baik, maka ia boleh memilih untuk pulang ke rumah atau tetap tinggal di sekolah. Elizabeth menyetujui kesepakatan tersebut. Seiring berjalannya waktu, gadis itu mulai menyukai sekolahnya. banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan. Pelajarannya dan teman-temannya juga ternyata asyik. Bahkan, Elizabeth termasuk anak yang paling pintar di sekolah itu.

Elizabet menghadapi dilema. Di satu sisi ia sangat menyukai Whyteleafe, tapi di sini lain ia masih bersikeras keluar dari sekolah itu. Lagi pula, ia sudah terlanjur mengumumkan pada semua orang di Whyteleafe bahwa ia membenci sekolah itu dan tetap ingin pulang.

Baca kisah lengkapnya di Cewek Paling Badung di Sekolah.

"Bukan begitu. Masalahnya adalah semua orang terlalu menyayangimu," kata Nona Scott. "Kau cantik, periang, kaya raya. Karena itulah semua orang memanjakanmu. Semua menyukai penampilanmu, caramu tersenyum, caramu berpakaian. Semua tak bosan-bosan memujimu, membelamu, menyayangimu. Dan mereka memanjakanmu. Padahal akan lebih baik bila kau diperlakukan seperti anak-anak lainnya saja. Tetapi tak cukup bagi seseorang untuk hanya memiliki wajah cantik dan senyum ceria. Untuk menjadi anak yang baik, kau harus memiliki hati. Hati yang baik."
(hlm. 13)
Saya pribadi sangat meyukai kisah dalam buku ini. Selain tokoh Elizabeth, tokoh-tokoh lain dalam buku ini juga menarik dan mudah untuk disukai pembaca. Walau buku ini berkisah tentang anak nakal, buku ini sangat aman kok dibaca oleh anak-anak (ya memang buku anak-anak sih, hehehe) karena terdapat banyak pesan moral di dalamnya. Elizabeth sebenarnya anak yang baik dan berhati lembut. Ia gadis yang penuh percaya diri dan teguh pendiriannya. Sayangnya ia terlalu keras kepala. Saya juga jatuh cinta pada Whyteleafe. Saya bahkan berangan-angan bisa bersekolah di sana... sebelum akhirnya saya diperkenalkan pada Hogwarts oleh JK Rowling. :)

5/5 bintang untuk buku yang penuh kenangan ini.

***

7 komentar:

  1. Misi Min, kami ada buku bekasnya nih, murah 5 ribu, namun kondisi kurang, halaman lengkap. ada yg minat silahkan kunjungi http://www.aksiku.com/2014/09/jual-novel-cewek-paling-badung-di.html

    Trims banyak min.

    BalasHapus
  2. baca buku2nya enid yang tentang kehidupan berasrama (malory towers, st. claire, si badung) emang sukses bikin pengen merasakan tinggal di sekolah berasrama, haha XD

    BalasHapus

  3. JUAL OBAT obat penggugur kandungan MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
    OBAT YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.

    HP/WA:081318384141
    BBM: D27A0ABA

    BalasHapus
  4. JUAL OBAT Obat Cytotec Asli
    MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
    Cytotec Asli YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.
    Ciri Cytotec asli adalah obatnya tidak ada bentuk lain selain persegi enam dan warnanya pun cuma putih.


    . . .Call/WA :085 702 494 733
    . . .BBM : D29AD2CE
    http://OBATCYTOTECASLI.net/

    ...INFO LEBIH LANJUT KLIK WEBSITE RESMI KAMI YANG TERTERA DI BAWAH INI:


    Obat Aborsi

    Obat Penggugur KandungaN

    CARA Menggugur KandungaN

    Obat Cytotec Asli

    Cytotec Asli

    BalasHapus

Back to top