29 Jan 2015

Baca Bareng dan Opini Bareng BBI 2015


(copas dari sini)

Di tahun 2015, selain mengajak teman-teman member BBI untuk sama-sama membaca buku bertema sama, Divisi Event BBI juga ingin mengajak teman-teman member BBI untuk sama-sama belajar menilai bacaan teman-teman lebih dalam lagi sekaligus latihan menuangkan opini. Yep yep, selain Baca Bareng, di tahun 2015 juga akan ada Opini Bareng.


Kegiatan Baca Bareng BBI 2015
Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap bulan, Divisi Event akan menentukan tema bacaan tertentu.

Tema ini cukup luas dan teman-teman bebas memilih buku yang teman-teman anggap sesuai dengan tema—bisa fiksi maupun non fiksi—untuk dibaca dan dipos resensinya di blog masing-masing pada tanggal yang telah ditentukan di pukul 09.00 WIB.

Tema Baca Bareng:

Januari: Buku Secret Santa, dipos tanggal 30 Januari 2015.
[As Seen On TV - Christian Simamora]

Februari: Profesi, yaitu buku-buku yang di dalamnya dijelaskan cukup rinci mengenai profesi tokoh-tokohnya. Misalnya, Twivortiare Ika Natassa yang menjelaskan profesi bankir. Dipos tanggal 27 Februari 2015.
[Memori - Windry Ramadhina]

Maret: Adaptasi buku ke film atau film ke buku, misalnya The Fault in Our Stars, Supernova, dll, dipos tanggal 31 Maret 2015.
[The Maze Runner - James Dashner]

April: Buku yang sudah diterbitkan yang sebelumnya dipos online (wattpad, blog, forum, dll), misalnya Coup(L)ove Rhein Fathia, Kambing Jantan Raditya Dika, dll., dipos tanggal 30 April 2015.
[The Naked Traveler #1 - Trinity]

Mei: Buku bertema Hak Asasi Manusia dan kritik sosial, misalnya I am Malala, Kumpulan Puisi Wiji Thukul, A Time to Kill John Grisham, dll., dipos tanggal 29 Mei 2015.

Juni: Budaya dan setting Indonesia, misalnya Laskar Pelangi Andrea Hirata, Lampau Sandi Firly, dll., dipos tanggal 30 Juni 2015.

Juli: Kenakalan anak-anak, misalnya serial Malory Towers Enyd Blyton, serial Anak-anak Mamak Tere Liye, dll., dipos tanggal 31 Juli 2015.

Agustus: Seputar Perang Dunia I dan II, misalnya Code Name Verity Elizabeth Wein, A Farewell to Arms Ernest Hemingway, dll., dipos tanggal 28 Agustus 2015.

September: Sastra Eropa, misalnya buku-buku Jane Austen, Leo Tolstoy, dll., dipos tanggal 30 September 2015.

Oktober: Horror, misalnya buku-buku Eve Shi, R.L. Stines, dll., dipos tanggal 30 Oktober 2015.

November: Detektif / Thriller / Misteri, misalnya Gone Girl Gillian Flynn, Da Vinci Code Dan Brown, Agatha Christie, dll., dipos tanggal 27 November 2015.

Desember: Baca bareng 1 judul, ditentukan kemudian, dipos tanggal 28 Desember 2015.


Kegiatan Opini Bareng BBI 2015
Opini Bareng ini bentuk kegiatannya lebih fleksibel dan bebas daripada Baca Bareng. Intinya adalah, Divisi Event memberikan tema yang harus teman-teman eksplor dalam satu bulan. Namun, bagaimana cara teman-teman menyampaikan tema opini tersebut adalah bebas; teman-teman bisa membuat satu pos berisi opini teman-teman terkait tema, bisa membuat daftar bacaan sesuai tema (Top 5, Top 10, dsb), bisa juga memilih buku-buku bacaan selama sebulan sesuai tema opini bareng dan menulis resensi dengan menitikberatkan pada tema Opini Bareng.

Tidak ada tanggal khusus posting bareng dan teman-teman bisa membuat 1 pos atau lebih bertema sama dalam 1 bulan.

Tema Opini Bareng:

Januari: Ekspektasi
Pernahkah kamu ingin membaca suatu buku karena mendengar buku itu bagus atau merasa sepertinya buku itu “gue banget”? Bagaimana setelah kamu akhirnya membaca buku yang kamu inginkan itu? Atau pernah sebaliknya, menyangka tidak akan suka suatu buku tetapi ketika kamu selesai membacanya kamu malah menikmatinya?

Februari: Karakter Tokoh Utama
Apakah kamu lebih menyukai karakter utama yang serbasempurna, mirip dengan kepribadianmu, atau yang hidupnya penuh dengan masalah dan ketidaksempurnaan? Apakah kamu menyukai tokoh utama yang cerewet atau pendiam?

Maret: Alur Cerita
Apakah kamu tipe yang ingin alur cerita maju teratur atau melompat-lompat? Buku dengan alur yang paling menyenangkan dan paling menyebalkan yang pernah kamu baca?

April: Hubungan dengan Pembaca
Apakah kamu pernah merasa terhubung dengan suatu bacaan? Apakah kamu pernah mendapati buku yang pesan moralnya sama sekali bertentangan dengan pendapatmu? Bagaimana menyikapinya?

Mei: Realita Sosial
Pernah merasa buku yang kamu baca sangat jauh dari kenyataan? Sangat sesuai dengan kenyataan? Kemungkinan akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat?

Juni: Setting dalam Buku
Bagaimana penulis menuliskan latar buku yang kamu baca? Apakah membuatmu dapat membayangkan tempat itu pada waktu itu?

Juli: Side-kick Characters
Pernah membaca buku di mana karakter utama memiliki teman baik? Apakah si teman baik itu berhasil mencuri perhatianmu? Apakah si teman baik berpengaruh besar pada si tokoh utama?

Agustus: Amanat
Apakah buku yang kamu baca membuatmu belajar sesuatu dan sampai kini kamu terapkan dalam kehidupanmu?

September: Peran Wanita
Pernahkah kamu membaca buku di mana wanita tampil sebagai tokoh yang sangat kuat dan patut dikagumi? Atau justru sebaliknya, tak berdaya dan menyusahkan? Dari buku yang kamu baca, bagaimana peran wanita dalam buku itu?

Oktober: Klimaks
Apakah buku yang kamu baca memiliki titik di mana rasanya kamu sangat deg-degan, geregetan, dan sebagainya? Ataukah datar saja? Mana yang lebih kamu suka?

November: Logika dalam Cerita
Apakah buku yang kamu baca masuk akal? Apakah kamu tidak keberatan membaca buku yang tidak masuk akal secara logikamu?

Desember: Bebas
Pilih satu hal yang menurutmu menarik untuk dibahas. Bisa terkait selera bacaan pribadimu secara umum bisa juga terkait bacaanmu bulan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back to top