13 Mar 2013

Miss Pesimis by aliaZalea

Judul: Miss Pesimis
Penulis: aliaZalea
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Maret 2010
Tebal: 272 hlm.
ISBN: 9789792252415
Rating: 3/5

Sinopsis:
Bertahun-tahun Adriana Amandira memendam cinta pada Baron tanpa berani memperlihatkannya, karena mengira dia bukan tipe wanita yang disukai lelaki itu. Sepuluh tahun kemudian, ketika sudah sama-sama dewasa dan sukses, kenyataan berkata lain dan kesempatan terbuka untuknya untuk memiliki kebersamaan mereka.

Namun ketika Baron melamarnya, Adriana bimbang. Jika ia menerima pinangan lelaki itu, berarti dia akan melukai hati Oli, tunangan Baron yang juga teman mereka.

Adriana merasa frustrasi, patah hati. Untuk melupakan Baron, dia lalu memutuskan untuk melakukan perbuatan gila-gilaan yang belum pernah dilakukannya selama hidup, dan bukan khas dirinya. Salah satunya, dia ingin sekali berkencan dengan seseorang, sembarang lelaki, siapa pun dia. Dan Adriana tak mengira, bahwa yang datang menyambut tawarannya adalah sahabatnya sendiri....

Repot sekali jika jatuh cinta pada sosok yang kita anggap sempurna, tapi kitanya punya penyakit pesimis parah. Alih-alih menyatakan perasaan kepada orang tersebut, kita justru memendamnya dalam hati, parahnya, hingga bertahun-tahun. Hal inilah yang terjadi pada Adriana Amandira. Wanita 30 tahun ini memendam rasa cintanya kepada Thomas Baron Iskandarsyah (Baron), laki-laki yang ia sukai sejak SMP.

Setelah lama menetap di Amerika, Adriana memutuskan kembali ke Indonesia dan mulai bekerja pada sebuah perusahaan pesaing Unilever: Good Life. Di tempat kerjanya yang baru, ia bertemu dengan Ervin Daniswara (Ervin), cowok yang secara fisik sanggup membuat jantung perempuan manapun berdetak lebih cepat, tak terkecuali Adriana. Hubungan mereka menjadi lebih akrab sejak melakukan kunjungan ke Cincinnati, Amerika Serikat untuk mengikuti training dari perusahaan. Saking dekatnya mereka, saat kembali ke Jakarta, orang-orang mulai bergosip bahwa telah menjalin asmara. Tapi gosip tinggallah gosip. Hubungan Adriana dan Ervin tidak lebih dari sekadar sahabat.

Saat Ervin mengajak Adriana ke sebuah kafe terkenal, terjadi hal di luar dugaan. Ervin memperkenalkan temannya ke Adriana, yang tidak lain dan tidak bukan, adalah Baron, cinta mati Adriana sejak SMP itu! Ervin tak menyangka bahwa kedua temannya ternyata saling mengenal. Ia juga tak pernah menduga bahwa orang yang selama ini dicintai Baron adalah Adriana. Perasaan cemburu yang aneh mulai merayapi Ervin. Ternyata, diam-diam ia menyukai Adriana. Dan Ervin tidak rela mengetahui perasaan Baron terhadap Adriana.

Di lain pihak, Baron pun tak menyangka akan bertemu lagi dengan Adriana. Adriana tentu saja gembira, sebab cinta pertamanya itu ternyata memiliki perasaan yang sama terhadapnya. Tapi perasaan senang Adriana tak berlangsung lama. Hatinya hancur saat mengetahui bahwa Baron rupanya akan segera menikah dengan Olivia, teman mereka sejak dulu. Namun Baron bersikeras bahwa ia sungguh-sungguh mencintai Adriana, ia bahkan rela membatalkan pernikahannya jika Adriana mau menerimanya. Adriana yang tidak tega terhadap Olivia, menolak tawaran cinta dari Baron.

Sebuah ide gila tercetus dalam benak Adriana dalam usahanya untuk melupakan Baron. Wanita itu akan melakukan one night stand dengan sembarang lelaki. Hal tersebut sontak membuat Ervin lebih tidak rela lagi, sehingga memutuskan untuk menawarkan dirinya kepada Adriana, dengan dalih bahwa dirinya 'bersih' sehingga Adriana akan aman jika melakukan 'itu' dengannya… *kipas-kipas*

Cerita selengkapnya baca sendiri bukunya yah. Bagi saya yang belum pernah membaca karya aliaZalea sebelumnya, menurut saya buku ini ditulis dengan baik dan rapih. Alur ceritanya mengalir dengan baik, kisahnya cukup ringan sehingga mudah untuk diikuti. Pembaca yang punya kecepatan membaca di atas rata-rata malah sanggup melahap buku ini dalam sekali duduk (yang jelas orang itu bukan saya, hehe). Bahasa Indonesia yang digunakan dalam buku ini terkesan baku, tapi tidak lantas membuat buku ini kaku. Rasanya seperti membaca novel terjemahan. Mungkin karena mbak aliaZalea sudah lama menetap di Malaysia, di mana bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Melayu dan Inggris. Secara keseluruhan, saya cukup menyukai buku ini.

Beberapa adegan dalam buku ini memang sempat membuat saya garuk-garuk kepala, seperti ketika Adriana menjadi penasihat pernikahan dadakan Baron dan Olivia. Sumpah deh, menurut saya adegan ini agak kurang masuk akal (walau bukan tidak mungkin bisa kejadian di dunia nyata sih). Dan keputusan Adriana untuk one night stand dengan sembarang lelaki agak keterlaluan menurut saya. Padahal sejak awal penulis seolah memperkenalkan tokoh Adriana kepada pembaca sebagai perempuan konservatif. Terakhir, memang sih judul buku ini adalah ‘Miss Pesimis’ yang sangat mewakili tokoh Adriana. Cuma, sikap pesimisnya Adriana dalam buku ini sih kelewat parah. Butuh peristiwa yang heboh (cenderung berlebihan) cuma untuk meyakinkannya bahwa *sensor* memang benar-benar mencintainya dengan tulus sehingga rela melakukan apapun. Ini benar-benar membuat saya gemas sampai-sampai kepingin menoyor perempuan keras kepala inih. >.<

Untunglah Miss Pesimis terselamatkan oleh gaya bercerita mbak aliaZalea yang mengasyikkan untuk disimak hingga lembar terakhir. Yeah, mbak aliaZalea sekarang adalah salah satu penulis favorit saya! Better late than never, kan? Sebaiknya saya harus segera membaca karya-karyanya yang lain…

*melirik timbunan*
*ketawa hampa*
...
...
*timbuners will understand*

***

9 komentar:

  1. ceritanya populer banget yah? tapi kayaknya bagus tuh alurnya buat ngaduk2 perasaan pembacanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sifat pesimisnya tokoh utama memang bikin gemes. bisa jadi pesan moral juga buat pembaca: bahwa hidup harus dijalani dengan optimis. :)

      Hapus
  2. Gw pernah baca yang celebrity wedding darl.. Lumayan :). Buat yg nggak suka konflik2 berat, tapi ceritanya manis, novel Alia Zalea cocok dipilih

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip. kebetulan sudah punya bukunya lengkap, darl. oh, nggak ding, The Devil in Black Jeans belum punya. :p

      Hapus
  3. Saya juga suka gaya bercerita si aliazalea yang rapi banget hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. *toss* sudah baca semua bukunya, mbak? :)

      Hapus
  4. Kalo Sudah selesai bacanya, bisa lempar ke aku sini, pan #daripadalemparbiola #emangpunya??? Wkwkwk...

    BalasHapus

  5. novel yang mengajarkan bahwa cinta tak hanya harus melirik masa lalu tetapi berpandang ke depan yang ada di depan mata..


    novel ini sweet banget... apalagi ending nya..








    numpang nitipin link aku yaa..kalau mau berkunjung juga boleh..
    obat kista tradisional.
    obat pelangsing herbal.
    thanks before..

    BalasHapus

Back to top