18 Jul 2014

Pretty Guardian Sailor Moon Vol. 1 by Naoko Takeuchi

Judul: Pretty Guardian Sailor Moon Vol. 1 (Renewal Edition)
Pengarang: Naoko Takeuchi
Alih Bahasa: Anisetia Verani Arisa & E.P. Armanda
Penerbit: PT Elex Media Komputindo, 2013
Tebal: 238 hlm.
ISBN: 978-602-02-2340-7

Sinopsis Goodreads:
Usagi Tsukino adalah seorang gadis normal sampai ia bertemu dengan Luna, kucing yang bisa bicara, yang mengatakan bahwa dia adalah Sailormoon.

Sebagai Sailormoon, Usagi harus berjuang memberantas kejahatan dan menegakkan keadilan, dengan kekuatan bulan dan Princess Moon yang misterius.

Dia bertemu gadis-gadis lain yang ditugaskan menjadi Sailor Soldier dan mereka bersama-sama melawan kekuatan jahat!

Alkisah, di suatu sore yang indah, saya tengah asyik mengamati rak komik di TB Gramedia Gorontalo, mencari komik Yotsuba volume 12. Dan mata saya nggak sengaja menangkap komik bercover cewek pelaut dalam pose fenomenal “Dengan Kekuatan Bulan, Akan Menghukummu!” ini. Rasanya kepingin jerit-jerit kegirangan, “OMG! SAILORMOON!” tapi sukses saya tahan. Jaim dong. Setelah sekian lama nggak membaca komik, saya ketinggalan info kalau ternyata Sailor Moon ada edisi renewal-nya. Cuss lah akhirnya saya beli komik ini demi unsur nostalgia. Lagian, saya memang belum pernah membaca komiknya, dulu cuma nonton versi anime di rumah sodara yang punya parabola. T.T

Unsur nostalgianya memang bikin saya nggak nyesel beli komik ini, namun dari ceritanya sendiri, ternyata lumayan bikin kening berkerut. (Kalau kata Cella, banyak plot hole-nya)

Ceritanya Usagi menyelamatkan kucing yang habis diusili anak-anak nakal. Kucing berpitak (*ngakak*) bulan sabit itu ternyata bukan kucing biasa. Kucing itu bisa bicara! Dan ia memberi sebuah benda kepada Usagi yang dapat membuat cewek itu berubah menjadi Sailor Moon, untuk melawan kekuatan jahat yang baru-baru ini menyerang kota. Kekuatan jahat tersebut didalangi oleh Queen Beryl, penguasa Dark Kingdom (so obvious ya namanya). Queen Beryl yang didampingi oleh beberapa anak buah (nggak ngitung, 3 ato 4 orang gitu, cowok kece semua) tengah mencari Kristal Perak. Sekadar info, Kristal Perak memiliki kekuatan tak terbatas. Apabila Kristal Perak jatuh ke tangan yang salah, maka hal ini bisa menjadi malapetaka bagi umat manusia. Usagi harus mencegah benda tersebut jatuh ke tangan penjahat. Masalahnya, ia sendiri belum tahu di mana benda itu berada. Terus piye?

Dalam menjalani tugasnya sebagai Sailor Moon, Usagi tidak selamanya berjuang sendiri. Satu per satu para sahabat mulai muncul untuk membantunya. Di mulai dari Ami sebagai Sailor Mercury, Rei sebagai Sailor Mars, dan Makoto sebagai Sailor Jupiter. Lah, Sailor Venus kemana? Itulah permisa, di volume pertama ini Sailor Venus belum bergabung. Doh, bikin penasaran. >.<

Oh ya, selain para Sailor di atas, ada satu lagi karakter misterius juga mengincar Kristal Perak. Dia adalah Tuxedo Mask! (wooow, Mamoru! *dibekep*). Masih belum jelas apakah Tuxedo Mask adalah kawan atau lawan (iya, kita pura-pura nggak tau aja ya, soalnya di komik volume 1 ini emang belum jelas, padahal kita-kita sih tahu kalau ya kalau Tuxedo Mask itu adalah Mamoru dan Mamoru sebenarnya adalah—*disumpal lipstik*

Komik ini terasa serial cantik sekali, mulai dari garis gambar yang halus ditambah background dan arsiran kembang-kembang yang banyak menghiasi panel-panel komik ini. Untuk hal ini saya tidak masalah. Wajar ya, komik ini kan memang ditujukan untuk cewek. Karenanya, unsur action dalam novel ini pun terasa kurang bagi saya. Adegan berantemnya kurang seru tuh, habis monsternya cepat banget dikalahin. Tapi secara keseluruhan, bernostalgia dengan komik ini terasa menyenangkan.

Volume 2 sudah terbit belum sih?

8 komentar:

  1. Belom terbit. Gw uda 3x baca yang keluaran lamanya. Dan teteup aja beli lagi yang baru ini. Selain karena emang belom punya (dulu numpang baca), karena unsur nostalgia juga sih. Pas baca berasa flashback lagi deh ke jaman dulu. Tapi gara-gara sekarang uda umur 20an, berasa banget ada plot hole dimana-mana. hahaha. Tapi karena Mamoru masih ganteng seperti dulu, yasudah dimaapkan. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget! Plot hole di mana-mana. Kadang emang nggak enak jadi pembaca kritis (halah). Jadi nggak gitu menikmati bacaan karena nyadar ada aja yang kurang. Di Goodreads komik ini aku kasih bintang 4 demi unsur nostalgia. Padahal tadinya mau kasih 3 bintang saja. :D

      Nggak sabar pengen baca lanjutannya. Pengen tau gimana ceritanya Sailor V bergabung dan menjadi Sailor Venus. ^^

      Hapus
  2. aku sukaaaaaaaaa banget animenya, dulu sampe ngumpulin posternya, hahahaha, yang masih disimpan sampai sekarang adalah pembatas buku sailor moon, agak nyesel sih ngeloakin poster2 jaman ababil dulu tapi yah mau dibuat apa juga, udah gede ini, menuh2hin kamar :p.
    kalau sailor favoritku dulu malah Sailor Pluto, Uranus dan Saturnus, misterius gitu :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di anime, aku suka adegan saat mereka bertransformasi jadi Sailor. Keren. >.<b
      Sailor Pluto yang rambutnya panjang banget itu kan? Cantik juga dia. Sedikit mirip dengan Sailor Mars.

      Btw masih ingat Sailor Starlight? ;)

      Hapus
  3. Animenya dibikin ulang lagi juga loh. Sekarang baru masuk episode 2. Tayangnya 2 minggu sekali :")

    BalasHapus
  4. Oya? Donlotnya di mana?? :D

    BalasHapus
  5. dulu favorit banget sm sailor jupiterrrr,, cantik n machooo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. LOL. Aku sukanya banyak sih. Venus, Mars, dll. Hahaha.

      Hapus

Back to top