29 Jan 2014

Dongeng Mini: Cerita Binatang by Aleum & Park Seong Il

Dongeng Mini: Cerita Binatang by Aleum & Park Seong Il (Ilustrator)
Penerjemah: Amelia Burhan
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer, 2013
Tebal: 313 hlm.
Sinopsis:
Buku ini terdiri dari 40 kisah binatang Aesop yang diceritakan secara sederhana dan dihiasi ilustrasi yang indah. Dilengkapi dengan nasihat untuk anak-anak. Cocok dibacakan bagi balita atau untuk anak-anak yang mulai belajar membaca.

Buku ini saya pilih untuk tema baca bareng Januari: fabel. Sepengetahuan saya, fabel adalah cerita-cerita tentang binatang, di mana dalam cerita tersebut para binatang digambarkan memiliki sikap dan tingkah laku yang mirip manusia. Mereka bisa bicara, menyanyi, marah-marah, atau tertawa. Cerita-cerita fabel umumnya berupa dongeng pendek yang diceritakan kepada anak-anak sebagai kisah pengantar tidur. Akan tetapi, belakangan istilah fabel ternyata mengalami perluasan makna (?). Menurut wikipedia, Fable is a literary genre. A fable is a succinct fictional story, in prose or verse, that features animals, mythical creatures, plants, inanimate objects or forces of nature which are anthropomorphized (given human qualities such as verbal communication), and that illustrates or leads to an interpretation of a moral lesson (a "moral"), which may at the end be added explicitly in a pithy maxim. Hal ini sempat membingungkan saya. Jadi, daripada bingung, saya memutuskan untuk membaca dongeng tentang binatang sajalah.

Nah, berhubung saya belum memutuskan judul buku yang akan saya baca, maka saya memutuskan untuk jalan-jalan ke toko buku, tepatnya di Gramedia Gorontalo, sambil berharap mendapat inspirasi. Saya pikir, cerita-cerita fabel akan mudah ditemukan di area buku anak. Benar saja, saya menemukan buku Dongeng Mini: Cerita Binatang ini di salah satu rak yang penuh sesak dengan buku cerita bergambar dan buku-buku mewarnai.

Untuk ukuran buku anak berukuran kecil, harga buku ini termasuk mahal buat saya, di atas 80K. Tapi setelah membaca isinya, saya pikir harganya sepadan. Kualitas kertasnya bagus serta isinya full color. Lagi pula, sudah lama saya tidak membaca dongeng tentang binatang. Lumayan, pikir saya, jadi punya bahan untuk mendongeng bagi anak saya kelak (amiiin~). Itu pun kalau masih ingat sama ceritanya (kemudian dikemplang). Haha.

Buku ini berisi 40 dongeng pendek tentang bintang (dan beberapa non-binantang) yang sangat cocok dibacakan bagi balita, juga bagi anak-anak yang baru mulai belajar membaca. Beberapa kisah dalam buku ini mungkin tidak asing bagi pembaca dewasa. Misalnya cerita tentang Kelinci dan Kura-kura, cerita tukang kayu yang jujur, atau tentang anak gembala yang suka berbohong. (Eh bentar, katanya cerita binatang, terus kenapa ada cerita tentang tukang kayu dan anak gembala segala?). Ya begitulah, pemirsah. Meski judulnya Dongeng Mini: Cerita Binatang, kenyataannya beberapa cerita yang disisipkan dalam buku ini memiliki tokoh non-binantang. Tapi mari tidak mempermasalahkan hal tersebut. Yang penting adalah pesan moralnya. Yap, pada akhir setiap dongeng terdapat pesan moral yang ditulis dengan singkat mudah dipahami oleh anak-anak. Misalnya, di akhir cerita tentang Kelinci dan Kura-kura, di mana Si Kura-Kura menang saat adu lari dengan Kelinci, anak-anak diajar untuk tidak memandang remeh orang lain, juga diharapkan dapat meniru sifat Kura-Kura yang tekun berusaha. Pada kisah tentang tukang kayu yang jujur, bahwa lebih baik bersikap jujur dan jangan serakah, karena setiap perbuatan jujur akan mendapat ganjaran yang baik. Oke, mungkin di dunia orang dewasa hal tersebut tidak berlaku mutlak, tapi bagaimanapun sebagai orang tua kita wajib menanamkan nilai-nilai yang baik bagi anak-anak kita bukan? (Kesambet apa saya ini...?)

Tak hanya berisi dongeng sederhana serta pesan moral yang baik, buku kecil ini juga memiliki ilustrasi indah yang memanjakan mata. Saya sangat yakin anak-anak akan menyukai gambar warna-warni di buku ini (soalnya saya juga suka, hehehe).



Dengan kisah yang beragam, pesan moral yang mudah dipahami, serta ilustrasi yang indah, buku ini dapat dijadikan pilihan bagi orang tua yang ingin membacakan dongeng bagi putera-puteri kecilnya.

Baca dan Posting Bareng BBI Januari:
"Fabel"

8 komentar:

  1. Balasan
    1. hehehe. ini karena bingung mau baca apa untuk tema fabel. :))

      Hapus
  2. wuihhh...bukunya tampak unyu x)

    @lucktygs
    http://luckty.wordpress.com/2014/01/30/review-the-frog-princess/

    BalasHapus
  3. Jadi inget buku cerita Sapi dan Kerbau punyaku jaman TK. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna-warninya juga ya? Jelas sih, karena targetnya untuk balita dan anak-anak yang baru mulai belajar membaca. :)

      Hapus

Back to top