30 Jan 2014

Simple Thinking About Blood Type by Park Dong Seon

Judul: Simple Thinking About Blood Type
Penulis: Park Dong Seon
Penerjemah: Achie Linda
Penerbit: Haru, 2013
Tebal: 262 hlm.
ISBN: 9786027742253

Sinopsis:

Tahu nggak sih kalau orang bergolongan darah A itu orang-orang yang halus, tapi kaku dan taat pada peraturan? Atau tahukah kamu kalau golongan darah B itu orang-orang yang kreatif dan bebas?

Apa jadinya kalau mereka disatukan? Jangan-jangan, bisa terjadi pertengkaran!

Ternyata, selain perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal, agama, dan kondisi ekonomi, golongan darah juga bisa menentukan perbedaan sifat kita, lho.

Meski sifat seseorang tidak bisa hanya dilihat dari golongan darahnya, semoga komik Simple Thinking about Bloodtype ini bisa menghibur, sekaligus sedikit membantu kamu untuk memahami orang lain, ya!

Bagi pembaca yang sering browsing internet, pastinya sudah tidak asing dengan komik tentang golongan darah karena komik-komik seperti ini memang banyak beredar di internet. Biasanya berbentuk komik strip, serta menggambarkan perbedaan setiap golongan darah dengan gaya yang blak-blakan dan penuh humor. Buku ini juga demikian. Ciri khas para ‘tokoh’ komik golongan darah ini adalah bertubuh imut, berkepala besar dan botak, dengan huruf yang mewakili golongan darah tertempel di wajah.

Dalam Simple Thinking About Blood Type, sang komikus berujar bahwa komik ini dibuat berdasarkan observasinya sendiri tentang lingkungan sekitarnya. Secara umum, golongan darah A digambarkan sebagai pribadi yang teratur dan patuh pada aturan aturan, peduli dan perhatian terhadap orang lain, tapi sulit beradaptasi dalam lingkungan sosial yang berubah cepat. Golongan darah B tidak suka mencampuri urusan orang lain, bila menyukai sesuai akan melakukannya berulang-ulang tanpa peduli orang lain, suka mengutarakan pendapat secara bebas dan optimis terhadap masa depan. Golongan darah O adalah pribadi yang memiliki semangat hidup kuat, idealis sekaligus realistis, tetapi juga emosial, dan mudah teralihkan perhatiannya. Sementara Golongan darah AB memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik, kritikus, pandai memberikan saran, tetapi juga aneh dan sentimental, tertarik pada kekuasan dan politik. Semua perbedaan tersebut dituangkan dalam bentuk ilustrasi yang lucu dan menghibur.

Tak hanya membahas perbedaan golongan darah, komikus juga membahas sudut pandangan dari masing-masing golongan darah terhadap lingkungan sekitar, atau interaksinya dengan golongan darah-golongan darah yang lain. Kelebihan dan kekurangan masing-masing golongan darah juga dibahas secara adil. Saya sendiri menyukai kepribadian golongan darah AB yang luar biasa cuek. Beneran, saya ingin memiliki memiliki kepribadian golongan darah AB. :D

Selain membahas golongan darah, buku ini juga berisi ilustrasi tentang diary sang komikus. Ini bisa jadi nilai plus, tapi juga minus. Kisah-kisah tentang diary penulis memang lumayan lucu, akan tetapi saya pribadi merasa tidak terlalu tertarik. Saya justru lebih tertarik mengenai pembahasan tentang golongan darah yang digambarkan dengan sangat menarik.

Walau buku ini membahas tentang perbedaan kepribadian berdasarkan golongan darah, tapi sang komikus juga mengingatkan para pembaca bahwa apa yang disajikan dalam komik ini tidak benar-benar mutlak kok. Karena kepribadian orang-orang juga sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, mulai dari  negara, agama, kondisi ekonomi, keluarga, lingkungan pergaulan, dan sebagainya.

Secara keseluruhan, buku ini bagus karena selain menambah pengetahuan, juga mampu menghibur pembaca lewat ilustrasi-ilustrasi kocak. Pesan moral penting yang juga dapat kita ambil dari buku ini adalah: hargailah setiap perbedaan. Pesan sederhana ini terasa sangat menohok di dunia yang akhir-akhir ini mengalami degradasi toleransi.

6 komentar:

  1. huhuhu aku sebenernya dulu milih buku ini untuk direview tapi dapet yg lain, huhuhuhu padahal pengen banget baca :(

    Hore golongan darahku AB dan kayaknya cocok deh dengan diskripsinya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aw, secara tidak langsung, Bombom baru saja ngaku kalau Bombom menyukai kepribadian Ibu Peri. *blushing*

      Hapus
  2. hula hula~~ aku AB.. komik sama real nya hampir sama kok. Tapi kenapa AB jadi kek alien gitu -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena golongan AB adalah pribadi-pribadi yang paling unik. :D

      Hapus
  3. ane AB nih. setelah ane baca" memang banyak kemiripan seperti yg di ceritakan di komik . tapi kadang" ane merasa ane kaya yg punya darah A atau B. pas ane cek lagi ternyata AB itu cenderung perpaduan A & B. suka berubah" . hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ada AB lagi! :D
      Sesuai golongan darahnya emang Gan. AB, jadi kadang-kadang A kadang-kandang B. Labil gitu Gan. Hahaha. *kabur sebelum disambit*

      Hapus

Back to top