2 Jan 2015

2015 JOGLOSEMAR Tantangan Babat Timbunan

Sumber: Oky

Tahun 2015 saya berencana untuk mengurangi timbunan. Yah, tahun lalu juga begitu resolusinya tapi masih gagal. Kecepatan membeli buku berbanding terbalik dengan kecepatan membaca buku (Mba Treez, aku padamuuu). Tahun ini saya berniat untuk lebih serius dalam perkara babat timbunan ini. Maka dari itulah, saya mengikuti 2015 JOGLOSEMAR Tantangan Babat Timbunan yang di-host oleh Oky. Ide untuk tantangan ini tercetus di group WA: BBI Joglosemar. Konsep utama tantangan ini adalah, kita baru boleh membeli buku setelah selesai membaca beberapa buku. Tahun lalu Oky doang yang ikut tantangan ini. Kini, saya memutuskan untuk ikutan. Tantangannya adalah: “Habiskan 5 Timbunan Sebelum Membeli Buku Baru.” Oh iya, dan tantangan baca ini terbuka untuk siapa saja (tidak sebatas warga Joglosemar saja).

Lebih lanjut tentang 2015 JOGLOSEMAR Tantangan Babat Timbunan saya copas langsung dari blog Oky:

Ini Rambu-rambunya:  
  • Tidak perlu membuat Master Post. Tapi kalau mau buat, itu akan sangat membantu dalam mendata buku untuk sementara. Sekaligus jadi semacam reminder bahwa kalian sudah berjanji untuk diet beli buku dan babat timbunan.
  • Pasang banner JOGLOSEMAR Tantangan Babat Timbunan di sidebar blog kamu dan link-kan ke Master Post. Kalau nggak buat Master Post, silakan link ke post ini.
  • Daftarkan blogmu (atau facebook) ke linky di blog Oky. Ajak yang lain, semakin banyak teman, semakin besar tingkat keberhasilanmu.
  • Tetapkan target, minimal habiskan 5 timbunan (buku). Selebihnya boleh kamu tetapkan sendiri, mau pasang target 7 buku, 10 buku, atau 15 buku sebelum beli buku baru no problem, silakan aja kalau kuat hehe.
  • Be self-dicipline. Buat rulesmu sendiri (cek opsi rules di bawah). Flexibel aja, semampunya, tapi disiplin.
  • Tantangan ini berlaku sepanjang tahun 2015, di mulai dari  1 Januari 2015 - 31 Desember 2015
  • Di akhir tahun, silakan buat wrap up post untuk mereview hasil tantanganmu. Sukses atau nggak?
  • Enjoy the challenge.

Make your OWN RULES:

Opsi Rules:
1. BUY 1 book after read 5 books
2. BUY books after read 5 books
3. Add 1 ebook after read 5 books
4. Add ebooks after read 5 books
5. Borrow/swap 1 book after read 5 books
6. Borrow/swap books after read 5 books
7. Collect 1 book after read 5 books
8. Collect books after read 5 books

Contoh #1:
I pledge myself to read 5 pile of books before...
1. I buy 1 book
2. I add ebooks
3. I borrow/swap 1 book

Artinya: Kalian boleh membeli atau meminjam 1 buku saja setelah membaca 5 buku. Dan boleh menambah ebook dalam jumlah tidak terbatas (karena jamak, haha). Perhatikan kata atau ya. Jadi setelah membaca 5 atau 10 buku, hanya boleh memilih salah satu, beli buku atau beli ebook.

atau

Contoh #2:
I pledge myself to read 10 pile of books before...
1. I buy books
2. I add ebooks

Artinya: Kalian boleh membeli atau menambah buku sebanyak-banyaknya, sesuka hati, no limit, asal telah membaca 10 buku timbunan.

FAQ: 

  • Apa definisi piles of book/timbunan? Hm, ini tergantung dari definisi kalian masing-masing. Bisa murni timbunan hasil membeli, printed book. Atau ditambah dengan ebook, pinjaman (rental atau pinjam teman), hasil swap, hadiah, dsb. Buat saya pribadi, timbunan itu semua hal diatas. Define your own.. :)
  • Apa cuma beli aja? Berarti nambah ebook atau pinjam buku boleh dong? Boleh. Aturan ini fleksibel. Silakan tentukan sendiri. Buat saya, setelah saya membaca 5 buku, saya akan pinjam, nambah ebook, maupun beli buku. Tapi kalian boleh mendefinisikan lain, misal hanya boleh membeli, tidak meminjam buku dari teman atau rental.
  • Berapa opsi rules yang boleh kita ambil? Well, make you own rules ya. Boleh ambil dua atau tiga atau semua rules dari opsi di atas. Mau nambahin rules sendiri biar lebih ketat dan ekstrim, silakan saja. Saya sendiri akan memilih semua rules nomor genap, hehe.
  • Perlukah timbunan yang dibaca segera di review? Tentu boleh mereview, tapi tidak wajib. Karena tujuan utamanya adalah untuk membaca (BABAT TIMBUNAN) saja. Untuk wajib review sudah pasti ada di RC lainnya.
  • Kalau beli bukunya diakumulasikan boleh? Boleh, babat aja timbunannya sampai 20 buku, lalu puas-puasin belanja 4 buku, or as many as you want according your own set of rules :)
  • Apa yang dimaksud dengan Collect book? Apa bedanya dengan Beli? Collect book itu sama dengan membeli. Tapi membeli tidak selalu sama dengan mengkoleksi. Jadi, contohnya apabila kamu sudah baca buku Harry Potter (entah via ebook, atau pinjam, atau pernah punya tapi hilang/rusak) dan kamu ingin membeli/mendapatkan buku itu lagi bukan untuk sekedar dibaca/ditimbun saja, tapi untuk dikoleksi. Karena pengen punya. Itu yang dimaksud dengan koleksi, yaitu perasaan ingin punya, hehe CMIIW.
  • Pengen ikutan, tapi sudah banyak daftar buku incaran yang ingin dibeli tahun 2015. Hm, no problem. Silakan ikutan, nanti kamu tinggal desain sendiri rulesmu. Ambil aja rules genap, dimana kamu bisa beli banyak buku (no limit) setelah menyelesaikan target timbunanmu (baca contoh).
  • Bisa tidak kalau pilih opsi rules nomor 1 dan 2, misalnya setelah baca 5 buku pertama, aku cuma beli 1 buku. Lalu di 5 buku kedua, aku beli 5 buku? Bisa. Silakan aja bikin rulesmu sendiri, be flexible and self diciplines. Jangan lupa bikin master post dan jelaskan rulesmu barusan.
  • Bagaimana kalo dapat buku dari "menang giveaway" atau "dibelikan" padahal belum memenuhi batas 5 buku tersebut? Menang giveaway/dibelikan tidak ada pada opsi rules manapun, artinya: BOLEH banget. Tidak masuk hitungan nimbun tapi bukunya langsung jadi timbunan (em, ngerti kan maksudnya wkwkwk). Tapi juga jangan memanipulasi supaya minta dibeliin/minta dihadiahkan ya hehe.
  • Bagaimana kalau sudah pesan 2 buku di online shop duluan pada 2015 nanti. Berarti harus baca 5 buku dulu yah? Sudah terlanjur pesan dan bayar olshop kah, lalu bukunya datang tahun 2015? As long kamu belinya tahun 2014 kan nggak masalah. Nanti bukunya jadi timbunan yang harus dibabat. Atau kamu pesan dan akan beli bukunya tahun 2015 karena bukunya belum ada tahun ini? Ya, berarti coba tahan bentar sambil babat 5 buku dulu yaa.
  • Punya pertanyaan lain? Silakan langsung ke blognya Oky.

Nah, sekarang ke tantangannya sendiri. Target/rule yang saya ambil adalah:
I pledge myself to read 5 pile of books before I buy books.
Yang artinya sangat jelas, saya baru boleh belanja (beberapa) buku setelah selesai menghabiskan 5 buku dari timbunan. Untuk menjaga semangat dan tujuan awal tantangan babat timbunan ini, tentu akan saya usahakan agar tidak kalap dalam membeli buku (semoga). Intinya, timbunan harus berkurang, dan bukan semakin tinggi.

Agar konsisten, saya membuat daftar buku yang dibaca dan buku yang dibeli. Daftar ini akan selalu di-update. Semoga tantangan ini berjalan lancar. ;)


Round 1:
Buku yang dibaca:
1. Take Me to Your Heart by Yuditha Hardini
2. The Devil in Black Jeans by aliaZalea
3. Koala Kumal by Raditya Dika
4. Refrain by Winna Efendi
5. Still by Esti Kinasih
Buku yang dibeli:
1. The Da Vinci Code by Dan Brown (edisi baru)
2. Bingkai Memori by Petronela Putri

Round 2:
Buku yang dibaca:
1. Dil3ma by Mia Arsjad
2. Glam Girls by Nina Ardianti
3. Reputation by Tessa Intanya
4. Unbelievable by Winna Efendi
5. Morning Brew by Nina Addison
Buku yang dibeli:
1. Gajah Selalu Ingat by Agatha Christie
2. Dan Semuanya Lenyap by Agatha Christie

Round 3:
Buku yang dibaca:
1. Memori by Windry Ramadhina
2. Dilan by Pidi Baiq
3. Croissant by Josephine Winda
4. Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya
5. Supernova #1: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh by Dee
Buku yang dibeli:
1. Kedai 1001 Mimpi
2. Life Traveler
3. The Naked Traveler #1
4. The Naked Traveler #2
5. The Widdflower
6. 4 Musim Cinta

Round 4:
Buku yang dibaca:
1. The Maze Runner by James Dashner
2. The Scorch Trials by James Dashner
3. The Death Cure by James Dashner
4. The Naked Traveler #1 by Trinity
5. Divergent by Veronica Roth
Buku yang dibeli:
1.

Round 5:
Buku yang dibaca:
1.
Buku yang dibeli:
1.

Round 6:
Buku yang dibaca:
1.
Buku yang dibeli:
1.

7 komentar:

  1. Beli (15) buku setelah baca 5 buku. xD
    Goodluck challenge-nya, Kang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Kalau begitu mah sama juga bohong. :))
      Trims ya, Lin. Semoga bisa disiplin.

      Hapus
  2. Yay, kang opan semangaaat.. good luck yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaap. Trims Oky, sudah menyebarkan tantangan babat timbunan ini ke semua orang. :))

      Hapus
    2. Kang, cara bikin garis lurus itu gmn ya? Kayak yg kang opan buat di bagian paling bawah postingan ini. Aku nyoba tapi garisnya ga muncul =))

      Hapus
    3. Ciyaaatttt.... Siap babat timbunan!!!

      Hapus
    4. @Oky: Sudah kukasih tahu di WA ya. Kalau dari komen ini malah nggak bisa.

      @Kak Lila: Hajaaaarrrr.

      Hapus

Back to top