20 Sep 2015

[Blogtour & Giveaway] Tiga Sandera Terakhir - Brahmanto Anindito

Judul: Tiga Sandera Terakhir
Penulis: Brahmanto Anindito
Editor: Hermawan Aksan, Miranda Harlan
Penerbit: Noura Books (http://nourabooks.mizan.com)
Cetakan: I, Mei 2015
Tebal: 316 hlm.
ISBN: 9786020989471
Genre: Thriller Militer
Microsite: http://warungfiksi.net/tiga-sandera-terakhir/

Sinopsis:
Penyanderaan brutal terjadi di sebuah desa di Papua. Korbannya lima orang—warga negara Indonesia, Australia, dan Perancis. Semua telunjuk segera mengarah ke OPM, Organisasi Papua Merdeka. Namun, OPM sendiri menyangkalnya. Mereka menegaskan bahwa pihaknya sudah lama tidak menggunakan cara-cara ekstrem seperti itu, demi perjuangan kemerdekaan Papua Barat.

Lantas, siapa dalang penyanderaan itu? TNI enggan berteka-teki terlalu lama. Satuan Antiteror Kopassus di bawah pimpinan Kolonel Larung Nusa segera diturunkan ke Bumi Cenderawasih. Tapi, malang tak bisa ditolak. Korban malah berjatuhan, baik di pihak sandera maupun anggota Kopassus. Salah seorang anggota bahkan dinyatakan hilang secara misterius di belantara Papua.

Kolonel Nusa mulai menyadari bahwa lawannya ini bukan sekadar milisi OPM. Melainkan pasukan khusus seperti dirinya.


Berlatar Bumi Cenderawasih, novel ini berkisah tentang penyanderaan terhadap 5 orang (2 WNI dan 3 WNA) yang kabarnya dilakukan oleh OMP (Organisasi Papua Merdeka). OPM yang sudah lama ingin lepas dari NKRI memang terkenal haus darah dan menghalalkan segala cara agar keinginannya terpenuhi, yaitu lepas dari Indonesia. Pihak TNI pun menugaskan Kononel Larung Nusa, pimpinan Satuan Antiteror Kopassus, untuk mengatasi masalah tersebut.

Bagi Kolonel Nusa, yang selama ini dipandang sebelah mata karena dirinya adalah menantu menteri yang berpengaruh bagi TNI, meskipun banyak prestasi gemilang yang ia raih atas usahanya sendiri, menganggap penugasan di Tanah Papua tersebut adalah ajang pembuktian bagi semua pihak. Ia sebenarnya lebih menyukai cara damai dan menghindari pertumpahan darah. Sayang sekali cara tersebut gagal. Malangnya lagi, seorang korban penyanderaan dan seorang anggota TNI tewas. Seorang anggota TNI yang lain bahkan dikabarkan hilang. Hal ini tentu mencoreng prestasi Nusa.

Nusa pun diskors selama dua minggu. Namun skorsing tersebut rupanya adalah sebuah kesempatan lain bagi Nusa. Ia ditawarkan untuk menempuh jalan yang berbeda untuk membasmi gerakan separatis OPM. Ia diminta membentuk Tim Hantu, sebuah tim yang tak akan diakui sama sekali oleh pemerintah dan TNI. Keberhasilan mereka tak akan dianugerahi penghargaan. Bila tewas, mereka tak akan dimakamkan secara militer.  Ditambah lagi, sebuah informasi menyebutkan bahwa lawan kali ini ternyata bukan sekadar milisi OPM biasa. Kabar ini tentu menyiutkan nyali bagi orang yang bermental lembek. Demi tujuan mulia untuk NKRI, Kolonel Nusa tidak gentar. Ia  menyanggupi tawaran tersebut, termasuk bersedia menanggung segala risikonya.

Berhasilkah Tim Hantu menjalankan misinya? Siapa sebenarnya dalang dari penyanderaan tersebut? Temukan jawabannya dalam Tiga Sandera Terakhir, sebuah thriller militer karya Brahmanto Anindito.

Ketika menutup novel ini, saya dipenuhi perasaan takjub. Sudah lama saya tak membaca novel penuh aksi menegangkan karya anak bangsa. Kangen juga rasanya. Dan novel ini sukses mengobati kerinduan saya tersebut. Tiga Sandera Terakhir adalah buku pertama Bharmanto Anindito yang saya baca, dan saya langsung menyesal mengapa belum membaca satu pun karya beliau sebelum ini. (Note to self: cari novel Rahasia Sunyi dan Satin Merah).

Tiga Sandera Terakhir terinspirasi dari kisah nyata penyanderaan para peneliti Lorentz selama 130 hari di desa Mapnduma, Irian Jaya (sekarang Papua) pada tahun 1996. Kala itu saya masih duduk di bangku SD dan tak punya ingatan sama sekali tentang peristiwa tersebut dan baru mengetahuinya setelah mencari informasi di internet sambil menunggu buku ini tiba di tangan saya. Melalui novel ini, penulis ingin menyegarkan ingatan pembaca yang mungkin pernah mengetahui tragedi berdarah tersebut, tentang OPM, tentang usaha penyelamatan oleh TNI, yang dirangkai dalam kisah fiksi penuh aksi dengan setting waktu yang lebih modern. Keren!

Bisa dikatakan novel ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama bercerita tentang penyanderaan yang dilakukan oleh OPM serta usaha penyelamatan sandera oleh Kopassus. Bagian kedua, yang membuat novel ini semakin seru, adalah ketika Tim Hantu terbentuk dan mulai beraksi. Penulis berhasil merangkai cerita yang membuat penasaran, lengkap dengan adegan-adegan yang memacu adrenalin. Dari novel ini, pembaca akan lebih memahami konflik yang terjadi antara OPM dan pemerintah NKRI. Mengapa OPM begitu kekeuh agar Papua pisah dari Indonesia? Mengapa OPM begitu membenci Indonesia dan TNI? Lalu, bagaimana pihak NKRI dan TNI menyikapi semua itu? Semuanya dijabarkan secara dramatis di sini.

Sudut pandang cerita disajikan secara dinamis, baik dari pihak sandera, OPM, maupun TNI. Wah, rasanya seperti menonton film aksi. Walau secara umum novel ini bernuansa serius dan menegangkan, penulis tak lupa menyelipkan humor di dalamnya. Misalnya, rangkaian password untuk mengakses informasi mengenai calon anggota Tim Hantu yang akan direkrut Kolonel Nusa ternyata ALAY. Haduh, saya sakit perut gara-gara ngakak. :))

Riset yang dilakukan penulis untuk novel ini patut diacungi jempol.  Penulis tak hanya menyajikan cerita yang terinspirasi dari kisah nyata, tapi juga berbagi informasi seputar dunia kemiliteran di Indonesia, dan tentu saja, tentang tanah Papua. Pembaca diajak untuk mengenal Bumi Cenderawasi lebih dekat, mulai dari letak geofrafisnya, bahasa, budaya, hingga kekayaan alamnya. Semuanya disajikan dengan menarik dan jauh dari membosankan.

Secara keseluruhan, saya sangat menyukai novel ini. Tokoh favorit? Tentu saja kolonel Nusa dan Tim Hantu-nya. Adegan favorit? 1. Semua adegan tembak-tembakan di dalamnya, 2. Interaksi antar anggota Tim Hantu (duh, saya jatuh cinta sama tim ini), 3. Duel final antara Kononel Nusa dan dia-yang-namanya-nggak-akan-saya-sebutkan-karena-takut-spoiler. Memang masih terdapat sedikit kekurangan di novel ini, misalnya, masih terdapat beberapa typo (salah ketik). Dan menurut saya, seharusnya beberapa karakter penting dalam novel ini bisa dieksplor lebih dalam lagi (iya, saya lagi ngomongin Tim Hantu. Sudah saya bilang, belum, kalau saya jatuh cinta sama tim ini?). Hehe.

Akhir kata, terima kasih buat Brahmanto Anindito dan Noura Books yang telah memberi kesempatan bagi saya untuk membaca dan mereview novel keren ini. Dua jempol saya berikan untuk penulis atas karya gemilangnya ini. Tentu saja, saya sangat menantikan karya penulis berikutnya.

Bagi pembaca yang penasaran dan ingin info lebih lanjut mengenai novel Tiga Sandera Terakhir, silakan berkunjung ke http://warungfiksi.net/tiga-sandera-terakhir/



GIVEAWAY DITUTUP.

Teman-teman pengen punya novel Tiga Sandera Terakhir juga? Silakan mengikuti giveaway di bawah ini. Bagi 1 pemenang yang beruntung akan mendapatkan 1 esksemplar Tiga Sandera Terakhir. Syaratnya sebagai berikut:
1. Follow Twitter penerbit @nourabooks dan penulis @brahmandito.
2. Bagikan tautan (link) postingan ini ke media sosialmu (tidak harus Twitter) dengan hashtag #TigaSanderaTerakhir plus kesanmu terhadap novel ini.
3. Jawab pertanyaan berikut: “Menurutmu, novel thriller yang menarik itu seperti apa?” Tulis jawabanmu di kolom komentar dengan format:
Nama Lengkap:
Akun Twitter:
URL tautan di media sosial:
Jawaban:
Giveaway di blog ini berlangsung selama seminggu, mulai hari ini sampai dengan tanggal 26 September 2015 pukul 22.00 WIB. Pemenang akan dipilih secara random dan akan diumumkan 1-2 hari setelah tanggak berakhirnya giveaway. Hadiah akan dikirim oleh penerbit serentak setelah pemenang terakhir diumumkan.

Bagi yang beruntung di blog ini, jangan khawatir. Masih ada blogtour #TigaSanderaTerakhir di blog berikutnya kok. Berikut daftar lengkap host-nya:

Sulis: kubikelromance.com (6-12 September 2015)
Nana: readinginthemorning.blogspot.com (13-19 September 2015)
Saya: kandangbaca.com (20-26 September 2015) <-- sedang berlangsung saat ini.
Luckty: luckty.wordpress.com (27 September-3 Oktober 2015)
Ridho: ridhodanbukunya.wordpress.com (4-10 Oktober 2015)

Well, selamat mengikuti giveaway. Good luck! ^^

23 komentar:

  1. Nama: Pramestya Ambangsari
    Twitter : @p_ambangsari
    URL : twitter.com/p_ambangsari/status/645428175955038208

    “Menurutmu,
    novel thriller
    yang menarik itu
    seperti apa?”
    Jawaban :
    Yang bisa bikin deg-degan, tegang, melongo kaget, tapi tetep bikin penasaran tiap lembarnya. Kayak naik roller coaster. Bikin takut tapi nggak mau berhenti, dan diakhirnya ngena di hati dan pikiran. Keinget terus soalnya puas sama ceritanya.

    BalasHapus
  2. Ikut giveaway yaa... by the way, i like thrill. Aku suka tapi hanya novel ya. Kalau film kadang suka pilih-pilih. Kalau filmnya terang-terangan nusuk sampe muncrat darahnya beneran bikin ngilu.

    Aku sudah baca juga "Satin Merah" Itu keren banget. Aku baca pas masih kuliah kayanya. Aku langsung rekomen temenku yang ada di Cianjur (orang Sunda) untuk baca Satin Merah. Yang nggak pernah kulupain bagian pas nemuin mayat di kamar mandi. Haha, aku syok dan nggak nyangka.

    Rupanya Penulis kece ini nulis thrill baruuuu :3 Berbau militer, kayanya menantang. Semoga aku beruntung!

    Nama Lengkap: Vindyantari Aprillia Putri
    Akun Twitter: @vindy2804
    URL tautan di media sosial:
    1. Twitter. https://twitter.com/vindy2804/status/645582717023711232
    2. Facebook: https://www.facebook.com/vindy.putri.2804/posts/10204334942005220?pnref=story
    Jawaban:
    Yang secara tulisan ngegambarin detail kekejaman atau prilaku tragis. Sehingga yang baca bisa membayangkan betapa miris dan mengenaskannya sebuah pristiwa itu. Tapi tetap dengan unsur teka-teki. Selain berimajinasi, juga bikin penasaran :D
    Lebih asik lagi nih, kalau sekalian kaya konsepnya Gosebumps. Yang ada clue-nya, Mana yang harus dipilih? Kotak coklat ke halaman 43. Buka pintu berlubang ke halaman 60. Hehe... Makin asik. Endingnya bisa macem-macem. Keren kali ya.

    BalasHapus
  3. Nama: Diki Siswanto
    Akun twitter: @diki_twips
    Url tautan : https://twitter.com/diki_twips/status/645584741752635392
    Jawaban: Novel thriller yang menarik ituu mampu membawa imajinasi pembaca untuk terlibat dalam cerita,bikin deg degan, ngeri, tetapi selalu menghadirkan hal hal tak terduga dan bikin penasaran. Plus ending nya mengharukan :)

    BalasHapus
  4. Nama Lengkap : Naelil Maghfiroh
    Akun Twitter: @Naelil_ID
    URL tautan di media sosial: https://twitter.com/Naelil_ID/status/645650073502789632 dan https://twitter.com/Naelil_ID/status/645650545521393664

    “Menurutmu, novel thriller yang menarik itu seperti apa?

    Jawaban:

    Novel thriller yang menarik itu yang bisa bikin jantungan, keringetan, mata melotot, begadang, gemetaran, pengin segera tahu endingnya tapi menikmati setiap proses membacanya dan sedih pas sampai bagian akhir cerita. Yang lebih menarik lagi, yang mudah diimajinasikan, alurnya nggak ketebak, bikin guling guling geleng geleng gelibak gelibuk. Pokoknya gitulah.... Bikin gempar sampai kebawa mimpi dan esoknya masih mikirin tentang kisah dalam buku tersebut. Apalagi yang endingnya gantung atau bikin geregetan :)

    BalasHapus
  5. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun Twitter : @Agatha_AVM
    URL Tautan : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/645751429827661824

    “Menurutmu, novel thriller yang menarik itu seperti apa?

    Penuh dengan teka-teki tentang pembunuhannya. Ada twist di bagian ending sehingga kita nggak nebak-nebak dan terjangkit rasa penasaran akut. Apalagi kalau sampai bulu kuduk meremang melihat berbagai teror dan penyebab kematian yang sadis. Rasanya juga kita terbawa dalam alur cerita tersebut. Bikin suasana tegang serta ketakutannya jelas kental terasa. Tapi yang paling penting dan bikin novel thriller tersebut lebih hidup adalah pengetahuan serta sesuatu yang berbeda dan jarang diulas oleh penulis lain. Misalnya saja, ada cara pembunuhan baru atau mungkin dia melakukan pembunuhan dengan cara tidak biasa dan tidak dapat dicerna oleh akal sehat sampai polisi/detektif/penyidik tidak dapat menemukan jejak si pembunuh. Atau dengan militer seperti novel "Tiga Sandera Terakhir" ditampilkan dengan setting berbeda dan cara pembunuhan dari sudut pandang berbeda.

    BalasHapus
  6. Tri Indah Permatasari
    @LiebeIs0503
    https://twitter.com/LiebeIs0503/status/645752154624409600

    Novel thriller menarik itu yang seperti apa? sebelum jawab pertanyaannya. aku mau bilang novel thriller terakhir yang pernah kubaca adalah The Dead Returns karya Akiyoshi Rikako. Dan itu adalah novel yang membuatku tertarik.

    Dan inilah hal-hal yang membuat sebuah novel thriller menarik perhatianku, Covernya yang penuh misteri tentunya harus mendukung sinopsis, Sinopsis yang membuat aku berpikir "lalu bagaimana selanjutnya?", Tema cerita yang meskipun biasa dibawakan tapi mampu menuangkan ide yang berbeda dan mempunyai ciri khas tersendiri, Karakter tokoh yang begitu kuat untuk semua tokoh bahkan walaupun dia hanyalah tokoh pendukung, Konflik yang membuat aku tidak sanggup untuk berhenti membaca meskipun hanya sebentar saja (bacanya selalu malam), Misteri yang mampu membuat otakku berpikir keras menebak apa yang sebenarnya terjadi dan pada akhirnya membuat aku membenci novelnya karena DAMN bagaimana bisa itu yang terjadi, tiddak mungkin 'sesuatu yang diluar dugaan terjadi' dan itu benar-benar novel thriller yang ngak akan pernah terlupakan alur ceritanya.

    BalasHapus
  7. Ananda Nur Fitriani
    @anandanf07
    https://twitter.com/anandanf07/status/646072907668426752

    Menurutku, novel thriller menarik itu yang mempunyai tema dengan latar belakang yang unik, dan berbeda dengan yang lain, sehingga mempunyai ciri khas tersendiri. Novel thriller itu identik dengan teka-teki atau suatu misteri, maka penulis harus mampu menuturkan permasalahan dengan baik dan mengalir, sehingga dapat mengajak pembaca untuk menyelami kisahnya, membuat pembaca menikmati dan ikut memikirkan permasalahannya. Tidak perlu adegan yang terlalu sadis, karena ini novel, maka penulis harus mampu mentransfer kengerian itu dalam penggunaan bahasanya, membuat pembaca dapat berimajinasi dan bergidik ngeri karena imajinasinya sendiri ^^ Cover bukunya pun akan menjadi peran pendukung yang sangat kuat, maka covernya harus menonjolkan sisi miterius, sehingga pembaca semakin penasaran :D terakhir, endingnya harus dapat meluapkan rasa penasaran dan memberikan kepuasan pada para pembaca nya! ^^

    BalasHapus
  8. Nama Lengkap: Wening Purbawati
    Akun Twitter: @dabelyuphi
    URL tautan di media sosial: https://twitter.com/DabelyuPhi/status/646144377841020929
    Jawaban: novel yang penuh teka-teki yang jawabannya justru menimbulkan teka-teki yang lain. yang bikin penasaran dari awal baca sampe akhir dan gak bisa ditinggalin walo cuma sebentar saja. mempunyai cerita unik dan beda dari yang lain. dan tentu saja punya cover yang misterius.

    BalasHapus
  9. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/646186224357502978

    Novel thriller yang menarik itu novel yang pada mulanya memberikan
    kesan manis diawal namun semakin ke belakang konflik nya semakin panas dan menegangkan
    yang bikin pembaca larut dalam setiap tulisannya dan bisa merasakan suasana dan ketegangan di novel tsb,
    yang buat pembaca penasaran sampai akhir bab dan yang penting harus happy ending... :D

    BalasHapus
  10. Nama : Dhila
    Akun twitter : @fadhilatulip
    Share : https://twitter.com/fadhilatulip/status/646302593254207489

    Jawaban : cerita thriller seperti apa yang pingin aku baca? yang plotnya bagus dan bikin penasaran! lebih bagus lagi kalo memang penulisnya mengembangkan cerita berdasarkan riset, wah makin meyakinkan tuh ceritanya hihi. makin meyakinkan di sini berarti logis jalan ceritanya, bukan sekedar menghipnotis pembaca dengan kata-kata yang berbunga. dan novel 3 sandera terakhir ini sepertinya cukup bikin penasaran juga. soalnya ga cuma 1-2 orang yang bilang bagus, berarti ya memang bikin penasaran kan heheheh. OK, Tiga Sandera Terakhir sudah saya masukan dalam wishlist. :)

    BalasHapus
  11. Nama Lengkap: Dian Maya
    Akun Twitter: @dianbookshelf
    Share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/646520762417811456

    Jawaban: Novel thriller yang bagus adalah berupa certita potongan puzzle yang yangharuskan pembaca untuk merangkai semua keseluruhan ceritanya agar mendapatkan satu cerita utuh. Tidak harus ada adegan mutilasi. Tapi aksi baku tembak adalah unsur yang wajib. Oh iya, ditambah dengan romansa yang cukup porsinya. Karena apalah artinya sebuah cerita tanpa romansa di dalamnya? :)

    BalasHapus
  12. Nama: Eni Lestari
    Akun twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/646571338509844480

    Jawaban:
    menurutku novel thriller yang menarik itu yang: (1) sejak awal membuat pembaca terpikat dengan gaya bahasanya yang lugas dan gak bertele2, (2) pembaca disuguhi clue2 terkait konflik yang disuguhkan, namun semakin mendalami ceritanya, sulit sekali menemukan titik temu atas masalahnya, (3) kejutan bombastis di ending yang membuat pembaca merasa: "ah, sialan! ternyata begitu! kok gak nyadar sih dari tadi!". intinya novel thriller yang menarik itu yang bisa bikin pembaca terkecoh dan tertipu.

    BalasHapus
  13. Nama Lengkap: Fery Juni Ismarianto
    Akun Twitter: @FJrean
    URL tautan di media sosial: http://twitter.com/FJrean/status/646730091880390656
    Jawaban: Yang ada kejar-kejarannya. Bukan hanya kejar-kejaran yang melibatkan lari, apalagi lari dari kenyataan seperti kenyataan bahwa si dia telah dimiliki seseorang, tapi bisa juga dikejar deadline atau dikejar waktu kayak semisal ada bom waktu yang kalau tebusan tidak terpenuhi maka akan meledak dan mengeluarkan pelangi.

    BalasHapus
  14. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniay
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/646880875343298560

    Jawaban:
    Hmm, sebenarnya jawaban ini sangat tergantung pada selera masing-masing ya. Tapi kalau buat aku, thriller yang bagus itu yang nggak cuma main darah-darahan atau mutilasi sana sini. Alangkah bagusnya kalau bisa mengaitkan soal kasus yang berdasarkan profesionalisme. Bukan cuma karena dendam pribadi. Kalau dicampur sama kisah nyata dan diselipin dengan beberapa guyon juga bisa tambah sip tuh, makin terasa real-nya dan nggak melulu tegang di setiap halaman. Aku juga lebih suka kalau cerita yang banyak twist-nya, yang bisa ngecoh sampe ngebegoin diri sendiri. Hahaa. Nggak cuma thriller sih, genre lain juga terasa lebih asik kalau banyak twist kan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf typo
      ID twitterku @murniaya
      Makasih. ;)

      Hapus
  15. Nama Lengkap: Cahyaningrum Supartomo
    Akun twitter: @chynrm
    URL tautan: https://twitter.com/chynrm/status/646954639682699264

    Jawaban: thriller dengan konflik/kasus berantai. Mungkin ini udah pasaran sekali ya? Tapi nyatanya yang seperti ini memang sangat laris diminati pembaca, termasuk saya hehe. Soalnya kalau thriller yang seperti itu bikin penasaran sampai ke akhir cerita dan susah berhenti baca, mau itu dengan motif karena cinta atau yang lainnya.

    BalasHapus
  16. Nama Lengkap: Dion Yulianto
    Twitter: @dion_yulianto
    Tautan: http://www.kandangbaca.com/2015/09/blogtour-giveaway-tiga-sandera-terakhir.html#comment-form

    Jawaban:Thriller ala-ala Da Vinci Code adalah yang terbaik menurut saya karena ada perpaduan antara aksi, misteri, pengetahuan (sejarah) serta sedikit romansa untuk memanaskan suasana. Juga, ada deskripsi setting yang indah dan menawan sehingga pembaca tergerak untuk googling tentang tempat itu, kayak KangO yang langsung googling gambar Pegunungan Bersalju di Papua. Novel yang bagus, selain menghibur, adalah yang menambah pengetahuan kepada pembaca serta membuat mereka ingin datang langsung ke tempat itu.

    BalasHapus
  17. Nama Lengkap: Wardahtuljannah
    Akun Twitter: @bungaoktober_
    URL tautan di media sosial: https://twitter.com/bungaoktober_/status/647431703355494400

    Jawaban: Thriller cita rasa lokal gini. Serius penasaran. Apalagi kalau nyinggung isu-isu cukup sensitif, misal politik, militer, bahkan sejarah negeri ini. Selain penasaran sama kebenaran yang ada dalam negeri ini, saya penasaran sama pandangan para penulis soal negeri ini.
    Lewat tulisannya saya jelas bisa tahu sebenarnya penulis ini masih menyimpan harapan atau tidak pada Indonesia. Selain itu, saya juga bakal tahu sebenarnya apa harapan penulis untuk negeri ini. Siapa tahu saya menemukan lebih banyak harapan agar terus percaya. :""
    Saya selalu suka novel-novel yang diangkat dari konflik neger ini, dari bagian sejarah. Apalagi jika novel tersebut thirller, pasti lebih menengangkan ya. Duh makanya penasaran banget sama novel ini huhu.

    BalasHapus
  18. Nama Lengkap: Selvia Sari Rahmawati
    Akun Twitter: @siimisfil
    URL tautan di media sosial: https://twitter.com/siimisfil/status/647474246835302400
    Jawaban:
    Menurutku, novel thriller yang menarik itu:
    - yang bikin nagih bacanya, kayak stalk gebetan gitu :3 Kata-katanya nggak ribet. Gaya penulisannya oke. Penulisannya memperhatikan EYD, biar mata nggak makin minus :3
    - yang bikin jantung kita ngerasa dipermainkan, berasa masuk dalam permainan kata penulis
    - yang bikin logika kita ikut main, berasa mikir :D
    - yang banyak twistnya, biar berasa dapet banyak kejutan :D
    - kalau bisa, yang thrillernya Indonesia bangettt~

    :3

    BalasHapus
  19. Nama : Fita Nia
    Twitter : @fitania09
    Link sharehttps: https://twitter.com/fitania09/status/647616815565115392?s=01
    Jawaban : Novel Thriller yang menarik menurutku sih, yang banyak mengajak pembaca berpikir. Jadi artinya mereka bisa meramu sendiri jawaban tiap misteri. Selain itu, juga bisa mengaitkan dengan isu-isu global dan pengetahuan lainnya. Jadi sembari membaca kita juga belajar dan mendapat hal-hal yang baru. Ada kalanya memang harus menambahkan beberapa kejutan tapi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

    BalasHapus
  20. Nama: Thia Amelia
    Twitter: @Thia1498
    url tautan: https://twitter.com/Thia1498/status/647697716366082049

    “Menurutmu, novel thriller yang menarik itu seperti apa?”

    Thriller yang mengangkat kisah dari Indonesia. Dulu, ketika Indonesia sedang masa orde lama, banyak sekali pembunuhan-pembunuhan yang dilatar belakangi perbedaan paham. Bahkan dulu, agama islam pun termasuk, karena mereka ingin membuat Indonesia mejadi Negara islam. Yang menarik itu menurut saya adalah ketika pemberontakan PKI, atau yang terkenal dengan G30S/PKI. Mereka membuat lubang buaya, dimana lubang itu berisi mayat para jendral besar yang sebelumnya menghilang dan ditemukan dilubang itu. Banyak anggapan yang melatar belakangi, dan belum ada hasil fix kenapa G30S/PKI dan lubang buaya terjadi. Novel thriller yang menarik mungkin bisa mengangkat dari kisah itu. Atau mengangkat sebuah kejadian yang banyak sekali teori-teori mengapa kejadian ini terjadi. Indonesia termasuk Negara yang kaya, dan juga salah satunya adalah kejadian yang belum terpecahkan.

    BalasHapus
  21. Nama : Rany Dwi Tanti
    Twitter : @Rany_Dwi004
    Url : https://twitter.com/Rany_Dwi004/status/647734673066455041
    Jawaban : “Menurutmu, novel thriller yang menarik itu seperti apa?”

    Novel thriller yang menarik itu yang mampu memberikan pengetahuan baru, pesan moral yang harusnya direnungkan dan pelajaran hidup kepada para pembacanya. Tidak sekedar menunjukkan kelihaian menulis atau keindahan cerita yang disuguhkan saja. Tentunya yang menantang adrenalin. Yang konfliknya lebih bervariasi dan mampu membawa pembaca menelusuri sebuah dunia yang baru. Dunia yang lebih menggugah. Apalagi kalau penulis menyajikan semacam puzzle-puzzle untuk para pembaca sehingga mempersulit pembaca untuk menebak kemana arah cerita ini berujung. Yang selalu bisa membuat para pembacanya mencurigai tokoh ini-itu dan membuat pembaca mau berpikir untuk menebak-nebak alurnya yang disajikan dengan begitu rumit untuk mengecoh. Dan tidak membuat para pembacanya merasa bosan sedikit pun, malahan membuat semakin penasaran dan terus mencari tahu kebenaran yang sesungguhnya. Tapi yang paling penting cerita yang dihadirkan tidak bertele-tele, lebay atau ngalor ngidul. Lebih berpusat dan jelas.

    BalasHapus
  22. nama : alvina
    twitter : @alvina13
    url : https://twitter.com/alvina13/status/648122852814663680

    jawaban :
    yang bikin aku ngga pengen berhenti baca dan makin penasaran ama kelakuan tokoh utama atau ceritanya atau misteri yang dibuat penulisnya. yang bikin aku ikut deg-degan mengikuti kisahnya XD

    BalasHapus

Back to top