7 Jun 2013

Summer in Seoul by Ilana Tan

Judul: Summer in Seoul
Seri: Season Series #1
Penulis: Ilana Tan
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006
Tebal: 280 hlm.
ISBN: 9792224602

Sinopsis:
Jung Tae-Woo—penyanyi muda terkenal Seoul yang muncul kembali setelah empat tahun menghindari dunia showbiz.

"Aku hanya ingin memintamu berfoto denganku sebagai pacarku," kata Jung Tae-Woo pada gadis di hadapannya.

Sandy alias Han Soon-Hee—gadis blasteran Indonesia-Korea yang sudah mengenali Jung Tae-Woo sejak awal, namun sedikit pun tidak terkesan.

Sandy mengangkat wajahnya dan menatap laki-laki itu, lalu berkata, "Baiklah, asalkan wajahku tidak terlihat."

Awalnya Jung Tae-Woo tidak curiga kenapa Sandy langsung menerima tawarannya. Sementara Sandy hanya bisa berharap ia tidak akan menyesali keputusannya terlibat dengan Jung Tae-Woo. Hari-hari musim panas sebagai "kekasih" Jung Tae-Woo dimulai. Perubahan rasa itu pun ada. Namun keduanya tidak menyadari kebenaran kisah empat tahun lalu sedang mengejar mereka.

Han Soon-Hee atau Sandy adalah gadis blasteran Indonesia-Korea yang sedang kuliah dan menetap di negeri ginseng tersebut. Gara-gara ponselnya tertukar dengan ponsel milik seorang manajer artis, Sandy akhirnya bertemu dengan seorang penyanyi pria yang tampan dan terkenal bernama Jung Tae-Woo. Di luar dugaan, Jung Tae-Woo yang pernah menghilang dari dunia hiburan Korea selama empat tahun, meminta bantuan dari Sandy. Pemuda itu ingin menepis gosip gay yang sedang menimpa dirinya, dengan cara berfoto dengan Sandy sehingga terlihat seolah-olah mereka adalah sepasang kekasih. Sandy yang tidak begitu ngefans pada Jung Tae-Woo menyanggupi permintaan artis tersebut, dengan syarat wajahnya tidak boleh kelihatan sama sekali.

Awalnya segalanya berjalan lancar. Sandy melakukan tugasnya dengan baik, meski ia sempat merasa tidak enak pada sahabatnya yang merupakan fans berat Jung Tae-Woo. Tapi lama-kelamaan hubungan Sandy dan Jung Tae-Woo menjadi semakin rumit, sebab keduanya mulai memiliki perasaan khusus terhadap satu sama lain.

Pertanyaan penting pun mencuat: sejak awal Sandy menyanggupi permintaan tolong Jung Tae-Woo, namun kelihatannya gadis itu tak ingin meminta apa-apa sebagai balasan atas pertolongan yang diberikannya. Apakah ada niat terselubung dari Sandy? Siapa sebenarnya gadis blasteran Indonesia-Korea itu? Apakah Sandy ada hubungannya dengan peristiwa empat tahun yang lalu—sebuah peristiwa yang membuat Jung Tae-Woo memutuskan untuk menghilang dari dunia hiburan?

Temukan jawabannya dalam novel romantis berjudul Summer in Seoul karya Ilana Tan.

***

Sebenarnya Summer in Seoul sudah beredar cukup lama, tepatnya sejak tahun 2006. Namun waktu itu saya tak pernah berminat membacanya. Saya kurang suka sama covernya, sehingga selalu melewatkannya saat mengunjungi toko buku. Namun saya akhirnya memberanikan diri untuk membaca buku ini setelah membaca review dari orang-orang. Di luar dugaan, ternyata saya sangat menikmati kisahnya. Buku pertama dari Season Series ini cukup ringan, bahasa yang digunakan pun tidak ribet, bahkan sederhana. Padahal sebagian besar dialog dalam buku ini ditulis dengan bahasa Indonesia yang baku, mengingat dialog antartokoh aslinya adalah dalam bahasa Korea. Namun penggunaan bahasa yang baku tak membuat buku ini menjadi kaku. Ceritanya malah mengalir mulus.

Narasi dan deskirpsi dalam novel berlatar Korea ini cukup baik, sehingga saya merasa seolah-olah sedang menonton drama Korea. Meski ceritanya cenderung ringan dan santai, namun saya selalu tak sabar membalik halaman buku ini, sebab saya amat penasaran pada apa yang akan terjadi pada Sandy maupun Jung Tae-Woo. Proses perkebangan hubungan Sandi dan Tae-Woo terasa begitu wajar, meski sebenarnya saya merasa kejadian artis-minta-tolong-kepada-orang-biasa agak kurang masuk akal sehingga mengarah ke fanfiction.

Secara keseluruhan, saya sangat menikmati buku ini. Yang dirasa kurang menurut saya adalah konfliknya yang tidak terlalu tajam. Buku ini sangat cocok dibaca oleh penyuka cerita romantis yang sedang ingin membaca kisah cinta yang ringan-ringan. Sedikit curhat nih, saat mulai membaca Summer in Seoul, saya merasa bingung dengan nama-nama para tokohnya. Bahkan, saya masih sulit membedakan nama cowok dan cewek Korea. Para Korean-lover sih pasti tak akan mengalami kendala soal nama. Akan tetapi, kamu tidak harus seorang Korean-lover kok, untuk dapat menikmati Summer in Seoul.

Setelah membaca Summer in Seoul, saya resmi memasukkan Ilana Tan ke dalam daftar penulis favorit (telat banget ya?). Saya jatuh cinta pada gaya berceritanya yang santun. *peluk cium untuk mbak penulis*

13 komentar:

  1. wah selamat kang, nambah penulis favorit baru #eaaa

    BalasHapus
  2. Setelah namatin Season seriesnya, aku malah mencoret Ilana Tan dari daftar penulis yang bukunya kubeli #gethoklila :D

    BalasHapus
  3. Ini novel bau2 Korea yang pertama kali gw baca. Dulu loh.. duluuuuu bgt sebelum demam korea2an sekarang. Dan gw suka. Sama kayak lu Darl, gw suka santunnya bahasa dia dalam novel. Santun, tapi tetep ahsek. :)

    Ngomong2 soal novel Korea ya, gw kapok beli novel bau2 Korea lagi. ADa tuh satu, ngga kelar2 gw baca. Hih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa tuh, yang nggak kelar dibaca Darl? :D

      Hapus

Back to top