5 Agt 2015

Opini Bareng BBI: Sidekick Characters

image source here, edited by me.

Bicara soal sidekick character (tokoh pendamping), dulunya saya beranggapan bahwa istilah tersebut hanya berlaku dalam film superhero atau video game. Dalam dunia superhero saya mengenali beberapa tokoh sidekick yang memang sangat tersohor, misalnya Robin sebagai tokoh pendamping Batman dan Harley Quinn sebagai tokoh pendamping Joker. Kalau di video game ada Luigi sebagai tokoh pendamping Mario, Tail sebagai tokoh pendamping Sonic, dan sebagainya.

Ternyata istilah sidekick tidak hanya berlaku dalam dunia superhero atau video game, tapi juga berlaku dalam dunia literasi, serta tidak selamanya harus berkisah tentang superhero. Peran sidekick character baik dalam film, komik, video game, maupun dalam novel secara umum sama saja, yaitu membantu tokoh utama mencapai tujuannya. Biasanya, meski tidak selalu, tokoh-tokoh sidekick adalah sahabat dekat sang tokoh utama itu sendiri.

Untuk postingan kali ini, saya ingin me-mention (halah) beberapa karakter sidekick menarik dari novel-novel yang pernah saya baca. Here we go:

1. Dr. John Watson (Sidekick to: Sherlock Holmes in Sherlock Holmes Books)
Sejujurnya saya mulai lebih menyukai tokoh Watson sejak menonton adaptasi novel Sherlock Holmes ke dalam bentuk mini seri produksi BBC. Karakter Watson versi BBC ini lebih jenaka. Jadi, setelah membaca ulang novel Sherlock Holmes yang berjudul A Study in Scarlett, yang mana merupakan kisah awal pertemuan Watson dan Holmes, mau tak mau image Watson versi BBC terbawa terus ketika membaca novel tersebut. Hasilnya, saya lebih menikmati membaca A Study in Scarlett.
Sherlock Holmes dan John Watson (sumber)

2. Ron dan Hermione (Sidekick to: Harry Potter in Harry Potter Series)
Peran Ron dan Hermione sangat besar dalam serial karya J.K. Rowling ini. Saya yakin Harry Potter nggak bakal bisa bertahan menghadapi semua masalah di Hogwarts terutama saat menghadapi musuhnya, Lord Voldemort, kalau nggak ada Ron dan Hermione yang begitu setia hingga akhir.
Hermione dan Ron (sumber)

3. Sam (Sidekick to: Frodo in The Lord of The Rings Trilogy)
Tak ada yang dapat memisahkan Sam dari Frodo. Sam rela melakukan apa saja demi membantu Frodo mengancurkan cincin pembawa petaka. Saking dekatnya hubungan mereka, beberapa fans sering ‘memasangkan’ Sam dan Frodo dalam setiap kesempatan. Apa ya, istilahnya dalam dunia per-fandom-an? Shipping? Nge-ship? Pokoknya itulah. :))
Frodo dan Sam (sumber)

4. Annabeth dan Grover (Sidekick to: Percy Jackson in Percy Jackson Series)
Mereka sama persis dengan Hermione dan Ron di serial Harry Potter. Enough said.
Grover, Percy, dan Annabeth (sumber)

5. Wina (Sidekick to: Alexandra in Divortiare, Twivortiare, and Twivortiare 2)
Kalau ditanya siapa tokoh sahabat favorit saya dalam novel-novel romance lokal, maka saya akan memilih Wina, sahabat dekat Alexandra. Tak hanya memiliki kepribadian yang seru, Wina juga selalu punya nasihat jitu yang mampu menenangkan Alex yang gampang panas.

6. Adrianna dan Maybella (Sidekick to: Rashi in Glam Girls Novels)
Meski novel Glam Girls terdiri dari tiga buku dan setiap buku ditulis dari sudut pandang yang berbeda-beda (Adrianna, Rashi, dan Maybella), tetap saja tokoh Rashi sebagai Queen Bee yang paling menonjol auranya. Meski demikian, tokoh pendampingnya, yaitu Adrianna dan Maybella tidak kalah mencuri perhatian. Seru juga membaca novel dari sudut pandang para sidekick ini.
Adrianna, Maybella, dan Rashi (sumber: goodreads)

Itulah beberapa sidekick character favorit dari novel-novel yang pernah saya baca. Tokoh sidekick yang unik memang dapat membuat cerita menjadi lebih menarik. Beberapa pembaca bahkan lebih menyukai tokoh sidekick dibanding tokoh utama. Misalnya saya, yang lebih menyukai tokoh Watson ketimbang Holmes. Tapi kalau ditanya siapa karakter sidekick yang benar-benar menjadi favorit saya sepanjang masa di luar dunia literasi, maka jawaban saya adalah Patrick dari serial kartun Spongebob Squarepants. :D

Kalau kamu, siapa sidekick character favoritmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top