26 Apr 2015

The Death Cure (The Maze Runer #3) - James Dashner

Judul: The Death Cure
Seri: The Maze Runner #3
Penulis: James Dashner
Penerjemah: Yunita Candra
Penerbit: Mizan Fantasi
Cetakan: I, Februari 2012
Tebal: 492 hlm
ISBN13: 9789794336786

Sinopsis:
Keadaan makin tak terkendali. Penculikan manusia kebal terjadi dimana-mana. WICKED menyebarkan foto Thomas sebagai buronan paling dicari dengan imbalan tinggi. Kejutan justru muncul di Denver, kota dengan pengamanan superketat terhadap penyebaran virus Flare. Seorang kawan lama muncul. Bagaimana mungkin? Bukankah dia sudah mati di tangan Thomas?

Siapakah otak di balik penculikan itu? Mengapa mereka menculik manusia kebal? Sementara itu, WICKED mempunyai rencana baru yang tak kalah gila dan Thomaslah satu-satunya orang yang bisa menggagalkannya. Sanggupkah Thomas kembali ke neraka itu demi menghancurkan rencana yang mengancam kelangsungan hidup umat manusia?

Perhatian: Review ini mungkin mengandung spoiler buku sebelumnya.

Di ending buku kedua, Thomas dan kawan-kawan berhasil mencapai Berg (pesawat canggih milik WICKED) setelah bertarung melawan monster-monster ciptaan organisasi tersebut. Kali ini WICKED benar-benar memenuhi janjinya untuk membawa para subjek ke tempat yang aman. Tak ada lagi tes, tak ada lagi percobaan-percobaan gila. Tapi benarkah demikian?

WICKED, melalui si Tikus Botak, berjanji akan mengembalikan ingatan semua anak yang menjadi subjek tes mereka. Namun mengingat hal-hal buruk yang telah Thomas alami gara-gara WICKED, anak itu memutuskan untuk menolak ingatannya dikembalikan. Dari semua subjek, hanya Thomas, Minho, dan Newt yang menolaknya. Hal ini membuat si Tikus Botak murka dan tetap memaksa untuk mengembalikan ingatan mereka. Thomas dan kedua sahabatnya mencoba melawan namun gagal total.

Untunglah ada Brenda, Crank yang menjadi rekan seperjalanan Thomas di Scorch dulu. Brenda ternyata bukan Crank, gadis itu adalah bagian dari WICKED yang diberi tugas untuk menyamar sebagai Crank dan berbaur dengan Thomas. Pertemuan dengan Thomas di Scorch ternyata telah membuat gadis itu berubah pikiran dan berbalik melawan WICKED. Ia dan Jorge membantu Thomas, Minho, dan Newt kabur dari fasilitas WICKED. Mereka pergi ke Denver untuk menemui Hans, salah satu ilmuwan WICKED yang telah lama kabur sebab tidak menyetujui percobaan-percobaan buruk WICKED. Hans diharapkan mampu mengeluarkan chip yang tertanam di kepala Thomas dkk agar WICKED tak lagi dapat mengendalikan pikiran mereka.

Di Denver, Thomas dkk bergabung dengan kelompok Tangan Kanan, yaitu kelompok yang bertujuan melawan WICKED. Hal mengejutkan ialah bahwa salah seorang anggota kelompok tersebut adalah Glader yang diyakini Thomas telah meninggal di tangannya sendiri. Thomas setuju untuk bergabung dengan rencana kelompok Tangan Kanan. Namun di saat yang sama, ia juga mengkhawatirkan kondisi Newt yang ternyata tidak memiliki kekebalan tubuh seperti dirinya dan para Glader yang lain. Perlahan-lahan, Thomas mulai menyaksikan Newt kehilangan kewarasannya, digerogoti oleh virus Flare...

The Death Cure adalah buku pamungkas dari trilogi The Maze Runner karya James Dashner. Pembaca novel-novel dystopia barangkali tak akan terkejut apabila mendapati bahwa buku penutup serial dystopia selalu melibatkan unsur perlawanan kepada pemerintah atau organisasi yang memiliki kendali atas masyarakatnya. Novel ini pun demikian. Tapi yang membuat novel ini berbeda, ialah bahwa si tokoh utama tidak terlibat langsung di medan perang—untuk mengangkat senjata dan semacamnya. Thomas lebih sebagai poin yang disusupkan untuk melumpuhkan WICKED dari dalam, dengan caranya sendiri.

Jujur saja, saya tidak merasa buku ini seseru buku pertama dan kedua. Adegan aksi di buku ini tidak seintens buku pertama. Bagian tengah buku ini cenderung membosankan serta ceritanya berputar-putar. Tak banyak lagi kejutan di buku ini, seiring dengan terungkapnya penyebab munculnya virus Flare dan kenyataan tentang kondisi dunia saat ini. Namun demikian, menjelang akhir buku ini alurnya menjadi lebih cepat disertai banyak adegan aksi. Kematian dan darah di mana-mana. Cukup seru.

Ending buku penutup ini lumayan happy, tapi tidak cukup memuaskan bagi saya. Banyak pertanyaan yang belum terjawab. Misalnya, siapa sebenarnya sosok Kanselir Paige? Apakah ia memiliki hubungan khusus dengan Thomas? Apa sebenarnya yang dilakukan Tomas dan Theresa sebelum menyetujui untuk memasuki Maze? Lalu, di akhir buku kedua diceritakan bahwa Brenda melakukan kontak telepatis dengan Thomas yang artinya bahwa ia memiliki chip yang sama dengan Thomas di dalam kepalanya. Pertanyaannya, mengapa Brenda tak menjalani prosedur operasi yang sama dengan Thomas ketika berada di Denver? Dan masih banyak pertanyaan lain yang mengusik pikiran saya.

Mungkin saya harus membaca The Kill Order yang merupakan prekuel dari trilogi ini. Yah, semoga saja buku itu menjawab semua pertanyaan saya. (Sayangnya hingga review ini ditulis, The Kill Order belum diterjemahin sama Mizan Fantasi. Terpaksa deh baca ebook. #heh)

Spoiler alert: Bagian paling berkesan di buku ini adalah adegan yang melibatkan Newt saat Thomas berusaha keluar dari Denver. Saya sedih dan marah atas apa yang dilakukan penulis terhadap tokoh Newt. Saya bahkan sempat bertanya-tanya, apakah di setiap novel dystopia memang harus ada adegan ‘nyesek’-nya? :|

74 komentar:

  1. Aaakkkk.... Kang Opan udah ngeripiu aja. Aku lupa mulu ngeripiu buku ini T.T

    Kang.... buku ketiga lebih bikin nyesek lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Er... ini buku ketiga kok, Put. Dan iya, emang nyesek. T.T

      Hapus
    2. Eh mau nanya dong nanti the maze runner yang ke tiga nanti terakhirnya orangnya sisa siapa aja?????

      Hapus
    3. kapan keluar nya novel maze runner ke 3 death cure

      Hapus
  2. Aku udah nonton film maze runner tapi belum baca novelnya. Bagus ya, kang? Berarti tiga serinya bakal dibikin film semua ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Ky. Film kedua tayang menjelang akhir tahun ini. Gak sabar. >.<

      Hapus
  3. Balasan
    1. Nanti Di The Death Cure Thomas dan Teman Temannya akan Pergi ke sebuah Kota yang bernama Death Cure menggunakan pesawat, Nanti di saat sudah sampai, Newt Terkena Virus Flare dan dia Meminta Thomas untuk Di bunuh, di halaman 250 novel The Death Cure

      Hapus
    2. NEWT MINTA THOMAS DI BUNUH?!! WHATT THE.. NEWT MINTA THOMAS DIBUNUH ATO NEWT MINTA THOMAS BUNUH DIA KRNA KENA FLARE ATO GIMANA?! DUB NYESEK MEN

      Hapus
    3. Newt nya yang minta dibunuh sama si Thomas

      Hapus
  4. Bukannya yang mati kena virus flaire itu Winston ? Terus kemana tokoh Frypan ama Aris yang ada di scorch trials

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, Winston udh mati jdi Flaire di sekuel kedua Scroch Trials, trs Frypan masih ada di sekuel ke tiga buat ngebantu Thomas nyelamatin Minho, tp klo Aris sih kurang tau soalnya di bagian akhir Maze Runner 2 dia kan di bawak sm WICKED. Entahlah.

      Hapus
  5. SAMA MIN, GUE KESEL BGT PAS NEWT YG JADI FLARE BETEEEE.... SEBELUMNYA YG PAS DI FILM THE SCORCH TRIAL MINHO YG DICULIK TRS SKARANG MALAH NEWT YG JD FLARE. AH BETE.

    BalasHapus
  6. Buku The Maze Runner beli dimana? Plis jwb siapa aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau baca online bisa nih di http://mr-miakece.blogspot.co.id/2016/02/the-maze-runner-1.html
      Tapi belum semua.. adminnya masih ngupdate

      Hapus
    2. Gan, tolong bagi link baca novel the maze runner 3 dong, please

      Hapus
  7. gk sabar nonton the maze runner the death cure

    BalasHapus
  8. heett dach!! segala newt kena virus flare, padahal dari awal cerita aja dia kelihatan seger banget, emang sih pas di the scorch trials, bayanganny thomas pas di tmpatny marcus kalo new kena virus, udah ngarep lah ini org ber3 pada slamat semua, apalah daya gua, karna yg buat cerita bukan gua,, ahhhaakkk :v

    BalasHapus
  9. heet dach!! segala newt kena virus flare, padahal dari awal cerita aja dia kelihtan seger banget, emang si pas di the scorch trials udah ada gambaran kalo newt kena virus flare di bayangan si thomas. pdahal udah ngarep mereka ber3 selamat. heemm , apalah daya gua karena yg buat cerita bukan gua, -___-"

    BalasHapus
  10. Kang itu karakter glader yg pendek, diem doang tuh ko ilang yaa di film scorch trial? Pas dikejar2 zombiee tau2 yg matinya winston, bcah pndeknya kmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bocah pendek? Maksudnya si Chuck? Kan mati. T.T

      Hapus
    2. Bocah pendek yg ga ngomong dari awal? Yg ngilang pas dikejar2 zombie? Aku juga gatau dia ilang kemana:v soalnya pas anak itu ngilang thomas dkk ngga ada ngebahas soal dia, kalopun dia diserang sama crank masa iya temennya ga ada yg bantuin kaya winston sama newt, tapi gatau juga sih ya. kirain cuma aku yg nyadar bocah pendek itu ilang:v

      Hapus
    3. Bukan ada kang yg di scorch trials pas mereka kabur dari WICKED,nah mereka tuh ada ber-8 ada :
      Thomas,newt,alby,teresa,newt,aris,,minho,Wiston,nah sama glader pendek itu

      Hapus
    4. Bukan ada kang yg di scorch trials pas mereka kabur dari WICKED,nah mereka tuh ada ber-8 ada :
      Thomas,newt,alby,teresa,newt,aris,,minho,Wiston,nah sama glader pendek itu

      Hapus
    5. Glader yg pendek mana ya? Kayaknya bang abdur salah nih..gak ada alby yg ngikut sama thomas kan alby udah mati di maze runner 1. Orang yang seglade sm thomas mungkin abang maksud fry? Fry kan masih idup sampai ending maze runner 2

      Hapus
    6. Iya mbak faras,ak juga sampai ulang itu pas Thomas dkk keluar dari Wicked 8 orang. Dikejar orang2 Wicked, n masuk gedung tua. Trs dikejar crank. Yg digigit Winston tp udh tinggal 7. Hihihi....apa dia figuran n ceritanya mati kena crank ya??

      Hapus
    7. Bocah pendek itu sebernya udh mati pas adegan kejar2an sma cranky di mall. Dia mati di eskalator mall. Katanya sih ada kesalahan di filmnya jdi adegan itu kepotong. Daaan tau2 anak itu udh ilang aja. Dan rata2 gaada yg nyadar kalo dia ilang. Wkwk aku aja sadarnya pas buka2 IG banyak yg bilang "who's that shank?" Jdi dia disebut shank gtu karna tiba2 ilang. Pas aku ngecek balik ke filmnya trnyata emg bener2 ilang xD

      Hapus
  11. gw liat karakter newt emang mantabbss...leadership

    BalasHapus
  12. Di akhir ceritanya . Apa terjadi sama thomas?minho pula bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka hidup bahagia selamanya.

      Hapus
    2. Kok kayak film princess bang. Happily ever after... x-x

      Hapus
  13. Knapa Newt cobakk ??!! why newt ?? emang ga ada yh lain slain newt ?? gue pikir si thomas-newt-minho bisa bertahan sampai last book(kayak crita harry potter itu) ternyata baru ke-3 udah di eliminasi, baru baca spoilernya udah nyesek gila,nangis badai,Bete abiss (Oke fine, it's just a movie..Just a movie !!!!).
    sial krna dia gue betah nonton maze runner karakternya yg cool dan respect bikin ak tertarik-tarik ditambah tampangnya yg awesome__ *blablabla (mulai Aura fandomnya) #Heihss, Harapan gue sihh. moga aja Newt di serial 4-5 bakal idup lagi kayak si gally (?) denger2 dia gally hidup lagi, settdah banyak banget nyawanya..

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Wah... sulit bro/sist. Sulit...

      Hapus
    2. Please ceritain gmna Theresa nya? :v

      Hapus
    3. mati nya gimana kk? o.o

      Hapus
    4. Kalo gak salah matinya gara² Teresa korbanin dirinya untuk Thomas...

      Hapus
  15. The death cure keluar tahun 2017februari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok blm ada juga ya di bioskop?

      Hapus
  16. Ada yg sadar gak newt itu latar belakangnya gimana?

    BalasHapus
  17. Saya pengen tau bnget soal boneka kyu kecil chuck? Apakah diberikan pada ortunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya di buku nggak ada adegan itu. Nggak tau ya kalau di film nanti.

      Hapus
  18. tidak newt jangan mati!!!

    BalasHapus
  19. admin maaf kalau saya mengkoreksi tetapi sebagai penulis memang mereka menyisahkan hal yang berkenan dan itu masih menjadi rahasia,seperti dahulu novel the hunger games itu juga menurut saya masih banyak bagian yang kurang...yah itulah memang rahasia penulis,tidak mau ceritanya berbolak-balik.
    thanks koreksi saya bila salah

    BalasHapus
  20. Apakah Janson itu akan mati? Kalo mati , matinya gmna? Penyebab Virus Flare apaan?

    BalasHapus
  21. Min mau nanya,di bukunya diceritain gak si gally itu kayak gimana?jahat apa baik?terus pas newt mati si Thomasnya gimana?nah akhir dari bukunya Thomas gimana?Sempet ada adegan Aris,hermit,sonya gak?akhir dari cerita gimana?

    Makasi,maaf kalo nanyanya kebanyakan...

    BalasHapus
  22. Min mau nanya,di bukunya diceritain gak si gally itu kayak gimana?jahat apa baik?terus pas newt mati si Thomasnya gimana?nah akhir dari bukunya Thomas gimana?Sempet ada adegan Aris,hermit,sonya gak?akhir dari cerita gimana?

    Makasi,maaf kalo nanyanya kebanyakan...

    BalasHapus
  23. the kill order ebook nya bs donlod dmn yaa ?

    BalasHapus
  24. ntah mengapa oe justru sebel ama si teresa waktu di scorch trials, -__-

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Yhaa gak setuju banget kalo newt jadi virus flare. Pasti seru kalo newt, thomas, minho masih hidup dan berhasil menyelesaikan semua ini! :(:'(

    BalasHapus
  28. Yhaa gak setuju banget kalo newt jadi virus flare. Pasti seru kalo newt, thomas, minho masih hidup dan berhasil menyelesaikan semua ini! :(:'(

    BalasHapus
  29. PLISS JAWAB YG TW
    The maze runner3 nanti terakhirnya sisa
    siapa aj orang nyaa?????

    BalasHapus
  30. Season 3 ini sepertinya susah diprediksi yang pasti thomas pergi untuk menyelamatkan seme eh salah minho kyaaaa thominho forever

    Tpi dibuku maze runner ada scene minho diculik gak sih trus kota death cure tuh bukannya kota mati di scorch trial kan ya

    BalasHapus
  31. Tanya nya kpn sih yg ke 3? Penasaran bgt bls ya yg tau

    BalasHapus
  32. Tayangnya kpn sih yg ke 3? Penasaran bgt bls ya yg tau

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Jadwal rilis the death cure di undur jadi tgl 12 january 2018 guys, sabar aja yahhh .... hal tersebut terjadi karena aktor utama dylan o'brien (thomas) mengalami kecelakaan saat adegan syuting di film the death cure tersebut. alhasil 20th century fox tidak mau ambil resiko jika pemeran utama dylan o'brien digantikan dengan cast yg lain . itu karena dylan o'brien (thomas) sangat berpengaruh besar dalam keberhasilan nya film tersebut. pasti banyak yg kecewa juga si kalau tokoh utama yg diganti, kalian juga pasti bakalan kecewa kan ???? begitupun saya haha . maka dari itu sabar dan berdoa saja agar dylan o’brien cepat pulih kembali dan menyelesaikan syuting serial the maze runner ke 3 : the death cure dan menjadi penutup cerita yang sangat memuaskan.

    BalasHapus
  36. jangan buat newt mati pliissssss!!!!!! character favorite sayaaaa hueeee

    BalasHapus

Back to top