26 Des 2013

Korea A to Z by Nancy Dinar

Korea A to Z by Nancy Dinar
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2013
Tebal: 188 hlm.
Sinopsis:
Kunci Anda mengenal Korea, luar dalam
Buku ini memuat segala sesuatu yang ingin Anda ketahui tentang Korea, baik untuk sekadar menambah pengetahuan, panduan memahami K-Drama, traveling, kuliah, bekerja, maupun bermigrasi.

Berbagai topik menarik seperti sejarah, tradisi, budaya, dan hal-hal mengejutkan yang tidak diketahui orang asing dibeberkan secara lugas di sini, antara lain:
- mengapa banyak orang Korea bunuh diri,
- merebaknya klinik operasi plastik di seluruh negeri,
- naik daunnya perekonomian dan K-wave,
- perlakuan orang Korea terhadap orang asing, dan
- nasib Tenaga Kerja Indonesia serta wanita Indonesia yang menikah dengan penduduk lokal lewat agen perjodohan internasional.

Sebagai orang yang menetap di Korea, Penulis bisa memberikan sontekan seru mengenai kehidupan sehari-hari berikut tantangan utamanya, seperti:
- cara jitu mengatasi musim dingin yang panjang dan parah,
- melahirkan tanpa kehadiran keluarga,
- mencari sekolah untuk anak-anak, serta
- cara mendidik anak-anak multikultur.

Jangan lewatkan info mengenai tempat yang menarik dan unik termasuk objek keajaiban alam, baik yang sudah diketahui secara luas maupun yang umumnya hanya diketahui penduduk lokal, juga referensi tempat shopping, perguruan tinggi dan universitas terkenal lengkap dengan persyaratan umum dan tawaran beasiswa, serta pembahasan mengenai kemungkinan bekerja dengan gaji tinggi atau menetap di Korea sebagai imigran.

Saya rasa deskripsi di atas udah cukup menjelaskan tentang buku ini. Tak banyak yang bisa saya komentari dari buku ini, sebab sebagian besar informasi dalam buku ini telah saya baca di internet maupun buku-buku lain yang sejenis. Yang membedakan buku ini dengan yang lain, adalah karena buku ini ditulis oleh orang Indonesia yang telah tinggal lama di Korea. Ada sentuhan personal di dalamnya, sebab diceritakan berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang telah mengenal Korea luar-dalam, bahkan telah membina keluarga di Negeri Ginseng tersebut.

Beberapa bagian yang paling menarik perhatian saya adalah informasi tentang melahirkan tanpa kehadiran keluarga, cara mendidik anak multikultur, serta informasi tentang mencari sekolah yang cocok untuk anak. Begitu banyak aspek yang perlu dipertimbangkan untuk menyekolahkan anak (pastinya). Tapi khusus di Korea, ada beberapa informasi tambahan yang belum saya ketahui sebelumnya. Yang juga menarik untuk disimak adalah cara para guru menangani konflik antar murid agar tidak merembet menjadi konflik antar orang tua. Ya, bully-membully yang kerap muncul di film atau serial tv Korea memang sering terjadi lho.

Buku ini menarik, karena penulis pengajak membaca untuk melihat Korea dari sudut pandang masyarakatnya. Saya jadi paham bagaimana cara orang Korea memperlakukan orang asing. Beberapa informasi yang pernah saya baca di internet menyebutkan bahwa orang Korea memandang remeh para pendatang, terutama yang berasal dari Indonesia. Saya pikir pernyataan tersebut terlalu menuduh. Setelah membaca buku ini, saya jadi paham. Mereka, warga Korea, bukannya memandang remeh para pendatang, tapi lebih sebagai bentuk membentengi diri. Ada sejarah masa lalu yang teramat menyakitkan di balik itu semua. Sejarah apakah itu? Bacalah buku ini, dan rasa penasaranmu akan terjawab. :D

Hmm. Jadi semakin ingin jalan-jalan ke Korea.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Yup. Gak ada salahnya dibaca, lumayan buat nambah2 pengetahuan seputar Korea.

      Hapus

Back to top