25 Sep 2014

Ichiro's Ghost Stories Vol. 4 by Makoto Isshiki

Judul: Ichiro's Ghost Stories Vol. 4
Pengarang: Makoto Isshiki
Alih Bahasa: Lenny
Penerbit: Level Comics, Agustus 2014
Tebal: 256 hlm.
ISBN: 9786020244907

Sinopsis:
Gara-gara suatu kejadian, sikap Ichiro berubah agak dewasa. Gawatnya, perubahan itu membuat para hantu tak dikenal panik dan berduyun-duyun mengunjunginya! Untung Ichiro diberi jimat yang menghalau para makhluk halus. Tapi, Madam Catherine kembali meramalkan bahaya besar yang mengancam jiwanya. Para hantu yang pernah ditolong Ichiro akhirnya memutuskan untuk melindunginya. Apa yang sebenarnya akan terjadi? Bagaimanakah nasib Ichiro?

Peringatan: Review ini mengandung spoiler!

Saat sedang bermain-main di gunung Enriki yang letaknya tak jauh dari rumah, Ichiro bertemu dengan anak perempuan seusianya. Anak perempuan? Di di gunung? Sendirian? SETAN PASTI TUH! Mwahahaha. Itulah dugaan awal saya. Tapi kecurigaan saya memudar setelah Ichiro kembali bertemu dengan anak perempuan itu di rumahnya. Ternyata anak perempuan itu, Rinko namanya, adalah anak kerabat keluarga Ichiro yang tinggal di balik gunung Enriki. Kehadiran Rinko membuat suasana rumah keluarga Hanada jadi meriah. Ayah dan Kakek Ichiro bahkan sempat berkata bahwa akan sangat menyenangkan apabila di rumah mereka ada anak perempuan (dan sukses membuat kakak Ichiro, yang nota bene perempuan, jadi sakit hati. LOL!). Maka tercetuslah sebuah ide untuk menjadikan Rinko sebagai istri Ichiro kelak. Ichiro sih ogah ya. Tapi Rinko sepertinya tidak keberatan tuh. Anak itu memang menyukai tingkah Ichiro yang penuh semangat.

Tapi ternyata Rinko punya agenda terselubung. Dan cerita yang awalnya riang tersebut berubah menjadi sedih. Apa sebenarnya yang Rinko inginkan dari Ichiro? Saya tak akan menceritakan seluruhnya, yang jelas kisah Ichiro dan Rinko membawa pengaruh besar pada Ichiro. Sejak saat itu, sikap Ichiro jadi lebih dewasa. Keisengannya bahkan mulai berkurang.

Perubahan sikap Ichiro membuat para hantu menjadi panik. Bila Ichiro menjadi dewasa sebelum waktunya, kemampuannya untuk berkomukasi dengan hantu pun akan hilang! Padahal masih banyak hantu yang ingin meminta bantuan Ichiro untuk menyelesaikan masalah mereka, agar mereka bisa pergi ke surga dengan tenang. Ichiro yang biasanya menolak permohonan para hantu kini bersedia membantu mereka dengan sukarela. Masalahnya, fisik Ichiro jadi lemah karena ia nyaris tak pernah istirahat demi membantu mereka. Hal ini membuat sekelompok hantu yang pernah ditolong Ichiro di komik-komik sebelumnya bersatu untuk menyelamatkan Ichiro dari gangguan hantu yang lain. Berhasilkah mereka penyelamatkan nyawa Ichiro yang sedang terancam tersebut?

Secara keseluruhan, Ichiro's Ghost Stories volume 4 ini menurut saya adalah yang terbaik dari volume-volume sebelumnya. Meskipun konfliknya lebih berat tapi tidak menghilangkan unsur humor di dalamnya. Andai saja di cover komik tidak disebutkan volume "4 of 5", saya pasti sudah beranggapan kalau komik ini adalah penutup dari kisah Ichiro's Ghost Stories. Bila dianggap sebagai penutup, saya pikir endingnya cukup bagus. Terutama karena ada tambahan bab spesial yang menampilkan masa depan Ichiro. Ia akhirnya menikah dengan *sensor* dan punya dua anak, laki-laki dan perempuan. Dan meski sudah tidak lagi memiliki kemampuan melihat dan berkomunikasi dengan hantu, para hantu dari masa kecil Ichiro masih sering menolong Ichiro diam-diam. Terkadang mereka membantu Ichiro agar terhindar dari bahaya. Hal ini membuat Ichiro dewasa diangap sebagai orang yang selalu beruntung.  So sweet ya? :')

Dan... anak laki-laki Ichiro kemungkinan besar akan mengalami petualangan yang sama dengan Ichiro. Mungkinkah hal ini akan diceritakan di komik volume 5 yang menjadi komik penutup? Hmm. Jadi nggak sabar untuk membacanya. Dan saya pasti bakalan sedih saat harus benar-benar berpisah dengan Ichiro kelak. *ambil tisu*

Rating:

5 komentar:

  1. lho Rinko udah muncul di volume 4? wah berarti ini lebih panjang dari anime. soalnya di anime, kisah Rinko ini udah jadi endingya. sepertinya volume 5 wajib dibaca nih ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya, kupikir kisah Rinko ini penutup. Ternyata masih ada vol 5. Semoga segera terbit komiknya.

      Hapus
  2. Ditunggu terbitannya ganz ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ane juga nunggu terbitan vol. 5 gan...

      Hapus

Back to top