4 Apr 2015

Enter The Magical Realm: Underrated Fantasy (+Giveaway)


Postingan kali ini masih berhubungan dengan event Around the Genres in 30 Days. Hari ini, sesuai dengan jadwal kelompok Science-Fiction / Fantasy (SFF), adalah giliran saya yang akan membahas novel sci-fi/fantasy underrated. Underrated di sini maksudnya novel tersebut sebenarnya bagus, namun karena berbagai faktor, akhirnya kurang dikenal oleh pembaca. Bisa jadi karena kurang promosi, atau karena diterbitkan oleh bukan penerbit besar sehingga kurang menarik minat (calon) pembaca.

Namun setelah saya mengecek rak buku pribadi di goodreads, ternyata nggak banyak buku fantasy underrated yang sudah saya baca. Rupanya saya ini pembaca beraliran mainstream yang lebih memilih untuk cari aman. Saya cenderung membaca novel-novel yang memang sudah terkenal di kalangan pembaca. Alhasil, dari beberapa novel fantasy yang sudah saya baca, hanya ada satu judul yang bisa digolongkan sebagai novel underrated. Lumayan lah, saya jadi punya bahan postingan meski bukunya cuma sebiji. T.T *ambil tisu*

Lantas, buku apakah itu?

*jeng-jeeeeeeng* #apasih

Yaaak, buku tersebut adalah The Alchemist and The Angel karya Joanne Owen. Buku fantasy ini diterbitkan oleh Ufuk Press pada tahun 2011, dengan tetap mempertahankan judul asli serta covernya. Berikut ((penampakan)) bukunya:

Judul: The Alchemist and The Angel
Penulis: Joanne Owen
Penerjemah: Nina Setyowati
Penerbit: Ufuk Press, 2011
Tebal: 360 hlm
ISBN13: 9786028801850

Sinopsis:
Semuanya berubah bagi Jan ketika pamannya, Gustav—seorang ahli anatomi, ilmuwan alam, dan alkemis (ahli alkimia) termasyhur—meminta bantuannya untuk mencari bahan serum pemberi kehidupan. Untuk menguji serum ini, mereka harus mengikuti serangkaian instruksi kuno dan terjun ke dalam permainan misterius demi menghidupkan kembali yang tidak bernyawa. Ketika Gustav meninggal secara mendadak, Jan harus melanjutkan cita-cita besar pamannya ini.

Jan diyakinkan bibinya bahwa mereka harus pindah dari Vienna ke Prague. Tapi, bibinya tiba-tiba menghilang. Jan pun berusaha keras mencarinya. Menerobos lingkungan kumuh yang terjangkit wabah di sekeliling istana mewah Kaisar Rudolf yang arogan dan sinting, dia harus mencari akal menghadapi musuh dan rangkain kejadian aneh yang mengejutkan. Satu-satunya sekutu Jan adalah Zuzana. Gadis misterius itu dikenal sebagai Malaikat dari Ghetto. Bisakah Jan memercayai Zuzana? Apa yang sebenarnya terjadi pada paman dan bibi Jan? Mampukah Jan membuat serum pemberi kehidupan?

Berlatar belakang Praha pada abad ke-16 dan Vienna yang menakjubkan, ini adalah novel historical fiction yang penuh keajaiban.

Iyap. Buku ini berkisah tentang alkemis, sesuai dengan judulnya *iyalah, menurut ngana?*. Mendengar kata 'alkemis' pasti langsung kebayang dong kalau novel  ini adalah novel fantasi. Iya kan? *iyain aja biar cepet* Gosipnya nih, para alkemis dapat mengubah logam biasa menjadi emas. Uwh, jadi pengen dong punya kemampuan keren itu. Biar aing cepat kaya tanpa harus capek-capek bekerja membanting tulang demi sesuap nasi dan segenggam berlian. Pengen Playstation 4? Gampang, tinggal copot veleg ban mobil dinasnya pak bos, terus ubah deh jadi emas. Jual, dan beli PS4 terbaru! Oh, indahnya hidup. *kemudian ditangkap polisi*

Bentar... kenapa jadi jadi ngebahas PS4?

Oke, balik ke The Alchemist and The Angel. Menurut saya buku ini lumayan bagus kok. Walaupun ini novel fantasy, namun kisahnya berlatar sejarah Praha abad ke-16, sehingga novel ini dapat juga dikategorikan sebagai historical fiction. Menarik, bukan? Meski novel ini cukup bagus, sayang statistiknya di goodreads lumayan menyedihkan. Yang ngasih rating hanya 123 user, sementara yang mau repot-repot mereviewnya hanya 27 user saja. T.T

Kalau besok-besok kamu nemu buku ini di toko buku, nggak ada salahnya loh dicoba. Sebagai bahan pertimbangan, silakan baca review saya tentang buku ini di sini. Siapa tau jadi pengen baca. :)

Kamu sendiri, punya rekomendasi buku fantasi atau sci-fi yang bagus tapi jarang dibaca orang? Hayuk share di kolom komentar.


GIVEAWAY TIME!

Berbeda dengan giveaway di postingan sebelumnya, yang ini hadiahnya lebih WOW. (Bilang WOW dooong...)

Mau tau hadiahnya? Niiih:
  • Hadiah utama: Voucher buku senilai Rp. 240.000,- (harus dibelikan buku-buku fantasi tapi ya. ^^)
  • Novel terjemahan Game of Thrones karya George R.R. Martin (hiks, aing pengen ini)
  • Seri Scary Tales nomor 1-3 karya James Preller & Iacopo Bruno
  • Paranormalcy karya Kiersten White, dan Wings karya Aprilynne Pike

Gimana, asyik kan hadiah-hadiahnya?

Ketentuan giveaway adalah sebagai berikut:
  • Tebak satu judul buku berdasarkan petunjuk yang diberikan masing-masing pemilik 16 blog. Petunjuk dari saya: Naga Biru. Buku pertama dari total 4 buku bantal. Gampang kaaan? Masih belum bisa nebak? Duh, gede banget gitu clue-nya.
  • Ambil huruf pertama dari judul buku tersebut. Huruf pertama ini akan menjadi HURUF KUNCI.
  • Judul buku yang digunakan adalah versi aslinya, bukan terjemahan. (Misalkan Inheritance yang meski diterjemahkan menjadi Warisan, tapi yang kita gunakan tetaplah huruf I nya)
  • Khusus untuk judul buku yang ternyata berawalan The, harap abaikan huruf T di depan, sehingga yang digunakan adalah kata setelah “The”. (Misalkan The Alchemist, maka yang digunakan dalam menyusun kata adalah huruf A bukan T).
  • Setelah menemukan 16 huruf kunci dari masing masing blog, susunlah huruf huruf tersebut menjadi kata kata. Ingat, hanya kata bukan kalimat (seperti permainan scrabble).
  • Jumlah minimal huruf yang digunakan dalam menyusun kata tersebut adalah 4 huruf.
  • Setiap huruf yang merupakan jawaban tidak boleh digunakan berulang dalam satu kata. Kecuali kalau memang ada huruf yang sama dalam 16 judul tersebut.
  • Jawaban dimasukkan ke dalam google docs yang bisa diakses lewat masing masing blog peserta SF/F. Tetapi hanya diperbolehkan mengisi sekali, jangan lakukan berulang ulang di blog yang berbeda.
  • Peserta yang paling banyak menyusun kata (kata tersebut harus dalam bahasa Indonesia dan tercantum di KBBI), dialah yang menjadi pemenangnya.
  • Peserta yang bisa membuat kata yang berhubungan dengan dunia fantasi (contoh: dewa, dewi, peri dsb) mendapatkan bonus satu poin.

Cari petunjuk lainnya di blog kelompok SFF di bawah ini:




9 komentar:

  1. Earthsea Cycle terbitan Penerbit Mahda termasuk underrated ga ya?
    Atau akunya yang kudet karena baru tau buku ini? -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah! Earthsea... sudah lama kepingin punya buku ini karena 2 alasan: 1) it's a fantasy. 2) it's a classic! Tapi susah nyarinya sekarang. T.T
      Mungkin kurang laku kali ya, di Indonesia? Bisa jadi karena kurang promosi atau, yah seperti yg saya bahas di atas, diterbitkan oleh bukan penerbit besar. Jadi banyak yang kudet soal buku ini. Tenang, Setian, you're not the only one. Menjawab pertanyaanmu, ya, buku ini termasuk underrated di Indonesia. Padahal di luar sana lumayan terkenal loh.

      Hapus
  2. macam Eon dan Eona juga underrated, tapi aku belum baca sih yg itu.
    BTW, dari yg sub-genre sampai yg ini, banner Kang Opan terinspirasi bgt sama Final Fantasy ya.
    Underrated emang salah satu penyebab utamanya, kurang promosi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Lin, ini juga termasuk yang underrated di Indonesia, meski di luar sana tenar bingits.

      Iya, Lin, aku terinspirasi sama logo Final Fantasy. Suka main juga??? Main Final Fantasy berapa aja??? *semangat banget nih ceritanya* *jarang-jarang nih nemu gamer RPG cewek*

      Hapus
  3. pernah dulu mau beli buku ini tapi nggak jadi, lihat rating di goodreads g bagus banget takut kecewa :D

    BalasHapus
  4. Itu covernya bagus amat haha... jd mau baca :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Aku juga suka sama covernya. Apa ya istilahnya untuk gambar model begini? Gambar-gambarnya berbeda, tapi secara keseluruhan membentuk gambar tengkorak.

      Hapus

Back to top