12 Feb 2014

Panti Jomblo by Rengga Firmandika & Aulia Fajarullah

Panti Jomblo
Ilustrasi: Rengga Firmandika
Cerita: Rengga Firmandika & Aulia Fajarullah
Penerbit: Mediakom, 2013
Tebal: 150 hlm.
Sinopsis:
Kudeta hati dialami oleh Trio Jomblo dari zaman SMA hingga masa kuliah. Nasib membuat labil ekonomi mereka semakin terancam bahkan sampe Cupid, si Dewa Cinta harus turun tangan untuk membantu mereka. Mampukah mereka mendapatkan apresiasi kekasih hati idaman?

Buku kumpulan komik strip hasil karya Anak Bangsa ini berkisah tentang tiga sahabat: Kikoy, Cungkring, Ijal, yang sudah cukup lama menjomblo. Mulai dari SMA hingga kuliah, mereka bertiga selalu kesulitan mendapatkan pacar. Hingga suatu saat, muncullah seekor, eh seorang ding, Cupid. Iya, beneran Cupid, si Dewa Cinta itu. Si Cupid muncul untuk membantu ketiga sahabat. Hanya saja, kemunculan Cupid sepertinya tidak banyak membantu Trio Jomblo. Malah, kehadirannya semakin merepotkan Kikoy, Cungkring, dan Ijal. Bagaimana akhir kisah Trio Jomblo dan Cupid sarap? Baca kisahnya dalam Panti Jomblo karya Rengga Firmandika dan Aulia Fajarullah.

Sebenarnya saya jarang beli komik Indonesia, tapi khusus untuk Panti Jomblo ini, rasaya sayang untuk dilewatkan. Uhuk. Jangan-jangan alasan beli komik ini karena saya juga jomblo kali ya? Hahah. #bukancurhatkok #beneranbukan. Udah ah, lanjut bahas komiknya aja.
Jadi, format komiknya adalah komik strip. Kisah yang disajikan berupa potongan-potongan cerita keseharian Kikoy, Ijal, dan Cungkring. Kualitas ilustrasinya lumayan oke, walau saya merasa masih perlu ditingkatkan lagi. Iya, saya membanding-bandingkannya dengan manga sih. Dari segi cerita, unsur humor yang coba disajikan oleh komikus secara hiperbola. Lumayan lucu dan mengundang senyum. Tapi entah mengapa, sejak kehadiran Cupid, saya merasa ceritanya jadi kurang lucu. Unsur fantasi yang disisipkan dalam komik ini terasa kurang pas.

Secara keseluruhan, komik ini cocok bagi para jomblo untuk mengisi waktu luang dan juga bagi pembaca yang butuh amunisi untuk tersenyum. Ceritanya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga mudah dinikmati. Bolehlah dapat 3/5 bintang.

Ayo dukung komik Indonesia! :)

5 komentar:

  1. kamu ada di tingkatan jomblo apa, kang? *ngacir* :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya sih Single. *muka datar*

      Hapus
  2. melihat judulnya pasti lucu ya, komik strip lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, iya Mbak. Lumayan lucu. Ada adegan lucu pas salah satu dari mereka nelpon seseorang gitu. Kalimatnya kurang lebih: "Aku butuh kamu malam ini..." "Please kamu ke tempat aku sekarang..." Eh ternyata itu lagi mesan pizza. Hahaha.

      Hapus

Back to top