6 Feb 2014

Baca dan Posting Bareng BBI 2014

Gambar oleh Teh Peni
Kategori Posting dan Baca Bareng  tahun ini berdasarkan pilihan para member (meski saya nggak ingat pernah nge-vote atau tidak), tapi yang jelas kategorinya sangat beragam dan dapat memperkaya khazanah bacaan para member (khazanah itu apa ya? #plak).

Bagi member yang ingin ikut event ini, yuk monggo. Event Baca dan Posting Bareng kali ini lebih seru karena ada award-nya, yaitu review terbaik menurut voting para member. Saya pribadi sebenarnya tidak terlalu pede untuk berharap divoting, secara review yang saya bikin kesannya suka-suka. Hahay. Anyway, nggak perlu merasa terbebani dengan voting, yang penting adalah ikutan eventnya, biar rame. :D

Berikut kategori bacaan setiap bulannya (saya copas dari daftar yang dibuat Divisi Event di sini):


{ JANUARI }
#1 Fabel: Cerita-cerita fiksi dengan tokoh binatang boleh lokal maupun mancanegara seperti Animal Farm by George Orwell, Life of Pie by Yann Martel, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/fable
Buku pilihan: Dongeng Mini: Cerita Binatang by Aleum & Park Seong Il [review]

*cukup satu tema karena bersamaan dengan event Secret Santa 2014
(karena saya nggak ikut SS, saya nggak posting apa-apa untuk kategori ini).


{ FEBRUARI }
#1 Historical Fiction Indonesia: HisFic yang berlatar tempat di Indonesia dan ditulis oleh pengarang lokal seperti Untung Surapati by Yudhi Herwibowo, Gajah Mada by Langit Kresna Hariadi, Centhini by Sunardian Wirodono.
Buku pilihan: Blues Merbabu by Gitanyali [review]

2# Kuliner: Boleh buku fiksi maupun nonfiksi (cookbooks, cuisine, culinary/wisata kuliner,foods, diets, dll) berlatar nusantara maupun mancanegara, tentang apapun yang bertema kuliner.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/cookbooks
Buku pilihan: The Chocolate Kiss by Laura Florand [review]


{ MARET }
#1 Oprah’s Book Club: Buku-buku yang termasuk dalam list Oprah’s Book Club seperti A Tale of Two Cities by Charles Dickens, Love in The Time of Cholera by Gabriel Garcia Marquez, dll.
List lengkap bisa dilihat di http://www.oprah.com/book-list/Oprahs-Book-Club-The-Complete-List
Buku pilihan: -

#2 Puisi: Saatnya mengapresiasi karya-karya sastra puisi nusantara maupun mancanegara yang kalian sukai seperti Kumpulan Puisi Chairil Anwar, Shakespeare’s Sonets by William Shakespeare, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/poetry
Buku pilihan: -


{ APRIL }
#1 Tema Perempuan: Dalam rangka perayaan Ibu Kartini bulan ini BBI juga harus mengapresiasi dengan membaca buku fiksi maupun non fiksi (woman and gender, feminism, woman fiction, dll) mengenai women empowerment seperti The Help by Kathryn Stockett, The Good Wife by Jane Porter, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/womens-fiction
Buku pilihan: Galila by Jessica Huwae [review]

#2 Travel: Buku-buku yang menulis tentang perjalanan ke tempat-tempat khayalan maupun nyata baik nusantara maupun mancanegara seperti The Naked Traveler by Trinity, On the Trail of Genghis Khan by Tim Cope, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/travel
Buku pilihan: Bangkok: The Journal by Moemoe Rizal [review]


{ MEI }
#1 Kathulistiwa Literary Award 2013: Buku-buku yang termasuk dalam daftar 10 Besar Finalis maupun pemenang KLA 2013 dari berbagai kategori (prosa, puisi, fiksi, dll).
Buku pilihan: Pulang by Leila S. Chudori [review]

#2 Humor dan komedi: Buku-buku humor baik fiksi maupun non-fiksi, boleh buku lokal maupun buku luar seperti My Stupid Boss by Chaos@work, Paddle Your Own Canoe by Nick Offerman, dll
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/humor?original_shelf=humor-and-comedy
Buku pilihan: -


{ JUNI }
#1 Sastra Asia: Boleh Sastra Asia Timur. Genre bebas, boleh romance, historical fiction, history, dll. Contohnya Oleander Girl by Chitra Divakaruni, Secret Daughter by Shilpi Somaya Gowda.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/asia
Buku pilihan: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh by Dee [review]

2# Fairy Tales: Kisah fiksi dongeng berisi karakter-karakter fantasi semacam peri, goblin, penyihir, dll seperti The Iron King by Julie Kagawa, The Tales of Beedle the Bard by J.K. Rowling, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/fairy-tales?original_shelf=fairytale
Jadwal posbar: -


{ JULI }
#1 Buku tentang masalah remaja/keluarga seperti Please Look After Mom by Kyung-Shook Shin, dll.
Buku pilihan: An Abundance of Katherines (Tentang Katherine) by John Green [review]

#2 Buku Sicklit: Buku-buku tentang karakter yang sakit/sekarat seperti Ways to live forever by Sally Nichols, My Sister Keeper’s by Jodi Pilcout.
Buku pilihan: People Like Us by Yosephine Monica [review]


{ AGUSTUS }
#1 Tema Lokal/Nusantara: Buku-buku budaya, wayang, mitos/dongeng, sejarah, cerita rakyat apapun yang ada unsur daerah maupun nusantara.
Jadwal posbar: 28 Agustus 2014

#2 Buku Baru Indonesia yang terbit tahun 2014, bukan cetak ulang. Genre bebas, boleh fiksi maupun non-fiksi dan tentunya ditulis oleh pengarang lokal.
Jadwal posbar: 29 Agustus 2014


{ SEPTEMBER }
#1 Buku Silat: Sesekali ayo kita coba buku (graphic novel, komik diperbolehkan) genre silat seperti Musashi by Eiji Yoshikawa, dll.
List by GR: https://www.goodreads.com/genres/cerita-silat
Jadwal posbar: 29 September 2014

#2 Buku dengan rating rendah di Goodreads (1-2 bintang): Tentunya kita penasaran mengapa buku itu bisa mendapat rating rendah, bukan? Ayo kita telusuri apa alasannya dengan menulis review buku tersebut.
Jadwal posbar: 30 September 2014


{ OKTOBER }
#1 Buku-buku terbitan Balai Pustaka. Mari kita dukung Balai Pustaka dengan membaca buku-buku mereka. Jika kesulitan mencari bukunya, langsung pesan online saja ke http://www.balaipustakaonline.com/
Jadwal posbar: 30 Oktober 2014

#2 Buku yang diterbitin bertepatan dengan tahun kita lahir. Buku ini bisa tentang apa aja, bebas pilih genre, penulis, maupun terbitan nusantara maupun mancanegara. Yang penting pertama kali diterbitkan bertepatan dengan tahun kelahiran XD.
Jadwal posbar: 31 Oktober 2014


{ NOVEMBER }
#1 Newbery Book List: Buku-buku yang terdaftar dalam list Newbery Medal and Honor Books seperti Where the Mountain Meets the Moon  by Grace Lin, A Single Shard by Linda Sue Park, dll.
List http://www.ala.org/alsc/awardsgrants/bookmedia/newberymedal/newberyhonors/newberymedal
Jadwal posbar: 27 November 2014

#2 Buku yang ada unsur angka: Buku yang dalam judulnya ada unsur angka seperti Size 12 is Not Fat by Meg Cabot, 86 by Okky madasari, dll.
Jadwal posbar: 28 November 2014


{ DESEMBER }
Vote for your own choice!! Kita baca bareng serentak buku yang sama, satu judul yang sama... are you ready?
Jadwal posbar: 30 Desember 2014


Hmm. Sepertinya beberapa kategori agak susah dicari bukunya. Tapi tak apalah. Mudah-mudahan ketemu bukunya. Selamat membaca dan mereview, Para Member BBI tercintah~! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back to top