25 Feb 2014

Top Ten Tuesday #3


Top Ten Tuesday is an original feature/weekly meme created by The Broke and the Bookish


Top 10 Books From My Childhood

Berikut adalah 10 buku yang sangat menarik perhatian saya sewaktu kecil, mulai dari SD hingga SMP. Uhm. SMP masih termasuk anak-anak kan? ^^

1. Lupus Kecil by Hilman & Boim. Ini novel pertama yang dibelikan oleh Ibu. Berkisah tentang Lupus yang masih duduk di SD dan adiknya, Lulu, yang masih duduk di bangku TK. Lulu ini cadel luar biasa. Hehe. Kisah Lupus Kecil sangat berkesan karena menurut saya sangat lucu. Nggak tau deh kalau dibaca sekarang, efek lucunya masih berasa nggak ya? Saya berencana membaca ulang buku ini untuk Lucky No. 14 Reading Challenge yang di-host oleh Kak Astrid, kategori: Walking Down The Memory Line. :’)

2. Gadis Paling Badung di Sekolah by Enyd Blyton. Buku ini berkisah tentang Elizabeth yang berasal dari keluarga kaya dan amat manja. Untuk menghilangkan sifat buruknya, kedua orang tua Elizabeth menyekolahkan dia di sebuah sekolah asrama untuk anak perempuan. Marah dengan keputusan orang tuanya, Elizabeth memutuskan untuk bersikap nakal dan berharap dikeluarkan dari sekolah. Ternyata, segalanya tidak berjalan sesuai dengan harapannnya. Endingnya bikin saya nangis kala itu.

3. Bobo. Oke ini curang, karena Bobo adalah majalah anak-anak, bukan buku. Tapi saya ingin sekali memasukkan majalah ini ke dalam daftar, karena saya suka sekali membaca majalah ini semasa kanak-kanak. Saya suka membaca dongeng dan cerpen di dalamnya. Ah, begitu banyak kenangan dengan majalah ini. Karena dulu masih susah, waktu itu saya cuma minjem sama temen yang tajir dan memang berlangganan majalah tersebut. :p

4. Goosebumps #6: Gadis Pencinta Monster by R.L. Stine. Judulnya bahasa Inggrisnya “The Girl Who Cried Monster”, ceritanya mirip-mirip dengan dongeng terkenal “The Boy Who Cried Wolf”. Di novel ini, si anak perempuan gemar berbohong tentang melihat monster. Masalah datang tatkala ia bertemu dengan monster sungguhan dan orang-orang nggak mau percaya. Endingnya bikin syok.

5. Goosebumps #11: Topeng Hantu by R.L. Stine. Anak kecil mana yang nggak takut saat membaca cerita tentang topeng halloween yang nggak bisa dilepas, bahkan menempel permanen di wajah? Hiy.

6. Goosebumps Seri Petualangan Maut #8: Bangkit Dari Kubur by R.L. Stine. Haha, ternyata sejak kecil saya memang sudah menyukai cerita horor. Di buku ini, kita yang menjadi tokoh utamanya. Endingnya macam-macam, kadang happy ending, kadang tragis. Seru banget!

7. Kakakku Si Culas by Candice F. Ransom. Ceritanya tentang kakak beradik yang hubungannya nggak harmonis. Si adik merasa iri karena kakaknya begitu populer di sekolah. Lalu, ia mulai meniru kakaknya, mulai dari gaya rambut dan sebagainya. Setelah berbagai masalah yang dilalui kakak beradik ini, akhirnya mereka sadar kalau mereka ternyata saling membutuhkan satu sama lain. Kisah ini sangat berkesan.

8. Doraemon dan Doraemon Petualangan by Fujiko F. Fujio. Cintaaa banget sama komik ini. Komik Doraemon favorit saya adalah Doraemon Petualangan #1, berkisah tentang Nobita yang menemukan fosil telur dinosaurus. Berkat kain waktu milik Doraemon, fosil telur tadi berubah kembali menjadi telur sungguhan. Nobita  mengeraminya, hingga akhirnya menetaslah seekor dinosaurus yang lucu. Karena tidak mungkin memelihara dinosaurus di rumah, Nobita cs membawa dinosaurus tersebut ke zaman purba dengan mesin waktu milik Doraemon. Endingnya nyesek. T_T

9. Dragon Ball by Akira Toriyama. Dulu bacanya gak urut. Suka banget sama gambarnya. Waktu SD dulu saya suka menggambar karakter Dragon Ball di buku tulis.

10. Harry Potter dan Tawanan Azkaban by J.K. Rowling. Buku pertama seri Harry Potter yang saya baca. Langsung jatuh cinta. Bahkan hingga sudah setua ini (halah), saya masih cinta banget sama buku ini. Malah, saya cukup hafal detail ceritanya. :D

***

11 komentar:

  1. huwaaaa edisi nostalgia yaaa XD aku juga dulu suka banget sama lupus kecil, si badung dan goosebumps. goosebumps yang berkesan itu yang tetangga hantu (mirip sama film the others), trus yang makhluk aneh di bawah bak cuci piring. hihihi...seru banget ya. kakakku si culas juga bagus...buku lainnya yg aku suka: malory towers, trio detektif, pilih sendiri petualanganmu, babysitter's club. duhhh kangen masa kecillll :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku iri sama Kak Astrid. Koleksi bacaan masa kecilnya lebih banyak dari saya. :')

      Hapus
  2. Yang sama kaya aku doraemon sama bobo hahaha
    Harpot yang aku baca waktu pertama itu yang sorcerer's stone :))
    Besok minggu depan aku ikutan ah top ten tuesday. Pake pendaftaran ga kaka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aseek ada yang ikutan. Gak perlu daftar kok. Jgn lupa share link ke saya. :D

      Hapus
  3. Hahaha.... Cuma Bobo aja kita yang sama, Pan... Lainnya liat disini yaaaaa http://justaveragereader.blogspot.com/2014/02/top-ten-tuesday-2.html?m=1

    BalasHapus
  4. Ahhhh Lupus Kecil aku juga suka, Bobo masih berlangganan hingga SMP, doraemon dan Dragon Ball juga ^^

    Goosebumps sering pinjem punya teman ^^

    BalasHapus
  5. Ini adaptasi dari Top Ten Tuesday punyanya The Broke & The Bookish ya? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya adaptasi dari banyak blog, termasuk dari you tube juga. Tapi setelah aku googling tentang The Broke & The Bookish barusan, ternyata memang blog itu ya, yang punya meme ini. Trims infonya. Eh apa harus ijin dulu ke sana ya?

      Hapus

Back to top