30 Jun 2013

June Book Haul

image from here. edited by me.

Halo, apa kabar semuanya? Malam ini adalah malam terakhir di bulan Juni, dan saya masih punya hutang review dua buku dong: Generasi 90an by Marchella FP dan Macarin Anjing by Christian Simamora. Niatnya sih hari ini mau bikin review kedua buku itu. Tapi apa daya malah diajak ngelembur di kantor. Hellow… hari Minggu iniiih. :| Saat kerjaan udah beres, mood buat nge-review juga sudah terbang entah ke mana (ke hatimu kali ya? #eaah). Ya sudahlah. Review-nya ditunda dulu. Untuk posting terakhir di bulan ini, saya memutuskan untuk nge-post book haul saja. Kebetulan memang belum bikin, hehe.

28 Jun 2013

Shocking Korea: Sisi Lain Korea yang Mengejutkan by Junanto Herdiawan

Judul: Shocking Korea: Sisi Lain Korea yang Mengejutkan
Penulis: Junanto Herdiawan
Penerbit: B first, Maret 2013
Tebal: x + 166 hlm.
ISBN: 9786028864749
Rating: 3,5/5

Sinopsis:
Demam Korea benar-benar mewabah. Tapi jangan salah, di Korea, Anda tidak hanya bisa menjumpai kimchi yang membangkitkan selera, tetapi juga lokasi syuting drama Korea yang menguras air mata, bahkan salon kecantikan yang bisa menyulap para perempuan seperti barbie Asia.

Korea mampu mengajak Anda untuk terkaget-kaget tanpa henti. Cuma Korea yang bisa membuat Anda merasakan:

• Makan ayam yang hitam hingga ke tulang
• Ditangkap patroli gara-gara belajar lewat dari jam 10 malam
• Blusukan ala Gangnam Style
• Ikut tur yang mengancam nyawa
• Bertemu dengan putri duyung di Jeju

Penasaran kan? Selamat datang di dunia penuh kejutan ala Korea.

Judul bukunya provokatif ya? Saya pikir isinya akan benar-benar bikin syok. Ternyata tidak juga. Tadinya tulisan-tulisan dalam buku ini hanya berupa catatan-catatan harian penulis saat mengunjungi Korea untuk urusan pekerjaan. Hal-hal yang dianggapnya menarik atau unik, selain ditulis pada catatan harian, juga di-posting di blog publik seperti Kompasiana. Bagi yang awam tentang hal-hal yang berbau Korea Selatan (seperti saya), cerita-cerita dalam buku ini saya pikir cukup bermanfaat. Siapa tahu saya dikasih rezeki sehingga dapat mengunjungi negara itu suatu saat nanti. Hehe.

Buku ini dibagi menjadi empat bagian sesuai dengan tema yang ingin disampaikan penulis, di mana setiap tema terdiri dari beberapa cerita. Bagian pertama, Yummy... Yummy..., membahas kuliner Korea. Penulis membagi hal-hal yang ditemuinya terkait kuliner di Korea. Salah satu jenis makanan yang dibahas adalah Kimchi, menu wajib bagi masyarakat Korea. Bagi yang belum tahu apa itu Kimchi, Kimchi terbuat dari sawi putih yang difermentasi, kemudian diberi bubuk cabe merah. Deskripsinya sih begitu doang, saya tidak mengerti enaknya di bagian mana. Belum pernah nyoba soalnya, hehe. Yang jelas Kimchi ini wajib banget ada di meja makan. Orang Korea tidak bisa makan kalo tidak ada Kimchi. Bahkan, Kimchi memegang peranan penting dalam perekonomian Korea Selatan. Krisis Kimchi bisa berdampak pada krisi ekonomi loh. Selain Kimchi, penulis juga membahas tentang  Banchan, lalu jajanan kaki lima di Korea, budaya minum kopi di kalangan orang muda Korea, juga tentang ayam hitam, atau di Indonesia khususnya pulau Jawa disebut ayam cemani, lantaran warnanya hitam sebadan-badan. Di Indonesia sih, ayam kayak gini biasanya dipake buat sesajen. Tapi ternyata di Korea justru dijadikan hidangan yang sangat lezat. Ayam hitam juga bagus untuk kesehatan loh. Jadi pengen nyobain. :P

26 Jun 2013

Wishful Wednesday #10

Selamat hari Rabu! ^.^

Cepat sekali waktu berlalu, sayangnya nggak dibarengi dengan kecepatan membaca dan menulis review. Kecepatan membeli malah hampir nggak terkendali. Sejak dibukanya Gramedia Lombok, uang di dompet saya cepat sekali habis. *ketawa hampa* Salah satu buku yang bikin saya hepi adalah Generasi 90an! Tadinya sempat ragu-ragu untuk beli. Harganya ngajak bangkrut sih. Tapi ternyata oke juga bukunya. Saya nggak nyesel sudah beli. Kemasannya mewah, sehingga cocok sekali untuk dijadikan koleksi dan dibaca-baca lagi kalo lagi kepingin bernostalgia. Membaca buku ini kayak menaiki mesin waktu milik Doraemon, yang membawa saya kembali ke tahun 90an. Review selengkapnya tentang Generasi 90an akan saya post secepatnya, semoga masih di bulan ini.

Untuk edisi kali ini, ada dua buku yang menjadi wishlist saya. Kebetulan kedua buku tersebut ditulis oleh teman saya (haiyah, ngaku-ngaku nih, ceritanya?) >.<

1. Dongeng Patah Hati by Lutfia Khoirunisa, dkk. (Goodreads)

Penerbit: GagasMedia
Tahun Terbit: 2013
Sinopsis:
Dia tidak mencintaimu lagi.
Hatimu terbelah dua ketika dia memutuskan untuk mendua.
Tak ada lagi yang bisa kau lakukan.
Semuanya berakhir, semuanya sia-sia.

Dia tidak mencintaimu lagi.
Dan kau menangis saat mengucapkan selamat tinggal.
Seketika itu juga tubuhmu terasa menggigil.
Kedinginan karena telanjur terbiasa dengan hangat pelukannya....

***

DONGENG PATAH HATI adalah omnibus karya 10 pemenang Sayembara Menulis ‘Proyek 14’ dan 4 penulis pilihan GagasMedia. Buku ini dipersembahkan untuk kamu yang patah hati, diam-diam mencintai... atau yang pernah diselingkuhi.


Mengapa ingin buku ini? Ehem. Saya ingin membaca karya salah satu penulis buku ini, yang kebetulan orangnya saya kenal. Sebenarnya saya sudah mencari buku ini di Gramedia Lombok, sayangnya nggak ada. Kalau nggak ada halangan, saya akan membelinya secara online bulan depan (sehabis gajian, hahaha).


2.  Melahirkan Eliana by Mandewi (dapat dibeli di sini)

Penerbit: Nulisbuku.com
Tahun Terbit: 2013

Mengapa ingin buku ini? Buku ini berisi tiga puluh flash fiction karya penulis yang bernama asli Komang Ayu Kumaradewi. Saya pernah membaca beberapa flash fiction yang penah ia posting di blognya. Menurut saya cukup menarik. Saya acap kali tersentak oleh kejutan pada setiap ending cerita, dan meninggalkan O besar di bibir saya. Maka setelah mengetahui bahwa beliau telah menerbitkan buku kumpulan flash fiction (btw, saya terlambat mengetahui kalau ia telah menerbitkan buku *timpuk Mandewi karena nggak kabar-kabari*), saya tentu ingin sekali membacanya. Salah satu sampel cerita bisa diunduh di sini. :)


Jadi, apa Wishful Wednesday-mu hari ini? :)

Mau ikutan Wishful Wednesday? Caranya gampang:
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

25 Jun 2013

Love Command: The First Fall by Janice Nathania

Judul: Love Command: The First Fall
Penulis: Janice Nathania
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2013
Tebal: 272 hlm.
ISBN: 9789792295894
Rating: 3/5

Sinopsis:
Wasiat sang bunda dan bros pemberian Ayi—bocah dari ingatan masa kecilnya—membawa Shilla ke Jakarta, tempat kehidupannya berubah. Siapa sangka ia malah terdampar di kediaman mewah keluarga yang kaya raya, dan akhirnya bekerja di sana? Hari-hari Shilla pun tambah berwarna berkat kakak-beradik Luzardi: Arya yang tampan dan baik hati serta selalu ada untuknya, dan Ryo yang arogan dan suka seenaknya. Belum lagi perseteruannya dengan Bianca “Queen Bi”, yang selalu menganggap Shilla saingan terberat dalam memperoleh perhatian Ryo.

Ketika mendapati lambang di rumah keluarga Luzardi serupa dengan brosnya, Shilla yakin bahwa Ayi-nya berada di sana. Namun siapa di antara kakak-beradik itu yang merupakan Ayi? Dan kini di tengah pencariannya, Shilla malah dihadapkan pada perasaan tak menentu terhadap keduanya...

Denger-denger, novel teenlit karya Janice Nathania ini tadinya adalah fanfiction dari salah satu drama Korea (K-drama) terkenal. Tapi saya nggak tahu K-drama yang mana. Kita juga nggak bisa lagi membaca fanfiction tersebut, sebab blog tempat penulis mem-posting ceritanya telah dihapus oleh yang bersangkutan. Ah, sayang sekali, padahal saya penasaran ingin membacanya. Bisa dimaklumi apabila alasan penulis adalah agar orang-orang membeli dan membaca bukunya, dan bukan membacanya secara gratis di internet. Penulis nggak mau rugi dong. Apalagi Love Command: The First Fall direncanakan akan dijadikan trilogi, padahal fanfiction-nya sendiri aslinya sudah tamat. Bila pembaca telah membaca versi fanfiction-nya, ngapain juga beli bukunya kan? Hehe.

Baiklah. Mari kita abaikan info di atas dan mulai membahas novelnya. Love Command: The First Fall berkisah tentang Shilla, gadis desa yang baru saja kehilangan ibunya. Dalam surat wasiat sang ibu, beliau berpesan agar Shilla menemui Ibu Romi dan suaminya, yang adalah teman ibunya semasa SMA, yang tinggal di Jakarta. Berbekal surat dari sang ibu dan bros perak pemberian Ayi, seseorang dari masa kecilnya, gadis itu pun berangkat ke ibu kota.

Di Jakarta, terjadi hal di luar dugaan yang menyebabkan Shilla bukannya bertemu dengan sahabat sang ibu, tapi malah berakhir menjadi pembantu di rumah keluarga Luzardi, yang adalah keluarga milyuner, ralat: SUPER-BILYUNER. Oke, mungkin saya yang lebai, tapi beneran kaya raya loh. Keluarga Luzardi punya usaha di mana-mana, bahkan hingga ke mancanegara. Rumahnya saja besar banget, memiliki empat lantai. Saking luasnya, dipake jogging keliling dua putaran aja udah ngos-ngosan. (Hehe, yang terakhir itu saya yang nambahin, nggak ada deskripsi kayak gitu kok di novelnya). *dikemplang*

24 Jun 2013

Fade In Fade Out by Wiwien Wintarto

Judul: Fade In Fade Out
Penulis: Wiwien Wintarto
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2013
Tebal: 328 halaman
ISBN-13: 9789792293746
Harga: Rp. 49.000,-

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah kamu adalah penggemar sinetron? Atau malah pembenci sinetron dan suka mengkritik tayangan tersebut? Suka tidak suka, faktanya sinetron amat digandrungi oleh banyak orang. Meski sinetron acap kali dikritik karena dinilai tidak mendidik, mombodohi, menjual mimpi, hingga tidak humanis, tapi toh pihak Production House (PH) dan stasiun-stasiun TV tak pernah berhenti memproduksi dan menayangkan sinetron dengan cerita yang (katanya) begitu-begitu saja: amnesia, anak/sudara yang ketuker, tokoh baik yang selalu merana versus tokoh jahat yang kejamnya ngalah-ngalahin Lucifer.

Adalah Seto, tokoh utama dalam novel ini, yang sering mengkritik tayangan sinetron lewat resensi pada tabloid Abege, tempatnya bekerja sebagai editor bagian fiksi. Kritikannya yang tajam soal sinetron sering ia sampaikan tak hanya lewat tabloid tapi juga lewat media blog. Ia dan rekan-rekan sejawatnya selalu menyempatkan diri untuk menonton sinetron yang tayang pada jam-jam prime time dengan teliti dan penuh perhatian. Tujuannya tak lain adalah untuk mencela sinetron tersebut.

19 Jun 2013

Wishful Wednesday #9

Karena sudah lama nggak bikin Wishful Wednesday, maka untuk postingan kali ini nggak hanya 1 buku, melainkan 3 buku yang saya masukin. Langsung aja deh... (klik judul untuk link Goodreads)


1. All You Can Eat by Christian Simamora

Penerbit: GagasMedia
Tahun Terbit: 2013
Sinopsis:
Dear pembaca,

Berbeda dengan penulis lain di luar sana, aku akan berterus terang mengenai akhir novel ini: bahagia. Tapi, kumohon, jangan desak aku untuk menceritakan awal ceritanya. Juga tentang siapa Sarah, siapa Jandro, dan apa yang menghubungkan mereka berdua.

Aku juga tak akan melebih-lebihkan penjelasanku mengenai novel kesepuluhku ini. ‘All You Can Eat’ memang bukan cerita yang orisinal. Jadi, jangan terkejut saat mendapati ceritanya mengingatkanmu pada curhatan seorang teman atau malah pengalaman hidupmu sendiri. Ini tentang seseorang yang istimewa di hati. Yang tak bisa kamu lupakan, juga tak bisa kamu miliki.

Jadi, apa keputusanmu?
Kalau setelah penjelasan tadi kamu masih ingin membaca novel ini, tak ada yang lagi bisa aku katakan kecuali: selamat menikmati.

Dan selamat jatuh cinta.


CHRISTIAN SIMAMORA

Alasan ingin buku ini: I am one of Christian Simamora-lover (haiayaahh). Saya suka style Bang Chris dalam bercerita. Well, saya memang belum membaca karya-karya awalnya (Boylicious dan Macarin Anjing), namun saya sudah jatuh cinta pada penulis chubby ini sejak membaca Shit Happens. Kemudian bukunya yang berjudul Pillow Talk mampu memikat hati saya. Coklat Stroberi, adalah salah satu novel adaptasi film yang oke banget! Good Fight, semakin mengukuhkan dirinya sebagai penulis cerita romantis yang mumpuni. Sementara Cinderella Rockefella, meski kisahnya amat singkat, namun sungguh berkesan. Saya beneran nggak sabar ingin membaca karya ter-gress dari Bang Chris ini. >.<


2. Generasi 90an by Marchella FP

Penerbit: POP Publishers
Tahun Terbit: 2013
Sinopsis:
Bahagia itu sederhana, nostalgia salah satunya, dan buku ini menjadi mesin waktunya.
Tiada kesan nostalgia bersama teman tanpa kehadiran buku "Generasi 90an".

Alasan ingin buku ini: Terpaksa bongkar umur. Ya, saya generasi 90an dan saya ingin sekali bernostalgia bersama buku ini. :) Meski kata orang sebagian besar konten dalam buku ini bisa ditemukan di internet, tapi hal tersebut sama sekali nggak memadamkan keinginan saya untuk memiliki buku ini. Terus kenapa belum beli? Alasan klasik sebenernya: harganya mahal. Secara, tampilannya deluxe gituh. *garuk aspal* #kode


3. Mahogany Hills by Tia Widiana

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2013
Sinopsis:
- Juara 1 Lomba Penulisan Novel Amore 2012 -

Jagad Arya dan Paras Ayunda mendapatkan kehidupan yang mungkin diharapkan oleh semua pasangan pengantin baru. Segera setelah menikah, mereka tinggal di rumah bernama Mahogany Hills, di pelosok pegunungan Sukabumi yang sejuk dan indah.

Yang membedakan Jagad dan Paras dengan pasangan pengantin lainnya adalah mereka menikah bukan karena cinta. Baik Jagad maupun Paras punya rahasia yang mereka pendam. Kesepian, amarah, dan penyesalan bercampur aduk dengan rasa rindu dan kata cinta yang tak pernah terucapkan—semua itu senantiasa menggelayuti Mahogany Hills.

Dengan caranya masing-masing, Jagad dan Paras berjuang untuk menghadapi satu pertanyaan yang pada suatu titik harus mereka jawab: Sanggupkah mereka bertahan dalam pernikahan yang tak sempurna itu?

Alasan ingin buku ini: Sebagai penyuka cerita romens, rasanya kurang afdol bila belum membaca buku yang menjadi juara 1 lomba penulisan novel Amore ini (sejujurnya, saya malah belum membaca satupun novel Amore *tutupin muka pake kemoceng*). Saking bagusnya novel ini, seorang teman saya bahkan bela-belain membaca novel ini dari malam hingga subuh, padahal esoknya ia harus ngantor. Saya jadi penasaran.


Jadi, apa Wishful Wednesday-mu hari ini? :)

Mau ikutan Wishful Wednesday? Caranya gampang:
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. :)

18 Jun 2013

Bellamore by Karla M. Nashar

Judul: Bellamore
Penulis: Karla M. Nashar
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2007
Tebal: 264 hlm.
ISBN: 9789792229745
Rating: 4/5

Sinopsis:
"But what do you do if you get horny?"

Demi Zeus dan para dewa Yunani lainnya!!! What is it with this man?!!!
Pria dihadapanku ini, yang kukenal belum sampai sebulan, bukan pacarku, bukan sahabatku, tidak juga punya hubungan darah apapun denganku, hanya rekan bisnis, tapi ingin tahu apa yang kulakukan jika libidoku sedang naik?!?!?!

He's got to be kidding me!!!!

Awalnya nama Fabian Ferdinandi bagiku sama artinya dengan kejengkelan tak berujung. Pria Italia itu sangat tahu bagaimana membuat seluruh syarafku menegang cepat dan membuat setiap percakapan kami berakhir dengan kemarahan dipihakku. Namun yang paling menyebalkan adalah, Fabian sangat tahu bagaimana membuatku tampak seperti alien karena usiaku yang sudah 27 tahun ini, aku memutuskan untuk tetap mempertahankan VIRGINITY-ku.Sesuatu yang menurutnya sangat absurd untuk wanita seperti aku.

Setidaknya begitulah. Sampai akhirnya waktu memisahkan dan mempertemukan kami lagi pada suatu pagi yang beku di Time Square. Namun seiring musim berganti di New York, aku pun harus menghadapi kenyataan mengejutkan tentang Fabian. Dan perasaanku sendiri terhadapnya.

Bellamore yang artinya ‘cinta yang indah’, berkisah tentang Lana, wanita 27 tahun yang memegang  prinsip menjaga keperawanan sebelum menikah. Hanya saja, gara-gara prinsipnya itu, hubungan cintanya dengan setiap laki-laki selalu berakhir mengecewakan. Ya, hampir semua lelaki yang pernah menjadi pacar Lana selalu menginginkan seks sebelum menikah. Lana lebih memilih cepat-cepat mengakhiri hubungan cintanya ketimbang harus merelakan keperawanannya pada laki-laki yang belum tentu akan menjadi suami.

Lalu muncullah sosok lelaki tampan dalam kehidupan Lana, namanya Fabian. Pria asal Italia itu adalah rekan kerja Lana. Sayang sekali, Fabian sangat jauh dari kesan romantis. Orangnya cenderung vulgar dalam bertutur, dan ia gemar sekali menggoda Lana. Keusilannya dengan kata-kata vulgar semakin menjadi-jadi saat mengetahui prinsip hidup Lana. Di lain pihak, Lana yang baru saja putus dari pacar terakhirnya lantaran alasan klasik terkait prinsip ‘menjaga keperawanan’, terpaksa harus mengalami hari-hari menjengkelkan bersama Fabian. Meski ingin sekali menghindari Fabian, tuntutan pekerjaanlah yang membuat Lana mau tak mau harus bertatap muka dengan pria tampan itu tapi ngeselin itu.

Setelah sekian lama menjalin kerja sama secara profesional, Fabian yang sudah lumayan akrab dengan Lana mendadak menghilang dari kehidupan perempuan itu tanpa sebab yang jelas. Kepergian Fabian menyisakan ganjalan di hati Lana. Mungkinkah Lana mulai menyukai Fabian?

7 Jun 2013

Summer in Seoul by Ilana Tan

Judul: Summer in Seoul
Seri: Season Series #1
Penulis: Ilana Tan
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006
Tebal: 280 hlm.
ISBN: 9792224602

Sinopsis:
Jung Tae-Woo—penyanyi muda terkenal Seoul yang muncul kembali setelah empat tahun menghindari dunia showbiz.

"Aku hanya ingin memintamu berfoto denganku sebagai pacarku," kata Jung Tae-Woo pada gadis di hadapannya.

Sandy alias Han Soon-Hee—gadis blasteran Indonesia-Korea yang sudah mengenali Jung Tae-Woo sejak awal, namun sedikit pun tidak terkesan.

Sandy mengangkat wajahnya dan menatap laki-laki itu, lalu berkata, "Baiklah, asalkan wajahku tidak terlihat."

Awalnya Jung Tae-Woo tidak curiga kenapa Sandy langsung menerima tawarannya. Sementara Sandy hanya bisa berharap ia tidak akan menyesali keputusannya terlibat dengan Jung Tae-Woo. Hari-hari musim panas sebagai "kekasih" Jung Tae-Woo dimulai. Perubahan rasa itu pun ada. Namun keduanya tidak menyadari kebenaran kisah empat tahun lalu sedang mengejar mereka.

Han Soon-Hee atau Sandy adalah gadis blasteran Indonesia-Korea yang sedang kuliah dan menetap di negeri ginseng tersebut. Gara-gara ponselnya tertukar dengan ponsel milik seorang manajer artis, Sandy akhirnya bertemu dengan seorang penyanyi pria yang tampan dan terkenal bernama Jung Tae-Woo. Di luar dugaan, Jung Tae-Woo yang pernah menghilang dari dunia hiburan Korea selama empat tahun, meminta bantuan dari Sandy. Pemuda itu ingin menepis gosip gay yang sedang menimpa dirinya, dengan cara berfoto dengan Sandy sehingga terlihat seolah-olah mereka adalah sepasang kekasih. Sandy yang tidak begitu ngefans pada Jung Tae-Woo menyanggupi permintaan artis tersebut, dengan syarat wajahnya tidak boleh kelihatan sama sekali.

Back to top