28 Feb 2015

Memori - Windry Ramadhina

Judul: Memori
Penulis: Windry Ramadhina
Penerbit: GagasMedia
Cetakan: I, Mei 2012
Tebal: viii + 304 hlm
ISBN13: 9789797805623

Sinopsis:
Cinta itu egois, sayangku. Dia tak akan mau berbagi.

Dan seringnya, cinta bisa berubah jadi sesuatu yang jahat. Menyuruhmu berdusta, berkhianat, melepas hal terbaik dalam hidupmu. Kau tidak tahu sebesar apa taruhan yang sedang kau pasang atas nama cinta. Kau tidak tahu kebahagiaan siapa saja yang sedang berada di ujung tanduk saat ini.

Kau buta dan tuli karena cinta. Kau pikir kau bisa dibuatnya bahagia selamanya. Harusnya kau ingat, tak pernah ada yang abadi di dunia—cinta juga tidak. Sebelum kau berhasil mencegah, semua yang kau miliki terlepas dari genggaman.

Kau pun terpuruk sendiri, menangisi cinta yang akhirnya memutuskan pergi.

Mahoni adalah seorang arsitek muda yang tengah giat meniti karir di Virginia, Amerika Serikat. Ada alasan khusus yang membuatnya meniti karir di luar negeri alih-alih di tanah kelahirannya sendiri. Sebuah luka masa lalu yang disebabkan oleh sang ayah yang lebih memilih meninggalkan dirinya dan sang ibu demi seorang perempuan bernama Grace, membuat Mahoni menjadi pribadi yang keras. Sebagai seorang arsitek, Mahoni memiliki pendirian yang teguh serta sangat idealis. Ia berpendapat bahwa seorang arsitek adalah pekerja seni, sehingga ia tidak gampang mengiyakan keinginan para klien apabila permintaan klien tersebut bertentangan dengan idealismenya. Mungkin itu jugalah yang membuatnya jarang deal dengan klien. Ron, pria bule yang juga rekan kerja Mahoni kerap mengingatkan wanita itu agar tidak bersikap terlalu idealis, karena bagaimanapun, keinginan klien-lah yang perlu diutamakan. Tapi Mahoni bertahan pada pendiriannya.

26 Feb 2015

Dil3ma - Mia Arsjad

Judul: Dil3ma
Penulis: Mia Arsjad
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: II, Oktober 2010
Tebal: 336 hlm
ISBN13: 9789792250176

Sinopsis:
Tiga wanita lajang, tiga dilema.

Lura, dengan kebiasaan buruknya mempermainkan laki-laki padahal di sisinya ada Robi yang baik dan setia.

Mala, yang punya afair dengan Mas Sis, atasannya, dan sabar menanti sang bos bercerai dari istrinya.

Nania, dengan Reva-nya yang matre dan abusive secara verbal tapi ogah putus karena takut jadi jomblo abadi.

Tiga sahabat yang mencari cinta dengan segala cara. Hingga masing-masing kena batunya. Dan mendapatkan pencerahan.

Lura, Mala, dan Nania, adalah tiga sahabat dengan persoalan hidupnya masing-masing. Persahabatan mereka bermula di sebuah chatting room bernama Broken Ladies, tempat curhat cewek-cewek yang dikecewakan oleh para cowok. Karena merasa senasib dan sepenanggungan, persahabatan ketiganya bertahan cukup lama.

Lura, adalah perempuan dengan latar belakang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan sosok ayah. Ia punya misi membuat kapok cowok-cowok playboy, dengan cara memacari mereka, kemudian mempermainkan mereka. Padahal, di sisinya ada sosok Robi, laki-laki baik hati yang tulus mencintai dirinya. Sudah tiga kali Robi melamar Lura, tapi gadis itu menolak dengan alasan belum siap. Ia merasa ragu terhadap Robi, tapi juga tak ingin melepas cowok itu.

25 Feb 2015

Opini Bareng BBI: Karakter Tokoh Utama

image source here. edited by me.

Dalam sebuah fiksi, ada beberapa elemen penting yang menjadi perhatian pembaca (setidaknya saya), di antaranya adalah plot, seting, sudut pandang, tema, dan karakter tokoh utama. Nah, untuk postingan Opini Bareng BBI yang kedua ini, topik yang diangkat adalah elemen terakhir yang saya sebutkan, yaitu karakter tokoh utama. Seperti apa karakter tokoh utama yang disukai pembaca? Mengutip pertanyaan yang dilontarkan Bebi, “Apakah kamu lebih menyukai karakter utama yang serbasempurna, mirip dengan kepribadianmu, atau yang hidupnya penuh dengan masalah dan ketidaksempurnaan? Apakah kamu menyukai tokoh utama yang cerewet atau pendiam?”

19 Feb 2015

Still... - Esti Kinasih

Judul: Still...
Penulis: Esti Kinasih
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: XI, Agustus 2013
Tebal: 224 hlm
ISBN13: 9789792295726

Sinopsis:
Bima—si cowok macho yang suka panjat gunung—emang terkenal playboy, suka mengintimidasi, dan posesif. Kalau udah naksir cewek, dia langsung ngajak jalan. Nggak peduli tuh cewek naksir dia atau nggak. Dan tanpa bilang cinta, Bima menyatakan Fani sebagai pacarnya.

Fani menerima Bima karena terpaksa. Tapi ketika rasa tertekannya udah di puncak, dia minta putus dari Bima! Jelas Bima nggak mau ngelepas Fani, tapi Fani ngotot.

Di saat Fani bebas merdeka, Bima patah hati. Di saat Fani nemuin gebetan baru, Bima merenung. Cowok itu sok tegar, sok baik-baik aja, sok memegang prinsip pantang bilang cinta, padahal hatinya sakit.

Sebenarnya Bima nggak sepenuhnya melepas Fani. Fani juga nggak benar-benar membenci Bima. Ketika di suatu siang Bima ketemu cewek itu, Bima nggak sanggup menutupi kata hatinya.

"Aku cinta kamu, Fan. Sekarang. Mudah-mudahan sampai nanti...."

Still... adalah sekuel dari novel berjudul Cewek!!!. Sebaiknya membaca Cewek!!! terlebih dahulu sebelum membaca novel ini. Tapi kalau memang tidak punya novelnya, nggak masalah, sebab di novel Still... ini, penulis merangkum cerita Cewek!!! dalam bab prolog sepanjang 11 halaman. Namanya juga rangkuman ya, jadi jangan berharap lebih. Saya pribadi tetap merekomendasikan agar membaca buku pertama terlebih dahulu karena ceritanya seru dan menghibur.

10 Feb 2015

Refrain - Winna Efendi

Judul: Refrain
Penulis: Winna Efendi
Penerbit: GagasMedia, 2009
Tebal: 318 hlm.
ISBN13: 9789797803629

Sinopsis:
Tidak ada persahabatan yang sempurna di dunia ini, yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya.
*
Ini bisa jadi sebuah kisah cinta biasa. Tentang sahabat sejak kecil, yang kemudian jatuh cinta kepada sahabatnya sendiri. Sayangnya, di setiap cinta harus ada yang terluka.

Ini barangkali hanya sebuah kisah cinta sederhana. Tentang tiga sahabat yang merasa saling memiliki meskipun diam-diam saling melukai.

Ini kisah tentang harapan yang hampir hilang. Sebuah kisah tentang cinta yang nyaris sempurna, kecuali rasa sakit karena persahabatan itu sendiri.

Cukup lama saya menimbun novel ini. Belinya sewaktu berkunjung ke Makassar tahun 2011. IYA LOH, SAYA MENIMBUN NOVEL INI SEJAK 2011. *tambahin background suara petir biar deramak* Novelnya sendiri pertama kali terbit tahun 2009. Dan enam tahun kemudian barulah novel ini dibaca oleh seorang cowok bernama Yopano. *nyemplung ke rawa-rawa* Tapi nggak apa-apa. Better late than never. Lagian, bacanya telat sedikit kan nggak apa-apa. (Telat sedikit? TELAT SEDIKIT KATAMUH?) *nyemplung ke rawa-rawa dan nggak nongol lagi*

Oke mari lanjut ngebahas ceritanya. Tersebutlah dua anak manusia beda gender yang sudah menjalin persahabat sejak kecil. Tapi kemudian salah satu di antara mereka menumbuhkan perasaan yang lebih dari sekadar rasa sayang sebagai sahabat. Ya, ya, ini buku tentang sahabat jadi cinta.

6 Feb 2015

Pengumuman Pemenang Giveaway Februari 2015


Saatnya pengumuman pemenang giveaway berhadiah satu buah buku The Naked Traveler Round The World Part 1 karya Trinity dan satu buah kalender tjantik 2015. Langsung saja, setelah melakukan pemilihan secara random, yang keluar sebagai pemenang adalah...

5 Feb 2015

Read Big Challenge 2015


Oke, ini adalah RC terakhir yang akan saya ikuti untuk tahun ini. Reading Challenge Buku Bantal! Tahun ini, yang menjadi host Read Big Challenge adalah Mbak Alvina. Thanks, Mbak, sudah menjadi host. :)

Syarat buku yang dibaca untuk RC ini adalah:
1. Jumlah halaman di atas 500. Supaya kesan seksi dan sensasi tebalnya terasa, tidak boleh berupa ebook atau audio book, kecuali jika ada alasan khusus;
2. Manga, graphic novel, dan buku dengan banyak ilustrasi (contoh: Hugo Cabret), tidak diperbolehkan.

Syarat ikutan RC ini selengkapnya baca di sini ya. Ada kesempatan memenangkan hadiah loh, bagi para peserta Big Read Challenge 2015. Ayo ikutan!

4 Feb 2015

Koala Kumal - Raditya Dika

Judul: Koala Kumal
Penulis: Raditya Dika
Penerbit: GagasMedia, 2015
Tebal: 260 hlm.
ISBN13: 9789797807696

Sinopsis:
Selain main perang-perangan, gue, Dodo, dan Bahri juga suka berjemur di atas mobil tua warna merah yang sering diparkir di pinggir sungai samping kompleks. Formasinya selalu sama: Bahri dan gue tiduran di atap mobil, sedangkan Dodo, seperti biasa, agak terbuang, di atas bagasi.

Kadang kami tiduran selama setengah jam. Kadang, kalau cuaca lagi sangat terik, bisa sampai dua jam. Kalau cuacanya lagi sejuk dan tidak terlalu terik, kami biasanya sama-sama menatap ke arah matahari, memandang langit sambil tiduran. Kalau sudah bagini, bahari menaruh kedua tangannya di belakang kepala, sambil tiduran dia berkata, 'Rasanya kayak di Miami, ya?'
'Iya,' jawab gue.
'Iya,' jawab Dodo.
Kami bertiga gak ada yang pernah ke Miami.

Koala Kumal adalah buku komedi yang menceritakan pengalaman Raditya Dika dari mulai jurit malam SMP yang berakhir dengan kekacauan sampai bertemu dengan perempuan yang mahir bermain tombak. Seluruh cerita di dalamnya berasal dari kisah nyata.

*
Sinopsis Goodreads:
Memasuki tahun kesepuluh sebagai penulis, Raditya Dika melahirkan karya terbarunya Koala Kumal. Masih mengusung genre yang sama—kisah-kisah komedi yang didasarkan pada pengalaman si penulis, kali ini lewat Koala Kumal, Raditya Dika mengajak pembacanya berbicara tentang hubungan yang ‘patah’. Mulai dari renggangnya hubungan pertemanan, perasaan yang berubah kepada orang yang sama, hubungan orangtua dan anak, hingga patah hati terhebat yang mengubah cara pandang terhadap cinta.

Gara-gara kurang update di sosial media (twitter), saya sama sekali nggak tahu kalau Raditya Dika sedang menulis buku. Makanya sempat kaget tahu-tahu ada pre-order buku Koala Kumal karyanya. Setelah sekian tahun absen menerbitkan buku, saya pikir Radit sudah berhenti menulis buku, mengingat kesibukannya saat ini sebagai selebritas. Tapi saya salah. Rupanya di sela-sela kesibukannya, Radit berusaha mencuri waktu untuk menulis. Itulah mengapa butuh tiga tahun baginya untuk melahirkan buku ini.

2 Feb 2015

Giveaway Februari 2015


Selamat malam semuanya. Ada kabar gembira. And no, bukan tentang kulit manggis. Blog ini mau mengadakan giveaway. Yeeey! Dalam rangka apa? Nggak dalam rangka apa-apa sih. Terus hadiahnya apa? Tuh fotonya di atas. ^^

Untuk satu orang pemenang yang beruntung akan mendapatkan buku The Naked Traveler: 1 Year Round The World Part 1 (masih segel, gan. Baca reviewnya di sini), dan bonus Kalender BBI 2015. Wait, bonusnya kok kalender? Hellow ini sudah bulan Februari, telat bingits ngasih kalender? Ya maap. Sebenarnya saya kepingin bikin GA sejak awal tahun kemarin. Tapi kelupaan melulu. Biasalah sibuk. Sibuk dengan kerjaan, sibuk baca, sibuk ngegame, sibuk memikirkan dia yang belum tentu memikirkan aku. #gesekbiola #terprincess

1 Feb 2015

As Seen On TV - Christian Simamora (review buku Secret Santa 2014) | Tebak Secret Santa | Pengakuan Secret Santa

Judul: As Seen On TV
Penulis: Christian Simamora
Penerbit: Twigora, 2014
Tebal: 484 hlm.
ISBN13: 9786027036215

Sinopsis:
AKU INGIN JADI ORANG YANG KAMU INGAT SAAT GEMBIRA, BUKAN YANG KAMU HUBUNGI SAAT SEDANG KESEPIAN SAJA.

Dear pembaca,

Jujur saja, sekali ini, aku benar-benar bingung harus mulai bercerita dari mana dulu tentang novel ini. Apakah harus kumulai dari pengakuan pribadiku bahwa novel ini yang paling melibatkanku secara emosional dibanding karya-karya sebelumnya? Ataukah tentang ide dasar ceritanya yang merupakan ketakutan terbesarku?

Mungkin kamu familier dengan alur cerita novel ketiga belasku ini. Bisa jadi, aku malah mengingatkanmu pada seseorang di masa lalu atau malah yang kau kenal sampai sekarang. Kukatakan padamu, novel ini memang tentang dia. Tentang seseorang yang setengah mati ingin kamu benci—karena mungkin hanya dengan begitu kamu bisa berhenti peduli. Tentang dia yang teramat berarti sekaligus yang sering membuatmu menangis seorang diri.

Jadi, apa keputusanmu? Apakah kamu siap berbagi tawa dan luka bersamaku sekarang? Aku tidak akan menjanjikan apa-apa lagi padamu... selain bahagia menanti di halaman akhir novel ini.

Selamat jatuh cinta.

CHRISTIAN SIMAMORA

As Seen On TV. Sebuah judul yang mengundang tanya, bukan?

Alkisah, ada sebuah sinetron Indonesia yang memiliki konsep seperti drama Korea, direncanakan hanya 26 episode saja. Judul sinetronnya, agak-agak bikin ngakak nih, “Siang Jadi Kenangan Malam Jadi Impian” atau biasa disingkat SJKMJI. Anak-anak sekolah minggu jaman dulu pasti tahu banget kalau kalimat “siang jadi kenangan, malam jadi impian” adalah potongan lirik yang sering banget dinyanyikan di sekolah minggu (entah apa yang ada di benak Bang Ino sewaktu memutuskan menjadikannya sebagai judul sinetron. LOL). Masih ingat Sarah, tokoh utama di All You Can Eat? Nah, si Sarah ini yang menulis naskah sinetron tersebut.

Back to top