16 Agt 2014

Ichiro's Ghost Stories Vol. 1 by Makoto Isshiki

Judul: Ichiro's Ghost Stories Vol. 1
Pengarang: Makoto Isshiki
Alih Bahasa: Lenny
Penerbit: Level Comics, September 2013
Tebal: 224 hlm.
ISBN: 9786020222448

Sinopsis:
Ichiro Hanada adalah bocah yang terkenal nakal di lingkungannya. Suatu hari, dia mengalami kecelakaan akibat kenakalannya yang melewati batas. Untungnya dia lolos dari maut dengan sembilan luka jahit di kepalanya. Tapi, sejak kejadian itu, dia juga memperoleh kemampuan menakutkan yang berhubungan dengan hantu! Mari kita ikuti pengalaman seram sekaligus seru Ichiro!

Jika sebelum ini saya hanya mengenal anak TK bernama Nohara Shinnosuke (Shinchan) sebagai bocah ternakal di dunia manga/anime, maka kini saya diperkanalkan dengan Ichiro Hanada, bocah kelas 3 SD yang nakalnya jauh lebih parah: menyelipkan katak mati di mesin cuci, mengatai ibunya Nenek Sihir dan melempari ibunya dengan petasan, mengerjai hewan-hewan peliharan tetangga, menggoda kakak perempuannya yang dijulukinya dengan sebutan Jeldut (Jelek dan Gendut), serta macam-macam kenakalan lain yang bikin saya geleng-geleng kepala. Suatu hari Ichiro kena batunya. Saat sedang berusaha kabur dari kejaran ibunya setelah menghancurkan televisi di ruang keluarga dengan pemukul baseball, Ichiro ditabrak truk. Ajaibnya, ia selamat dengan sembilan jahitan di kepala. Tapi sejak saat itu, Ichiro memiliki kemampuan melihat dan berkomunikasi dengan hantu. Sayangnya, sifat nakalnya tidak hilang juga. :|

Tak ada yang mau percaya bahwa Ichiro bisa melihat hantu. Awalnya Ichiro ketakutan, tapi setelah tahu bahwa arwah-arwah itu menampakkan diri untuk meminta bantuan darinya, ia jadi kesal karena merasa direpotkan. Tapi Ichiro akhirnya mau juga membantu para hantu karena bila keinginan mereka tak dipenuhi, para hantu itu berubah menjadi menyeramkan dan kerap meneror Ichiro hingga ke alam mimpi.

Hantu pertama yang menemui Ichiro adalah perempuan muda yang ingin menyampaikan pesan kepada pria yang dicintainya. Masalahnya, pria tersebut ternyata bertampang preman dengan tato di sekujur tubuhnya. Tentu saja Ichiro gentar. Hantu kedua adalah nenek di lingkungan tempat tinggal Ichiro. Nenek itu ingin menitipkan anjingnya kepada Ichiro karena nenek tersebut tinggal sebatang kara dan tak ada yang mengurus anjingnya. Masalahnya, Ichiro dan hewan peliharaan adalah musuh abadi. Cerita tentang hantu nenek ini cukup menarik, perkembangan ceritanya sama sekali tak terduga. Hantu ketiga adalah anak laki-laki seumuran Ichiro yang meninggal tenggelam. Ia ingin agar Ichiro menyampaikan pesannya kepada sang ibu. Sejak kematiannya, ibu anak itu jadi pendiam dan kehilangan semangat hidup. Hantu keempat adalah kakek cabul yang tak mengenakan baju sama sekali. Semasa hidupnya, sang kakek gemar selingkuh dengan perempuan-perempuan muda berdada besar. Hantu "Kakek Burung" itu ingin Ichiro menyelinap ke rumahnya dan mengamankan surat-surat cinta yang diterimanya dari para selingkuhan, agar jangan sampai ketahuan oleh nenek. Wah, benar-benar merepotkan! Apalagi si nenek keliahatan galak sekali.

Komik ini diterbitkan PT Elex Media Komputindo di bahwa label Level Comics yang ditujukan untuk pembaca dewasa. Sebelum membaca komik ini, saya penasaran mengapa komik ini ditujukan untuk dewasa, karena covernya terlihat imut dan tidak 'berbahaya'. Setelah membacanya, ternyata isinya memang tidak cocok dibaca oleh anak-anak. Selain sikap nakal Ichiro yang sering kelewat batas dapat menjadi contoh buruk bagi anak-anak, terdapat pula cerita yang tidak etis bila dibaca oleh anak-anak, misalnya cerita tentang "Kakek Burung". Kakek Burung sendiri tampil telanjang bulat, sehingga komik ini harus mengalami sensor di bagian (maaf) kelamin si kakek. :))

Secara keseluruhan, Ichiro's Ghost Stories ini sangat menghibur dan mengundang gelak tawa. Susunan panel komiknya juga rapi dan ramah bagi mata sehingga tidak membuat bingung saat membacanya. Ceritanya seru dan cukup menyentuh. Senakal-nakalnya Ichiro, ia tetaplah bocah kecil yang punya kebaikan hati. *peluk Ichiro*

***

2 komentar:

  1. Nggak lama setelah baca buku Ichirou's pertama ini, saya positif hamil, lalu menghindari sebentar, khawatir kebawa pas ngakak2. Soalnya, ini anak emang kebangetan badung. >_<
    Tapi, sampe sekarang jadi belum baca nomor 2-tamat (kata temen sih 5 seri). Ini komik lama yang dicetak ulang, kata teman.
    Pas liat-liat toko buku, sudah sulit dicari... (~..~")

    BalasHapus
  2. Ak kirain link bisa baca online komiknya... Tau nya cuma kesimpulan doank

    BalasHapus

Back to top