30 Agt 2014

Come On Over (CO2) by Christian Simamora

Judul: Come On Over (CO2)
Penulis: Christian Simamora
Penerbit: Twigora, 2014
Tebal: xiv + 436 hlm.
ISBN13: 9786027036208

Sinopsis:
KATAKAN PADAKU, BAGAIMANA CARANYA MERELAKAN SESEORANG YANG TAK PERNAH JADI MILIKMU?

Dear pembaca,

Sejak ide dasar cerita ini muncul di kepala, hidupku benar-benar tidak tenang. Aku dipaksanya memutar otak, mengerjakan plot, memikirkan kedua tokoh utamanya hampir sepanjang waktu. Dan tiga bulan kemudian, akhirnya aku bisa menghela napas lega. Cerita tentang Jermaine dan Tata berhasil kurampungkan untuk kalian, pembaca tersayang.

Ide dasar Come On Over muncul karena terinspirasi sejarah sedih di balik salah satu karya klasik terpopuler sepanjang masa: “Für Elise”. Tahukah kamu, Beethoven menulis lagu itu untuk seorang perempuan, yang ternyata belakangan membuatnya patah hati? Apa mau dikata, cinta memang tidak pernah mudah. Dan bagian tersulit dari mencintai seseorang adalah menunggu dia balas mencintaimu.

Jadi bagaimana, apakah sekarang kamu siap untuk membalik sampul depan dan memulai perjalananmu bersama buku ini? Besar harapanku kamu akan menikmati sebesar aku menikmati proses menulisnya. Selamat membaca dan, seperti biasa...

selamat jatuh cinta.


CHRISTIAN SIMAMORA

Ide cerita bisa datang dari mana saja. Untuk Christian Simamora, lagu Für Elise karya Beethoven telah menginspirasinya untuk menulis kisah #JBoyfriend yang bertajuk Come On Over (CO2) ini. Tokoh utama novel ini adalah Tata dan Jermaine. Saat sedang bekerja di toko kristal milik kakaknya, Tata kedatangan tamu yang ingin membeli kotak musik. Pria tampan tersebut adalah Jermaine Morton. Ia hendak melamar kekasihnya, Liz, yang sudah empat tahun dipacarinya. Rencananya, Jemaine ingin memasukkan cincin ke dalam kotak musik tersebut. Meski tetap melayani Jermaine dengan profesional, sejujurnya Tata merasa sedikit kecewa, karena ternyata pembeli yang menurutnya hot ini akan segera menikah. #PoorTata

Serdadu Pantai by Laode M. Insan

Judul: Serdadu Pantai
Penulis: Laode M. Insan
Penerbit: Noura Books, 2013
Tebal: 392 hlm.
ISBN: 9786027816633

Sinopsis:
Memburu ikan di dekat terumbu karang, mengumpulkan bulu babi dan kerang, sampai kejar-kejaran dan berebut makanan dengan para monyet di hutan. Itu adalah semua daftar kegiatan yang tak mungkin luput dalam keseharian para serdadu pantai—Dayan, Surman, Poci dan Odi. Empat sahabat ini tak pernah melewati hari mereka tanpa tawa.

Dayan selalu siap menghibur dengan alunan nada gembira dari gesekan biolanya, Odi dengan keluguannya, Poci yang selalu bersikap konyol, dan Surman yang selalu bisa bersikap mandiri.

Namun, petualangan ceria mereka harus berakhir. Perpisahan menghantui empat sahabat ini dan mulai membayangi kehidupan mereka, mengembalikan mereka pada realita. Ironi kehidupan masyarakat Buton yang jauh dari sederhana di atas tanah mereka yang kaya hasil bumi.

Karena tiap kisah persahabatan akan bertemu akhir. Akankah kisah mereka berujung pada akhir bahagia?

Endorsement:
“Kisah tentang persahabatan empat kanak-kanak ini dalam berbagai interaksinya, dengan nilai-nilai kemandirian, pantang menyerah, tanggung jawab, dan kejujuran disampaikan secara menarik. Novel trilogi ini adalah kontribusi sangat berarti dalam membangun karakter anak bangsa kita, menuju terbentuknya akhlak mulia sejak usia dini.” —Taufiq Ismail

Serdadu Pantai mengajak pembaca menyaksikan keseharian anak-anak pantai yang hidup di pesisir pulau Buton. Mereka adalah Dayan, Surman, Poci, dan Odi. Keempatnya bersahabat karib dan kerap melakukan segala sesuatu bersama-sama; bermain di laut, berenang di antara ikan-ikan dan terumbu karang yang indah, membantu memetik jambu monyet dengan bayaran sekantung plastik jambu monyet yang manis, dan sebagainya. Pulau Buton terkenal sebagai daerah penghasil aspal terbesar di Indonesia. Sayangnya, kekayaan alam yang dihasilkan tanah mereka tak membuat hidup masyarakat yang hidup di atasnya lebih sejahtera. Sebagian besar dari mereka masih hidup dengan amat sangat sederhana. Infrastruktur seperti jalan raya pun hanya dibangun seadanya.

Meski hidup dalam kesederhanaan, keempat sahabat tersebut menjalani hari-hari mereka dengan penuh keceriaan. Bahkan, mereka masih bersemangat menimba ilmu, meski sekolah SD tempat mereka belajar hanya berupa bangunan ala kadarnya. Baju yang mereka pakai ke sekolah pun sederhana—sebagian besar hanya mengenakan baju rumah. Peralatan tulis-menulis yang digunakan hanya berupa satu buah buku tulis untuk semua mata pelajaran, serta sebatang pensil.

25 Agt 2014

3600 Detik by Charon

Judul: 3600 Detik
Penulis: Charon
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012
Tebal: 208 hlm.
ISBN: 9789792237283

Sinopsis:
Sandra sangat terpukul ketika orangtuanya bercerai. Dan hatinya semakin sakit ketika ayahnya memutuskan ia harus tinggal bersama ibunya, yang selama ini tak pernah dekat dengannya. Kemarahan yang menggelora menjadikan Sandra remaja yang bandel. Berulang kali ia dikeluarkan dari sekolah karena kenakalannya di luar batas.

Akhirnya ibunya memutuskan untuk pindah kota. Mungkin suasana dan lingkungan baru akan mengubah perilaku putrinya. Namun di sekolahnya yang baru ini Sandra sudah bertekad untuk membuat dirinya dikeluarkan lagi. Ia bertekad akan membuat ulah agar para guru tak tahan terhadapnya. Namun ia salah perkiraan. Pak Donny, sangat sabar menghadapinya. Wali kelasnya itu berpendapat, mengeluarkan Sandra berarti menuruti keinginan anak bandel ini.

Namun, lambat laun Sandra berubah. Orangtua maupun gurunya heran. Mereka yakin, Leon-lah yang membuat gadis itu berubah. Mereka juga bertanya-tanya, kenapa Leon bisa bersahabat dengan Sandra, sementara murid-murid yang lain justru menjauhi gadis urakan itu. Apa yang membuat Leon tertarik padanya, padahal keduanya bagaikan langit dan bumi. Leon adalah anak rumahan yang manis, bintang pelajar, sopan, tekun... berbeda seratus delapan puluh derajat dengan Sandra.

Novel ini berkisah tentang persahabatan antara dua anak manusia (ciieee bahasanya) yang sangat bertolak belakang. Sandra adalah remaja yang mengalami kekecewaan yang diakibatkan perceraian kedua orang tuanya, memutuskan untuk memberontak. Sementara Leon adalah pemuda yang menjalani hidup dengan penuh rasa syukur, meski setiap hari ia harus berjuang dengan penyakit jantung yang setiap saat dapat mengancam nyawanya. Tapi setelah bertemu dengan Sandra yang mampu melakukan hampir semua hal yang tidak berani dilakukan oleh remaja seusianya, ada rasa iri yang menyusup ke dalam hati Leon. Maka laki-laki itu memutuskan untuk mencoba mengenal Sandra lebih dekat. Dan tak ada cara yang lebih tepat untuk dekat dengan Sandra selain menjadi sahabatnya.

Di sisi lain, Sandra merasa terganggu dengan pernyataan Leon yang ingin menjadi sahabatnya. Sandra bahkan merasa heran, karena hampir semua orang selalu menjaga jarak darinya lantaran sikapnya yang terkesan tidak bersahabat. Tapi kemudian Sandra dapat merasakan ketulusan hati Leon. Ia pun mulai membuka dirinya. Sikapnya perlahan-lahan mulai berubah, dari seorang siswa yang ingin cepat-cepat dikeluarkan dari sekolah barunya, menjadi siswa yang rela untuk tidak menyontek dan memilih untuk belajar mati-matian saat ujian. Bahkan, Sandra rela ikut terlibat dalam pentas kesenian yang diadakan setahun sekali di sekolah itu.

21 Agt 2014

Ichiro's Ghost Stories Vol. 3 by Makoto Isshiki

Judul: Ichiro's Ghost Stories Vol. 3
Pengarang: Makoto Isshiki
Alih Bahasa: Lenny
Penerbit: Level Comics, April 2014
Tebal: 240 hlm.
ISBN: 9786020236650

Sinopsis:
Untuk menghindari ulangan serta suntikan imunisasi, Ichiro sengaja jadi roh dan bertukar tubuh dengan roh pemuda yang muncul di hadapannya. Ternyata tubuh pemuda itu berada dalam kondisi kritis dan di ambang kematian akibat cedera parah! Apa sebenarnya tujuan roh pemuda yang meminta Ichiro untuk bertukar tubuh itu!? Bisakah Ichiro lolos dari bahaya!?

Kemampuan Ichiro meningkat. Nggak hanya bisa melihat dan berkomunikasi dengan arwah, kini ia bisa bertukar tubuh dengan orang lain. Sesosok arwah pemuda yang terbaring kritis di sebuah rumah sakit meminta bantuan Ichiro untuk bertukar tubuh sementara. Ichiro yang ingin menghindari suntikan imunisasi menyetujui hal tersebut. Jadilah Ichiro masuk ke tubuh pemuda sekarat, sementara itu arwah si pemuda masuk ke tubuh Ichiro untuk menemui seseorang yang dicintainya. Masalahnya, semakin lama Ichiro berada di tubuh pemuda, semakin ia dapat merasakan sakit. Apabila terlambat bertukar tubuh kembali dan tubuh pemuda itu meninggal, maka Ichiro-lah yang akan menjadi hantu!

Cerita selanjutnya tentang murid baru di kelas si Jeldut (Jelek dan Gendut, julukan Ichiro untuk kakak perempuannya). Murid baru itu sangat tampan, sampai-sampai si Jeldut jatuh cinta. Suatu saat Jeldut menemukan foto si cowok dan membawanya ke rumah. Ichiro melihat foto itu dan terkejut karena ternyata foto itu bisa bicara, dan tentu saja Ichro saja yang bisa mendengarnya. Ternyata, ada semacam siluman yang merasuki foto itu. Siluman itu meminta tolong kepada Ichiro untuk melakukan sesuatu di masa lalu. Maka Ichiro pun dikirim ke masa lalu oleh sang siluman untuk menjalankan sebuah misi penting. Bila gagal, Ichiro tak akan bisa kembali ke masa kini dan terjebak di masa lalu selama-lamanya. Ichiro pun berusaha melakukan misinya sampai sukses. Hanya saja, Ichiro tidak tahu bahwa siluman tersebut ternyata menyimpan sebuah rencana jahat...

19 Agt 2014

Ichiro's Ghost Stories Vol. 2 by Makoto Isshiki

Judul: Ichiro's Ghost Stories Vol. 2
Pengarang: Makoto Isshiki
Alih Bahasa: Lenny
Penerbit: Level Comics, April 2014
Tebal: 224 hlm.
ISBN: 9786020234250

Sinopsis:
Ichiro mendadak dapat nilai 100!? Berkat keajaiban itu, Keluarga Hanada langsung mengadakan perayaan. Waktu sedang tidur lelap setelah makan enak, Ichiro mendadak dibangunkan oleh kemunculan hantu pelajar! Ternyata hantu itu datang untuk menagih bayaran karena sudah membantu Ichiro! Siapa sebenarnya hantu itu? Apa tujuannya membantu Ichiro?

Ichiro yang nakal ternyata tak berani buang air besar sendiri. Saat buang air besar, ia harus ditemani Sato yang setia menunggu di luar toilet. Mungkin hanya Sato yang mau berteman dengan Ichiro. Meski memiliki sifat berlawanan, pertemanan Ichiro dan Sato terjalin erat. Mereka selalu bermain bersama. Sato sih sudah sering jadi korban bully-an Ichiro, namun sejauh ini pertemanan mereka tampaknya awet.

Di komik Ichiro's Ghost Stories Vol. 2, cerita diawali oleh kisah keluarga Sato. Ibu Sato akan dijodohkan oleh tetangga yang dikenal selalu mencomblangi orang lain, dengan seorang duda beranak satu. Anaknya perempuan, seumuran dan sekelas dengan Sato dan Ichiro. Namanya anak itu Kei. Kei anak perempuan, namun sifat nakalnya sebanding dengan Ichiro. Meski ayah Kei dan ibu Sato sudah merasa cocok satu sama lain, namun Kei sepertinya tidak ingin ibu Sato menjadi ibu tirinya. Kei juga berkata ia tidak sudi memiliki saudara laki-laki yang cengeng seperti Sato. Hmm, tampaknya cuma Ichiro yang bisa menjembatani hubungan tak harmonis kedua anak itu.

17 Agt 2014

Winner Announcement! [People Like Us + Pintu Harmonika]

Image source here. Edited by me.

Berakhir juga giveaway dalam rangka... er, nggak dalam rangka apa-apa sih. Hehe. Terima kasih bagi teman-teman yang sudah berpartisipasi. Rekomendasi buku-bikin-mewek kalian bagus-bagus. Beberapa di antaranya sudah saya baca dan memang beneran bikin mewek sih. Tapi ternyata banyak juga yang belum saya baca. Sip deh, jadi punya referensi buku-buku bagus. Sekali lagi trims yah.

Dan setelah mendata nama-nama peserta yang masuk dan mengundinya melalui random.org, maka keluarlah satu orang pemenang yang beruntung yaitu...

16 Agt 2014

Ichiro's Ghost Stories Vol. 1 by Makoto Isshiki

Judul: Ichiro's Ghost Stories Vol. 1
Pengarang: Makoto Isshiki
Alih Bahasa: Lenny
Penerbit: Level Comics, September 2013
Tebal: 224 hlm.
ISBN: 9786020222448

Sinopsis:
Ichiro Hanada adalah bocah yang terkenal nakal di lingkungannya. Suatu hari, dia mengalami kecelakaan akibat kenakalannya yang melewati batas. Untungnya dia lolos dari maut dengan sembilan luka jahit di kepalanya. Tapi, sejak kejadian itu, dia juga memperoleh kemampuan menakutkan yang berhubungan dengan hantu! Mari kita ikuti pengalaman seram sekaligus seru Ichiro!

Jika sebelum ini saya hanya mengenal anak TK bernama Nohara Shinnosuke (Shinchan) sebagai bocah ternakal di dunia manga/anime, maka kini saya diperkanalkan dengan Ichiro Hanada, bocah kelas 3 SD yang nakalnya jauh lebih parah: menyelipkan katak mati di mesin cuci, mengatai ibunya Nenek Sihir dan melempari ibunya dengan petasan, mengerjai hewan-hewan peliharan tetangga, menggoda kakak perempuannya yang dijulukinya dengan sebutan Jeldut (Jelek dan Gendut), serta macam-macam kenakalan lain yang bikin saya geleng-geleng kepala. Suatu hari Ichiro kena batunya. Saat sedang berusaha kabur dari kejaran ibunya setelah menghancurkan televisi di ruang keluarga dengan pemukul baseball, Ichiro ditabrak truk. Ajaibnya, ia selamat dengan sembilan jahitan di kepala. Tapi sejak saat itu, Ichiro memiliki kemampuan melihat dan berkomunikasi dengan hantu. Sayangnya, sifat nakalnya tidak hilang juga. :|

Tak ada yang mau percaya bahwa Ichiro bisa melihat hantu. Awalnya Ichiro ketakutan, tapi setelah tahu bahwa arwah-arwah itu menampakkan diri untuk meminta bantuan darinya, ia jadi kesal karena merasa direpotkan. Tapi Ichiro akhirnya mau juga membantu para hantu karena bila keinginan mereka tak dipenuhi, para hantu itu berubah menjadi menyeramkan dan kerap meneror Ichiro hingga ke alam mimpi.

14 Agt 2014

Confessions Of A Not It Girl (Bukan Cewek Gaul) by Melissa Kantor

Judul: Confessions Of A Not It Girl (Bukan Cewek Gaul)
Penulis: Melissa Kantor Polisi
Penerjemah: Dyah Pitaloka Citaresmi
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Maret 2005
Tebal: 232 hlm.
ISBN: 9792212523

Sinopsis:
Jan Miller yakin hidupnya ditakdirkan nggak asyik banget. Orang tua Jan sering bersikap memalukan, Jan selalu naksir cowok di saat yang nggak tepat, dan formulir pendaftaran universitasnya berisi pertanyaan yang susah-susah banget.

Beda banget dengan kehidupan sahabatnya, Rebecca, yang dinobatkan jadi Cewek Gaul versi majalah-majalah New York. Rebecca sangat cantik, sangat cerdas, dan cowok-cowok mengikutinya ke mana pun dia pergi. Jan heran kenapa Rebecca masih mau main dengannya, soalnya dia kan sama sekali bukan cewek gaul.

Tapi namanya sahabat, Rebecca setia menemani jatuh-bangun Jan menghadapi PR Prancis yang nggak selesai-selesai dan jadi penasihat cintanya. Termasuk saat Jan naksir berat pada Josh, cowok yang jadi Romeo ketika Jan jadi Juliet pada drama singkat dalam kelas bahasa Inggris-nya. Bisa nggak ya mereka jadi Romeo dan Juliet sungguhan di dunia nyata?

Jan Miller. Jan dibaca "Yahn" loh. Salahkan orang tuanya yang memberinya nama aneh itu. Untunglah teman-temannya banyak yang tidak tahu hal itu tetap memanggilnya Jan, dan ia juga tak mau repot-repot mengoreksi mereka. Jan bukanlah cewek populer. Ia selalu mengeluhkan pantatnya yang sebesar truk (iya, Jan memang agak lebay soal ukuran pantatnya). Maka dapat dikatakan ajaib bahwa ia bersahabat dengan cewek secantik dan segaul Rebbeca, yang baru-baru ini dinobatkan sebagai Cewek Gaul versi majalah remaja New York. Dalam kehidupan sehari-hari, Rebbeca selalu menjadi penasihat Jan soal banyak hal, terutama soal cowok dan fashion. Tapi Jan tetaplah Jan. Meski sering dipilihkan baju-baju keren oleh Rebbeca, tapi tetap saja ia payah dan tak memiliki cukup rasa percaya diri, bahkan untuk menyapa cowok yang sudah lama ia taksir.

Suatu ketika, ia bertemu dengan Josh, teman masa kecilnya yang dulu pindah ke Seattle dan kini kembali lagi ke Manhattan. Ternyata penampilan Josh sudah tidak seculun dulu. Ia telah berubah menjadi cowok keren yang sukses mendepak Tom Richmond dari benak Jan, cowok yang selama ini membuat Jan tergila-gila. Pementasan drama kecil-kecilan Romeo & Juliet di kelas bahasa Inggris sukses membuat Jan klepek-klepek di hadapan Josh. Kesempatan emas datang saat Jan dimintai tolong oleh ibu Josh untuk menjadi pengasuh adik Josh setelah sang pengasuh yang biasanya mengasuh adik Josh jatuh sakit.

Dapatkah Jan menarik perhatian Josh? Cowok itu mau nggak sih sama cewek berpantat lebar seperti Jan? Temukan jawabannya dalam Confessions of A Not It Girl (Bukan Cewek Gaul)  karya Melissa Kantor Pos.

10 Agt 2014

Giveaway Time! [People Like Us + Pintu Harmonika]

Image source here. Edited by me.
Giveaway time! Lama juga nggak bikin GA di blog ini. Baiklah, langsung aja. Hadiahnya, bagi 1 (satu) pemenang beruntung akan mendapatkan dua buku berikut:
1. People Like Us karya Yosephine Monica (review di sini)
2. Pintu Harmonika karya Clara Ng & Icha Rahmanti

9 Agt 2014

Mockingjay - Suzanne Collins

Judul: Mockingjay
Seri: The Hunger Games #3 (Tamat)
Penulis: Suzanne Collins
Penerjemah: Hetih Rusli
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Mei 2012
Tebal: 432 hlm.
ISBN: 9789792278439

Review untuk seri ini:

Sinopsis:
Katniss Everdeen selamat dari Hunger Games, dua kali. Tapi dia belum sepenuhnya aman dari ancaman Capitol meskipun kini ia dalam lindungan Distrik 13.

Pemberontakan makin merajalela di distrik-distrik untuk menjatuhkan Capitol. Kini tak ada seorang pun orang-orang yang dicintai Katniss aman karena Presiden Snow ingin menumpas revolusi dengan menghancurkan Mockingjay... bagaimanapun caranya.

Review ini mungkin mengandung spoiler.

Setelah berhasil menghancurkan medan gaya di arena pertarungan maut, Katniss Everdeen diselamatkan oleh Plutarch Heavensbee, juri Hunger Games ke-75. Plutarch membawa Katniss ke Distrik 13 dan merawat gadis itu di sana. Ternyata meskipun Distrik 13 telah dihancurkan oleh Capitol puluhan tahun silam, namun masyarakatnya berhasil bertahan hidup dan membangun kehidupan di bawah tanah. Distrik 13 bahkan memiliki presiden sendiri, Alma Coin, yang diam-diam membangun kekuatan untuk melakukan pemberontakan terhadap Capitol, dan Plutarch Heavensbee adalah bagian dari pemberontak yang menyusup ke Capitol. Setelah Distrik 12 (kampung halaman Katniss) dibom oleh Capitol, sisa penduduk yang selamat diungsikan ke Distrik 13.

2 Agt 2014

Catching Fire - Suzanne Collins

Judul: Catching Fire (Tersulut)
Seri: The Hunger Games #2
Penulis: Suzanne Collins
Penerjemah: Hetih Rusli
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Juli 2010
Tebal: 424 hlm.
ISBN: 9789792259810

Sinopsis:
Api pemberontakan sudah tersulut. Dan Capitol ingin membalas dendam

Katniss Everdeen berhasil keluar sebagai pemenang Hunger Games bersama Peeta Mellark. Tapi kemenangan itu menyulut kemarahan Capitol. Kemenangan Katniss ternyata membangkitkan semangat pemberontakan di beberapa distrik untuk menentang kekuasaan Presiden Snow yang kejam.

Presiden Snow mengancam Katniss untuk meredakan kegelisahan penduduk distrik dalam Tur Kemenangan-nya. Satu-satunya cara untuk meredakan kegelisahan penduduk adalah membuktikan bahwa dia dan Peeta saling mencintai tanpa ada keraguan sedikit pun. Jika gagal, keluarga dan semua orang yang disayangi Katniss menjadi taruhannya....

Review ini mungkin mengandung spoiler buku sebelumnya.

Setelah keluar sebagai pemenang pada Hunger Games ke-74, Katniss dan Peeta harus menjalani tur kemenangan di setiap Distrik, tujuannya agar kengerian Hunger Games tidak hilang dari benak masyarakat Distrik. Hubungan Katniss dan Peeta mulai berjarak, setelah Peeta mengetahui bahwa kebersamaan mereka selama di arena hanyalah bagian dari strategi Katniss dan Haymitch untuk menyelamatkan nyawa mereka berdua. Di sisi lain, Katniss sendiri masih bimbang, apakah yang ia memang tak memiliki perasaan apa-apa terhadap Peeta?

1 Agt 2014

July Book Haul | 2014

Image source here. Edited by me.
Setelah cukup lama nggak belanja buku dalam jumlah banyak, bulan Juli ini saya dapet rezeki buat belanja buku dalam jumlah cukup lumayan buat ditimbun #plaks. Thanks banget buat Mas Dion yang rela dititipin dalam rangka 'bongkar-bongkar' gudang Gagas, sehingga saya bisa dapet beberapa buku Gagas dengan harga sedikit lebih murah. Sekadar info, harga buku di Gramedia Gorontalo (juga Manado) jauh lebih mahal dibanding harga buku di Jawa (ya iyalah). Saya hitung-hitung, harga buku-buku di sini bisa lebih mahal hingga Rp. 12.500 loh! Ugh, sakitnya tuh di sini... *tunjuk dompet*

Back to top